Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

beasiswa kip
Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, pemerintah melakukan berbagai banyak hal, salah satunya dengan memberikan beasiswa KIP Kuliah, atau bantuan pendidikan kepada lulusan SMA/SMK/sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan studi ke pendidikan tinggi.

Apakah kamu sudah tau apa itu beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar)? Jika belum, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Beasiswa KIP Kuliah?

Apa Itu Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP adalah program bantuan biaya yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menunjang pendidikan bagi WNI di tingkat perguruan tinggi. KIP sendiri merupakan program pengganti Bidikmisi.

Apakah KIP Kuliah termasuk beasiswa? Jika ditelaah secara pengertian sesuai KBBI yang mengartikan beasiswa sebagai tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar, maka KIP Kuliah adalah sebuah beasiswa.

Namun, jika pemahaman beasiswa hanya ditujukan untuk mahasiswa/pelajar yang berprestasi, maka KIP Kuliah bukan sebuah beasiswa.

Hal tersebut dikarenakan KIP Kuliah ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk membiayai kuliahnya. Dengan begitu, prestasi secara akademik saja tidak bisa dijadikan alasan untuk mendaftar beasiswa ini, tetapi harus dibuktikan dengan kondisi ekonomi dari kelas menengah ke bawah.

Baca Juga: Beasiswa Ajinomoto, Kuliah di Jepang Fully Funded

Fasilitas Beasiswa KIP Kuliah

Pasti kamu penasaran berapa beasiswa KIP Kuliah yang akan diberikan. Berikut nominal serta fasilitas yang akan diterima peserta yang lolos beasiswa ini.

  • Bebas biaya pendidikan selama 8 semester untuk jenjang S1/D4 dan 6 semester untuk D3
  • Uang saku sebesar Rp700.000 per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah
  • Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi

Adapun besaran uang semester yang ditanggung dalam beasiswa ini adalah Rp2.400.000 yang akan dibayarkan langsung kepada pihak universitas dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. Untuk uang saku bulanan akan dikirim ke rekening mahasiswa yang akan dibuat khusus setelah diumumkan lolos sebagai penerima beasiswa.

Kapan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023?

Jadwal pendaftaran beasiswa KIP Kuliah 2023 sudah dibuka sejak 14 Februari dan akan ditutup pada 31 Oktober 2023. Pendaftarannya disesuaikan dengan jadwal seleksi masuk perguruan tinggi, mulai dari SNBT hingga Seleksi Mandiri sesuai universitas yang dituju.

Untuk pengumuman lolosnya adalah saat mahasiswa sudah dinyatakan lulus dari pendaftaran universitas terkait. Nantinya, peninjauan akan dilakukan saat daftar ulang kuliah. Dengan begitu, jika kamu dinyatakan lolos dan mendapatkan beasiswa KIP, uang pendaftaran kuliah hingga UKT akan dikembalikan sesuai prosedur yang ada.

Baca Juga: Beasiswa Fulbright: Kuliah Gratis S2 dan S3 di Amerika Serikat

Syarat Beasiswa KIP Kuliah 2023

Syarat Beasiswa KIP Kuliah

Adapun syarat mendaftar beasiswa KIP 2023 adalah sebagai berikut.

  1. Lulusan SMA/SMK baru 2023 atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki nilai akademik yang baik (tidak dipatok nilai, disesuaikan dengan syarat pendaftaran setiap program studi dari universitas yang dituju).
  3. Memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung dengan bukti dokumen sah.
  4. Lolos seleksi masuk perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS pada Prodi dengan akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Produ dengan akreditasi C.
  5. PTN atau PTS yang didaftar harus memiliki akreditasi A atau B pada program studi yang dipilih. Selain akreditasi tersebut bisa mendaftar dengan syarat.

Adapun pembuktian dari kondisi ekonomi kurang mampu, pendaftar harus salah satu dari kriteria berikut:

  • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP);
  • Termasuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima bantuan sosial, seperti: bansos Program Keluarga Harapan (PKH), bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT);
  • Termasuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 Data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE); atau
  • Berasal dari panti sosial atau panti asuhan.

