Kumpulan Link Download Contoh Surat Pernyataan CPNS

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
Contoh Surat Pernyataan CPNS
Kumpulan Link Download Contoh Surat Pernyataan CPNS

Pendaftaran CPNS 2023 dikabarkan akan segera dibuka pada bulan September mendatang. Salah satu hal penting yang perlu kamu lengkapi dalam pendaftaran adalah dokumen persyaratan, yang terdiri dari surat pernyataan dan beberapa dokumen lainnya. Tiap instansi memiliki format yang berbeda, agar sesuai ketentuan, kamu bisa download contoh surat pernyataan CPNS 2021 dan formatnya di sini.

Contoh Surat Pernyataan CPNS

Selain perlu melengkapi dokumen persyaratan seperti KTP, ijazah, pas foto, akreditasi, transkrip nilai atau juga sertifikat lainnya, kamu juga perlu melengkapi persyaratan berupa surat lamaran dan surat pernyataan.

Melengkapi surat pernyataan penting karena ini menjadi hal yang dipertimbangkan dalam tahap seleksi administrasi. Tiap instansi punya format surat pernyataan yang berbeda, berikut ini beberapa contohnya yang bisa kamu unduh.

1. Kementerian Hukum dan HAM

Kemenkumham mensyaratkan kamu untuk melengkapi dokumen persyaratan berupa surat lamaran yang ditujukan kepada kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta serta surat pernyataan 13 poin.

Keduanya dapat kamu ketik menggunakan komputer atau tulis tangan, bermaterai 10.000, ditandatangani menggunakan pena berwarna hitam.

Kamu bisa download surat pernyataan CPNS Kemenkumham di sini:

Perlu kamu perhatikan, format untuk kamu yang lulusan SMA dan Sarjana atau Diploma berbeda, pastikan kamu tidak salah.

2. Kementerian Perhubungan

Tahun 2021 lalu, ada sebanyak 2445 formasi yang dibuka oleh Kemenhub. Jika kamu berminat untuk mendaftar CPNS Kemenhub, kamu perlu melengkapi dokumen persyaratan seperti KTP, ijazah, akreditasi, dan dokumen pendukung lainnya. 

Hal terpenting adalah kamu harus melengkapi surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditanda tangani, surat dapat kamu ketik menggunakan komputer. Jangan lupa juga surat pernyataan yang juga bermaterai 10.000 dan ditandatangani. 

Format surat bisa kamu download di sini:

3. Kementerian Kesehatan

Bagi kamu yang melamar formasi Kemenkes, saat proses pendaftaran, kamu perlu mengunggah surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Kesehatan dan sudah ditandatangani dengan tinta hitam oleh pelamar di atas materai Rp10.000.

Lalu, kamu juga perlu mengunggah scan asli surat pernyataan yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000. 

Bila kamu melamar dalam formasi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis/dokter gigi spesialis, kamu juga perlu mengunggah surat pernyataan khusus yang sudah ditandatangani bermaterai Rp10.000.

Bagi penyandang disabilitas, kamu juga perlu mengunggah surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya. Seperti apa bentuknya? Tenang saja, Kemenkes juga sudah menyiapkan dan kamu bisa mengikutinya.

Format surat yang perlu kamu unggah tersebut bisa kamu unduh di sini:

4. Kejaksaan Agung

Bila kamu melamar formasi Kejaksaan Agung, ada empat surat pernyataan wajib yang perlu kamu unggah pada saat proses pendaftaran. 

Pertama, surat lamaran yang ditujukan kepada kejaksaan agung RI di Jakarta. Surat ini kamu ketik dan bermaterai Rp10.000 ditandatangani dengan pena biru. Lalu surat pernyataan mengabdi kepada Kejaksaan, surat pernyataan siap menerima sanksi hukum. Dan surat pernyataan sesuai dengan anak lampiran 4 lampiran Badan Kepegawaian Negara nomor 14 tahun 2018.

Semua surat tersebut harus kamu ketik dan bermaterai ditandatangani dengan pena warna biru. 

Download surat pernyataan CPNS untuk formasi Kejaksaan Agung di sini.

Selain itu, dikarenakan sedang diberlakukannya PPKM, Kejaksaan juga menyediakan format surat yang masuk dalam persyaratan, berikut ini:

Jangan lupa untuk mengunggah semua surat pernyataan itu dengan cara di-scan bukan di-fotocopy.

5. Mahkamah Agung

Kamu perlu mengunggah surat lamaran yang ditujukan kepada Mahkamah Agung RI, diketik dan dibubuhkan materai Rp10.000 dan ditandatangani. 

Selain itu, kamu juga perlu melengkapi surat pernyataan bermaterai Rp10.000 ditandatangani.

Silakan kamu download surat pernyataannya di bawah ini.

Bagi pelamar disabilitas, jangan lupa juga untuk melengkapi surat pernyataan keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas.

6. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kemendikbud adalah salah satu instansi favorit dalam seleksi CPNS. Bila kamu melamar formasi CPNS Kemendikbud, jangan lupa untuk melengkapi dokumen persyaratan dengan surat pernyataan yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam yang ditujukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, diberi tanggal sesuai tanggal pendaftaran.

Kamu juga perlu melengkapinya dengan surat pernyataan yang berisi 11 poin.

Bila kamu melamar formasi Pranata Fotografi, selain surat lamaran kamu juga harus melampirkan Surat Pernyataan Kemampuan Dasar Fotografi yang telah dicetak, diisi, dan ditandatangani dengan tinta hitam di atas materai Rp10.000 serta diberi tanggal sesuai tanggal pendaftaran.

Semua itu kamu unggah dalam dengan format .pdf.

Kamu bisa download surat tersebut di sini.

7. Kementerian Dalam Negeri

Lengkapi dokumen menjadi syarat yang bisa kamu lihat dengan cara cek formasi CPNS 2021. Di situ kamu bisa melihat daftar lengkap pengumuman instansi, termasuk Kementerian Dalam Negeri.

Ada surat lamaran ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta, diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan bermaterai Rp10.000,- ditandatangani dengan tinta hitam, dan juga surat pernyataan yang juga bisa kamu ketik atau tulis tangan, bermaterai Rp10.000 ditandatangani dengan pena warna hitam.

Format surat bisa kamu download di sini:

Kamu bisa lihat persyaratan lengkap CPNS Kementerian Dalam negeri di sini.

8.  Kementerian Luar Negeri

Instansi Kementerian Luar Negeri punya beberapa dokumen persyaratan yang wajib kamu lengkapi, seperti salah satunya sertifikat TOEFL, dengan poin yang sudah ditentukan. 

Selain itu pula, kamu wajib lamaran ditujukan kepada Menteri Luar Negeri di Jakarta diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp10.000,00 dan ditandatangani dengan pena biru. Surat pernyataan menyetujui segala ketentuan dan syarat yang telah dibubuhi materai Rp10.000,00 dan ditandatangani dengan pena biru. 

Tidak cuma itu saja, kamu juga harus melengkapi dan mengunggah daftar riwayat hidup terakhir sesuai dengan format yang telah ditetapkan Kemenlu, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp10.000,00 dan ditandatangani dengan pena biru.

Kamu bisa download surat pernyataan CPNS dan formatnya di sini.

Baca juga: Daftar Instansi yang Wajib Syarat TOEFL CPNS dan Tidak Ada

9. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Sebagai bagian dari proses pendaftaran, mengunggah hasil scan/pindai berwarna dokumen dengan format dan ukuran file sesuai ketentuan.

Surat lamaran diketik menggunakan komputer, ditandatangani diatas materai Rp10.000 dan ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika. Dan surat pernyataan diketik menggunakan komputer, ditandatangani di atas materai Rp10.000.

Berikut ini link download surat lamaran dan pernyataan formasi CPNS Kemenkominfo

10.  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK)

Selain dokumen umum yang perlu kamu unggah, kamu juga perlu mengunggah surat lamaran CPNS, ditujukan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan diketik (tidak ditulis tangan) dan ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp10.000.

Asli Surat Pernyataan dengan diketik (tidak ditulis tangan) dan ditandatangani oleh kamu di atas materai Rp10.000 sesuai dengan format yang sudah ditentukan.

Untuk kamu yang melamar posisi polisi kehutanan, kamu harus melampirkan Surat Pernyataan tinggi badan, tidak buta warna, tidak berkaca mata (minus/plus), tidak cacat badan dan tidak pernah mengalami patah tulang yang ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp10.000,- dan orang tua/wali sesuai dengan format yang sudah ditentukan.

Berikut ini format surat pernyataan yang sudah ditentukan KLHK, bisa kamu download di bawah ini.

Untuk instansi lainnya bisa kamu cek langsung melalui website resminya. Jangan sampai ada dokumen persyaratan yang terlewat, termasuk surat pernyataan dari instansi yang kamu lamar. Karena ini sangat menentukan nasib kamu dalam seleksi administrasi nantinya. 

Sebelum kamu menyudahi proses pendaftaran, jangan malas untuk cek ulang semua data yang kamu isi, apakah sudah sesuai dan benar. Jika kamu sudah cek dan sangat yakin dengan isinya, silakan sudahi proses pendaftaran. Karena data sudah tidak bisa kamu ubah bila sudah klik selesai dan mencetak kartu.

Setelah selesai mendaftar? Ya tentu kamu harus belajar soal CPNS di aplikasi KitaLulus dong! Temukan beragam soal, pembahasan soal, hingaga kelas online dengan tentor profesional dan metode belajar interaktif. Semua itu, cukup di satu aplikasi, mudah dan efektif!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top