Skimming Price: Pengertian, Fungsi, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Skimming price adalah– Harga adalah salah satu hal penting yang harus ditentukan oleh para pelaku usaha. Namun penentuan harga tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan. Skimming price adalah salah satu cara untuk menentukan harga tersebut.

Penetapan harga dengan strategi price skimming banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Pasalnya dengan penetapan harga yang ditentukan bisa mempengaruhi apakah Anda akan mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Pelajari lebih lanjut terkait skimming price, strategi yang digunakan, hingga kelebihan dan kekurangan metode ini melalui penjelasan di bawah ini.

Pengertian Skimming Price

Pengertian skimming price

Skimming price adalah salah satu strategi yang digunakan dalam proses penetapan harga produk baru. Biasanya penetapan harga dengan strategi price skimming dilakukan dengan cara menaikan harga awal produk kemudian perlahan-lahan diturunkan seiring berjalannya waktu.

Tujuan dari skimming price adalah untuk menambah pendapatan perusahaan dan juga sekaligus untuk mengetahui kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan merasa puas dengan produk tersebut, maka hal ini akan berimbas pada peningkatan permintaan pasar.

Nantinya ketika ada pelanggan yang memiliki sensitivitas harga maka perusahaan atau produsen akan menurunkan harganya. Ada beberapa syarat skimming price yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Perusahaan memiliki brand dan pelanggan yang setia
  • Produk dan/atau jasa yang ditawarkan adalah baru
  • Tidak atau belum memiliki pesaing
  • Permintaan yang tinggi untuk produk dan/atau jasa tersebut

Penetapan harga dengan strategi price skimming cocok dilakukan untuk industri yang bergerak di bidang teknologi. Sebab biasanya produk teknologi terbaru belum memiliki pesaing.

Fungsi Price Skimming

Fungsi price skimming

Pada dasarnya, fungsi price skimming adalah untuk menutup biaya riset dan pengembangan yang dilakukan perusahaan dan juga untuk memaksimalkan pendapatan dari pelanggan.

Selain itu, skimming price adalah salah satu cara atau strategi untuk menciptakan citra sebagai produk berkelas dan bermutu tinggi di mata pelanggan. Berikut beberapa fungsi price skimming, di antaranya adalah:

  • Untuk bisa bertahan di industri pasar persaingan yang tinggi dan sempurna
  • Untuk memaksimalkan laba perusahaan
  • Untuk memperbesar pangsa pasar
  • Untuk menjaga citra perusahaan sebagai produsen produk dengan kualitas produk terbaik
  • Untuk bersaing dengan kompetitor lainnya

Maka dari itu, ada baiknya jika penetapan harga dengan strategi price skimming tidak dilakukan sembarangan. Ada cara kerja dan strategi yang diperlukan agar penetapan harga ini bisa membawa keberuntungan bagi perusahaan Anda.

Cara Kerja Skimming Price

Cara kerja skimming price

Cara kerja skimming price adalah mengarahkan pelanggan untuk memiliki pola pikir “harus memiliki produk tersebut”. Sehingga secara tidak langsung Anda harus memastikan bahwa pelanggan memiliki daya beli dan keinginan untuk memiliki produk baru tersebut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa, penetapan harga dengan strategi price skimming dilakukan dengan menaikan harga produk baru lalu diturunkan perlahan-lahan seiring berjalannya waktu.

Namun pada dasarnya, strategi skimming price adalah membantu menangkap lebih banyak surplus pelanggan dengan menetapkan harga setinggi mungkin.

Meski demikian, jangka waktu penggunaan skimming price adalah singkat. Hal ini memungkinkan para pelanggan yang memburu produk dengan harga tertinggi merasa jenuh. Namun di satu sisi tidak mengasingkan pembeli yang sensitif harga.

