Apa Itu Talent Mapping, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
talent mapping
Apa Itu Talent Mapping, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Talent mapping menjadi salah satu bentuk strategi dalam memetakan keperluan talenta bagi perusahaan di masa depan. Dengan teknik ini, Anda bisa memahami apakah talenta yang ada di perusahaan saat ini bisa mengisi keperluan posisi yang dibutuhkan, serta membentuk rencana strategis untuk mencari peran-peran yang belum terisi.

Teknik berikut merupakan salah satu dari penerapan talent management yang efektif dan berkelanjutan di perusahaan. Sebab dengan talent mapping, Anda bisa tahu bagaimana kinerja karyawan saat ini serta mempelajari tren tenaga kerja.  

Apa Itu Talent Mapping?

Talent mapping adalah teknik untuk memetakan keterampilan dan kemampuan individu, menilai kinerja dan potensi serta mencocokannya dengan perencanaan perekrutan karyawan untuk menyeimbangkan talent dan kebutuhan organisasi.

Dengan pemetaan ini, seorang HR bisa memetakan kemampuan dan keterampilan individu dalam perusahaan dengan menilai kekuatan, kelemahan, dan potensi, untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Sehingga Anda bisa mengetahui kesenjangan bakat yang perlu diisi.

Tujuan utama dari talent mapping adalah menemukan bakat yang tepat, menempatkan bakat yang tepat pada peran yang tepat, dan mempertahankan bakat terbaik melalui jalur karier. 

Fungsi Talent Mapping

fungsi talent mapping

Pemetaan tidak hanya berfungsi dalam proses rekrutmen. Setidaknya, ada tiga fungsi dari talent mapping, yaitu:

  • Mengidentifikasi keperluan peran baru di dalam perusahaan secara proaktif demi kepentingan perusahaan.
  • Memperbarui peran serta posisi yang ada secara berkala agar dapat mengeksekusi strategi perusahaan dengan tepat.
  • Membentuk jalur karier yang lebih baik bagi talenta yang ada di perusahaan sebagai usaha untuk mempertahankan mereka.

Baca juga: Apa Itu Employer Branding, Manfaat, Strategi, Cara Membangun

Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Talent Mapping?

Memiliki karyawan yang high performer dan high potential tentu dambaan bagi setiap perusahaan agar bisnis yang mereka jalankan bisa maju dan berkembang. Semua itu bukanlah hal yang mustahil bila melakukan talent mapping.

Ini menjadi alat untuk menyusun strategi rekrutmen dan pemetaan bakat eksternal sehingga memberikan gambaran umum tentang apa yang terjadi di pasar tenaga kerja. 

Selain itu, talent mapping juga membantu merencanakan rekrutmen di masa depan, juga bisa meningkatkan kualitas serta kecepatan perekrutan. Walaupun tidak sedang membuka lowongan, seorang HR tetap perlu tahu di mana menemukan bakat terbaik saat dibutuhkan. 

Manfaat Talent Mapping Bagi Perusahaan

manfaat talent mapping

Ada banyak sekali manfaat talent mapping yang dirasakan perusahaan yang telah menerapkannya. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Menentukan Rencana Rekrutmen

Pemetaan talenta memungkinkan Anda untuk melihat apakah ada kekosongan peran di perusahaan yang perlu diisi dengan merekrut karyawan baru.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan rencana rekrutmen, posisi apa saja yang dicari, skill seperti apa yang menjadi kualifikasi, platform mana yang tepat untuk menemukan kandidat tersebut hingga berapa anggaran rekrutmen yang dibutuhkan.

2. Meningkatkan Employee Engagement

Dengan pemetaan talenta, perusahaan dapat menggali pengalaman karyawan selama bekerja, serta minat dan rencana ke depan.

Sehingga Anda bisa mengetahui apakah karyawan masih merasa nyaman berada di posisi saat ini atau mereka tertarik untuk mencoba bidang lain. Hubungan dua arah pun akan tercipta, ini memberikan kesan bahwa perusahaan mendengarkan mereka.

