Usaha Laundry Sepatu: Tips Memulai, Modal, Keuntungan

Rabbani Haddawi
Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.
usaha laundry sepatu
Usaha Laundry Sepatu: Tips Memulai, Modal, Keuntungan

Jika Anda sedang mencari ide bisnis dengan modal kecil, maka membuka usaha laundry sepatu adalah pilihan yang tepat. Di zaman yang serba sibuk ini, banyak orang mengandalkan sepatu untuk berbagai aktivitas, mulai dari berolahraga hingga acara formal. 

Karena sepatu digunakan secara reguler, barang ini cenderung mudah kotor dan terkena noda. Inilah mengapa banyak orang mencari jasa laundry sepatu yang dapat membersihkan dan merawat sepatu mereka dengan baik.

Bagi Anda yang tertarik membuka usaha ini, mari simak panduan memulai bisnis laundry sepatu serta perkiraan modal yang diperlukan di bawah ini.

Perkiraan Modal Usaha Laundry Sepatu

Modal yang dibutuhkan untuk membangun dan mengoperasikan bisnis laundry sepatu memiliki rentang yang beragam, namun estimasinya sebagai berikut:

  • Mesin Cuci Sepatu: Rp5.000.000
  • Dryer: Rp5.500.000
  • Rak Sepatu: Rp500.000
  • Rak Alat: Rp500.000
  • Set Perlengkapan Kebersihan: Rp750.000
  • Alat Tulis Kantor (ATK): Rp100.000
  • Meja dan Kursi: Rp500.000
  • Biaya Gaji Karyawan: Rp3.000.000
  • Biaya Listrik dan Air: Rp1.000.000
  • Kantong Plastik Sepatu: Rp500.000

Total: Rp 17.350.000,- 

Perlu diingat bahwa modal di atas hanya untuk tahap awal pembangunan usaha. Untuk biaya operasional, diperlukan sekitar setengah dari total modal awal tersebut.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Modal 5 Juta Paling Menguntungkan dan Mudah

Panduan Persiapan Memulai Usaha Laundry Sepatu

tips memulai usaha laundry
Sumber: irisindonesia.co

Jasa laundry sepatu merupakan bisnis yang menjanjikan, dan untuk merintis bisnis ini, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Kali ini, KitaLulus akan memberikan kiat-kiat sukses merintis bisnis pencucian sepatu dengan rinci.

1. Analisis Prospek Bisnis

Sebelum memulai bisnis laundry sepatu, lakukan analisis sederhana untuk mengetahui prospek bisnis di daerah Anda. Anda dapat mengamati sekitar tempat tinggal Anda untuk melihat potensi pelanggan. 

Jika di wilayah Anda terdapat banyak siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, dan orang-orang yang intens menggunakan sepatu, maka bisnis ini memiliki prospek yang bagus.

2. Persiapkan Tempat Usaha dan Perlengkapannya

Setelah mengetahui prospek bisnis, langkah berikutnya adalah mempersiapkan tempat usaha dan perlengkapannya. Anda dapat memulai usaha ini dari bagian rumah Anda sendiri.

Pastikan tempat usaha mencakup area untuk mesin cuci, pengeringan, rak atau lemari sepatu, dan penyimpanan perlengkapan usaha seperti deterjen dan pewangi.

3. Pilih Mesin Cuci Khusus Sepatu

Penting untuk memilih mesin cuci khusus sepatu, karena berbeda dengan mesin cuci pakaian biasa. Pastikan juga mesin cuci yang Anda beli memiliki fasilitas pengering agar proses pengerjaan lebih cepat.

4. Persiapkan Alat dan Bahan

Persiapkan segala perlengkapan yang diperlukan untuk mencuci sepatu. Terdapat beberapa cara pengerjaan, seperti wet clean (pencucian basah), dry clean (pembersihan kering), dan wet & dry (kombinasi basah dan kering). Setiap proses memerlukan bahan kimia yang berbeda, jadi pastikan Anda memiliki stok yang cukup.

5. Tentukan Target Pasar dan Lokasi Strategis

Tentukan target pasar Anda berdasarkan jenis sepatu dan status pengguna. Misalnya, Anda dapat menargetkan pelanggan yang menggunakan sepatu olahraga, formal, atau kasual. Juga, pertimbangkan status pengguna seperti siswa sekolah, pekerja, atau atlet olahraga.

Setelah itu, pilih lokasi usaha yang strategis sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, jika Anda menargetkan mahasiswa, maka bukalah usaha di dekat kampus atau sekolah.

Baca Juga: 12 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Banyak Orang

Perkiraan Keuntungan Bisnis Laundry Sepatu

Jasa laundry sepatu menyediakan berbagai layanan umum, seperti quick cleaning, deep cleaning, special treatment, dll. Setiap layanan memiliki harga yang berbeda, dengan rentang mulai dari Rp25.000 hingga Rp250.000.

Bisnis ini dapat menghasilkan pendapatan yang besar jika dijalankan dengan baik. Mari kita hitung dengan asumsi berikut:

  • Harga laundry sepatu untuk berbagai jenis layanan berkisar antara Rp25.000 hingga Rp250.000.
  • Toko Anda buka setiap hari selama 25 hari dalam satu bulan.
  • Anda mendapatkan minimal 10 pelanggan per hari.

Dengan asumsi tersebut, omzet bulanan Anda akan berkisar antara Rp6.250.000 hingga Rp62.500.000. Jika keuntungan bersih yang Anda dapatkan adalah sekitar 25%, maka pendapatan bersih per bulan akan mencapai sekitar Rp1.562.500 hingga Rp15.625.000.

Baca Juga: 6 Cara Memulai Usaha Warmindo Laris Manis!

Itulah informasi mengenai tips memulai usaha laundry hingga kisaran modal yang dibutuhkan dan keuntungannya. Keberhasilan bisnis ini menjanjikan peluang besar, selama Anda melaksanakannya dengan teliti dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Memiliki pegawai laundry yang berpengalaman dan sesuai dengan kualifikasi menjadi sangat penting untuk memastikan usaha Anda berjalan lancar meski baru dirintis. 

Mencari dan merekrut karyawan dapat dilakukan dengan efektif dan cepat melalui job portal KitaLulus. Pasang loker di KitaLulus gratis dan pastinya Anda tidak perlu khawatir lowongan Anda akan sepi pelamar. Yuk gabung sekarang juga!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top