17 Peluang Usaha di Kampung yang Menjanjikan, Apa Saja?

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
peluang usaha di kampung
17 Peluang Usaha di Kampung yang Menjanjikan, Apa Saja?

Siapa bilang memulai usaha harus selalu dari kota? Nyatanya ada banyak sekali peluang usaha di kampung yang bisa dijalankan dan punya potensi untuk mendatangkan keuntungan yang besar.

Ya, Anda tidak salah membacanya, kampung dengan segala potensinya dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha di kampung tapi masih bingung jenis usaha apa yang bisa dijalankan, artikel ini akan memberikan beberapa opsi peluang usaha di desa yang potensial untuk Anda, mari disimak!

Peluang Usaha di Kampung yang Potensial

Dengan segala potensi yang bisa dikembangkan di dalamnya, nyatanya ada banyak sekali peluang usaha di kampung yang menguntungkan untuk dijalankan. Berikut ini peluang usaha di desa yang ideal untuk Anda:

1. Produk Hasil Ternak

Peluang usaha di kampung yang menjanjikan untuk Anda jalankan dan punya potensi besar untuk sukses adalah produk hasil ternak mulai dari ayam, kambing, sapi, dan ikan.

Hasil ternak ini bisa diolah menjadi berbagai produk dengan nilai jual yang tinggi, misalnya saja daging kambing segar, susu sapi, keju, yoghurt, dan telur ayam.

Dengan memanfaatkan sumber daya desa yang kaya, peluang usaha ini dapat memberikan keuntungan bahkan membuka lapangan pekerjaan yang memajukan wilayah tersebut.

2. Produk Makanan Olahan

Selain peluang produk hasil ternak, di kampung Anda juga bisa membuka usaha yang memanfaatkan hasil pertanian yang menjadi unggulan di daerah tersebut.

Dengan memanfaatkan hasil pertanian ini, Anda dapat mengembangkan bisnis makanan olahan yang otentik atau bahkan baru. Anda bisa mengolahnya menjadi keripik, manisan, atau bentuk camilan lainnya.

3. Usaha Bibit Tanaman atau Obat Pertanian

Pedesaan atau kampung umumnya masih mengandalkan bertani sebagai mata pencaharian mereka. Nah, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang usaha dengan menjual bibit, obat tanaman, maupun alat bertani.

Usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi akan sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan.

4. Penjual Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki peminat yang tinggi. Tidak sedikit warga kota yang rela mengunjungi desa-desa yang memiliki koleksi tanaman hias untuk membelinya. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang usaha di kampung yang potensial.

Usaha ini juga merupakan usaha yang cukup mudah karena kondisi lingkungan yang mendukung.

5. Pembuatan Pot Tanaman

Dengan tingginya minat akan tanaman hias, tentunya minat akan pot tanaman pun akan menjadi semakin tinggi. Ini tentu saja bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Apalagi saat pot yang Anda buat punya nilai estetik yang tinggi, pasti akan disenangi konsumen.

Pembuatan pot tanaman di desa pun terbilang mudah dijalankan karena ketersediaan bahan baku yang mudah didapatkan, baik itu semen, tanah liat, atau bahan-bahan pendukung lainnya.

6. Kerajinan Mebel

Jika kampung Anda adalah penghasil kayu, menjalankan usaha kerajinan mebel menjadi pilihan yang tepat. Walaupun pastinya Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun ini akan sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan.

Apalagi pasar kerajinan mebel terbilang luas tidak hanya kota-kota besar di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Baca Juga: 5 Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas yang Bisa Dijual, Pasti Laris Manis!

7. Ayam Petelur

Selanjutnya, Anda juga bisa menjalankan bisnis ayam  petelur di kampung. Ini merupakan usaha yang menjanjikan, karena permintaan telur untuk berbagai kebutuhan akan terus meningkat, baik untuk konsumsi harian atau juga kebutuhan sebagai bahan masakan.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan membeli bibit ayam petelur dan mengelolanya sampai mencapai masa produksi.

Jika sudah mendapatkan hasil telur-telur dari ayam yang Anda rawat, coba jual ke warung-warung terdekat, rumah makan, atau Anda juga bisa bekerja sama dengan toko-toko besar.

8. Ternak Lele

Peluang usaha di kampung lainnya yang potensial untuk dijalankan adalah ternak lele. Modal dari usaha ini terbilang terjangkau dengan perawatan yang tidak terlalu rumit.

Hasil panen lele pun terbilang cepat dan dapat Anda jual ke pengepul, pedagang ikan, atau ke rumah makan yang menyediakan menu lele.

9. SPBU Mini

Umumnya, akses ke SPBU besar di kampung-kampung masih sangat jauh, hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha dengan membuka SPBU mini.

Pastikan SPBU mini Anda menjual bahan bakar yang lengkap, seperti solar, pertalite, yang memang dibutuhkan bukan hanya untuk kendaraan tapi juga untuk alat pertanian.

10. Bengkel Motor

Motor menjadi salah satu moda transportasi yang paling umum digunakan. Baik itu untuk angkutan orang atau juga angkutan hasil panen.

Membuka bengkel bisa menjadi usaha yang menjanjikan di desa. Tawarkan beberapa jasa seperti perbaikan, perawatan, penjualan suku cadang, serta aksesoris motor.

11. Agen Gas Elpiji

Gas elpiji adalah salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat, tak terkecuali di desa. Anda dapat menangkap peluang ini dengan menjadi agen gas elpiji.

Untuk memulai usaha ini, cobalah mencari informasi bagaimana menjadi agen gas elpiji resmi melalui Pertamina.

Mengingat usaha ini memiliki tingkat risiko bahaya yang tinggi, pastikan juga Anda menjaga keamanan area usaha dengan baik, untuk mencegah terjadinya ledakan atau kebakaran.

12. Bisnis Pulsa dan Token Listrik

Saat ini, semua orang termasuk juga yang tinggal di kampung sudah memiliki smartphone, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis pulsa dan menyediakan paket data internet.

Tidak hanya menyediakan paket pulsa untuk listrik yang sekarang juga sudah beralih menggunakan pra bayar.

Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat menjalin kerja sama dengan distributor terpercaya untuk mendapatkan pulsa dan token listrik dengan harga yang bersaing.

Peluang usaha di kampung satu ini juga minim risiko karena pulsa dan token listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

13. Warung Sembako

Membuka warung sembako menjadi peluang bisnis yang tinggi di desa.

Anda dapat menjual bahan-bahan pokok mulai dari beras, sayur, buah-buahan, telur, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat desa.

Agar Anda mendapatkan harga terbaik dan ketersediaan bahan di warung selalu bisa terpenuhi, cobalah untuk bekerja sama dengan petani dan peternak yang ada di kampung tersebut.

14. Bisnis Jajanan Tradisional

Tidak bisa dipungkiri bahwa jajanan tradisional banyak disukai oleh masyarakat, baik itu di desa maupun kota. Nah, Anda dapat memulai bisnis jajanan tradisional seperti kue lapis, onde-onde, pisang coklat, dan lainnya sebagai peluang usaha yang dapat dijalani di kampung.

Agar semakin sukses, manfaatkan acara-acara di desa seperti pengajian, musyawarah, serta pernikahan, yang biasanya menyajikan kue-kue tradisional.

15. Usaha Warkop

Budaya kumpul-kumpul menjadi aktivitas yang umum di kampung. Manfaatkan hal ini sebagai peluang usaha dengan membuka warkop.

Anda dapat menyajikan minuman-minuman yang pasti disukai seperti kopi, teh, wedang jahe, atau jus. Lalu untuk makanannya, Anda bisa menjual gorengan, kue-kue tradisional, keripik, atau juga mie instan.

16. Bisnis Kerajinan Tangan

Apakah kampung Anda termasuk kampung wisata yang banyak didatangi oleh turis? Jika iya usaha kerajinan tangan menjadi opsi usaha yang menjanjikan untuk dijalani.

Anda bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk menjalani bisnis ini.

Beberapa bentuk kerajinan yang bisa dijalankan seperti membuat kerajang, tas, gelang, ukiran, topi, dan produk lainnya.

Kerajinan tangan ini bukan hanya bisa memikat pasar dalam negeri tapi juga pasar luar, apalagi jika kerajinan tangan yang dihasilkan terbilang unik dan khas.

17. Kerajinan Bahan Limbah

Usaha lainnya yang bisa Anda jalankan di kampung adalah kerajinan bahan limbah. Bahan limbah yang bisa dijadikan beberapa kerajinan adalah sedotan, plastik bekas, atau juga cangkang telur.

Anda bisa membuat kerajinan ini sekreatif dan seunik mungkin untuk meningkatkan nilai jualnya di pasaran.

Nah, itulah daftar peluang usaha yang bisa dijalankan di kampung. Jadi mana usaha yang minat Anda mulai?

Memulai usaha akan lebih lancar bila didukung dengan karyawan-karyawan yang kompeten. Walaupun Anda menjalankan usaha di kampung, tidak perlu khawatir kesulitan mencari karyawan, Anda bisa pasang loker di KitaLulus.

Pasang loker di KitaLulus memungkinkan Anda untuk menjangkau kandidat-kandidat secara luas, bahkan di kecamatan sekalipun.

Mari, daftarkan perusahaan atau usaha Anda sekarang untuk pasang loker di KitaLulus!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker