Sales Training: Pengertian, Manfaat, 5 Contoh Programnya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
sales training
Sales Training: Pengertian, Manfaat, 5 Contoh Programnya

Memastikan karyawan memiliki keterampilan yang sesuai dengan role mereka di perusahaan adalah hal penting. Begitu juga dengan melakukan pengembangan skill yang mereka sudah miliki. Tidak terkecuali untuk tim sales.

Sales training menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk memastikan bahwa tim penjualan memiliki skill yang baik untuk menjalankan aktivitas penjualan.

Namun, perusahaan kerap menghadapi tantangan tersendiri dalam menyusun dan mencari ide program pelatihan apa yang perlu diberikan kepada tim sales. Untuk hal itu, KitaLulus sudah merangkumkannya di bawah ini. Mari di simak!

Pengertian Sales Training

Sales training adalah program meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan atribut penjualan untuk mendorong dan memaksimalkan keberhasilan salesperson dalam menghasilkan revenue.

Program pelatihan sales biasanya akan berfokus pada pengembangan keterampilan yang spesifik. Namun, seiring dengan perkembangannya dan strategi marketing, saat ini banyak program sales training yang berfokus pada peningkatan produksi dan mempertahankan pendapatan.

Tujuan dari program pelatihan ini adalah meningkatkan hubungan antara salesperson dan klien serta meningkatkan kinerja penjualan di setiap prosesnya.

Mengapa Melakukan Sales Training Penting bagi Perusahaan

Program sales training yang efektif menjadi upaya perusahaan untuk dapat kompetitif di tengah persaingan pasar. Pelatihan ini menjadi upaya untuk meningkatkan kinerja penjualan secara keseluruhan dan memberikan keterampilan yang cukup kepada seluruh tim penjualan di perusahaan.

Program pelatihan sales yang berkelanjutan akan membantu tim sales mendapatkan peningkatan keterampilan dalam penjualan serta peningkatan kinerja secara individu.

Selain dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, pelatihan sales juga membantu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

Manfaat Sales Training

Program sales training bermanfaat untuk membantu bisnis mencapai kesuksesan yang lebih besar karena mampu melakukan penjualan dan mendatangkan closing yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, manfaat lainnya sales training adalah:

1. Meningkatkan Keterampilan Penjualan Karyawan

Pelatihan sales membantu karyawan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan proses penjualan dengan lebih efektif.

Ini termasuk kemampuan berkomunikasi dengan baik, negosiasi, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan memahami psikologi pembelian.

2. Meningkatkan Kinerja Penjualan

Manfaat sales training selanjutnya adalah meningkatkan kinerja penjualan. Dengan keterampilan yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses penjualan.

Salesperson cenderung mampu menjual lebih banyak produk atau layanan. Ini berpotensi meningkatkan angka penjualan dan pendapatan perusahaan.

3. Meningkatkan Pengenalan Produk/Layanan

Melalui pelatihan, karyawan akan memahami dengan lebih baik produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka dapat menjelaskan fitur dan manfaat dengan lebih baik kepada pelanggan potensial, yang dapat meningkatkan minat dan kepercayaan pelanggan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan

Keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan memberikan karyawan lebih banyak kepercayaan diri dalam berhadapan dengan pelanggan. Hal ini bisa berdampak positif pada cara mereka menjalankan presentasi, bernegosiasi, dan menangani penolakan.

5. Pemahaman yang Lebih Mendalam tentang Pasar

Dalam pelatihan sales, karyawan juga mungkin belajar tentang tren pasar, analisis pesaing, dan informasi penting lainnya yang dapat membantu mereka lebih baik dalam merancang strategi penjualan.

Baca Juga: Training Karyawan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Komponen yang Mendorong Sales Training Efektif

Pelatihan sales yang baik akan mendukung bagaimana bisnis Anda berjalan di masa depan. Maka itu, ada beberapa komponen penting yang perlu dipertimbangkan agar program sales training menjadi efektif, seperti:

1. Keterampilan Esensial Sales

Pelatihan akan memberikan peluang untuk memperbarui keterampilan sales, tidak peduli pengalaman dan jam terbang yang mereka miliki. Dengan program pelatihan, Anda bisa menciptakan pemahaman yang sama mengenai keterampilan esensial apa yang perlu dikuasai.

Beberapa contoh keterampilan yang dapat Anda kembangkan dalam pelatihan antara lain:

  • Mencari prospek
  • Menulis pesan atau email penawaran
  • Melakukan panggilan penawaran
  • Memberikan demonstrasi penjualan
  • Menyusun proposal
  • Closing penjualan
  • Onboard klien setelah penjualan

2. Customer Experience

Rencana pelatihan sales yang Anda sediakan perlu mencakup bagian yang membantu tim memperoleh pemahaman yang mendalam tentang elemen utama dalam customer experience.

Salah satunya adalah empati, yang menjadi salah satu karakteristik penting yang perlu dimiliki sales untuk dapat membangun pengalaman pelanggan yang baik.

Para sales representative harus mampu merasakan dan memahami dengan tulus apa yang dirasakan oleh pelanggan pada setiap langkah dalam proses penjualan, mulai dari awal interaksi hingga periode setelah transaksi terjalin.

3. Pemahaman tentang Produk dan Pasar

Program sales training yang optimal untuk bisnis Anda perlu memiliki fokus yang sangat terperinci.

Pelatihan tersebut harus tidak sekadar menyajikan informasi rinci tentang produk, tetapi juga mengulas dengan cermat lanskap pasar di dalamnya. Tidak lupa. penting untuk menekankan Unique Selling Point (USP) produk dalam bingkai pelatihan ini.

Pastikan juga bahwa anggota tim sales pernah menggunakan produk secara langsung, sehingga mereka dapat memahami dengan pasti manfaat dan fungsi produk tersebut. Pendekatan ini akan mendorong semangat mereka dalam melakukan proses penjualan.

4. Proses Penjualan

Dalam program pelatihan, perlu ditekankan pemahaman terhadap prosedur penjualan yang secara khusus sesuai dengan karakteristik bisnis Anda.

Jika ada anggota tim yang baru saja bergabung dan sebelumnya memiliki pengalaman di bidang penjualan, besar kemungkinan bahwa mereka memiliki pendekatan penjualan yang berbeda dengan yang diterapkan dalam bisnis Anda.

Maka dari itu, integral dalam program pelatihan sales adalah menghadirkan serangkaian pelajaran komprehensif mengenai prosedur penjualan yang unik dan sesuai dengan konteks bisnis Anda.

Isi pelatihan ini mungkin melibatkan hal-hal seperti:

  • Metode yang disukai dalam mencari prospek
  • Metode untuk mengkualifikasi prospek
  • Definisi tahapan penjualan yang berbeda dalam saluran penjualan Anda
  • Membimbing prospek melalui proses penjualan
  • Membuat proposal penjualan
  • Menutup kesepakatan penjualan

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyusun Sales Training

Saat mengadakan program sales training, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sehingga memastikan kegiatan pelatihan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan saat menyusun sales training.

1. Ketahui Kekuatan dan Kelemahan Tim Sales

Pastikan bahwa penyusunan pelatihan dilakukan berdasarkan keperluan tim penjualan. Langkah ini dapat dilakukan dengan menjalankan survei sebelumnya guna mengidentifikasi kebutuhan serta area-area di mana tim penjualan membutuhkan perbaikan.

Dengan demikian, Anda akan memperoleh pemahaman yang cukup mendalam tentang peran dan tanggung jawab mereka, yang dapat dijadikan fondasi dalam merancang program pelatihan.

2. Susun Jadwal Pelatihan dengan Tepat

Rencanakan penjadwalan pelatihan dengan tepat. Pelaksanaan pelatihan secara berkala cenderung lebih berhasil dibandingkan dengan yang dilakukan tanpa jadwal tetap.

Upayakan untuk menyesuaikan jadwal pelatihan dengan situasi dan kebutuhan tim penjualan, demi menjaga agar kegiatan penjualan tidak terganggu.

Bila diperlukan, pertimbangkan untuk menyelenggarakan beberapa sesi pelatihan di luar jam kerja agar tidak menghambat kelancaran proses penjualan.

3. Materi Pelatihan Aplikatif

Pastikan bahwa pelatihan yang dirancang memiliki sifat praktis dan memberikan hasil yang nyata bagi tim penjualan.

Sebagai contoh, ini bisa dicapai dengan memberikan latihan yang memungkinkan peserta pelatihan untuk langsung mengaplikasikan teknik-teknik penjualan yang telah diperoleh, atau dengan menyelenggarakan sesi tanya jawab yang memberi kesempatan peserta untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada pelatih.

Contoh Program Sales Training

Jika Anda mencari referensi ide program sales training, berikut ini beberapa ide pelatihan untuk sales yang bisa dijalankan.

1. Pelatihan Negosiasi dan Penanganan Penolakan

Fokus pada teknik negosiasi yang efektif serta cara mengatasi penolakan dari pelanggan. Ini akan membantu peserta merasa lebih percaya diri dalam situasi yang menantang.

2. Pelatihan Meningkatkan Customer Experience

Fokus pada bagaimana menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Latih peserta untuk memahami perjalanan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Pelatihan Studi Kasus

Berikan studi kasus tentang situasi penjualan nyata yang pernah terjadi atau bisa terjadi. Mintalah peserta menganalisis kasus tersebut, mengidentifikasi masalah, dan merancang solusi yang efektif.

4. Pelatihan Simulasi Peran

Simulasi peran memungkinkan peserta untuk berlatih situasi penjualan di lingkungan yang aman. Anda dapat menyediakan skenario penjualan yang berbeda, meminta peserta untuk mengambil peran pelanggan dan penjual, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

5. Dasar-dasar Cold Emailing

Dalam pelatihan ini, anggota tim sales akan belajar bagaimana mendekati secara personal dengan menggunakan bahasa yang akrab melalui email, dengan tujuan meningkatkan peluang keberhasilan dalam kampanye pemasaran yang mereka jalankan.

kemampuan training sales

Itulah hal yang perlu Anda ketahui dalam melaksanakan program pelatihan untuk sales.

Selain mengadakan pelatihan, untuk memaksimalkan penjualan bisnis, memastikan bahwa tim sales diisi dengan orang-orang terbaik menjadi hal yang tidak bisa dikesampingkan. Oleh karena itu, memastikan channel rekrutmen terbaik jadi hal penting saat Anda memilih kandidat sales.

Untuk memastikan Anda mendapatkan salesperson terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pastikan untuk memasang lowongan dengan Premium Rekrutmen KitaLulus.

Premium Rekrutmen KitaLulus adalah job portal yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI, di mana AI akan membantu Anda memilih kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Selain itu, Premium Rekrutmen KitaLulus juga memberikan akses tak terbatas kepada para pengguna untuk memasang lowongan sesuai kebutuhan.

Ayo daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top