13 Cara Mempromosikan Produk Agar Penjualan Meningkat

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
Cara mempromosikan produk
13 Cara Mempromosikan Produk Agar Penjualan Meningkat

Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis, maka cara mempromosikan produk yang efektif adalah hal penting yang harus Anda perhatikan.

Terutama di era digital seperti saat ini, di mana metode pemasaran konvensional mungkin kurang diminati lagi. Tidak heran, kini satu per satu bisnis mulai mencoba beralih ke strategi promosi yang lebih modern, yaitu melalui media sosial.

Nah, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mempromosikan produk yang menarik secara online? Jika belum, Anda wajib menyimak penjelasan dari KitaLulus berikut.

Cara Mempromosikan Produk yang Terbukti Ampuh

Cara promosi menarik

Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat aktivitas bisnis semakin mudah untuk dijalani, utamanya di bagian promosi produk. Jika memasang iklan melalui poster hingga baliho membutuhkan dana besar, maka memasang iklan di media digital akan lebih menghemat biaya.

Selain memasang iklan, cara mempromosikan produk juga bisa dilakukan dengan trik digital marketing lainnya, seperti email marketing, review jujur pembeli, menggunakan influencer, social media marketing, dan masih banyak lagi. Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

1. Social Media Marketing

Pemasaran di media sosial menjadi hal yang sedang gencar dilakukan oleh banyak perusahaan. Hal ini dikarenakan hampir semua orang bermain media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Twitter.

Cara mempromosikan produk di Instagram atau TikTok ini bisa dengan membuat visual yang menarik hingga pendekatan yang unik kepada target pembeli. Contohnya Anda dapat membuat video, memasang iklan bernarasi yang menyentuh, hingga membuat gambar lucu untuk menarik perhatian pembeli.

2. Email Marketing

Siapa sih yang tidak menggunakan email? Orang-orang yang bermain media sosial akan otomatis memiliki email. Inilah mengapa email marketing cukup efektif sebagai salah satu contoh cara mempromosikan produk untuk meningkatkan penjualan.

Dalam email marketing, Anda bisa menggunakan gambar bervisual menarik hingga memanfaatkan review pelanggan untuk diselipkan sebagai salah satu bukti bahwa produk Anda layak untuk dibeli.

3. Artikel Promosi di Blog

Di zaman yang serba canggih dengan kecepatan informasi yang ada, membaca tulisan pendek dan menonton video memang lebih banyak digemari.

Namun jangan salah, tulisan panjang juga masih memiliki banyak peminat, lho. Inilah mengapa strategi marketing menggunakan artikel review di blog atau website masih digemari.

Artikel promosi di blog akan lebih panjang sehingga informasinya lebih lengkap dan komprehensif. Dengan begitu, calon pembeli akan mendapatkan informasi jelas mengenai produk Anda melalui satu pintu saja dan itu lebih efektif untuk mereka gunakan sebagai bentuk pertimbangan.

4. Memberikan Diskon

Tanpa disadari, harga masih menjadi patokan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Maka dari itu, memberikan diskon atau potongan harga adalah salah satu cara mempromosikan produk yang bisa Anda lakukan.

Berikan diskon misalnya saat Hari Belanja Nasional (Harbolnas) atau bisa juga ketika hari ulang tahun bisnis Anda. Adapun bentuk diskonnya dapat berupa gratis ongkir, pengurangan harga, beli 1 gratis 1, produk bundling, dan sebagainya.

5.  Melakukan Live Shopping

Jika sehari-hari Anda aktif menggunakan media sosial, Anda pasti sering menjumpai toko yang melakukan live shopping. Tidak hanya di media sosial e-commerce, tetapi di akun media sosial pengguna biasa juga banyak yang melakukan live shopping.

Hal ini memang terbukti ampuh sebagai salah satu cara mempromosikan produk secara online.

Anda bisa menggunakan beberapa trik selama live, seperti live packing sehingga pembeli melihat bagaimana produk yang mereka beli dibungkus, memberikan bonus untuk pembeli yang membeli saat live, hingga melakukan demo review produk.

Dengan begitu, pembeli akan lebih percaya kepada produk Anda dan berkesimpulan bahwa produk Anda layak dibeli saat itu juga.

Baca Juga: 40+ Kata-Kata Promosi Produk Terampuh untuk Menarik Pembeli

6. Membuka Pre-order dan Memberikan Merchandise

strategi promosi produk yang menarik

Contoh cara mempromosikan produk yang efektif selanjutnya adalah dengan membuka pre-order atau PO. Teknik ini sudah dilakukan oleh banyak penjual, utamanya produk makanan dan minuman yang memang punya masa kadaluarsa.

Akan tetapi, teknik pre-order juga bisa dilakukan untuk memberikan bonus seperti merchandise khusus saat PO atau diskon dengan nominal tertentu. Dengan begitu, calon pembeli akan lebih tergiur karena membeli saat masa PO lebih menguntungkan mereka.

Keuntungan lain bagi penjual adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan di muka untuk membeli keperluan produksi produk karena customer membayar dahulu sebelum mendapatkan produknya.

7. Membuka Program Referral atau Affiliate

Anda tentu sudah tahu tentang program affiliate yang biasanya dilakukan oleh para e-commerce. Jangan salah, Anda juga bisa membuat program ini sendiri lho di luar aplikasi jual-beli yang ada.

Caranya adalah dengan memberikan nominal diskon kepada pembeli yang melakukan promosi secara umum. Nantinya, pembeli lain yang membeli produk melalui dia bisa Anda berikan bonus, seperti potongan harga di pembelian berikutnya atau barang khusus affiliate.

Cara ini terbukti ampuh karena afiliator akan mendapatkan keuntungan dan penjualan Anda juga bisa meningkat.

8. Buka Pemesanan Eksklusif

Tips ampuh berikutnya adalah dengan “mempermainkan” psikologi target pembeli, yaitu menjual produk eksklusif.

Mungkin ini akan memberikan sedikit keuntungan bagi Anda, namun ketika pembeli tahu jika produk tersebut eksklusif dan tidak dijual dalam jumlah banyak, mereka akan melakukan pertimbangan tinggi untuk membelinya. Sebab, manusia akan cenderung tidak mau tertinggal dari orang lain dan ingin mendapatkan barang yang langka.

9. Buat Program Loyalty

Jika program referral adalah untuk memberikan bonus kepada pembeli yang mengajak pembeli lain membeli produk melalui dia, maka program loyalty adalah memberikan promo khusus kepada pembeli yang sudah setia pada produk Anda.

Anda bisa mengajak pelanggan untuk mengumpulkan poin reward atau stiker dalam jumlah tertentu. Nantinya, setelah objektifnya terkumpul, Anda bisa memberikan promo khusus bagi pelanggan tersebut.

10. Promosi Melalui Influencer

Seperti namanya, influencer adalah orang yang mampu memengaruhi pengikutnya. Seringkali, apa yang mereka pakai atau makan akan banyak dicari oleh pengikutnya sehingga produk yang mereka promosikan akan meningkat penjualannya.

Inilah mengapa banyak brand yang menggunakan influencer sebagai salah satu cara mempromosikan produk di Instagram.

Namun, Anda harus pandai memilih influencer yang tepat untuk produk Anda dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Anda juga harus melakukan riset terhadap followers-nya apakah sesuai dengan target pasar Anda atau tidak.

11. Giveaway

Nyatanya, masih banyak orang yang menantikan giveaway dari toko langganannya. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengenalkan produk baru. Pelanggan tentu akan merasa senang karena bisa mendapatkan produk baru tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Tujuan dari strategi ini juga untuk menarik perhatian calon pelanggan baru dan meningkatkan brand awareness. Bahkan cara satu ini bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

12. Tester atau Sampel Produk

Tips selanjutnya untuk mengenalkan produk pada pelanggan adalah dengan menyediakan tester atau sampel produk. Biasanya, jenis promosi ini sering dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang food & beverages.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk perusahaan jenis lainnya juga menerapkan metode berikut. Untuk melakukan strategi ini, Anda bisa menyelipkan sampel produk baru di produk yang sudah dibeli oleh pelanggan dan minta pendapatnya terkait produk baru tersebut.

13. Tawarkan Harga Khusus

Cara yang terakhir adalah dengan menawarkan harga khusus bagi pelanggan yang membeli produk dalam jumlah banyak. Trik satu ini diklaim bisa membuat produk Anda lebih cepat terjual, lho!

Baca Juga: Endorse Adalah: Manfaat, Keuntungan, Strategi, Prosesnya

Tips Memilih Sistem Promosi yang Efektif 

Tips Memilih Sistem Promosi yang Efektif 

Setelah mengetahui berbagai cara mempromosikan produk di atas, kini mungkin Anda bingung harus menggunakan cara yang mana. Jangan gegabah dan salah pilih, ya.

Sebaiknya Anda memerhatikan tips memilih sistem promosi secara online yang efektif berikut ini. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami apa sih strategi paling cocok yang bisa Anda coba untuk mempromosikan produk bisnis Anda.

1. Ketahui Target Market

Menjual produk skincare dengan menjual baju tidak hanya berbeda tentang jenis produk yang dijual, melainkan juga target pasarnya. Setiap kelompok pembeli memiliki kebiasaan yang berbeda, bahkan tempat “berkumpul” yang berbeda pula.

Anda harus mengetahui siapa target pasar Anda. Jika ternyata pembeli produk Anda generasi milenial hingga generasi Z, maka Anda harus memerhatikan media sosial untuk melakukan promosi.

Hindari Facebook karena mereka jarang menggunakan media tersebut lagi, melainkan lebih banyak aktif di TikTok, Instagram, hingga Twitter.

2. Lakukan Riset Kompetitor

Tidak hanya melakukan riset terhadap calon pembeli, tetapi lakukan juga riset terhadap kompetitor. Ini dilakukan supaya strategi promosi Anda tidak sama dengan kompetitor dan memiliki keunikan.

Jangan sampai Anda nantinya dicap sebagai plagiat tentang cara promosi padahal Anda sebenarnya tidak tahu.

Riset ini juga bermanfaat untuk mendapatkan informasi tentang target pembeli mereka dan bagaimana penjualan mereka. Dengan begitu, Anda bisa merancang strategi promosi yang lebih efektif.

3. Lakukan Riset Lapangan

Riset lapangan tidak hanya untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang cocok untuk produk Anda, tetapi juga mendapatkan informasi mengenai apa saja produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Riset bisa dilakukan dengan cara menyebar kuesioner di media sosial lalu melakukan giveaway bagi pengisi kuesioner yang beruntung.

4. Kombinasikan Beberapa Teknik Promosi

Strategi promosi produk memang sangat beragam. Maka dari itu, Anda tidak perlu ragu untuk melakukan kombinasi strategi supaya hasil penjualan bisa lebih maksimal. Namun, untuk memilih strategi yang cocok, Anda harus memerhatikan budget dan kebiasaan dari target pembeli Anda, ya.

5. Jangan Hanya Promosi

Melakukan promosi jangan kaku. Menyebutkan keunggulan produk tentu saja harus, tetapi jika fokus di sana saja, Anda hanya akan seperti robot. Lakukan dengan santai dan lebih manusiawi.

Tidak apa-apa untuk menyebutkan bahwa produk Anda masih memiliki kekurangan. Di bagian ini bisa Anda gunakan untuk mengunggulkan produk Anda yang lain sehingga penjualan bisa merata.

Ingat, jangan sampai selama melakukan promosi Anda menjelekkan produk dari brand lain secara terang-terangan karena itu tidak etis.

Baca Juga: Marketing Mix 7P: Pengertian, Konsep, dan Contohnya

Demikianlah penjelasan terkait cara mempromosikan produk lengkap dengan tipsnya. Apakah Anda butuh tim marketing segera yang mampu menyusun strategi promosi di media sosial dengan efektif?

Tenang, Anda bisa pasang info lowongan kerjanya di KitaLulus. Dengan lebih dari 3 juta pengguna, Anda akan lebih mudah menemukan kandidat terbaik hanya dalam hitungan hari saja.

Tertarik? Yuk daftar gratis sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top