5 Cara Merekrut Sales Terbaik di Perusahaan yang Perlu HR Tahu

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
cara merekrut sales
5 Cara Merekrut Sales Terbaik di Perusahaan yang Perlu HR Tahu

Sales adalah salah satu posisi penting yang menunjang operasional bisnis perusahaan. Kehadirannya begitu penting karena sangat menentukan profitabilitas perusahaan. Namun, walau sepertinya posisi sales tidak pernah kekurangan orang, menemukan kandidat yang paling sesuai kebutuhan perusahaan adalah tugas HR yang sulit.

Maka dari itu, mengetahui cara merekrut sales yang efektif untuk mendapatkan kandidat terbaik menjadi satu hal yang harus HR kuasai. Beruntungnya, KitaLulus sudah merangkum bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan kandidat sales di dalam artikel ini, mari simak!

Mengapa Merekrut Sales Itu Penting

Sales adalah bagian terpenting dalam setiap bisnis. Maka itu, mempekerjakan sales yang luar biasa dapat meningkatkan penjualan dan menarik berbagai manfaat, termasuk berikut ini.

1. Memiliki Pengetahuan Pasar yang Baik

Sales yang baik memiliki ketajaman pasar yang baik, yang sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan yang lebih tinggi. Keahlian dan pengalaman mereka membuat mereka mampu mengidentifikasi calon klien dan mengonversi prospek.

2. Proses Orientasi Berjalan Lebih Mudah

Sales yang berpengalaman tidak memerlukan terlalu banyak waktu untuk orientasi, karena mereka tidak memerlukan pelatihan yang ekstensif. Mereka akan siap dalam waktu singkat, Anda pun dapat menghemat banyak sumber daya.

Hal ini akan mengurangi downtime, sehingga meningkatkan produktivitas.

3. Memberikan Pengetahuan Produk yang Lebih Baik

Sales representative berinteraksi dengan produk dan klien setiap hari. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk berbicara dengan orang-orang, sehingga mereka memahami apa yang dibutuhkan pasar.

Banyak sales yang mampu memberikan inovasi berharga yang dapat meningkatkan kualitas proses, produk, dan layanan Anda.

4. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Peran paling penting sales adalah mengidentifikasi klien baru dan membantu meningkatkan konversi prospek. Hal-hal inilah yang akan meningkatkan pendapatan bisnis dalam jangka panjang.

perusahaan gagal merekrut sales

dapatkan ebook lainnya di sini

Kapan Harus Merekrut Sales

Sales sering kali membantu meningkatkan profitabilitas bisnis. Aspek ini mendorong banyak perusahaan untuk berinvestasi besar pada posisi ini.

Namun, jika Anda tidak memahami kapan harus mempekerjakan mereka, ini bisa menjadi pendekatan yang mahal dan tidak menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan. Berikut ini adalah kapan waktu terbaik untuk mempekerjakan sales.

1. Setelah Melakukan Riset Pasar

Memahami perilaku audiens Anda akan membantu menyusun strategi penjualan dan pemasaran yang sesuai. Hal ini juga memastikan bahwa Anda memilih talenta yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Perlu Anda pahami, meskipun Anda merekrut sales terbaik, mereka mungkin akan kebingungan harus memulai dari mana jika perusahaan tidak mengetahui pasar.

2. Mengenalkan Produk Baru atau Audiens Baru

Saat Anda meluncurkan produk baru atau audiens yang baru. Merekrut sales akan menjadi pilihan terbaik, mereka akan memastikan bahwa produk dapat menjangkau pasar yang ditargetkan dan meningkatkan kemungkinan keberhasilan.

3. Jika Merasa Tim Sales Berkinerja Buruk

Tim sales yang tidak bekerja maksimal akan mengganggu profitabilitas dan produktivitas. Merekrut sales baru akan membantu menghidupkan kembali semangat yang dibutuhkan tim.

Anda juga dapat mengatur ulang ekspektasi dengan tim baru ini.

4. Di Tahun Baru

Saat Anda menyiapkan anggaran untuk tahun fiskal baru, masukkan biaya personalia untuk menambah tenaga sales baru pada saat itu.

Tahun kalender baru juga menjadi awal yang baru di sebagian besar perusahaan. Banyak tenaga penjualan yang pindah ke posisi atau industri baru selama masa ini, akan bijaksana memanfaatkan hal ini untuk memperkuat tim sales di tahun yang baru.

5. Bila Bisnis Anda Berkembang

Perusahaan Anda telah berkembang pesat sehingga tim sales Anda saat ini tidak dapat lagi menangani semua tugasnya secara efektif.

Dalam hal ini, merekrut sales representative tambahan akan memastikan bahwa Anda memiliki SDM yang cukup untuk beroperasi dengan lancar.

