Syarat dan Cara Daftar CIMB ASEAN Scholarship 2023

CIMB ASEAN SCHOLARSHIP
Syarat dan Cara Daftar CIMB ASEAN Scholarship 2023

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1 ataupun S-2, tetapi membutuhkan bantuan dana, tenang saja. Ada banyak program beasiswa yang bisa kamu coba daftar, salah satunya adalah CIMB ASEAN Scholarship.

Simak syarat dan tata cara daftarnya berikut ini.

Apa Itu CIMB ASEAN Scholarship?

CIMB ASEAN Scholarship adalah program beasiswa yang diadakan oleh Bank CIMB untuk warga negara ASEAN. Kamu bisa mendaftar ke berbagai universitas ternama di dalam maupun luar negeri.

Program beasiswa CIMB ASEAN Scholarship ini terbuka untuk lulusan SMA atau sederajat yang baru akan mendaftar S-1, lulusan S-1 yang baru lulus dan akan menempuh S-2, atau mahasiswa S-1/S-2 yang sedang menempuh kuliahnya.

CIMB ASEAN Scholarship menjadi program beasiswa yang memberikan full tuition bahkan memberikan berbagai fasilitas supaya yang mendukung studi awardee, seperti biaya buku, laptop, bantuan pengajuan visa, hingga program magang dan training kerja.

Benefit CIMB ASEAN Scholarship

CIMB ASEAN Scholarship memberikan benefit paket komplit untuk para awardee. Berikut benefit yang akan kamu terima ketika pengajuan beasiswa CIMB diterima.

  1. Full cover biaya kuliah dari awal masuk hingga lulus (4 tahun untuk S-1 dan 2 tahun untuk S-2)
  2. Biaya transportasi 1 kali di awal
  3. Biaya pembuatan VISA jika diperlukan
  4. Laptop
  5. Biaya buku yang dibutuhkan
  6. Akomodasi dan biaya hidup selama kuliah
  7. Program mentoring jika diperlukan selama berkuliah
  8. Program magang dan Management Trainee sehingga awardee bisa berpartisipasi dalam project prioritas untuk menunjang karir usai lulus
  9. Jaminan karir, terutama dalam program banking

Baca Juga: Edinburgh Global Online Learning Masters Scholarships 2023

Syarat Mendaftar CIMB ASEAN Scholarship?

Berikut syarat mendaftar CIMB ASEAN Scholarship yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

  1. Warga negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, atau Filipina 
  2. Calon mahasiswa atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan untuk menunjang karir di bagian finansial atau industri perbankkan 
  3. Lulusan SMA atau sederajat yang akan menempuh pendidikan S-1, lulusan S-1 yang akan menempuh pendidikan S-2, atau mahasiswa S-1 atau S-2 yang sudah menempuh kuliah minimal semester 3 
  4. Mahasiswa yang sedang menempuh kuliah memiliki nilai IPK minimal 3.25 dan aktif dalam kegiatan organisasi 
  5. Tidak sedang menerima program beasiswa apa pun

Sebagai informasi, lulusan SMA/SMK/sederajat atau lulusan S-1 yang baru akan mendaftar ke universitas tujuannya, tidak diwajibkan untuk diterima dahulu. Namun, ketika kandidat ternyata diterima dalam seleksi beasiswa, kandidat harus mengajukan unconditional offer.

Pendaftar juga tidak harus menempuh jurusan yang berkaitan dengan perbankan. Namun, usai pendidikan selesai, kandidat harus menjadi bagian dari CIMB sehingga diharapkan jurusan yang ditempuh selama berkuliah akan bisa membantu tugas dan tanggung jawab ketika bekerja di CIMB.

Selain syarat fisik di atas, penerima beasiswa ini juga nantinya diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam sebuah industri perbankan. Jadi, pendaftar juga harus memenuhi syarat khusus tentang soft skill berikut ini.

  1. Kandidat diharapkan tidak hanya dapat beradaptasi dengan mudah terhadap perubahan tetapi juga mendukung dan berkembang di dalam lingkungan yang sinergis
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat mengutarakan pendapat, serta mampu mendengarkan dengan empati
  3. Memiliki nilai akademik yang baik dan aktif dalam berkegiatan di organisasi sekolah atau kampus 
  4. Memiliki kemampuan memimpin yang baik, bekerja sama dengan tim, serta memiliki kemampuan interpersonal yang baik 
  5. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sehingga memiliki solusi atas permasalahan umum yang sedang terjadi

Baca juga: K.C. Kuok Scholarship 2023 – Monash University

Alur dan Cara Pendaftaran CIMB ASEAN Scholarship

Pendaftaran program beasiswa CIMB ASEAN Scholarship ini akan ditutup pada 11 Juni 2023. Jadi, pastikan kamu langsung mendaftar sebelum deadline ya.

Untuk mendaftar CIMB ASEAN Scholarship ini, kamu bisa langsung mengakses website CIMB dan klik apply. Nantinya kamu harus melakukan registrasi dengan mengisi alamat email, nama, dan membuat password untuk masuk ke akun pendaftaran.

Nah, dalam pendaftaran CIMB ASEAN Scholarship, nantinya akan ada 5 tahapan sejak awal pendaftaran hingga dinyatakan lolos. Berikut tahapan-tahapan yang bisa kamu pelajari.

  1. Tahap 1: screening dokumen awal 
  2. Tahap 2: pengumuman shortlisted kandidat dan kandidat akan diundang untuk online assessment
  3. Tahap 3: partisipasi shortlisted kandidat dalam CIMB ASEAN Scholarship assessment center 
  4. Tahap 4: kandidat terpilih akan melakukan wawancara dengan para panelis 
  5. Tahap 5: wawancara akhir dengan tim manajemen senior CIMB group

Nah, ketika nantinya kamu diterima beasiswa dari CIMB ini dan ternyata kamu gagal menyelesaikan kuliah dengan deadline yang ditentukan, kamu harus mengembalikan seluruh dana dari awal hingga akhir kepada pihak CIMB. Jadi, pastikan kamu menyelesaikan studi tepat waktu ya.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menanyakan ke pihak panitia dengan mengirim email ke alamat cimbaseanscholarship@cimb.com.

Itulah informasi lengkap tentang program CIMB ASEAN Scholarship. Kamu bisa langsung mendaftar sebelum tenggat pendaftaran selesai. Cek informasi program beasiswa dalam dan luar negeri di website KitaLulus. Ada banyak program beasiswa yang bisa tahu agar kesempatan menempuh pendidikan tanpa biaya bisa kamu dapatkan dengan mudah dan tidak ketinggalan informasi pentingnya.

To top