Contoh Skimming Price dan Strateginya

Contoh penerapan strategi skimming price

Agar Anda lebih memahami cara kerja penetapan harga dengan strategi price skimming, maka Anda bisa memperhatikan beberapa contoh skimming price di bawah ini.

1. Apple

Siapa yang tidak kenal Apple? Strategi yang digunakan untuk skimming price adalah menetapkan harga yang cukup mahal untuk setiap peluncuran produk barunya. Bahkan harga yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan pesaingnya.

Lalu bagaimana dengan produk sebelumnya? Apple akan memberikan harga murah atau potongan harga untuk produk lamanya. Hal ini menjadikan Apple sebagai contoh skimming price yang paling populer.

Penetapan harga dengan strategi price skimming yang dilakukan oleh Apple karena mereka yakin:

  • Akan selalu ada pembeli potensial untuk setiap produk baru yang diluncurkan
  • Tidak akan merusak citra perusahaan
  • Memantapkan brand mereka sebagai brand termewah

2. Sony

Perusahaan selanjutnya yang bisa menjadi contoh skimming price adalah Sony. Meskipun Sony terkena karena produk TV dan smartphone, Sony menggunakan penetapan harga dengan strategi price skimming untuk produk konsol game.

Pada saat awal peluncuran PS3, Sony menetapkan harga yang cukup tinggi karena tidak ada persaingan dan konsol game sebelumnya PS2 laris di pelanggan. Sony mengetahui bahwa ada pelanggan potensial untuk produk PS3, maka dari itu mereka berani untuk menetapkan harga tinggi.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, ketika Sony sudah mendapatkan apa yang menjadi tujuannya, harga PS3 diturunkan.

Kelebihan Strategi Skimming Price

Kelebihan strategi skimming price

Menggunakan penetapan harga dengan strategi price skimming memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun pada dasarnya, tingkat keberhasilannya ditentukan dengan strategi pemasaran yang Anda gunakan.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan penetapan harga price skimming:

1. Memulihkan BEP Lebih Cepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa, industri yang cocok untuk menggunakan strategi skimming price adalah industri teknologi. Tentu perusahaan teknologi membutuhkan banyak biaya untuk melakukan riset dan pengembangan terhadap produk baru yang akan diluncurkan.

Kelebihan menggunakan penetapan harga price skimming adalah bisa membantu memulihkan biaya BEP atau break even point dengan cepat. Seperti biaya untuk promosi dan kegiatan pemasaran lainnya.

2. Memiliki Segmentasi Pasar yang Tepat

Kelebihan menggunakan penetapan harga price skimming lainnya adalah memiliki segmentasi pasar yang tepat. Salah satu syarat skimming price adalah memiliki pelanggan yang loyal.

Jika Anda sudah memiliki pelanggan yang loyal, maka Anda tidak perlu bingung mau memasarkan produk baru kemana. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk mengecek kondisi pasar ketika produk baru diluncurkan.

3. Mendapatkan Keuntungan Lebih Tinggi

Hal yang menjadi kelebihan menggunakan penetapan harga price skimming adalah mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Tujuan strategi skimming price adalah untuk memanfaatkan segmen pasar tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan menetapkan harga tinggi, dan kemudian menurunkan harga untuk menjangkau sisa pelanggan yang ada.

4. Pengujian Produk dengan Cepat

Produk baru membutuhkan pengujian masal untuk mengetahui fungsi dan kinerja produknya. Maka dari itu, ketika Anda sudah memiliki pelanggan yang loyal dan pengadopsi awal, hal ini akan mempermudah Anda untuk menguji produk baru di masyarakat.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak umpan balik dan wawasan baru mengenai produk baru tersebut. Pasalnya, para pengadopsi awal dan pelanggan setia cenderung memiliki informasi yang siap untuk dibagikan kepada perusahaan.

5. Menciptakan Tren

Kelebihan menggunakan penetapan harga price skimming lainnya adalah dapat menciptakan tren. Biasanya, media cenderung tertarik untuk meliput produk baru dengan harga yang tinggi.

