Muncul Webcam Js Error Saat Daftar CPNS, Ini Cara Mengatasinya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
Cara Mengatasi Webcam.js Error
Muncul Webcam Js Error Saat Daftar CPNS, Ini Cara Mengatasinya

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 sedang berlangsung. Namun, ada satu kendala yang sering dialami oleh pendaftar, yaitu tidak bisa membuat akun karena muncul tulisan “webcam js error: webcam is not loaded yet”. 

Kira-kira, apa maksud tulisan tersebut? Bagaimana cara mengatasinya? Kamu tak perlu panik, yuk simak tips dari KitaLulus berikut!

Penyebab Webcam.js Error

Sebenarnya, apa sih penyebab “webcam js error: webcam is not loaded yet” atau “Webcam.js Error: Could not access webcam: OverconstrainedError:  OverconstrainedError” saat mendaftar akun CPNS dan PPPK 2023?

Padahal kondisi laptop atau komputer baik-baik saja dan mengakses website lain pun lancar-lancar saja.

Ternyata, ada beberapa alasan mengapa pesan tersebut muncul ketika kamu melakukan pendaftaran akun di SSCASN. Salah satunya bisa kita ketahui dari sejak kita mengakses website https://daftar-sscasn.bkn.go.id yang akan muncul pesan, “Aktifkan kamera pada perangkat saat melakukan registrasi.”

Nah, bisa jadi, kamera laptop atau komputer kamu sedang dalam kondisi tidak aktif sehingga website SSCASN tidak bisa mengakses webcam. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab munculnya pesan tersebut.

1. Tidak Ada Izin Akses Webcam

Laptop atau komputer tidak memberikan izin untuk mengakses webcam karena terdapat indikator dalam laptop atau komputer yang akan otomatis memblok pengaksesan suatu website yang secara otomatis meminta akses kamera. Jadi, demi keamanan, sistem laptop atau komputer melakukan penolakan otomatis.

2. Terdapat Masalah Teknis pada Webcam

Pesan webcam js error muncul bisa jadi karena terdapat error pada kamera laptop atau komputer kamu. Dengan begitu, kamera tidak aktif padahal dibutuhkan akses ke sana.

3. Browser Tidak Kompatibel untuk Akses Website SSCASN 

Nah, salah satu pesan lainnya ketika kamu mengakses website pendaftaran akun SSCASN adalah imbauan untuk menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

Jika tidak, bisa jadi browser kamu tidak kompatibel untuk memberikan akses pada website yang sudah memiliki sistem lebih canggih.

Baca Juga: Contoh Swafoto CPNS 2023 yang Benar dan Ketentuan Unggah

Cara Mengatasi Webcam.js Error

Ketika sudah tahu penyebab munculnya pesan webcam js error, sekarang mari kita bahas cara mengatasinya berikut.

1. Mengaktifkan Webcam

Karena error pada kamera web juga bisa terjadi di handphone, berikut KitaLulus jelaskan cara mengaktifkan webcam di handphone, laptop, dan komputer.

Cara Mengaktifkan Webcam di Handphone

  • Buka pengaturan 
  • Pilih menu manajemen aplikasi
  • Cari Chrome
  • Klik menu izin
  • Klik menu izin supaya aktif
  • Masuk ke browser Chrome untuk mengakses website SSCASN
  • Klik ikon kunci atau pengaturan yang ada di SSCASN
  • Pastikan kamera sudah diizinkan

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop/Komputer

  • Buka Chrome
  • Klik ikon kunci yang ada di atas dekat URL SSCASN
  • Setelah itu aktifkan toggle camera
  • Selesai

2. Memeriksa Kamera Perangkat

Error akses kamera web ini juga bisa disebabkan oleh kamera fisik Anda yang ternyata tidak berfungsi dengan baik. Kamu bisa memeriksanya untuk mengecek masalah teknis yang ada dan memastikan permasalahan teknis sudah terselesaikan.

Baca Juga: Apa Bisa Membuat Akun SSCASN Dua Kali untuk Daftar CPNS dan PPPK? Ini Penjelasannya

3. Memperbarui Driver Kamera

Tahukah kamu bahwa driver kamera juga bisa error sehingga akan memblok akses yang masuk. Nah, kamu bisa memeriksa driver kamera. Kamu bisa melakukan update atau lakukan instal ulang driver kamera perangkat kamu.

4. Coba Browser Lain

Jika kamu tidak bisa mengakses website SSCASN ketika sedang menggunakan browser dari Google Chrome, coba akses dengan menggunakan Mozilla Firefox. Kamu juga bisa mengecek aplikasi kedua browser tersebut apakah perlu dilakukan update atau tidak supaya lebih lancar menggunakannya.

5. Hapus Cache dan Cookies

Cache dan Cookies kerap kali menghambat penggunaan browser. Kamu bisa menghapusnya untuk membuat akses terasa lebih ringan.

Baca Juga: Cara Beli E-Meterai CPNS 2023, Harga, dan Cara Pasangnya

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi webcam js error yang bisa kamu terapkan. Semoga berhasil, ya!

Setelah berhasil mendaftar, sebaiknya kamu juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SKD CPNS dengan mengikuti try out CPNS di KitaLulus. Di sini kamu bisa belajar ribuan soal CPNS dan PPPK sesuai kisi-kisi terbaru lengkap dengan pembahasannya, lho! Daftar sekarang, yuk!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top