Pengertian Employee Benefit dan Jenis-jenisnya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
employee benefit
Pengertian Employee Benefit dan Jenis-jenisnya

Memberikan employee benefit menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan serta menarik talenta terbaik. Apalagi saat ini sudah banyak sekali jenis benefit yang bisa diberikan kepada karyawan.

Mari simak secara lengkap pengertian, jenis, manfaat, sampai implementasinya di sini!

Pengertian Employee Benefit

Employee benefit adalah kompensasi, fasilitas, serta berbagai keuntungan yang diberikan perusahaan kepada karyawan di luar gaji utama mereka. Pemberian benefit untuk karyawan ini diberikan sesuai dengan perjanjian atau kontrak kerja bersama.

Sifat dari pemberian employee benefit adalah non-tunai, artinya karyawan bisa mendapatkan kompensasi lain selain gaji bulanan, bonus tahunan, atau THR tapi bisa berupa asuransi kesehatan karyawan, BPJS Ketenagakerjaan, dan lainnya.

Tujuan dari adanya program benefit ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan meningkatkan loyalitas karyawan.

Pentingnya Employee Benefit bagi Perusahaan

Memberikan benefit untuk karyawan menjadi salah satu hal penting bagi perusahaan. Hal ini karena hubungan antara karyawan dan perusahaan adalah saling terkait. Apalagi karyawan merupakan aset penting dalam mencapai tujuan bisnis.

Bagi karyawan, perusahaan juga merupakan tempat yang penting bagi mereka untuk mencapai kesejahteraan.

Selain menjaga hubungan baik dengan karyawan, memberikan employee benefit juga penting. untuk membangun citra perusahaan yang baik dengan memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Hal ini pun bisa menarik top talent untuk bergabung dengan perusahaan.

Sehingga, secara tidak langsung program benefit karyawan juga mempermudah proses rekrutmen untuk mendapat kandidat potensial.

Baca Juga: 8 Jenis Tunjangan Kerja Karyawan, Pengertian, dan Tujuannya

Jenis-jenis Benefit untuk Karyawan

Ada banyak sekali jenis employee benefit yang dapat dijalankan oleh perusahaan. Mulai dari memberikan kendaraan dinas, makan siang, dan jaminan kesehatan. Berikut ini jenis-jenis lainnya:

1. Makan Siang

Jenis benefit karyawan yang bisa diberikan perusahaan yang pertama adalah makan siang.

Perusahaan bisa memberikan catering makan siang untuk memastikan asupan gizi dan serat karyawan tetap terjaga. Sehingga diharapkan karyawan dapat bekerja dengan baik dan mengurangi tingkat absen karyawan.

2. Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi perhatian perusahaan, untuk hal itu perusahaan bisa memberikan layanan jaminan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya.

Pemberian benefit ini dapat meningkatkan dan menjaga produktivitas kerja.

Tujuan dari pemberian benefit ini adalah mengantisipasi risiko kecelakaan kerja yang membahayakan kesehatan dan keselamatan karyawan.

3. Asuransi Kesehatan Karyawan

Perusahaan dapat memberikan benefit berupa asuransi kesehatan karyawan selain BPJS Kesehatan. Pemberian benefit ini dapat menunjukkan perhatian perusahaan terhadap kesejahteraan dan keamanan kesehatan. Karyawan pun lebih merasa terlindungi.

4. Antar Jemput Karyawan

Memberikan layanan antar jemput bagi karyawan umumnya dilakukan oleh perusahaan yang menerapkan sistem shift, seperti perusahaan manufaktur.

Layanan ini diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja dalam shift tertentu, di mana ketersediaan transportasi umum yang aman pada jam tersebut cukup terbatas. Sebagai contoh, karyawan yang bekerja pada shift malam.

Dengan adanya layanan antar jemput, keamanan karyawan tetap terjamin selama perjalanan menuju tempat kerja.

5. Layanan Konseling Karyawan

Saat ini, perusahaan yang memperhatikan kesehatan mental karyawan semakin banyak diminati dan menjadi tempat kerja idaman.

Benefit ini pun bisa diterapkan untuk memastikan kondisi mental karyawan tetap baik di tengah job load yang mereka emban.

Manfaat Memberikan Employee Benefit 

Memberikan benefit kepada karyawan tentu saja akan mendatangkan berbagai manfaat. Baik itu yang dirasakan oleh perusahaan atau juga karyawan.

1. Menurunkan Turnover

Manfaat employee benefit pertama adalah menurunkan angka turnover. Hal ini karena karyawan merasa perusahaan memperhatikan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Mereka pun akan berpikir berkali-kali untuk mengajukan resign karena tidak ingin kehilangan sejumlah benefit yang telah didapatkan.

2. Menjaga dan Meningkatkan Citra Perusahaan

Program  benefit karyawan dapat meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat dan calon karyawan. Berbagai employee benefit yang diberikan kepada karyawan pun menjadi cerminan terhadap nilai-nilai perusahaan.

Menjalankan program ini dengan baik juga dapat menunjukkan bahwa perusahaan mengenali kebutuhan karyawannya dengan baik.

3. Menarik Talenta Terbaik

Saat ini, para pencari kerja semakin memperhatikan benefit apa yang diberikan perusahaan sebelum mereka melamar pekerjaan.

Hal ini sesuai dengan survei Glassdoor, yang menyatakan 63% job seeker mengatakan bahwa benefit adalah hal yang mereka amat perhatikan saat melamar pekerjaan.

Implementasi Program Benefit Karyawan

Dengan berbagai manfaat yang didapatkan dari pemberian benefit ini untuk karyawan, membuat perusahaan perlu memiliki desain program benefit yang baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan karyawan serta tujuan perusahaan.

Berikut ini cara implementasi program benefit karyawan.

1. Identifikasi Tujuan dan Anggaran Karyawan

Pertama agar program benefit berjalan dengan baik, sebelum menetapkan benefit apa yang diberikan kepada karyawan.

Cobalah untuk mengidentifikasi tujuan sehingga Anda memiliki panduan menyeluruh dalam menetapkan desain program tunjangan.

Beberapa faktor yang perlu diidentifikasi di sini adalah ukuran perusahan, lokasi, industri dan kontrak perjanjian yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan tujuan.

Perlu Anda ketahui, tujuan tunjangan tidak boleh statis dan perlu secara rutin dievaluasi.

2. Lakukan Survei Kebutuhan Karyawan

Agar program benefit mampu menjawab kebutuhan karyawan, cobalah lakukan survei langsung kepada karyawan. Di dalam survei, sertakan juga bagaimana praktik terbaik yang dilakukan oleh kompetitor.

3. Rumuskan Program Benefit Karyawan

Setelah Anda mengetahui apa saja benefit yang diharapkan karyawan, cobalah untuk merumuskan desain program benefit karyawan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui secara jelas apa itu employee benefit dan bagaimana menjalankannya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, menyusun program benefit dengan baik dapat menari kandidat terbaik untuk bergabung dengan perusahaan.

Anda pun dapat memanfaatkan pasang loker di KitaLulus untuk mendapatkan kandidat terbaik dalam waktu cepat. Apalagi tim KitaLulus juga akan membantu Anda dalam pemasangan loker.

Ayo daftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top