Berapa Biaya Menggunakan Jasa Headhunter?

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
jasa headhunter
Berapa Biaya Menggunakan Jasa Headhunter?

Sudah bukan jadi rahasia lagi bila proses rekrutmen adalah proses yang panjang dan terkadang sulit. Terutama bila kandidat yang dicari adalah posisi kunci dan strategis di perusahaan, kesulitannya bisa berlipat. Maka untuk itulah banyak perusahaan yang menyerahkan tugas ini kepada jasa headhunter.

Jasa ini memang dikhususkan untuk membantu perusahaan menemukan kandidat potensial untuk mengisi posisi penting di perusahaan.

Mari pahami lebih jauh pengertian, cara kerja, sampai biaya yang perlu perusahaan keluarkan untuk menggunakan jasa satu ini!

Baca Juga: Headhunter: Pengertian, Cara Kerja, dan Gaji

Apa Itu Jasa Headhunter?

Jasa headhunter adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan atau individu yang bertujuan untuk mencari dan merekrut karyawan potensial bagi perusahaan klien. Tugas utama seorang headhunter adalah mencari calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan klien.

Mereka berfokus pada posisi-posisi yang mungkin sulit diisi atau membutuhkan keterampilan khusus.

Headhunter akan mencari calon kandidat melalui berbagai sumber, panggilan telepon, jejaring profesional, database kandidat, dan sumber-sumber lainnya.

Setelah calon-calon potensial ditemukan, mereka melakukan proses seleksi awal, seperti wawancara dan penilaian kualifikasi, sebelum kemudian mengirimkan daftar calon yang cocok kepada perusahaan klien.

Perusahaan klien kemudian dapat melanjutkan dengan tahap seleksi lebih lanjut dan akhirnya melakukan proses rekrutmen.

perekrutan ekskutif dengan headhunter kitalulus

Perbedaan Headhunting dan Outsourcing

Antara headhunting dan outsourcing adalah dua istilah yang umum ditemukan dalam dunia rekrutmen. Tapi, keduanya adalah metode yang berbeda dalam proses menemukan kandidat.

Headhunting melibatkan proses mengidentifikasi dan mendekati kandidat yang dirasa memiliki keterampilan tinggi namun termasuk dalam kandidat pasif. Di sini mereka akan meyakinkan kandidat untuk mau bergabung dengan perusahaan tertentu.

Biasanya headhunter ini bekerja atas nama perusahaan klien. Mereka akan menggunakan networking dan keahlian riset untuk mengenali kandidat potensial.

Sedangkan outsourcing adalah praktik di mana perusahaan menyewa layanan rekrutmen daripada melakukan proses rekrutmen secara mandiri. Praktik ini sering digunakan untuk mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan mendapatkan akses ke keterampilan yang dicari perusahaan. 

Bagaimana Cara Kerja Jasa Headhunter

Perusahaan menggunakan jasa headhunter ketika mereka memiliki posisi penting yang sulit diisi, atau ketika mereka ingin memastikan bahwa calon karyawan memiliki kualifikasi dan keterampilan yang sangat spesifik. Berikut ini bagaimana proses kerja jasa ini:

1. Konsultasi Kebutuhan Rekrutmen

Jasa headhunter akan berkonsultasi dengan klien untuk memahami kebutuhan mereka. Di sini mereka membutuhkan detail mengenai persyaratan pekerjaan, budaya perusahaan, dan jenis kandidat seperti apa yang dicari.

2. Pencarian dan Seleksi Kandidat

Setelah mengetahui informasi mengenai kandidat seperti apa yang diinginkan klien, headhunter akan memanfaatkan dan menggunakan berbagai metode untuk mengidentifikasi kandidat potensial, baik itu melalui jaringan personal mereka, job dashboard, media sosial, atau media lainnya.

Bila telah mendapatkan beberapa kandidat, proses dilanjutkan dengan melakukan screening kandidat berdasarkan kualifikasi dan pengalaman yang mereka miliki, ini merupakan tahapan untuk melihat apakah kandidat memenuhi kriteria yang dibutuhkan klien.

Proses screening ini pun dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, mulai dari CV, wawancara melalui telepon atau video, background check, dan memberikan tes untuk mengukur kemampuan kandidat.

Baca Juga: Cara Memilih Headhunter Terbaik untuk Perusahaan

3. Shortlist Kandidat

Selanjutnya kandidat potensial yang memenuhi persyaratan akan dimasukkan ke dalam daftar shortlist.

Dari daftar tersebut, kemudian akan melakukan wawancara mendalam dengan kandidat untuk menilai keterampilan, pengalaman, dan kecocokan mereka dengan posisi tersebut.

4. Penjadwalan Interview dengan Perusahaan Klien

Bila kandidat yang tepat sudah didapatkan, jasa headhunter akan memberikan list kandidat bersama dengan dokumen pendukung lainnya.

Adapun dokumen ini berupa profil kandidat, laporan evaluasi selama proses rekrutmen dengan headhunter, evaluasi referensi, sampai data terkait ekspektasi gaji dan dokumen lainnya.

Dokumen tersebut akan membantu perusahaan klien untuk melakukan interview lanjutan, di sini headhunter bisa membantu menjadwalkan interview.

5. Rekrutmen Kandidat

Jika kandidat telah memutuskan melanjutkan proses rekrutmen dengan seorang kandidat, maka tugas selanjutnya seorang headhunter adalah memfasilitasi proses perekrutan. Mulai dari negosiasi gaji dan tunjangan, sampai dengan membantu proses onboarding.

Headhunter akan memastikan bahwa transisi berjalan lancar dan sukses.

6. Follow Up

Kegiatan ini mencakup memberikan feedback kepada klien dan kandidat setelah proses rekrutmen. Biasanya ini dilakukan untuk memastikan transisi berjalan lancar di antara dua pihak.

Alasan Menggunakan Jasa Headhunter

Ada banyak sekali alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan jasa headhunter untuk mendukung proses perekrutan di perusahaan, seperti berikut ini:

1. Headhunter Diisi Tim Profesional

Salah satu alasan perusahaan menggunakan jasa headhunter adalah karena rekrutmen akan dijalankan oleh tim yang memiliki keahlian yang mumpuni. Tim di jasa headhunter terdiri dari individu-individu dengan latar belakang keahlian di berbagai sektor industri.

Karenanya, mereka memiliki pemahaman yang jelas mengenai profil calon karyawan yang sesuai untuk posisi tertentu dalam perusahaan.

Selain itu, mereka juga memiliki daya pengaruh yang kuat. Dengan demikian, mereka dapat melakukan negosiasi dan menarik kandidat terbaik yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Mendapatkan Kandidat yang Sesuai

Salah satu faktor lain yang mendorong perusahaan untuk menggunakan layanan headhunter adalah kemampuan mereka dalam menemukan kandidat terbaik.

Jasa headhunter adalah para profesional perekrut yang memiliki keahlian khusus di berbagai sektor. Oleh karena itu, mereka memiliki kemampuan yang lebih akurat dalam mengidentifikasi calon karyawan yang memenuhi syarat.

Tidak hanya itu, jasa ini juga memiliki jaringan yang terdiri dari individu-individu yang memiliki pengalaman luas di bidang tertentu. Selain itu Anda akan dapat mengidentifikasi kandidat berkualitas dengan kualifikasi istimewa yang cocok untuk bergabung dengan perusahaan Anda.

3. Proses Rekutmen Menjadi Lebih Mudah

Layanan headhunter juga dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban kerja divisi HR. Ini disebabkan oleh perbedaan peran headhunter dengan HR, di mana divisi HR umumnya memiliki tanggung jawab yang cukup beragam.

Tanggung jawab ini mencakup segala hal, mulai dari merekrut karyawan hingga mengurus administrasi bagi karyawan perusahaan.

Proses perekrutan yang dijalankan oleh HR seringkali mengakibatkan datangnya banyak CV, bahkan bisa mencapai ratusan atau ribuan.

Meninjau setiap CV secara individual dan membuat keputusan yang akurat tentu menjadi tantangan yang besar. Tidak hanya itu, hasil akhir dari proses perekrutan ini juga tidak selalu memenuhi harapan.

Inilah salah satu alasan mengapa jasa headhunter menjadi pilihan. Anda hanya perlu memberikan informasi terperinci mengenai kriteria calon karyawan yang diperlukan oleh perusahaan, termasuk deskripsi pekerjaan, keahlian khusus yang diinginkan, dan sejenisnya.

Perusahaan hanya perlu melakukan wawancara terhadap kandidat terbaik yang diusulkan.

4. Proses Rekrutmen Lebih Singkat

Kehilangan karyawan penting, seperti direktur atau manajer, terutama dalam periode yang lama, pasti akan mengganggu efisiensi perusahaan. Namun, sebaliknya, mengambil kandidat dengan terburu-buru yang tidak memenuhi syarat juga bisa menimbulkan kerugian baik dalam segi materi maupun waktu.

Dengan memanfaatkan jasa headhunter, perusahaan dapat menghemat waktu dalam proses perekrutan. Proses ini yang biasanya memakan banyak waktu akan menjadi jauh lebih cepat.

Dalam mencari kandidat, headhunter akan menggunakan kemampuan riset dan jaringan yang mereka miliki untuk menemukan kandidat yang tepat. Tidak perlu kaget jika perusahaan mampu menemukan calon karyawan yang cocok dalam hitungan minggu.

5. Meminimalisir Risiko dalam Perekrutan

Melakukan rekrutmen karyawan secara independen sering kali membawa risiko. Contohnya, karyawan yang telah Anda pilih mungkin tidak memenuhi kualifikasi yang diharapkan. Atau, mungkin Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk proses perekrutan tanpa menghasilkan hasil yang memuaskan.

Namun, dengan layanan headhunter, risiko-risiko semacam ini dapat diminimalisir.

Headhunter, tentu saja, tidak akan sembarangan merekomendasikan kandidat. Mereka telah melakukan investigasi yang mendalam dan membandingkan berbagai calon yang berpotensi. Proses seleksi yang dijalankan juga sangat ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan klien memperoleh kandidat karyawan yang cocok.

Baca Juga: Perbedaan Headhunter Vs Recruitment Agency, Mana yang Terbaik?

Biaya Jasa Headhunter

Ketika perusahaan menggunakan jasa headhunter, tentu ada sejumlah biaya yang perlu dikeluarkan. Diketahui bila headhunter berhasil mendapatkan kandidat, perusahaan umumnya harus membayar 20-30% dari gaji karyawan selama setahun.

Sebagai contoh, jasa headhunter mencari pekerjaan eksekutif level senior dengan komisi 20-30% dari gaji kandidat yang berhasil direkrut selama 1 tahun.

Bila gaji kandidat adalah Rp100.000.000 per tahun, maka komisi yang diterima adalah sekitar Rp20.000.000 sampai Rp30.000.000.

Kelebihan dan Kekurangan Headhunter

Pemanfaatan jasa headhunter tentunya memiliki segi positif dan negatif bagi pekerja maupun perusahaan.

Manfaat bagi calon pekerja ketika memilih jasa headhunter adalah bahwa mereka lebih mudah menemukan pekerjaan, mengingat lembaga headhunter memiliki jaringan yang luas, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan meningkat, dan berbagai keuntungan lainnya.

Sementara itu, dari bagi perusahaan, headhunter menyediakan karyawan terbaik tanpa perlu menghadapi proses rekrutmen yang memakan waktu.

Namun, terdapat pula beberapa kelemahan dalam menggunakan jasa headhunter, seperti biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan yang dapat cukup tinggi, dan pada beberapa kasus, tidak semua pencari kerja merasa nyaman dengan pendekatan headhunter.

Itulah yang perlu Anda ketahui mengenai jasa headhunter sebagai salah satu cara menemukan kandidat terbaik untuk posisi strategis di perusahaan.

Mengingat biayanya yang tidak sedikit, pastikan Anda benar-benar sudah merencanakan dengan matang ketika ingin menggunakan jasa ini, agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Jasa Headhunter KitaRekrut

Apakah perusahaan Anda memerlukan penambahan tenaga kerja dalam waktu singkat? Tidak perlu khawatir. Kami mempersembahkan KitaRekrut, solusi headhunting terdepan yang akan membantu Anda menemukan karyawan yang pas untuk perusahaan Anda.

Tingkatkan Efisiensi Perekrutan Anda bersama KitaRekrut. Kesibukan Anda tidak perlu menjadi hambatan dalam mencari karyawan berkualitas. Dengan KitaRekrut, Anda dapat mengisi posisi kosong dengan cepat dan efisien. Hubungi kami sekarang untuk memulai proses perekrutan yang lebih mudah dan efisien!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top