Employee Gathering: Pengertian, Manfaat, Cara Menyusun dan Contoh Kegiatannya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
employee gathering
Employee Gathering: Pengertian, Manfaat, Cara Menyusun dan Contoh Kegiatannya

Employee gathering adalah salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka melibatkan karyawan. Kegiatan ini melibatkan berbagai aktivitas yang tujuannya untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara perusahaan dan karyawan serta karyawan dengan rekan-rekannya.

Ada banyak sekali manfaat dari kegiatan gathering ini, maka tidak heran kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin di beberapa perusahaan. Untuk membantu Anda mengetahui lebih jauh tentang gahtering dan bagaimana menyusun dan contohnya, mari simak di artikel ini!

Pengertian Employee Gathering

Employee gathering adalah sebuah program yang diadakan perusahaan dan melibatkan seluruh karyawan dalam aktivitas khusus baik yang bersifat administratif dan non-administratif.

Tujuan administratif dari gathering adalah untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Contohnya adalah annual meeting, FGD, atau juga town hall meeting.

Sementara untuk non-administratif bertujuan sebagai refreshment. Contohnya outbound, makan bersama, games, atau traveling.

Kegiatan gathering ini bisa dilakukan secara formal dan informal.

Tujuan Employee Gathering

Tujuan kegiatan gathering karyawan yang utama adalah untuk membangun dan mempererat interaksi antar karyawan melalui berbagai aktivitas. Selain itu, berikut ini beberapa tujuan lainnya:

1. Sarana Menyampaikan Informasi Perusahaan

Acara gathering dapat menjadi sarana yang tepat bagi perusahaan untuk menyampaikan keterbaruan informasi mengenai budaya, teknologi, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis.

Di dalam acara ini, pemimpin perusahaan bisa menyampaikan informasi ini secara utuh, komprehensif, dan menyeluruh kepada seluruh lapisan karyawan.

2. Kesempatan untuk Mengapresiasi Karyawan

Kegiatan gathering juga bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan atas prestasi mereka.

Mengajak mereka dalam gala dinner atau kegiatan lainnya merupakan bentuk apresiasi. Adanya apresiasi ini akan berdampak pada loyalitas dan memengaruhi motivasi kerja mereka secara signifikan.

3. Mendengar Feedback Karyawan

Kesempatan gathering bisa menjadi momen karyawan memberikan feedback pada perusahaan terkait strategi bisnis, teknologi, atau juga evaluasi terkait budaya kerja.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk karyawan sama-sama mengidentifikasi masalah baik secara organisasi atau tim.

4. Melepaskan Penat

Teru menerus bekerja bisa menyebabkan burnout yang akan berdampak pada menurunnya produktivitas. Nah, dengan kegiatan gathering, perusahaan bisa mengajak karyawan dalam berbagai aktivitas yang menghibur untuk melepaskan penat.

Baca Juga: Employer Value Proposition: Definisi dan Cara Membangunnya

Manfaat Employee Gathering

Berdasarkan hasil riset yang dikutip dari Harvard Business Review, aktivitas sosial seperti gathering dapat meningkatkan 50% pola komunikasi antar karyawan yang pada akhirnya berdampak pada performa tim.

Selain bermanfaat pada performa tim, berikut ini beberapa manfaat lainnya dari employee gathering, antara lain:

1. Penguatan Hubungan Tim

Employee gathering membantu memperkuat hubungan antar anggota tim. Ini memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi secara informal di luar lingkungan kerja yang biasa, yang dapat memperkuat ikatan interpersonal.

2. Peningkatan Kolaborasi

Ketika karyawan lebih akrab satu sama lain, mereka cenderung lebih nyaman berkolaborasi. Ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas dalam pekerjaan tim.

3. Motivasi Karyawan

Gathering karyawan dapat meningkatkan semangat dan motivasi karyawan. Mereka merasa dihargai oleh perusahaan mereka dan merasa lebih terlibat dalam budaya perusahaan.

4. Peningkatan Retensi Karyawan

Karyawan yang merasa terhubung dengan perusahaan dan sesama karyawan cenderung lebih lama tinggal di perusahaan. Employee gathering dapat berkontribusi pada peningkatan employee retention.

5. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Acara-acara rekreasi atau kegiatan fisik dalam gathering dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental karyawan. Ini dapat mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi absensi.

Tips Mengadakan Employee Gathering untuk HR

Melihat manfaatnya yang besar bagi karyawan serta organisasi, mengadakan gathering menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh diabaikan, berikut ini tips mengadakannya:

1. Buat Tujuan yang Jelas dari Kegiatan Tersebut

Coba tetapkan apa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan gathering ini. Apakah Anda ingin meningkatkan motivasi karyawan, menjalani komunikasi, atau sekadar memberikan kesempatan pada karyawan untuk refreshing.

Bila Anda sudah mengetahui apa yang ingin dicapai, Anda bisa merencanakan aktivitas untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Di mana karyawan akan dikumpulkan akan berperan besar dalam keseluruhan acara. Bila Anda ingin menciptakan suasana santai dan informal, maka pilihlah lokasi  di luar kantor. Bila ingin menciptakan suasana yang formal, pilih lokasi di dalam kantor, ruang rapat, atau ruang konferensi.

3. Susunan Berbagai Aktivitas

Kegiatan gathering adalah kesempatan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan, maka dari itu di sini HR harus menyusun berbagai kegiatan yang dapat melibatkan karyawan. Misalnya, permainan, konteks, kegiatan team building, atau kesempatan untuk bersosialisasi dan mengenal satu sama lainnya.

Contoh Employee Gathering

Berikut ini beberapa contoh employee gathering yang bisa Anda gunakan:

1. Outing ke Alam

Rencanakan perjalanan ke alam terbuka, seperti hiking, berkemah, atau bersepeda. Ini akan memberikan kesempatan untuk bersantai, menjauh dari rutinitas sehari-hari, dan merasakan alam.

2. Lokakarya dan Pelatihan

Lokakarya atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan atau pengembangan profesional. Ini akan membantu karyawan meningkatkan keterampilan mereka sambil menjalin hubungan.

3. Birthday Office Party

Selanjutnya adalah merayakan ulang tahun karyawan setiap bulannya. Anda bisa mengumpulkan karyawan yang memiliki bulan lahir sama di satu bulan tersebut dan merayakannya bersama-sama.

4. Gala Dinner

Contoh gathering berikutnya adalah mengajak gala dinner, kegiatan ini bersifat lebih formal. Agar kegiatan ini semakin menarik cobalah buat suatu tema tertentu. Misalnya acara penghargaan karyawan.

5. Pekan Festival Karyawan

Perayaan saat ini sering diadakan oleh banyak perusahaan sebagai bagian dari pertemuan karyawan mereka. Konsepnya melibatkan karyawan dalam penyelenggaraan berbagai acara seperti pameran, pertunjukan bakat, seminar, atau festival musik yang menampilkan artis atau penyanyi.

Selain memberikan hiburan kepada karyawan, ide semacam ini dapat merangsang rasa persatuan, kreativitas, dan profesionalisme di antara karyawan.

Kegiatan gathering menjadi salah satu kesempatan bagi perusahaan untuk membangun hubungan dengan karyawan menjadi lebih erat. Selain itu, dari kegiatan ini karyawan pun dapat merasa bahwa mereka bagian penting dalam perusahaan.

Namun, terkadang kegiatan ini terhambat karena HR sudah terlalu sibuk mengurus berbagai kegiatan human resource seperti rekrutmen. Padahal saat ini HR sudah bisa membuat proses rekrutmen lebih cepat dengan Premium Rekrutmen KitaLulus.

Premium Rekrutmen KitaLulus adalah job portal yang dilengkapi dengan teknologi AI yang dapat mempersingkat HR menemukan kandidat yang tepat. Dengan akses tanpa batas, HR pun bisa memasang iklan lowongan sebanyak yang diperlukan.

Ayo daftarkan perusahaan Anda sekarang di Premium Rekrutmen KitaLulus!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top