15 Contoh Visi Misi Perusahaan Inspiratif dan Cara Membuatnya

Shirley Candrawardhani
Redaksi KitaLulus merupakan content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
visi misi perusahaan adalah
15 Contoh Visi Misi Perusahaan Inspiratif dan Cara Membuatnya

Umumnya, orang mengaitkan visi misi perusahaan sebagai identitas dan jati diri perusahaan. Selain itu, hal ini juga merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan.

Membangun visi misi perusahaan pun butuh banyak pertimbangan dan pemikiran. Apakah sesuai dengan budaya perusahaan? Apakah bisa sejalan dengan tujuan perusahaan? Dan masih banyak lagi.

Tapi tenang, di artikel kali ini KitaLulus akan membagikan cara membuat visi misi perusahaan sekaligus pengertian, tujuan, dan juga contohnya yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Visi Misi Perusahaan?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, apakah Anda sudah mengetahui apa itu visi misi perusahaan?

Dilansir dari laman Hubspot, misi adalah pernyataan yang menggambarkan tindakan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sedangkan visi adalah pandangan untuk masa depan perusahaan yang dicapai melalui misi yang sudah ditentukan.

Singkatnya, visi berisikan cita-cita, nilai, dan masa depan dari sebuah perusahaan. Sedangkan misi adalah cara Anda mewujudkan visi perusahaan atau rencana perusahaan untuk mewujudkan visi yang sudah ditentukan.

Visi misi perusahaan adalah dua hal yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu diperhatikan.

Perbedaan yang paling mendasar adalah jangka waktunya. Visi adalah pandangan atau cita-cita untuk jangka waktu yang panjang. Sedangkan misi hanya diperlukan untuk masa sekarang atau untuk jangka pendek saja.

Selanjutnya, visi lebih bersifat permanen. Artinya, visi yang sudah ditetapkan tidak bisa diubah. Sementara itu, misi bersifat fleksibel dan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan.

Lalu, visi umumnya hanya terdiri dari satu kalimat saja atau tidak lebih dari satu paragraf. Berbeda dengan misi yang memuat beberapa poin penjelasan atau penjabaran dari visi tersebut.

BACA JUGA: Nilai Perusahaan: Jenis, Faktor Pengaruh, Cara Menghitung

Tujuan Visi Misi Perusahaan

tujuan visi misi perusahaan

Pembuatan visi misi perusahaan tidaklah sembarangan. Ada tujuan yang harus Anda perhatikan agar kedua hal tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Berikut tujuan visi misi yang membuat setiap perusahaan wajib memilikinya:

1. Memberikan Standar Kerja

Tujuan visi misi perusahaan yang pertama adalah untuk memberikan standar kerja. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan tugas dan tanggung jawab setiap anggota perusahaan. Sehingga semua pekerjaan yang diberikan bisa menjadi lebih efisien dan efektif.

2. Meningkatkan Motivasi Kerja

Tujuan visi misi perusahaan selanjutnya adalah untuk meningkatkan motivasi kerja. Dengan adanya visi misi perusahaan, karyawan bisa jadi lebih mudah memahami tujuan pekerjaannya. Sehingga mereka memiliki motivasi dan semangat untuk bekerja dan mencapai tujuan perusahaan.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tidak hanya motivasi kerja saja, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Ketika karyawan mengetahui untuk apa mereka bekerja, maka produktivitas juga bisa ikut meningkat.

4. Acuan Bagi Perusahaan

Visi misi perusahaan bisa membantu Anda dalam membuat inovasi atau perkembangan yang diperlukan. Selain itu, kedua hal ini juga bisa menjaga alur perusahaan agar tidak keluar jalur.

5. Pedoman Kerja Karyawan

Tujuan visi misi perusahaan yang kelima adalah sebagai pedoman kerja karyawan. Dengan begitu karyawan memiliki dasar yang bisa menjadi acuan mereka untuk bekerja dan mencapai tujuan perusahaan.

6. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dengan memiliki visi misi perusahaan yang jelas dan pasti, karyawan jadi bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Sehingga bisa meningkatkan loyalitas karyawan bagi perusahaan.

7. Landasan Pengambilan Keputusan

Mungkin Anda akan melihat visi misi perusahaan sebelum mengambil keputusan. Hal ini untuk mencegah hal-hal menyimpang yang bisa merugikan perusahaan di kemudian hari.

8. Tujuan Dasar Perusahaan

Satu lagi tujuan visi misi perusahaan yang perlu Anda tahu adalah menjadi tujuan dasar perusahaan. Sehingga seluruh anggota perusahaan memiliki gambaran yang jelas untuk tugas dan tanggung jawab yang harus diemban.

BACA JUGA: Apa Itu Budaya Perusahaan? Tujuan, Jenis, Cara Membangun

Cara Membuat Visi Misi Perusahaan

cara membuat visi misi

Bagi Anda yang masih bingung cara membuat visi misi perusahaan, berikut KitaLulus bagikan caranya untuk Anda:

1. Tentukan Tujuan Perusahaan

Cara membuat visi misi perusahaan yang pertama adalah dengan menentukan tujuan perusahaan terlebih dulu. Di sini Anda harus memikirkan apa tujuan dari mendirikan perusahaan, apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, lalu bagaimana keuntungan yang akan didapatkan perusahaan?

2. Tentukan Nilai Perusahaan

Setiap perusahaan wajib memiliki nilai-nilai yang bisa mencerminkan citra dari brand yang akan dipasarkan nantinya. Ketika Anda sudah berhasil menentukan nilai perusahaan, maka Anda bisa menjalankan bisnis beriringan dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Tentukan Cara Perusahaan Beroperasi

Ketika Anda mendirikan sebuah perusahaan, pasti ada output yang dihasilkan. Nah, bagaimana cara Anda untuk menghasilkan output tersebut? Bagaimana cara perusahaan bekerja atau beroperasi? Hal ini nantinya akan sejalan dengan nilai perusahaan yang sudah ditentukan.

4. Berorientasi ke Masa Depan

Mendirikan perusahaan itu tidak untuk jangka waktu yang pendek. Melainkan untuk jangka waktu yang panjang. Dalam hal ini Anda harus mempertimbangkan bagaimana visi misi perusahaan bisa terus berjalan seiring waktu. Sehingga Anda memiliki pedoman untuk penggambaran perusahaan di masa mendatang.

5. Sederhana dan Jelas

Visi misi perusahaan harus dibuat secara sederhana dan jelas. Artinya, gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh seluruh anggota perusahaan. Jangan gunakan kata-kata ambigu untuk menghindari kebingungan dan kesalahpahaman di masa mendatang.

6. Implementasikan Visi Misi dalam Kegiatan Operasional

Cara membuat visi misi perusahaan yang terakhir adalah mengimplementasikannya dalam setiap kegiatan operasional perusahaan. Sertakan juga dalam setiap rencana bisnis yang Anda buat dan jika dirasa perlu, bagikan visi misi tersebut kepada target pelanggan Anda.

BACA JUGA: 3 Contoh Budaya Organisasi Perusahaan

Contoh Visi Misi Perusahaan Paling Inspiratif

contoh visi misi perusahaan paling inspiratif

Jika masih bingung dalam menentukan visi misi perusahaan, berikut KitaLulus bagikan beberapa contoh dari perusahaan ternama di dunia:

1. Aqua

Visi: Menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidrasi yang lebih sehat

Misi: Melalui misi dan komitmen ganda untuk kemajuan bisnis dan sosial, Danone memiliki tujuan untuk membangun masa depan yang lebih sehat dari gaya hidup sehat, bumi sehat, dan ekosistem yang sehat

2. Indofood

Visi: Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan

Misi: Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan

3. Facebook

Visi: People use Facebook to stay connected with friends and family, to discover what’s going on in the world, and to share and express what matters to them

Misi: To give people the power to build community and bring the world closer together

4. Microsoft

Visi: Empower people through great software anytime, anyplace, and on any device

Misi: To create a better everyday life for many people. Our business idea supports this vision by offering a wide range of well-designed, functional home furnishing products at prices so low that as many people as possible will be able to afford them

5. Google

Visi: To provide access to the world’s information in one click

Misi: Our mission is to organize the world’s information and make it universally accessible and useful

6. Apple

Visi: We believe that we are on the face of the earth to make great products and that’s not changing

Misi: To bring the best user experience to its customer through its innovative hardware, software, and services

7. Hoka-Hoka Bento

Visi: Membawa kebaikan ke dalam kehidupan masyarakat dengan memproduksi dan mendistribusikan makanan dengan integritas.

Misi:

  • Kami mengutamakan kualitas dan layanan dalam menawarkan makanan otentik kepada konsumen.
  • Melalui inovasi dan teknologi, kami berupaya meningkatkan cara kami menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan.
  • Kami menunjukkan komitmen kepada karyawan dengan memberi mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

8. Akulaku

Visi: Pada tahun 2025 di 10 negara, Akulaku akan memberdayakan 50 juta konsumen untuk mendapatkan akses ke layanan keuangan digital yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih nyaman. Di samping itu juga membangun jaringan baru sistem pembayaran kredit dan debit virtual untuk pedagang dan lembaga non perbankan.

Misi:

  • Mewujudkan perusahaan yang handal dan tangguh di bidang financial technology.
  • Berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup konsumen melalui layanan keuangan digital
  • Percaya pada kelayakan kredit setiap pelanggan dan berikan layanan keuangan berbiaya rendah, nyaman, dan tersesuaikan.

9. Love Bonito

Visi: Kami membayangkan masa depan di mana para wanita akan lebih percaya diri dan mampu mengejar mimpi.

Misi:

  • Membuat dan mendesain pakaian yang memungkinkan Anda menjadi diri sendiri tanpa rasa malu, kesulitan, atau rasa tidak nyaman.
  • Menciptakan Eden yang aman di mana Anda bisa menjadi diri sendiri, mewujudkan potensi diri, dan menghubungkan para wanita untuk saling menginspirasi melalui kisah dan pengalaman bersama.

10. Dell

Visi: Mewujudkan hari esok yang lebih cerah.

Tujuan: Mengembangkan teknologi yang mendorong kemajuan manusia

Misi:

  • Berkontribusi pada realisasi ide dan inovasi pelanggan dengan menyediakan produk teknologi yang aman dan cerdas.
  • Dengan komputer yang mendukung AI, Anda dapat mencapai hasil yang lebih cepat.
  • Memberikan pengalaman otomatis dengan penyimpanan proaktif dan pengalaman cloud yang sederhana namun konsisten.

11. Astra Honda Motor

Visi: Astra Honda Motor bercita-cita menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dan menjadi pemain kelas dunia dengan mewujudkan impian, membawa kebahagiaan bagi pelanggan, dan melayani masyarakat Indonesia.

Misi: Mengembangkan solusi mobilitas bagi masyarakat dengan menggunakan produk dan layanan berkualitas tinggi.

12. Bank BRI

Visi: BRI adalah menjadi Grup Perbankan Paling Berharga di Asia Tenggara dan Juara Financial Inclusion.

Misi:

  • Memastikan kepuasan nasabah.
  • Melakukan aktivitas perbankan dengan baik.
  • Memberikan layanan yang prima dan bekerja optimal.

13. Kimia Farma

Visi: Menjadi organisasi perawatan kesehatan terkemuka yang terintegrasi dan memberikan hasil jangka panjang.

Misi:

  • Menjalankan usaha di bidang industri kimia dan farmasi, retail, jaringan distribusi, dan bidang jasa kesehatan.
  • Memaksimalkan sumber daya.
  • Mengelola perusahaan dengan sumber daya manusia yang terampil dan tata kelola perusahaan yang baik.
  • Memberikan manfaat dan nilai bagi pemangku kepentingan.

14. IKEA

Visi: Meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi orang banyak

Misi: Menyediakan banyak pilihan perabot rumah tangga yang dirancang dengan baik dan bermanfaat dengan harga yang sangat murah sehingga banyak orang dapat membelinya.

15. Koran Media Tempo

Visi: Menjadi acuan dalam upaya memperluas kebebasan berpikir dan berpendapat serta membangun masyarakat yang menghargai kecerdasan dan keberagaman.

Misi:

  • Menghasilkan karya multimedia yang mandiri dan tidak terpengaruh oleh pengaruh luar dengan menampung dan berbagi suara yang beragam secara adil.
  • Menciptakan produk multimedia berkualitas tinggi dan berpegang pada kode etik.
  • Menjadi tempat kerja yang sehat dan berkembang yang mencerminkan keberagaman Indonesia
  • Menerapkan prosedur kerja yang menghormati dan menguntungkan semua pemangku kepentingan.
  • Menjadi bidang yang memperkaya komunitas artistik, intelektual, dan bisnis melalui promosi ide-ide baru, bahasa, dan daya tarik estetika.
  • Menjadi pemimpin pasar dalam industri multimedia.

BACA JUGA: Struktur Organisasi Perusahaan: Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Demikian penjelasan tentang visi misi perusahaan, perbedaan, tujuan, cara membuat, dan juga beberapa contoh dari perusahaan ternama di dunia yang bisa Anda jadikan acuan. Perlu diingat dan diketahui bahwa, tanpa adanya visi misi maka perusahaan seperti kapal tanpa kompas yang tidak mengetahui arah berlayar.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan karyawan dalam waktu cepat, Anda bisa menaruh informasi lowongan pekerjaannya di KitaLulus. Kini, KitaLulus sudah beroperasi di banyak kota seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan kerja di KitaLulus, dan dapatkan calon kandidat yang berpotensi dan berkualitas untuk perusahaan Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
webinar gen z