Catatan Penting untuk Pendaftaran KIP Kuliah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin mendaftar beasiswa ini, yaitu:

1. Beasiswa KIP Kuliah 2023 terbuka untuk mahasiswa baru angkatan 2023 di PTN atau PTS seluruh Indonesia.

2. Untuk mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi keagamaan tidak bisa mendaftar beasiswa KIP Kuliah dari Kemdikbud, melainkan melalui Kemenag.

3. Untuk mahasiswa baru angkatan 2023 yang tidak termasuk ke dalam salah satu kriteria kondisi ekonomi kurang mampu di atas, tetap diperbolehkan mendaftar dengan syarat:

  • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 per bulan.
  • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000.
  • Kondisi tersebut harus dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dari lembaga terkait (kelurahan).

4. Selama menempuh pendidikan, mahasiswa tidak ada larangan menikah (jika memang universitas tidak memberlakukan larangan menikah). Namun, mahasiswa dianggap menjadi mampu dari kondisi sebelumnya karena ekonomi sudah disokong oleh suami sehingga akan ada pengecekan ulang terkait kondisi keuangan untuk penentuan apakah beasiswa KIP Kuliah tersebut akan dicabut atau tidak.

5. Mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mendaftar ulang beasiswa KIP Kuliah 2024 jika telah dinyatakan lolos seleksi beasiswa KIP Kuliah 2023.

6. Mahasiswa tidak diperkenankan berpindah program studi atau universitas.

7. Untuk pendaftar yang ternyata tidak lolos seleksi universitas 2023 dan telah mendaftar beasiswa KIP 2023, tetap bisa mendaftar di tahun depan dengan data yang sama.

8. Mahasiswa baru 2023 yang telah dinyatakan lolos beasiswa KIP Kuliah 2023 dan diketahui berasal dari keluarga dengan ekonomi mampu akan ditindak tegas dengan ketentuan:

  • Jika mahasiswa melakukan kekeliruan secara tidak sengaja, maka beasiswa akan dicabut.
  • Jika mahasiswa dinyatakan melakukan kekeliruan dengan sengaja, seperti memalsukan data ekonomi tidak sesuai fakta, maka beasiswa akan dicabut dan dianulir status kemahasiswaannya dari universitas terkait.

9. Mahasiswa yang melakukan cuti karena sakit atau alasan lain diperkenankan dan beasiswa tetap tersalurkan, tetapi batas pemberian beasiswa tidak diperpanjang sehingga akan berhenti di semester ke-8 untuk jenjang S1 dan D4 dan semester 6 untuk jenjang D3.

10. Mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah 2023 diperbolehkan menerima beasiswa lain yang sumber pendanaannya bukan dari APBN dan beasiswa lain tidak mempermasalahkan penerimaan double scholarship.

Baca Juga: Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Cara Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah

Berikut cara mendaftar beasiswa KIP Kuliah 2023.

  1. Masuk ke laman web https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ (untuk beasiswa KIP Kuliah 2023 dari Kemdikbud, untuk calon mahasiswa yang mendaftar perguruan tinggi keagamaan bisa mengunjungi laman web Kemenag).
  2. Membuat akun baru dengan memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif lalu klik “Proses Selanjutnya”.
  3. Lakukan verifikasi dengan validasi data-data di atas.
  4. Cek email untuk mengecek nomor pendaftaran untuk melakukan log in pada akun
  5. Pilih jalur seleksi masuk perguruan tinggi, yaitu SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri.
  6. Selesaikan proses pendaftaran sesuai instruksi.

Itulah informasi tentang syarat hingga cara mendapatkan beasiswa KIP Kuliah 2023. Jika kamu memenuhi syarat yang tertera di atas, segera daftarkan diri untuk seleksi penerima beasiswa KIP Kuliah dari pemerintah ini.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi beasiswa dalam negeri lainnya, kamu dapat mengakses secara gratis di blog KitaLulus.

To top