Cara Menyusun SOP Rekrutmen Karyawan dan Contohnya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
sop rekrutmen
Cara Menyusun SOP Rekrutmen Karyawan dan Contohnya

Rekrutmen adalah salah satu bagian dari kegiatan human resource yang diketahui memiliki proses panjang dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, untuk memastikan prosesnya berjalan sesuai dengan standar yang tepat beberapa perusahaan akan membuat SOP rekrutmen karyawan.

Adanya SOP ini dapat menjadi panduan dan standar kerja bagi HR dalam menjalankan proses rekrutmen yang baik dan benar.

Jika saat ini Anda sedang ingin membuat SOP rekrutmen karyawan, Anda membuka artikel yang tepat di sini KitaLulus akan jabarkan dengan detail, mari simak!

Apa Itu SOP Rekrutmen Karyawan Baru

SOP rekrutmen karyawan baru adalah rangkaian prosedur tertulis yang digunakan sebagai pembimbing proses perekrutan dan pemilihan karyawan baru di dalam perusahaan.

Di dalam SOP ini mencakup berbagai tahapan yang perlu dilakukan dalam proses rekrutmen, seperti perencanaan kebutuhan karyawan, informasi lowongan, seleksi calon karyawan, sampai tahap akhir yaitu pengambilan keputusan.

SOP ini menjadi panduan bagi HR dan pemangku kepentingan untuk dapat menjalankan proses rekrutmen secara konsisten, transparan, adil, dan efisien. Hal ini penting agar perusahaan dapat merekrut kandidat berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Pentingnya Memiliki SOP Rekrutmen Karyawan bagi Perusahaan

SOP rekrutmen sangat berperan besar dalam membantu HR menjaga profesionalisme, konsistensi, dan kesesuaian proses rekrutmen yang berlangsung. Di dalam dokumen ini telah dirancang dan diatur tata cara setiap pelaksanaan rekrutmen.

Dengan adanya SOP ini  membantu HR dalam melaksanakan rekrutmen sesuai ketentuan perusahaan, memastikan setiap kandidat dinilai dengan cara yang sama, dan kebijakan dan peraturan perusahaan terkait dengan rekrutmen pun bisa dijalankan dengan baik.

Pada umumnya, SOP rekrutmen ini menjadi tanggung jawab divisi General Affair yang memang memiliki tugas mengelola manpower dalam perusahaan.

Selain itu, berikut ini beberapa manfaat dari memiliki SOP rekrutmen karyawan, yaitu:

1. Meminimalisir Kesalahan dalam Proses Rekrutmen

Rekrutmen adalah proses yang panjang, mulai dari menyusun job desk, melakukan sourcing, screening, seleksi, wawancara, memberikan offering, sampai dengan onboarding.

Adanya SOP tentu saja akan sangat membantu masing-masing pihak yang terlibat dalam rekrutmen memahami tugasnya. Dengan begini, kesalahan dalam proses rekrutmen dapat diminimalisir.

2. Pembagian Tugas Lebih Jelas

Proses rekrutmen tidak hanya melibatkan HR saja, tapi ada juga user seperti manajer, sampai C-level. SOP akan mencegah tugas dilaksanakan tumpang tindih, atau adanya pihak yang mangkir dengan tugas dan tanggung jawabnya.

3. Hemat Waktu

Adanya SOP akan memudahkan karyawan dalam melakukan handover sehingga karyawan yang baru direkrut dapat segera menjalankan tugasnya.

4. Memudahkan Audit

SOP menjadi dokumen bukti administratif proses rekrutmen berlangsung. Dokumen inilah yang menjadi salah satu yang perlu dilengkapi dalam proses audit.

Baca Juga: Apa Saja Kendala HR Saat Rekrut Karyawan? Begini Solusinya!

Cara Menyusun SOP Rekrutmen

Cara menyusun SOP rekrutmen karyawan perlu dipertimbangkan baik-baik karena hal ini lah yang akan menentukan seberapa baik proses rekrutmen di dalam perusahaan dilaksanakan nantinya.

Berikut ini cara penyusunannya.

1. Tetapkan Tujuan Pembuatan SOP

Pertama cobalah tetapkan tujuan dari pembuatan SOP. Pastikan tujuan ini dipahami oleh berbagai pihak yang akan terlibat dalam rekrutmen, mulai dari HR manager, rekruter, tim operasional, sampai C-level.

Penetapan tujuan rekrutmen dapat berangkat dari permasalahan kebutuhan SDM perusahaan. Dengan pembuatan SOP ini maka dapat menyaring karyawan yang sesuai kebutuhan dan juga dapat meningkatkan hasil kerja perusahaan.

2. Ruang Lingkup SOP

Di dalam penyusunan SOP rekrutmen karyawan pentingnya juga untuk menjelaskan ruang lingkup SOP. Ruang lingkup ini yang akan memberikan batasan dan ketentuan apa saja yang perlu dijalankan dalam proses rekrutmen.

3. Pertimbangkan Pembaca

Saat Anda menyusun SOP rekrutmen karyawan perhatikan bahasa, tata letak, sampai dengan metode yang akan digunakan untuk mensosialisasikan SOP. Pastikan isinya SOP mengakomodasi semua kepentingan pihak yang terlibat dalam rekrutmen.

4. Buat Struktur Isi

Struktur isi SOP perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Secara umum, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam struktur isinya:

  • Sampaikan tujuan pada bagian awal SOP
  • Cakupan dalam SOP
  • Tahapan dalam proses rekrutmen yang dibuat runut
  • Segala pertimbangan-pertimbangan
  • Kebutuhan pendukung dalam rekrutmen, seperti software ATS, alat uji keahlian dan kepribadian, dan tools lainnya.
  • Glosari untuk menjelaskan istilah yang digunakan.

5. Percobaan Rangan SOP

Lakukanlah uji coba terlebih dulu sebelum SOP ditetapkan. Di dalam uji coba ini, pertimbangkan segala masukan yang ada. Dari feedback tersebut lakukan perbaikan, hal ini agar SOP yang disahkan adalah SOP yang terbaik sehingga tujuan pembuatan SOP rekrutmen karyawan tercapai.

6. Lakukan Sosialisasi SOP

Pastikan SOP yang telah disusun pada dengan mudah diakses oleh semua pihak. Maka dari itu, lakukan sosialisasi yang menyeluruh. Pastikan semua pihak bukan hanya mengetahui perusahaan memiliki SOP tapi mereka juga membaca dan memahami peran mereka dalam proses rekrutmen.

Hal yang Perlu Dihindari saat Menyusun SOP Rekrutmen Karyawan

Di dalam menyusun SOP, hindari beberapa kesalahan berikut ini:

1. Hindari menyusun dokumen hanya berdasarkan satu pandangan tanpa mendapatkan masukan dari pihak lain.

2. Tidak mengidentifikasi tujuan mengapa prosedur ini perlu dilakukan.

3. Format SOP sulit dimengerti sehingga menyulitkan pihak-pihak yang terlibat memahaminya.

Contoh SOP Rekrutmen Karyawan

Berikut ini contoh SOP rekrutmen karyawan yang bisa menjadi referensi Anda.

Sumber gambar: kantorkit.com

Download gambar:contoh sop rekrutmen.webp

Adanya SOP yang lengkap dalam proses rekrutmen tentu dapat memudahkan HR dalam menjalankan segala prosedur yang ada dalam merekrut karyawan baru.

Selain membutuhkan SOP, dalam merekrut karyawan juga dibutuhkan job portal yang mampu menemukan kandidat dengan cepat dan tepat.

Di sinilah HR membutuhkan Premium Rekrutmen KitaLulus, job portal yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung proses rekrutmen berjalan lebih cepat.

Premium Rekrutmen dari KitaLulus dilengkapi dengan teknologi AI yang dapat membantu proses screening lebih cepat dan akurat dari teknik manual.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemasangan lowongan tanpa batas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ayo, daftarkan perusahaan Anda sekarang dan buat proses rekrutmen jauh lebih mudah!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top