Apa Itu Talent Pool? Ini Pengertian, Manfaat, & Penerapannya dalam Proses Rekrutmen

Close Pop up
Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

pengertian talent pool dan cara membuatnya
Isi Artikel

Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan dan calon kandidatnya punya bakat mumpuni dan berkualitas. Saking pentingnya, perusahaan yang administrasinya baik akan membuat sebuah database karyawan lengkap dengan prestasi dan bakat yang disebut dengan talent pool.

Selain berisi bakat dan prestasi, database di talent pool biasanya berisikan tentang informasi identitas, keahlian, posisi yang bisa diisi, keahlian, dan kecocokan pribadi dengan budaya perusahaan.

Sayangnya, tidak semua perusahaan melakukan penerapan talent pool dalam rekrutmen. Apakah perusahaan Anda salah satunya? Jika ya, simak bahasan tentang manfaat dan cara menerapkan talent pool berikut ini. Dijamin Anda tidak akan menyesal.

BACA JUGA: Rekruter, Coba Perhatikan Hal Ini Ketika Melakukan Screening CV

Talent Pool Adalah…

talent pool adalah

Talent pool adalah sebutan bagi kumpulan data karyawan dan calon karyawan yang dianggap potensial untuk direkrut/mendapat jenjang karir di masa depan. Sederhananya, talent pool adalah database kandidat potensial yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat perusahaan butuh anggota tim berkualitas.

Orang-orang yang dikumpulkan di talent pool adalah mereka yang dinilai memiliki talenta, mampu menunjukkan kinerja yang bagus atau istimewa, bisa menjadi panutan bagi karyawan lain untuk berperilaku sesuai dengan nilai dan budaya yang dianut perusahaan.

Lalu dari mana perusahaan mendapatkan database untuk mengisi talent pool? Biasanya database ini didapatkan dari kandidat yang sebelumnya melamar ke perusahaan namun tidak direkrut karena tidak atau belum sesuai dengan posisi yang dibutuhkan saat itu. 

Selain itu database talent pool juga bisa didapatkan dari referensi karyawan, jaringan media sosial seperti LinkedIn, job fair atau bisa dari website perusahaan yang mengundang kandidat untuk mengirimkan resume-nya.

Manfaat Talent Pool bagi Perusahaan

manfaat talent pool bagi perusahaan

Sebuah perusahaan sebaiknya perlu membuat talent pool. Mengapa? Sebab, database potensial ini dapat menjadi penolong saat perusahaan tiba-tiba kehilangan karyawan potensial atau sedang melakukan rombak tim besar-besaran. Bagi HRD, talent pool adalah “celengan” yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan saat butuh SDM berkualitas.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat dari talent pool, yaitu:

1. Biaya Rekrutmen Lebih Efisien

Dengan adanya database dari talent pool artinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasang iklan lowongan pekerjaan dan biaya proses rekrutmen. Anda tinggal menyeleksi di antara kandidat berkualitas dan mencari mana yang paling tepat untuk posisi kosong tersebut.

2. Mengurangi Waktu Rekrutmen

Manfaat berikutnya dari talent pool adalah Anda bisa mengurangi waktu proses rekrutmen yang panjang dan melelahkan. Anda cukup melakukan kurasi profil kandidat dari database talent pool yang sudah ada. Sehingga proses rekrutmen bisa langsung ke tahap interview dan penawaran kerja.

3. Memperbaiki Kualitas Rekrutmen

Keberadaan talent pool bisa membuat Anda memiliki waktu luang untuk mengkurasi kandidat yang berpotensi sebelum lowongan dibuka dan mencocokkannya dengan posisi yang tersedia. Artinya Anda memiliki peluang yang besar untuk mempekerjakan orang yang tepat di perusahaan, tanpa harus melalui proses rekrutmen pada umumnya.

4. Bisa dengan Cepat Menghubungi Kandidat Pasif

Dengan menerapkan talent pool artinya Anda bisa mengumpulkan beberapa kandidat berpotensi meskipun mereka masih bekerja di perusahaan sebelumnya. Hal ini akan menghemat waktu Anda untuk mencari, mendekatinya, hingga akhirnya menawarkan pekerjaan yang lebih baik di perusahaan Anda.

5. Penargetan dan Pendekatan Kandidat yang Lebih Baik

Pengelolaan talent pool yang tepat merupakan kunci untuk meningkatkan penargetan kandidat yang sesuai dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari bagaimana karakteristik dari kandidat terpilih.

6. Kualitas Karyawan Baru Lebih Berkualitas

Umumnya, hasil rekrutmen yang rendah bisa disebabkan oleh empat hal, yaitu:

  • Tidak cukup pelamar yang memenuhi syarat
  • Tidak cukup waktu untuk mencari kandidat
  • Tidak cukup waktu untuk memeriksa apakah ada kandidat yang berpotensi dan cocok
  • Ada kandidat terbaik yang menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan

Namun dengan adanya pengelompokkan di talent pool, Anda bisa menghindari empat worst case scenario di atas. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan kualitas karyawan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Lalu bagaimana membuat database talent pool perusahaan?

BACA JUGA: Langkah-langkah yang Tepat dalam Strategi Merekrut Karyawan

Cara Membuat Talent Pool Perusahaan

cara membuat talent pool

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa mulai membuat talent pool melalui data calon karyawan yang belum berhasil lulus seleksi. Selain itu, Anda juga bisa mengumpulkan CV melalui website atau referral dari orang lain.

Tapi supaya proses penerapan talent pool makin maksimal, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Lacak Sebanyak Mungkin Kandidat

Cara termudah untuk menambah database talent pool adalah dengan memperbanyak referensi kandidat. Anda bisa memulai dengan mencari sumber kandidat melalui media sosial, LinkedIn, referensi karyawan, dan lainnya.

Setiap kali Anda menemukan satu kandidat yang dirasa cocok dan sesuai dengan budaya dan nilai perusahaan, maka Anda bisa menambahkannya ke talent pool. Cukup mudah, bukan?

2. Recruitment Marketing

Recruitment marketing merupakan bagian dari akuisisi bakat. Anda bisa menggunakan cara ini untuk memperkuat employer branding dan juga sekaligus menawarkan nilai proposisi pemberi kerja untuk menarik kandidat.

Selain itu, Anda juga bisa membuat landing page yang membuat para calon pelamar atau calon kandidat karyawan untuk tetap terhubung dengan informasi seputar lowongan perusahaan. Sehingga hal ini Anda bisa membuat talent pool dengan mudah.

3. Jaga Komunikasi Baik dengan Kandidat Lama

Cara mudah lainnya untuk mengisi talent pool adalah menjalin komunikasi baik dengan kandidat lama yang pernah melamar ke perusahaan Anda. Sembari menunggu posisi tersedia untuk ditawarkan, Anda bisa meneliti lebih jauh ke calon-calon kandidat yang dulu pernah ditolak. Siapa tahu, Anda dapat menemukan hidden gem yang berpotensi memajukan perusahaan di masa depan.

4. Gunakan Referensi Internal

Mungkin tidak sebagian orang menyadarinya bahwa dalam perusahaan ada referensi internal. Hal ini juga sama saja seperti ketika Anda melakukan rekrutmen internal. Nantinya informasi yang Anda dapatkan dari referensi internal ini bisa langsung dimasukkan ke database talent pool perusahaan.

5. Membangun Komunitas

Cara lain untuk membangun talent pool adalah dengan membangun komunitas. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan orang-orang yang berbakat dan melakukan komunikasi dengan mereka melalui email atau event perusahaan.

Hal ini juga nantinya bisa membantu Anda dalam mengenalkan budaya kerja, peluang karir, dan nilai perusahaan yang positif sehingga mereka tertarik untuk melamar kerja di perusahaan Anda. Setelah itu Anda bisa memasukkan informasi profilnya ke database talent pool perusahaan.

tips menambah database talent pool

Demikian penjelasan mengenai talent pool dan cara membuat database talent pool untuk perusahaan Anda. Perlu diketahui, membangun dan memelihara talent pool merupakan bagian dari strategi jangka panjang yang bisa menjamin perusahaan Anda untuk memenuhi sumber daya manusia yang berpotensi dan berkualitas.

Selain mengandalkan database dari talent pool, Anda juga bisa memanfaatkan situs atau aplikasi pencari kerja seperti KitaLulus. Perlu Anda ketahui, KitaLulus sudah beroperasi di banyak kota seperti Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Selain itu, aplikasi KitaLulus juga bisa membantu dalam memasang lowongan pekerjaan di perusahaan Anda. Maka dari itu, daftarkan diri Anda dan temukan sendiri kandidat berkualitas dan berpotensi bersama KitaLulus!


Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok