Sample Produk: Manfaat dan Cara Membagikannya kepada Konsumen

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
sample produk
Sample Produk: Manfaat dan Cara Membagikannya kepada Konsumen

Ketika kita baru memulai bisnis atau juga meluncurkan produk baru, hal yang perlu dilakukan adalah mengenalkan produk tersebut kepada khalayak. Membagikan sampel produk adalah salah satu cara yang terbilang efektif untuk dilakukan.

Dengan membagikan sampel dari produk secara gratis, calon konsumen bisa menjadi tahu bila ada produk baru yang menarik untuk dicoba. Setelah itu, mereka bisa menjadi tertarik untuk membeli produk lengkapnya.

Untuk membantu Anda memahami lebih jauh mengenai strategi pemasaran satu ini, simak artikel KitaLulus berikut ini!

Apa Itu Sample Produk?

Sample produk adalah contoh dari produk yang diberikan kepada calon konsumen untuk mereka coba sebelum membeli. Biasanya sample produk diberikan secara gratis, walau ada juga yang dijual dengan harga yang lebih murah.

Pemberian sample produk dapat membantu dalam memperluas pangsa pasar, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan peluang penjualan.

Tujuan Pemberian Sampel Produk

Pemberian sampel produk menjadi salah satu strategi yang bagus untuk mengenalkan produk, apalagi jika produk tersebut adalah produk baru. Berikut ini beberapa tujuan dari pemberian sample produk:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan memberikan sampel produk, calon konsumen dapat mencoba produk secara langsung dan merasakan manfaatnya. Hal ini dapat meningkatkan awareness terhadap brand dan produk tersebut.

2. Meningkatkan Penjualan

Ketika calon konsumen menyukai produk setelah mencoba sampelnya, mereka lebih punya keinginan yang besar untuk membeli produk full size. Hasilnya, penjualan bisa meningkat.

3. Mendapatkan Feedback dari Konsumen

Feedback dari konsumen yang mencoba sampel produk dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan strategi marketing.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Promosi Terampuh di Era Digital

Manfaat Memberikan Sample Produk

Memberikan sampel produk kita kepada calon konsumen bisa menjadi strategi marketing yang baik terutama jika Anda baru memulai bisnis.

Manfaat pemberian contoh produk tidak bisa kita sangkal, seperti membantu Anda untuk memperhitungkan potensi profit yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari memberikan sample produk:

1. Meningkatkan Awareness

Ketika Anda mengeluarkan produk baru, tentunya banyak orang belum mengenal produk baru Anda. Memberikan sampel gratis memungkinkan mereka mencoba dan merasakan langsung manfaatnya.

Pengalaman ini membantu mereka memahami produk dan membuat penilaian. Keputusan mereka selanjutnya adalah membeli produk Anda atau tidak. Oleh karena itu, berikan sampel terbaik untuk menarik mereka sejak penggunaan pertama.

2. Memberikan Pengalaman Kepada Konsumen

Sampel produk adalah versi kecil dari produk yang ingin dikenalkan kepada prospek. Memberikan sampel produk dapat memberikan pengalaman langsung kepada konsumen setelah mereka mencoba atau merasakan produk tersebut.

Ketika semakin banyak konsumen yang mencoba dan mengenal contoh produk yang diberikan, mereka akan cenderung membicarakan dan menyebarkan informasi tentang kualitas produk kepada teman, keluarga, dan kenalan mereka.

Dengan semakin banyaknya orang yang percaya pada produk yang ditawarkan, maka semakin besar pula kemungkinan orang-orang tersebut akan memberikan komentar positif tentang produk kita.

3. Mendapat Feedback dan Review

Konsumen yang mendapatkan sampel produk dapat dengan sukarela memberikan masukan dan testimoni tentang penggunaan produk Anda, yang dapat Anda tampilkan di website Anda.

Hal ini akan lebih efektif jika sampel diberikan kepada influencer seperti blogger, youtuber, vlogger, atau selebgram.

Jika mereka memberikan review positif, ini bisa membantu mempromosikan produk Anda secara tidak langsung kepada pembaca atau viewers mereka.

Review pun bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan menyesuaikannya dengan kebutuhan konsumen dan pasar.

4. Mengetahui Produk yang Disenangi Pasar

Jika Anda berniat menjual produk yang beragam, memberikan contoh produk ke konsumen, akan membantu mengetahui produk yang diminati banyak orang.

Akhirnya Anda pun dapat mengidentifikasi dan menyimpulkan produk mana saja yang akan laris di pasaran. Sehingga Anda pun dapat menghindari risiko kesalahan dalam perencanaan produksi dan pembeliaan bahan baku.

Anda juga bisa mengoptimalkan di produk-produk tertentu berdasarkan sampling program jenis produk yang paling diminati. Dengan cara ini dapat membuat produk yang best seller dengan tetap mengamankan cash flow serta resiko yang rendah.

5. Membangun Kepercayaan Konsumen

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dengan memberikan sampel produk adalah menciptakan dan menumbuhkan kepercayaan kepada konsumen karena berani memberikan produk secara gratis.

Apalagi jika calon pembeli itu adalah para pembeli yang akan membeli produk dalam jumlah yang besar, mereka sangat membutuhkan kepastian dari produk yang akan mereka pakai. Kepercayaan konsumen akan menciptakan keputusan pembelian.

6. Meningkatkan Kualitas Hubungan Bisnis

Pemberian sampel produk-produk baru akan semakin meningkatnya hubungan bisnis antara kita dan pelanggan. Buat mereka terkesan dengan apa yang sudah kita berikan kepada mereka.

Berikan mereka sesuatu spesial di hari ulang tahun atau hari spesial yang lain buat mereka, dengan begitu ikatan bisnis anda dan mereka akan semakin kuat dan erat.

7. Mendapatkan Promosi Sukarela

Promosi dapat terjadi secara sukarela ketika konsumen ternyata menyukai sampel produk yang kita bagikan. Ini banyak terjadi pada produk skincare, di mana banyak penggemar produk kecantikan yang aktif menggunakan media sosial yang suka merekomendasikan produk yang mereka sukai ke pengikut di media sosialnya.

Cara Membagikan Sampel Produk

Membagikan sampel produk tidak bisa dilakukan secara asal. Agar berjalan efektif dan bisa mencapai tujuan yang diharapkan, coba ikut beberapa cara berikut ini.

1. Ketahu Produk yang akan Dipromosikan

Pertama Anda harus mengetahui produk mana yang akan dipromosikan. Contohnya produk baru atau juga produk yang masih kurang secara penjualan.

2. Buat Ukuran yang Lebih Kecil

Cara kedua, Anda perlu membuat produk yang akan dibagikan dalam ukuran yang lebih kecil.

Membuat produk dalam ukuran yang lebih kecil akan membuat konsumen penasaran mengenai produk yang lebih lengkap, sehingga mereka lebih tertarik untuk membeli produk full size.

Biasanya sampel produk dibagikan dalam bentuk sachet sehingga mudah dibagikan.

3. Bagikan Langsung ke Konsumen

Taktik membagikan sampel produk yang paling umum dilakukan adalah dengan membagikannya secara langsung. Nah, Anda pun bisa melakukan hal ini, coba bagikan produk di pusat perbelanjaan atau juga tempat ramai lainnya.

Saat membagikan sample ini, Anda juga bisa menjelaskan mengenai produk Anda dan bagaimana cara mendapatkannya.

4. Masukkan ke Dalam Produk

Selain membagikan secara langsung, Anda juga dapat memasukan sampel produk ke dalam produk lainnya yang memiliki penjualan tinggi.

Dengan begini, akan semakin banyak konsumen yang bisa mencoba sampel produk.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai pemberian sample produk.

Anda juga dapat memperkuat strategi pemasaran dengan memiliki tim marketing yang andal. Temukan karyawan terbaik untuk perusahaan dengan pasang loker di KitaLulus.

Pasang loker di KitaLulus membantu Anda menemukan kandidat dengan cepat dan tepat. Pemasangan loker juga mudah karena akan dibantu oleh tim KitaLulus.

Ayo, daftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker