Cara Membuat Visi Misi Perusahaan dan Contohnya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Visi misi perusahaan– Umumnya, orang mengaitkan visi misi perusahaan sebagai identitas dan jati diri perusahaan. Selain itu, hal ini juga merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan.

Membangun visi misi perusahaan pun butuh banyak pertimbangan dan pemikiran. Apakah sesuai dengan budaya perusahaan? Apakah bisa sejalan dengan tujuan perusahaan? Dan masih banyak lagi.

Tapi tenang, di artikel kali ini KitaLulus akan membagikan cara membuat visi misi perusahaan sekaligus pengertian, tujuan, dan juga contohnya yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

BACA JUGA: Jenis Kepemimpinan Dalam Perusahaan. Anda Termasuk yang Mana?

Sekilas tentang Visi Misi Perusahaan

pengertian visi misi perusahaan

Sebelum kita membahas lebih lanjut, apakah Anda sudah mengetahui apa itu visi misi perusahaan?

Dilansir dari laman Hubspot, misi adalah pernyataan yang menggambarkan tindakan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sedangkan visi adalah pandangan untuk masa depan perusahaan yang dicapai melalui misi yang sudah ditentukan.

Singkatnya, visi berisikan cita-cita, nilai, dan masa depan dari sebuah perusahaan. Sedangkan misi adalah cara Anda mewujudkan visi perusahaan atau rencana perusahaan untuk mewujudkan visi yang sudah ditentukan.

Visi misi perusahaan adalah dua hal yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu diperhatikan.

Perbedaan yang paling mendasar adalah jangka waktunya. Visi adalah pandangan atau cita-cita untuk jangka waktu yang panjang. Sedangkan misi hanya diperlukan untuk masa sekarang atau untuk jangka pendek saja.

Selanjutnya, visi lebih bersifat permanen. Artinya, visi yang sudah ditetapkan tidak bisa diubah. Sementara itu, misi bersifat fleksibel dan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan.

Lalu, visi umumnya hanya terdiri dari satu kalimat saja atau tidak lebih dari satu paragraf. Berbeda dengan misi yang memuat beberapa poin penjelasan atau penjabaran dari visi tersebut.

Tujuan Visi Misi Perusahaan

tujuan visi misi perusahaan

Pembuatan visi misi perusahaan tidaklah sembarangan. Ada tujuan yang harus Anda perhatikan agar kedua hal tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Berikut tujuan visi misi yang membuat setiap perusahaan wajib memilikinya:

1. Memberikan Standar Kerja

Tujuan visi misi perusahaan yang pertama adalah untuk memberikan standar kerja. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan tugas dan tanggung jawab setiap anggota perusahaan. Sehingga semua pekerjaan yang diberikan bisa menjadi lebih efisien dan efektif.

2. Meningkatkan Motivasi Kerja

Tujuan visi misi perusahaan selanjutnya adalah untuk meningkatkan motivasi kerja. Dengan adanya visi misi perusahaan, karyawan bisa jadi lebih mudah memahami tujuan pekerjaannya. Sehingga mereka memiliki motivasi dan semangat untuk bekerja dan mencapai tujuan perusahaan.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tidak hanya motivasi kerja saja, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Ketika karyawan mengetahui untuk apa mereka bekerja, maka produktivitas juga bisa ikut meningkat.

4. Acuan Bagi Perusahaan

Visi misi perusahaan bisa membantu Anda dalam membuat inovasi atau perkembangan yang diperlukan. Selain itu, kedua hal ini juga bisa menjaga alur perusahaan agar tidak keluar jalur.

5. Pedoman Kerja Karyawan

Tujuan visi misi perusahaan yang kelima adalah sebagai pedoman kerja karyawan. Dengan begitu karyawan memiliki dasar yang bisa menjadi acuan mereka untuk bekerja dan mencapai tujuan perusahaan.

6. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dengan memiliki visi misi perusahaan yang jelas dan pasti, karyawan jadi bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Sehingga bisa meningkatkan loyalitas karyawan bagi perusahaan.

7. Landasan Pengambilan Keputusan

Mungkin Anda akan melihat visi misi perusahaan sebelum mengambil keputusan. Hal ini untuk mencegah hal-hal menyimpang yang bisa merugikan perusahaan di kemudian hari.

8. Tujuan Dasar Perusahaan

Satu lagi tujuan visi misi perusahaan yang perlu Anda tahu adalah menjadi tujuan dasar perusahaan. Sehingga seluruh anggota perusahaan memiliki gambaran yang jelas untuk tugas dan tanggung jawab yang harus diemban.

BACA JUGA: 7 Cara Membangun Kultur Perusahaan yang Baik, Kuat, dan Produktif

Cara Membuat Visi Misi Perusahaan

cara membuat visi misi

Bagi Anda yang masih bingung cara membuat visi misi perusahaan, berikut KitaLulus bagikan caranya untuk Anda:

1. Tentukan Tujuan Perusahaan

Cara membuat visi misi perusahaan yang pertama adalah dengan menentukan tujuan perusahaan terlebih dulu. Di sini Anda harus memikirkan apa tujuan dari mendirikan perusahaan, apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, lalu bagaimana keuntungan yang akan didapatkan perusahaan?

2. Tentukan Nilai Perusahaan

Setiap perusahaan wajib memiliki nilai-nilai yang bisa mencerminkan citra dari brand yang akan dipasarkan nantinya. Ketika Anda sudah berhasil menentukan nilai perusahaan, maka Anda bisa menjalankan bisnis beriringan dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Tentukan Cara Perusahaan Beroperasi

Ketika Anda mendirikan sebuah perusahaan, pasti ada output yang dihasilkan. Nah, bagaimana cara Anda untuk menghasilkan output tersebut? Bagaimana cara perusahaan bekerja atau beroperasi? Hal ini nantinya akan sejalan dengan nilai perusahaan yang sudah ditentukan.

4. Berorientasi ke Masa Depan

Mendirikan perusahaan itu tidak untuk jangka waktu yang pendek. Melainkan untuk jangka waktu yang panjang. Dalam hal ini Anda harus mempertimbangkan bagaimana visi misi perusahaan bisa terus berjalan seiring waktu. Sehingga Anda memiliki pedoman untuk penggambaran perusahaan di masa mendatang.

5. Sederhana dan Jelas

Visi misi perusahaan harus dibuat secara sederhana dan jelas. Artinya, gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh seluruh anggota perusahaan. Jangan gunakan kata-kata ambigu untuk menghindari kebingungan dan kesalahpahaman di masa mendatang.

6. Implementasikan Visi Misi dalam Kegiatan Operasional

Cara membuat visi misi perusahaan yang terakhir adalah mengimplementasikannya dalam setiap kegiatan operasional perusahaan. Sertakan juga dalam setiap rencana bisnis yang Anda buat dan jika dirasa perlu, bagikan visi misi tersebut kepada target pelanggan Anda.

Contoh Visi Misi Perusahaan Paling Inspiratif

contoh visi misi perusahaan paling inspiratif

Jika masih bingung dalam menentukan visi misi perusahaan, berikut KitaLulus bagikan beberapa contoh dari perusahaan ternama di dunia:

1. Aqua

Visi: Menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidrasi yang lebih sehat

Misi: Melalui misi dan komitmen ganda untuk kemajuan bisnis dan sosial, Danone memiliki tujuan untuk membangun masa depan yang lebih sehat dari gaya hidup sehat, bumi sehat, dan ekosistem yang sehat

2. Indofood

Visi: Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan

Misi: Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan

3. Facebook

Visi: People use Facebook to stay connected with friends and family, to discover what's going on in the world, and to share and express what matters to them

Misi: To give people the power to build community and bring the world closer together

4. Microsoft

Visi: Empower people through great software anytime, anyplace, and on any device

Misi: To create a better everyday life for many people. Our business idea supports this vision by offering a wide range of well-designed, functional home furnishing products at prices so low that as many people as possible will be able to afford them

5. Google

Visi: To provide access to the world's information in one click

Misi: Our mission is to organize the world's information and make it universally accessible and useful

6. Apple

Visi: We believe that we are on the face of the earth to make great products and that's not changing

Misi: To bring the best user experience to its customer through its innovative hardware, software, and services

Demikian penjelasan tentang visi misi perusahaan, perbedaan, tujuan, cara membuat, dan juga beberapa contoh dari perusahaan ternama di dunia yang bisa Anda jadikan acuan. Perlu diingat dan diketahui bahwa, tanpa adanya visi misi maka perusahaan seperti kapal tanpa kompas yang tidak mengetahui arah berlayar.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan karyawan dalam waktu cepat, Anda bisa menaruh informasi lowongan pekerjaannya di KitaLulus. Kini, KitaLulus sudah beroperasi di banyak kota seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan kerja di KitaLulus, dan dapatkan calon kandidat yang berpotensi dan berkualitas untuk perusahaan Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd