Strategi Promosi Kreatif, Cara, Ide, dan Contoh Ampuh yang Bisa Diterapkan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Contoh promosi kreatif– Setiap usaha atau bisnis haruslah diimbangi dengan strategi promosi kreatif untuk menarik banyak pelanggan. Tujuan dari adanya kegiatan promosi ini adalah untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa ke masyarakat luas.

Di zaman yang serba modern seperti ini, sudah banyak sekali brand yang menggunakan contoh promosi kreatif untuk menarik pelanggan. Mulai dari yang unik hingga yang di luar nalar pemikiran manusia.

Ada banyak contoh promosi kreatif yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan iklan. Simak penjelasan lengkapnya terkait apa saja jenis kegiatan promosi, apa contoh promosi, dan bagaimana cara membuat naskah promosi di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Kata-kata Promosi Produk Terampuh & Tips Membuatnya

Apa itu Promosi Kreatif?

Contoh promosi kreatif

Secara garis besar, promosi merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produk, merek, atau layanan kepada pelanggan atau penggunanya.

Pada prakteknya, kegiatan promosi digunakan sebagai salah satu aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa sehingga bisa menarik atau mendatangkan pelanggan untuk membeli.

Kegiatan promosi juga bisa diartikan sebagai cara mengiklankan suatu produk atau merek untuk menghasilkan penjualan dan menciptakan loyalitas dari produk tersebut.

Sedangkan promosi kreatif adalah rangkaian kegiatan promosi yang dilakukan secara kreatif. Artinya, perusahaan harus melakukan kegiatan promosi yang disesuaikan dengan target pelanggannya. Lalu apa contoh promosinya?

Anda bisa mengikuti tren yang ada untuk membuat kegiatan promosi kreatif. Misalnya, tren yang sedang berkembang di masyarakat adalah sinetron yang sedang naik daun. Maka Anda bisa melakukan kegiatan promosi kreatif dengan memparodikan sinetron tersebut, dan sebagainya.

Tujuan Promosi Kreatif Dilakukan

Tujuan strategi promosi kreatif

Membuat kegiatan contoh promosi kreatif tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus menentukan tujuan dari kegiatan promosi tersebut.

Berikut beberapa tujuan promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan:

1. Menarik Perhatian Pembeli

Tujuan dari strategi promosi kreatif yang pertama adalah untuk menarik perhatian pembeli. Artinya, Anda bisa mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap suatu barang atau jasa.

Hal yang diharapkan adalah setelah melihat kalimat atau desain promosi kreatif yang Anda buat, para pembeli yang tadinya tidak ada niat untuk membeli, jadi berubah pikiran untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan.

2. Branding

Branding juga merupakan salah satu tujuan promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan. Kegiatan promosi dilakukan untuk menciptakan citra atau kesan produk atau jasa di benak pelanggan.

Dalam hal ini, Anda tentu harus menggunakan ide promosi kreatif yang menarik untuk dapat mengenalkan brand. Usahakan untuk menggunakan jenis promosi yang berbeda dengan pesaing Anda.

3. Bersaing dengan Kompetitor dan Meningkatkan Keuntungan

Tujuan dari strategi promosi kreatif berikutnya adalah untuk bersaing dengan kompetitor. Hal ini dilakukan agar bisa menjaga pemasukan perusahaan tetap stabil meskipun memiliki banyak pesaing.

Tidak hanya itu, kegiatan contoh promosi kreatif juga bertujuan untuk meningkatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Kedua hal ini berhubungan satu sama lain. Jika perusahaan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, maka hal ini membuktikan bahwa Anda mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.

4. Mendapatkan Calon Pelanggan Baru dan Menyebarkan Informasi

Satu lagi tujuan strategi promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan, yaitu untuk mendapatkan calon pelanggan dan menyebarkan informasi. Ketika Anda melakukan kegiatan promosi, hal yang Anda harapkan adalah untuk mendapatkan banyak pelanggan tetapi juga tetap mempertahankan pelanggan setia.

Selain itu, salah satu tujuan kegiatan promosi kreatif adalah untuk menyebarkan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa yang baru saja dipasarkan. Informasi yang anda berikan bisa berupa penawaran harga khusus, hingga potongan harga untuk produk atau jasa baru tersebut.

BACA JUGA: Mudah Viral, Ini 10 Ide Konten Bisnis untuk Ramadhan Paling Menarik

Apa Saja Jenis Kegiatan Promosi?

Jenis kegiatan promosi

Pada dasarnya, kegiatan contoh promosi kreatif bisa dilakukan dengan lini atas atau lini bawah. Pemilihan jenis kegiatan promosi bisa disesuaikan kembali dengan target dan budget perusahaan.

Kegiatan promosi kreatif melalui lini atas adalah dengan melakukan siaran pers, iklan, promosi konsumen seperti diskon, kontes, atau skema. Sedangkan lini bawah meliputi event, pemberian hadiah kepada konsumen, potongan harga, dan lainnya.

Lalu apa saja jenis kegiatan promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan? Berikut beberapa bentuk jenis kegiatan contoh promosi kreatif yang bisa Anda lakukan:

1. Promosi Fisik

Kegiatan contoh promosi kreatif yang pertama adalah promosi fisik. Jenis kegiatan promosi ini bisa dilakukan di sebuah acara atau kegiatan tertentu. Misalnya seperti pameran, konser, dan lainnya.

Di acara tersebut Anda bisa membuka booth untuk melakukan penawaran dan promosi kepada pengunjung yang datang. Kelebihan dari contoh promosi kreatif ini adalah Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Hanya saja jumlah pelanggan yang terbatas menjadi kekurangannya.

2. Promosi Menggunakan Media

Promosi dengan menggunakan media masih menjadi salah satu contoh promosi kreatif yang efektif sampai saat ini. Banyak brand besar yang melakukan promosi dengan menggunakan media. Seperti, media cetak, tv, banner, baliho, dan media lainnya.

Kelebihan strategi promosi kreatif ini adalah dapat menjangkau banyak pelanggan dengan jangka waktu yang lama. Sedangkan kekurangannya adalah dari segi biaya promosi yang harus dikeluarkan.

Anda harus mengeluarkan budget ekstra untuk melakukan promosi di media. Namun jika perusahaan Anda menyanggupi untuk mengeluarkan budget besar, maka tidak ada salahnya untuk melakukan promosi dengan menggunakan media.

3. Promosi Menggunakan Media Digital

Perkembangan teknologi juga memiliki peran dalam kegiatan contoh promosi kreatif saat ini. Pasalnya, banyak brand besar dan ternama yang juga melakukan promosi dengan menggunakan media digital.

Seperti media sosial, iklan di situs tertentu, iklan di search engine, dan lainnya. Tahukah Anda bahwa, kini banyak perusahaan yang melakukan contoh promosi kreatif mereka di media digital?

Kelebihan promosi kreatif dengan media digital adalah bisa menjangkau target dengan luas dan banyak, cepat, dan mudah. Namun Anda harus stay up to date dengan tren yang berkembang dan membuat promosi semenarik mungkin untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Cara Membuat Naskah Promosi Kreatif yang Ampuh

Contoh kalimat promosi kreatif

Setelah Anda mengetahui tujuan, fungsi, dan jenis dari kegiatan contoh promosi kreatif, maka Anda harus memperhatikan cara membuat naskah promosi. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membuat kata-kata promosi yang sesuai dengan target pelanggan.

Berikut beberapa cara membuat naskah promosi yang perlu Anda perhatikan:

1. Buat Kalimat Awal yang Menarik

Cara membuat naskah promosi yang pertama adalah dengan membuatlah kalimat awal yang menarik. Kata-kata promosi produk yang Anda buat haruslah berisikan kalimat yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli.

Misalnya Anda menjual produk kecantikan, maka kalimat awal pada kata-kata promosi produk kecantikan haruslah yang menjelaskan produk tersebut. Sesuaikan kata-kata promosi yang Anda buat dengan produk yang dipasarkan pada contoh promosi kreatif.

2. Gunakan Kata-kata Ajaib

Cara membuat naskah selanjutnya adalah dengan menggunakan kata-kata ajaib dalam contoh promosi kreatif. Misalnya seperti “asli”, “eksklusif”, “terlengkap”, “satu-satunya”, “termurah”, “instan”, dan lainnya.

Kata-kata ajaib tersebut diklaim bisa menarik perhatian banyak orang untuk mengecek produk yang Anda jual.

3. Gunakan Diksi yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan diksi yang tepat dalam contoh promosi kreatif. Cara membuat naskah promosi ini bertujuan agar Anda bisa menyesuaikan pemilihan kata yang tepat untuk digunakan pada pelanggan.

Misalkan, produk yang Anda jual adalah mainan anak-anak, maka gunakanlah kata-kata promosi produk yang ramah anak dan mudah dimengerti. Lalu jika target pelanggan Anda adalah remaja, Anda bisa menggunakan kata-kata promosi yang kekinian dan sesuai dengan tren yang ada.

4. Berikan Diskon dan Promosi Lainnya

Diskon dan promosi produk masih menjadi incaran para pelanggan dan menjadi salah satu contoh promosi kreatif yang tidak asing. Maka dari itu, dalam cara membuat naskah promosi sebaiknya Anda menyertakan diskon dan promosi lainnya dalam kata-kata promosi produk.

Anda bisa memilih bentuk diskon dan promosi yang digunakan. Mulai dari potongan harga, cashback, buy one get one, dan lain-lain.

5. Jual Manfaat dan Kandungan Produk

Anda juga bisa menjual manfaat dan kandungan produk di setiap contoh promosi kreatif. Cara membuat naskah promosi adalah dengan menunjukan apa yang menjadi keunggulan dari produk yang dipasarkan beserta kandungannya.

6. Kalimat Penutup yang Bisa Membuat Pelanggan Tertarik

Satu lagi cara membuat naskah promosi, yaitu dengan menggunakan kalimat penutup yang bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli. Namun pastikan kata-kata tersebut tidak berkesan ‘memaksa’ pelanggan untuk membeli, ya!

isalnya “kapan lagi punya produk ini di rumah Anda?” atau “penawaran terbatas untuk kamu yang beli khusus hari ini”, dan lain-lain.

Contoh Promosi Kreatif Menarik Sebagai Referensi

Setelah mengetahui berbagai strategi promosi kreatif dan tujuannya, di bawah ini terdapat beberapa contoh ide promosi kreatif yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Contoh promosi kreatif I

Contoh kalimat promosi kreatif

Contoh promosi kreatif II

Contoh ide promosi kreatif produk makanan

Contoh promosi kreatif III

contoh desain promosi kreatif

Demikianlah penjelasan terkait contoh promosi kreatif, tujuan, fungsi, jenis kegiatan promosi, hingga cara membuat naskah promosi yang perlu Anda ketahui.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan orang untuk memikirkan contoh promosi kreatif, Anda bisa menaruh informasi lowongan pekerjaannya di platform KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda sekarang untuk memasang info loker di KitaLulus. Dapatkan calon karyawan marketing potensial dan kreatif dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd