Cara Daftar Franchise J&T, Syarat, Modal, dan Keuntungannya

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
franchise jnt
Cara Daftar Franchise J&T, Syarat, Modal, dan Keuntungannya

Franchise J&T sedang banyak diminati akhir-akhir ini. Alasannya tentu saja karena jasa ekspedisi sangat berguna untuk mengantarkan barang, terlebih sejak pandemi yang mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja online.

Jika Anda sedang ingin mencoba berbisnis, mendaftar franchise J&T tentu tidak ada salahnya. Modalnya terjangkau dan persyaratan yang dibutuhkan juga mudah untuk dipenuhi.

Simak penjelasan berikut untuk memahami bagaimana cara daftar franchise J&T.

Company Profile J&T

Company Profile J&T
Sumber: J&T Express

J&T Express merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengantaran. Perusahaan ini berdiri sejak 2015 dengan nama PT Global Jet Express. Pendirinya adalah Jet Lee, mantan CEO dari Oppo Indonesia, bersama Tony Chen.

Tahukah Anda bahwa nama J&T merupakan istilah yang berasal dari bahasa Mandarin speedy rabbit. Penamaan ini selaras dengan tujuan J&T yang ingin memberikan pelayanan terbaik dalam pengantaran serta mengutamakan kecepatan dan ketepatan waktu.

Hingga saat ini, J&T Express telah memiliki lebih dari 4.000 agen atau titik poin dengan jumlah karyawan yang sudah terlatih sejumlah lebih dari 30.000.

Terdapat 3 servis yang ditawarkan oleh J&T, yaitu EZ dengan estimasi waktu pengiriman dalam 2–7 hari, ECO dalam 7–17 hari, dan J&T Super dengan estimasi barang diantar paling lama 3 hari.

Perusahaan ekspedisi asli Indonesia ini kini sudah menjadi multinational company dengan memperluas cabangnya di luar negeri, mulai dari Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Kamboja, China, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, hingga UAE.

Dengan reputasi yang terus meningkat, J&T beberapa kali mendapatkan penghargaan dalam Top Brand Awards, yaitu pada tahun 2018 dan 2019.

Baca Juga: Franchise Es Teh Indonesia: Begini Syarat dan Cara Mendaftar Kemitraan

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa modal franchise J&T Express? Tidak perlu khawatir akan mengeluarkan modal yang sangat besar, harga franchise J&T cukup terjangkau, yaitu Rp10.000.000 dan Rp20.000.000. J&T Express memang menawarkan dua tipe franchise dengan benefit yang berbeda.

Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

1. Paket Franchise Rp10.000.000

  • Neon Box
  • Timbangan digital scale 30 kg
  • Seragam + 1 topi
  • Sistem J&T
  • Media promosi

2. Paket Franchise Rp20.000.000

  • Laptop
  • Printer
  • Neon Box
  • Timbangan digital scale 30 kg
  • Seragam + 1 topi
  • Sistem J&T
  • Media promosi

Sebagai tambahan informasi, harga paket di atas belum termasuk upah karyawan karena itu hanya untuk membeli franchise dan deposit. Nantinya, Anda harus memberikan gaji untuk minimal 2 karyawan sesuai dengan upah minimum regional (UMR) di domisili Anda.

Keuntungan Franchise J&T

Keuntungan Franchise J&T
Sumber: Akademi Bisnis Buku Kas

Berikut keuntungan jika Anda mendaftar sebagai mitra franchise J&T Express:

  1. J&T Express merupakan perusahaan yang terpercaya sehingga customer tidak meragukan kredibilitasnya.
  2. Return modal akan mudah didapat karena J&T telah bekerja sama dengan berbagai ecommerce hingga brand terkenal untuk pengiriman.
  3. Meskipun masih menjadi agen J&T Express baru, tetapi Anda tidak perlu banyak melakukan promosi karena J&T Express telah terkenal di berbagai wilayah di Indonesia.
  4. Harga khusus dalam program kemitraan akan membuat keuntungan yang didapat menjadi transparan dan menguntungan.

Baca Juga: Tertarik Membuka Franchise Mixue? Ini Rincian Modal & Caranya

Syarat dan Ketentuan Daftar Franchise J&T

Sebagaimana mendaftar franchise lainnya, J&T Express juga memiliki syarat dan aturan yang mengikat. Berikut syarat franchise J&T Express yang harus Anda pelajari dan penuhi ketika ingin bergabung menjadi agen.

1. Syarat Dokumen

  • Mengisi aplikasi pengajuan keagenan J&T Express
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi
  • Pas photo 4×6 cm warna 3 lembar
  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha) atau bisa digantikan dengan bukti bayar IMB terakhir
  • Foto outlet dan denah lokasi

2. Syarat Lokasi

  • Lokasi disarankan berada di pinggir jalan
  • Dapat diakses oleh kendaraan roda empat dengan mudah
  • Memiliki lahan parkir yang luas guna akses penjemputan paket dalam jumlah besar
  • Mempunyai kursi tunggu untuk pelanggan
  • Timbangan digital minimal kapasitas 30 kg (biasanya disediakan oleh pihak J&T)
  • Memiliki komputer & printer
  • Spanduk atau tiang untuk papan nama J&T Express

3. Syarat SDM

Dalam 1 outlet minimal harus memiliki 1-2 karyawan dan pastikan bahwa karyawan yang Anda rekrut memahami bagaimana pengoperasian komputer dan printer dengan baik..

Baca Juga: Panduan Lengkap Franchise Indomaret: Biaya Hingga Prasyarat

Cara Daftar Franchise J&T

Cara Daftar Franchise J&T
Sumber: Kontan

Cara daftar franchise J&T Express tidaklah rumit. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memilih Paket yang Anda Inginkan

Dengan masing-masing benefit yang diberikan, Anda bisa memilih paket franchise J&T Express di atas. Pilih sesuai kebutuhan Anda. Jika memang Anda sudah memiliki komputer dan printer pribadi, Anda bisa memilih paket yang seharga Rp10.000.000.

2. Penuhi Seluruh Syarat Daftar

Baca dan pelajari dengan saksama syarat harus dipenuhi untuk menjadi agen J&T Express supaya bisa disiapkan sedini mungkin dan seluruh proses pendaftaran bisa cepat selesai.

3. Hubungi J&T Express Tingkat Provinsi

Cara daftar franchise J&T selanjutnya adalah hubungi cabang atau perwakilan J&T di tingkat provinsi. Hal ini dikarenakan pembukaan pendaftaran agen harus menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing cabang J&T.

Anda dapat melacak lokasi kantor J&T Express di domisili Anda dengan mengakses jet.co.id/finddroppoint.

4. Memenuhi Syarat Pembukaan Agen

Berikutnya yaitu tentu saja mempersiapkan syarat-syarat yang telah ditentukan. Selain persyaratan administrasi, lokasi yang Anda pilih juga harus memenuhi standar interior yang telah J&T tentukan. Biasanya pihak J&T nanti akan mengadakan survey secara langsung ke lokasi Anda.

5. Mendaftar Melalui Pihak Pengelola J&T

Proses pendaftaran franchise J&T dapat dilakukan dengan menemui pihak pengelola yang mengurus pendaftaran agen. Untuk ini, Anda bisa mendatangi kantor cabang J&T Express terdekat di daerah Anda masing-masing. Ikuti semua arahan dan prosedurnya. Jika lolos seleksi, barulah Anda akan mendapat fasilitas pelatihan dari J&T Express.

6. Menghubungi Pihak J&T Express

Anda tidak perlu khawatir dalam proses pendaftaran atau selama menjadi agen akan mengalami permasalahan. Jika terkendala secara operasional, Anda bisa langsung mengontak call center J&T Express dalam 24 jam di nomor layanan:

  • Call Center : 02180661888
  • Telepon : 08001001188
  • WhatsApp : 08118466188
  • Email : jntcare@jet.co.id
  • Twitter: @jntexpressid

Bagaimana? Setelah mempelajari tentang cara mendaftar franchise J&T Express, apakah Anda menjadi tertarik untuk bergabung? Yang pasti, perusahaan jasa pengantaran akan semakin dibutuhkan di masa depan. Jadi, dipastikan bahwa return modal akan cepat.

Nah, untuk Anda yang ingin mendaftar franchise ekspedisi, sekarang waktunya Anda mencari karyawan. Anda bisa pasang info lokernya di aplikasi KitaLulus. Loker yang Anda pasang juga akan tayang di berbagai kanal media KitaLulus, mulai dari website hingga Instagram. Dengan begitu, jangkauan rekrutmen akan luas sehingga Anda cepat mendapatkan kandidat.

Untuk bergabung menjadi perusahaan rekanan KitaLulus, Anda cukup mengisi formulir di website KitaLulus. Segera bergabung sekarang dan dapatkan kemudahan dalam merekrut karyawan profesional, andal, dan terpercaya.

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top