Cara Merekrut Sales

Sales menjadi kontak pertama yang akan diasosiasikan oleh klien dengan perusahaan, sehingga sangat penting untuk merekrut sales profesional yang akan memberikan kesan positif yang kuat.

Berikut ini beberapa cara merekrut sales dengan baik:

1. Identifikasi Karakter atau Keterampilan

Untuk mendapatkan kandidat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi karakter atau keterampilan apa saja yang harus dimiliki oleh sales representative yang ideal menurut Anda.

Identifikasi karakter ini penting untuk mencegah Anda merekrut orang yang kurang sesuai dengan strategi penjualan perusahaan. Selain itu, merekrut orang yang tidak sesuai hanya akan meningkatkan turnover karyawan di perusahaan.

2. Ketahui di Mana Tempat Menemukan Mereka

Sebagai HR, Anda harus proaktif mencari tahu tempat-tempat di mana para kandidat sales terbaik berkumpul, misalnya di acara workshop atau acara jamuan ramah-tamah.

Anda juga bisa memanfaatkan referral program untuk mendapatkan sales terbaik.

Dari sisi kandidat, tentunya mereka akan sangat senang mengetahui bahwa perusahaan secara aktif mencari mereka.

3. Buat Panduan Wawancara

Cara merekrut sales berikutnya adalah dengan membuat wawancara yang objektif dan terstruktur. Cobalah untuk mengembangkan daftar pertanyaan dan rubrik penilaian yang akan digunakan untuk setiap kandidat.

Susunlah pertanyaan untuk menguji pemahaman kandidat mengenai penjualan dan marketing di industri Anda.

Dalami sebaik apa pengetahuan kandidat tentang produk perusahaan, dan bagaimana mereka berinteraksi dan memperlakukan pelanggan.

Perlu Anda pahami, kandidat yang baik adalah mereka yang mengerti bagaimana menjual produk dan layanan untuk memecahkan masalah konsumen.

Baca Juga: 20 Contoh Soal Tes Kemampuan Bidang Sales beserta Jawabannya

4. Strategi Penjualan

CV seorang sales biasanya akan dipenuhi dengan pencapaian target penjualan yang berhasil diraih, tentu sebagai HR ini sangat menarik. Namun, sebelum terkesima terlalu jauh, cobalah untuk mempertanyakan metode atau strategi apa yang digunakan oleh kandidat untuk mencapai target penjualan tersebut.

Hal ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi apakah metode yang digunakan baik, etis, berkelanjutan, dan cocok dengan strategi yang diterapkan perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat mengeliminasi kandidat yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dari perekrutan ini.

5. Kompensasi Unik

Untuk dapat menarik dan membedakan perusahaan Anda dengan lainnya, cobalah untuk membuat paket kompensasi unik yang menyeimbangkan komisi penjualan dan gaji pokok atau tunjangan lainnya.

Hal ini dapat menarik talenta terbaik untuk bergabung serta mengurangi stres akibat mengejar target penjualan yang mungkin dialami sales.

6. Jalankan Proses Orientasi dengan Efektif

Setelah berhasil merekrut sales, maka Anda perlu menjalankan proses orientasi dengan efektif sehingga karyawan baru dapat beradaptasi dengan baik terhadap sistem kerja, anggota tim, serta budaya perusahaan.

Untuk mendukung proses onboarding yang berjalan baik, cobalah mengarahkan sumber daya dukungan, hal ini dapat membuat karyawan baru bekerja dengan optimal.

Di sini Anda bisa menggunakan metrik untuk mengukur tingkat kesuksesan pekerjaan sales baru dalam 30 hari, 60 hari, dan 90 hari.

Masa 90 hari akan menentukan apakah mereka mampu menjalankan perannya dengan baik atau tidak. Selama masa orientasi ini, Anda juga bisa menerapkan masa probation dan mengevaluasi kandidat.

Itulah dia bagaimana cara merekrut sales untuk mendukung Anda mendapatkan kandidat terbaik.

Salah satu cara yang tidak boleh diabaikan dalam merekrut sales adalah memilih job portal yang tepat. Pastikan job portal yang Anda pilih memang yang menjadi tempat sales menemukan pekerjaannya.

Hal ini bisa Anda dapatkan di Premium Rekrutmen KitaLulus, di mana KitaLulus memiliki data user Sales berpengalaman hingga 185.000 dengan berbagai jabatan. Tentu ini akan mendukung Anda dalam menemukan kandidat terbaik dengan cepat.

Ditambah lagi, Premium Rekrutmen KitaLulus dilengkapi dengan fitur KitaMatch dengan teknologi AI yang akan membantu Anda mencocokan kandidat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Dengan begini akan banyak waktu yang bisa dihemat.

Ayo daftarkan perusahaan Anda sekarang di Premium Rekrutmen KitaLulus!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top