Sehingga hal yang didapatkan dari strategi skimming price adalah banyak eksposur dan iklan untuk produk baru tersebut. Di saat bersamaan juga bisa dimanfaatkan untuk membangun brand di benak pelanggan.

6. Harga yang DInamis

Satu lagi kelebihan menggunakan penetapan harga price skimming adalah adanya penetapan harga yang dinamis. Salah satu tujuan skimming price adalah untuk membantu perusahaan memiliki kontrol terhadap harga produk dengan lebih baik.

Kekurangan Strategi Skimming Price

Kekurangan strategi skimming pricing

Tidak hanya kelebihan, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan agar tidak salah mengambil langkah. Kekurangan penetapan harga price skimming adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Jangka Pendek

Kekurangan penetapan harga price skimming yang pertama adalah manfaat jangka pendek. Meskipun hasil dari skimming price adalah meningkatkan laba perusahaan, hal ini hanya berlaku untuk sementara saja dan tidak akan berlangsung lama.

Sebab, akan ada banyak pesaing bermunculan dan Anda akan kesulitan mempertahankan harga tinggi untuk produk yang ditawarkan. Jika Anda tetap bersikeras mempertahankan harga tinggi, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan beberapa pelanggan setia dan yang berpotensi.

2. Harus Ada Implementasi yang Tepat

Hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan strategi skimming price adalah penelitian dan analisis terhadap kondisi pasar, sentiment pelanggan, hingga persepsi merek di benak pelanggan.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka kekurangan penetapan harga price skimming yang Anda rasakan adalah memberikan dampak negatif kepada brand tersebut. Maka dari itu, harus ada implementasi yang tepat agar metode ini bisa berhasil dilakukan.

3. Mengikuti Kurva Produk Inelastis

Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan metode skimming price adalah memperhatikan kurva produk inelastis. Artinya, jumlah produk tidak dipengaruhi oleh perubahan harga.

Namun di sisi lain, jika Anda tidak mengikuti kurva produk inelastis, maka bisa menyebabkan fluktuasi penjualan yang bisa meningkatkan permintaan produk jika harga diturunkan.

4. Persaingan Bisnis Adalah Hambatan

Satu lagi kekurangan penetapan harga price skimming adalah persaingan bisnis adalah hambatan. Mengapa demikian? Sebab, persaingan yang tinggi bisa membuat angka penjualan produk dipengaruhi oleh penurunan atau kenaikan harga.

Adanya persaingan bisnis ini membuat perusahaan tidak bisa melakukan penetapan harga dengan strategi price skimming. Maka dari itu, persaingan bisnis dianggap sebagai sebuah hambatan.

Skimming Price Policy (Kebijakan Skimming Price)

Sebelum Anda menetapkan untuk melakukan penetapan harga dengan strategi price skimming, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya syarat skimming price, tetapi juga skimming price policy, seperti di bawah ini:

  • Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan price skimming strategy adalah hukum. Sebab, sebagian besar menganggap skimming price adalah bentuk diskriminasi harga jika karakteristik produk tidak sesuai. Maka pastikan dulu kualitas produk dengan harga yang ditawarkan.
  • Salah satu kelebihan skimming price adalah bisa meningkatkan laba perusahaan. Namun di sisi lain, hal ini bisa memunculkan banyaknya persaingan bisnis di pasar yang sama.
  • Jangan menurunkan harga produk terlalu cepat. Jika Anda melakukannya maka imbas dari price skimming strategy adalah reputasi yang buruk di benak masyarakat dan pelanggan.

Demikianlah penjelasan terkait skimming price, cara kerja, contoh price skimming, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Jika Anda memiliki posisi kosong dan ingin segera terisi, Anda bisa menaruh info lowongan kerjanya di KitaLulus. Saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Cukup daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja secara gratis! Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi untuk perusahaan Anda dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd