Jenis Jasa Rekrutmen dan Perbedaannya dengan Outsourcing

Redaksi KitaLulus
Redaksi KitaLulus merupakan content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
jasa rekrutmen
Jenis Jasa Rekrutmen dan Perbedaannya dengan Outsourcing

Menemukan kandidat yang tepat di dalam proses rekrutmen bukanlah perkara yang mudah. Apalagi bila perusahaan belum memiliki tim rekrutmen khusus yang akan menangani berbagai proses rekrutmen.

Penggunaan jasa rekrutmen menjadi pilihan untuk membantu dan mendukung perusahaan dalam menemukan kandidat yang paling sesuai untuk posisi yang kosong.

Jasa rekrutmen sendiri memiliki beberapa jenis, mari simak di dalam artikel berikut ini!

Perbedaan Jasa Rekrutmen dengan Outsourcing

Antara jasa rekrutmen dan outsourcing sama-sama berperan untuk menyediakan tenaga kerja bagi perusahaan, namun keduanya memiliki perbedaan, seperti berikut ini:

Kepemilikan

Recruitment service tidak mengikat kontrak dengan kandidat, mereka hanya sebagai fasilitator atau media untuk mencari dan mengenalkan kandidat.

Sedangkan outsourcing mengikat kontrak dengan kandidat, mereka berkedudukan sebagai pemberi kerja dari kandidat yang direkrut.

Status Kerja

Kandidat yang berhasil direkrut atau didapatkan dari jasa rekrutmen akan bekerja dan dikontrak oleh perusahaan yang menggunakan jasa rekrutmen. Ini berbeda dengan outsourcing di mana mereka akan mengikat kontrak dengan perusahaan outsourcing tersebut, namun akan ditempatkan di tempat klien.

Baca Juga: 30+ Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dan Cara Membuatnya!

Jenis Jasa Rekrutmen

Jasa rekrutmen bisa menjadi solusi bagi perusahaan untuk mempermudah proses rekrutmen. Layanan ini akan membantu perusahaan mendapatkan calon kandidat yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan.

Setidaknya, ada tiga jenis jasa rekrutmen yang umum digunakan, yaitu:

1. Job Portal

Job portal adalah situs pencari kerja yang digunakan oleh perusahaan untuk memasang iklan lowongan kerja. Bisa dikatakan job portal menjadi media yang menemukan jobseeker dengan perusahaan secara online.

Dengan job portal, perusahaan bisa menjangkau jobseeker secara luas, serta memberikan pilihan kandidat yang beragam.

Untuk mendapatkan kandidat terbaik di job portal, perusahaan perlu membuat iklan lowongan kerja yang menarik dengan job desk yang mudah dipahami dan jelas. Tidak lupa juga memilih job portal yang memiliki kredibilitas, user friendly, dan memiliki pengguna yang banyak serta tersebar di berbagai daerah.

2. Headhunter

Jasa rekrutmen headhunter memberikan pelayanan kepada perusahaan dengan mengambil alih pekerjaan merekrut karyawan. Dengan begini perusahaan tidak lagi perlu repot dan menghabiskan waktu untuk melakukan proses rekrutmen.

Headhunter adalah melakukan proses seleksi yang ketat untuk menghasilkan kandidat yang paling sesuai dengan peran yang perusahaan cari, ini termasuk juga menemukan kandidat yang membutuhkan skill spesifik tertentu.

Jasa headhunter sendiri mengkhususkan diri untuk merekrut kandidat di level eksekutif dan posisi strategi di perusahaan. Namun, saat ini headhunter juga telah banyak turun untuk merekrut kandidat berbagai posisi.

3. Offshoring

Offshoring adalah mengirim pekerjaan untuk dilakukan di negara lain dan dilakukan oleh tenaga kerja yang direkrut di negara tujuan. Jasa rekrutmen ini akan membantu perusahaan yang ingin melakukan offshoring dengan merekrut dan mempekerjakan karyawan di luar negeri.

Bisa dikatakan, jasa offshoring adalah opsi terbaik bagi perusahaan yang ingin mendapatkan karyawan di luar negeri tanpa proses dan prosedur yang merepotkan.

Keunggulan Jasa Rekrutmen KitaLulus

KitaLulus adalah salah satu jasa rekrutmen berbentuk job portal yang membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya menawarkan kecepatan dan ketepatan saja, sebagai job portal KitaLulus juga memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk mendukung proses rekrutmen perusahaan, keunggulan tersebut antara lain:

1. Didukung dengan Akses yang Luas

Di dalam memilih job portal, akses yang luas adalah hal yang perlu dipertimbangkan, akses pengguna yang luas memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang beragam.

Semua ini bisa Anda dapatkan di aplikasi KitaLulus yang telah digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna aktif dan tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia.

2. Dashboard yang User-friendly

Platform KitaLulus memiliki satu dashboard yang dapat diakses seluruh anggota tim rekrutmen sehingga Anda memiliki sentralisasi data kandidat yang memudahkan untuk berbagi wawasan dan berkolaborasi secara real-time.

Dengan begini, tim rekrutmen Anda dapat bekerja secara sinergis, untuk merancang strategi rekrutmen yang lebih baik, dan mengidentifikasi talenta terbaik dengan tepat dan cepat.

3. Posting Lowongan Sebanyak yang Dibutuhkan

Keunggulan jasa rekrutmen KitaLulus berikutnya adalah memberikan Anda keleluasaan memasang iklan lowongan kerja. Tidak ada batasan, Anda dapat memasang info loker sebanyak yang Anda butuhkan. Tidak ada juga batasan ketentuan posisi, mulai dari posisi manajemen hingga pekerjaan khusus, semua bisa Anda posting.

Keleluasaan ini membuat Anda bisa menjelajahi berbagai bakat dan keahlian, serta menjangkau calon karyawan dari berbagai latar belakang. Peluang ini tentu saja memudahkan Anda dalam menemukan kandidat yang paling cocok untuk mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan.

4. Profil Pelamar Transparan

Premium Recruitment KitaLulus memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam mengakses profile lengkap dari setiap kandidat yang melamar. Informasi berupa pengalaman, pendidikan, keterampilan, dan riwayat pekerjaan bisa Anda lihat dengan detail.

Hal ini akan membantu Anda untuk melihat kecocokan antara kandidat dengan kebutuhan perusahaan.

Keunggulan ini juga membantu Anda dalam menilai pelamar secara objektif dan mendukung pengambilan kebutuhan yang lebih baik.

5. Temukan Kecocokan dengan KitaMatch

Keunggulan lainnya bisa Anda dapatkan dalam fitur KitaMatch, dengan fitur ini Anda dapat menghemat waktu untuk mencocokan kualifikasi dengan pelamar secara manual. Fitur ini bekerja dengan cepat dan cerdas untuk menilai keterampilan, pengalaman, dan kecocokan kandidat dengan kriteria Anda.

KitaMatch memahami apa yang Anda butuhkan dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memastikan bahwa Anda selalu mendekati pelamar yang memiliki potensi terbaik untuk menjadi bagian dari tim Anda.

Jasa rekrutmen adalah layanan yang memudahkan perusahaan untuk menemukan karyawan yang tepat. Sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan dengan tepat jenis jasa rekrutmen apa yang hendak mereka gunakan.

Namun, memastikan memilih jasa rekrutmen yang menawarkan banyak keunggulan dan kemudahan adalah keharusan, apalagi saat ini semua itu bisa Anda temukan di Premium Recruitment KitaLulus.

Ayo daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker
webinar gen z