3. Mengembangkan Talenta dalam Jangka Panjang

Manfaat berikutnya yaitu Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan di masa depan dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut baik itu dengan program pelatihan dan pengembangan. 

Caranya mulai dari melihat peran penting potensial di masa depan, memahami sejauh mana kemampuan tiap individu yang ada di perusahaan. Serta pelatihan apa yang dibutuhkan untuk memoles talenta yang ada agar memiliki kemampuan yang relevan di masa mendatang. 

4. Proses Rekrutmen Jadi Lebih Cepat

Pemetaan bakat memungkinkan Anda memiliki calon-calon potensial eksternal jauh sebelum kebutuhan muncul. Saat perusahaan membuka lowongan, mereka sudah tahu siapa yang harus mengisi posisi tersebut. Sehingga ini akan mempercepat proses rekrutmen.

5. Mengidentifikasi Karyawan yang Akan Berhenti

Manfaat talent mapping juga bisa mengungkap tanda-tanda seseorang akan segera meninggalkan perusahaan. Misalnya HR melihat adanya penurunan produktivitas dan hilangnya antusiasme.

6. Memberikan Gambaran Kondisi Pasar Tenaga Kerja

Anda jadi bisa mengetahui seperti apa tren tenaga kerja, kekuatan dari pesaing dan bakat-bakat dari pekerja yang mereka pekerjakan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan peluang untuk mempekerjakan kandidat terbaik.

7. Membantu Perencanaan Suksesi

Bisa dikatakan, ini adalah manfaat talent mapping yang utama, di mana setiap karyawan dengan kemampuan dan bakatnya memiliki kesempatan di jalur karier mereka untuk bisa maju dan mengisi pergantian jabatan.

Baca juga: Apa Itu Talent Pool? Ini Pengertian, Manfaat, & Penerapannya

Tahapan Talent Mapping

Perlu Anda ketahui, sebelum melakukan pemetaan talenta, Anda perlu mempertanyakan apa yang ingin dicapai perusahaan dan kapan hal tersebut ingin dicapai. Ini dilakukan tidak terlepas karena talent mapping akan menjadi bagian yang mendukung strategi perusahaan tersebut.

Pemetaan talenta juga bukan proyek sekali jadi, tapi komitmen jangka panjang. Berikut tahapannya.

1. Assessment Talent Mapping

Tahap yang paling awal adalah menggali seperti apa sifat produktif dan bakat yang ada di dalam diri individu.

Dalam tahap ini akan merepresentasikan kekuatan yang berkaitan dengan peran serta bagaimana cara perusahaan bisa memanfaatkan kekuatan tersebut.

Untuk bisa mengetahuinya, bisa dilakukan dengan tes di mana karyawan harus mengerjakan sekitar 170 pertanyaan dengan baik dan benar.

2. Assessment Personal Strength Statement

Setelah melewati tahap pertama, maka bisa lanjut ke tahap assessment personal strength statement. Tahap ini akan membantu Anda menggali pengakuan dan kegiatan produktif dan bagaimana kompetensi serta minat terhadap suatu aktivitas.

Karyawan harus mengerjakan terdapat 114 aktivitas yang dikelompokkan menjadi 99 kelompok peran dan 15 kelompok bidang yang ada dalam diri individu.

3. Strength Typology (ST-30)

Tahap talent mapping terakhir adalah strength typology atau ST-30. Ini adalah tahap yang membantu untuk mengetahui diri karyawan dengan cepat serta gambaran kompetensi yang ada di dalam diri setiap karyawan. 

Dalam tahap ini karyawan akan dihadapkan pada 30 tipologi manusia yang berhubungan dengan aktivitas seseorang.

Cara ini juga akan membantu untuk mengetahui self awareness dalam diri tiap karyawan. Ini akan sangat membantu dalam mengembangkan perencanaan suksesi dalam perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menemukan Hidden Talent Pada Kandidat?

Cara Melakukan Talent Mapping

Anda bisa melakukan talent mapping dengan menggunakan dua cara sederhana, yaitu:

1. Melakukan Interpretasi Potensi Kekuatan

Cara melakukan talent mapping yang pertama adalah dengan melakukan interpretasi potensi kekuatan karyawan di lingkungan perusahaan. Ini berfungsi untuk menilai apakah karyawan sudah menampilkan hasil kerja yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang mereka miliki, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

2. Melakukan Pencarian Kompetensi Diri

Dalam melakukan pencarian kompetensi diri, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti menyertakan tes ST-30 untuk mengetahui potensi seseorang. Dengan mengetahui kompetensi pada diri kandidat, perusahaan bisa melihat apakah kandidat tersebut kompeten untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Selain itu, penilaian juga akan lebih objektif.

9 Box Model Tools untuk Talent Mapping

9 Box model adalah tools talent mapping yang diperkenalkan oleh McKinsey dan dapat dipergunakan dengan gratis.

9 box model tools untuk talent mapping

Tools ini bisa digunakan untuk menilai individu/karyawan baik kontribusi serta potensi yang bisa dikembangkan untuk perusahaan. 

Dimensi dari 9 box model ada dua yaitu performa karyawan pada masa lalu dan potensi karyawan di masa depan. Metode ini bisa digunakan untuk mengevaluasi kinerja dan merencanakan karyawan untuk menempati jabatan dan peran-peran strategis di perusahaan sesuai potensinya.

Untuk performa ditunjukkan dengan sumbu X sedangkan potensi diwakili oleh sumbu Y. Kombinasi dari sumbu X dan Y ini akan menentukan posisi individu dan menempatkan individu. Dalam memetakan posisi karyawan dalam 9 box model ini, HR dapat bekerja sama dengan pemimpin tiap tim. 

Karyawan yang menempati posisi kuadran paling kiri, baik itu di kotak atas, tengah, maupun bawah, tandanya memerlukan pelatihan dan pengembangan. Sedangkan untuk karyawan yang menempati posisi kuadran paling kanan, punya potensi tinggi untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar, bahkan menduduki posisi sebagai pemimpin di masa yang akan datang.

Baca juga: Penilaian Kinerja Karyawan: Metode, Indikator, dan Contohnya

Tes Talent Mapping Online Terpercaya

Biaya talent mapping saat ini tidaklah mahal, apalagi sudah ada tes talent mapping online yang bisa digunakan.

1. Temubakat.com

Tes Talent Mapping Online 1

Tes talent mapping online bisa Anda lakukan di situs temubakat.com. Situs satu ini adalah penyelenggara talent mapping profesional yang bekerjasama dengan trainer profesional. Trainer akan membantu menemukan bakat dan kekuatan yang bisa dikembangkan. 

2. OaseIndonesia

Tes Talent Mapping Online 2

Setidaknya ada 34 tema bakat yang disediakan oleh Oase Indonesia yang diadopsi dari Gallup. Tema bakat tersebut menggambarkan personal strength, maupun strength typology yang dimiliki masing-masing individu. 

3. Temabakat.com

Tes Talent Mapping Online 3

Situs ini menawarkan asesmen mengenai bakat apa yang dimiliki oleh masing-masing individu. Temabakat.com dapat membantu dalam suksesi perusahaan karena situs ini bisa membantu Anda untuk menempatkan orang yang tepat pada tempat yang tepat. Dengan begini diharapkan nantinya orang tersebut akan semakin berkembang.

Untuk merekrut talenta terbaik, HR juga perlu tahu platform apa yang sesuai. Salah satu yang bisa dipercaya adalah KitaLulus. KitaLulus dengan fitur Premium Recruitment mampu mengubah cara lama proses rekrutmen yang berbelit menjadi lebih singkat, cepat, dan tepat dengan bantuan teknologi AI.

Tak hanya itu, Anda juga bebas memasang info lowongan pekerjaan tanpa batas sepanjang tahun sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Dengan begini, Anda bisa menemukan talenta terbaik dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, segera beralih ke Premium Recruitment sekarang juga!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top