Daftar Bank Digital Terbaik dan Perbedaannya dengan Bank Konvensional

Rabbani Haddawi
Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.
promo maybank
Daftar Bank Digital Terbaik dan Perbedaannya dengan Bank Konvensional

Dalam era digital yang terus berkembang, industri perbankan juga mengalami transformasi besar-besaran. Bank digital terbaik kini terus bermunculan sebagai alternatif modern untuk bank konvensional yang telah ada sejak lama.

Lalu, apa itu bank digital? Ingin tahu juga perbedaan bank digital dan bank konvensional? Selain berfokus pada daftar bank digital terbaik, artikel ini akan membahas mengenai bank digital dan perbedaannya dengan bank konvensional.

Pengertian Bank Digital adalah

Bank digital adalah lembaga perbankan yang beroperasi secara online dan menyediakan layanan perbankan melalui platform digital. Bank ini tidak memiliki kantor cabang fisik seperti bank konvensional, namun mengandalkan teknologi digital untuk menghubungkan nasabah dengan produk dan layanan perbankan. 

Melalui aplikasi seluler atau situs web, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembukaan rekening, pinjaman, investasi, dan masih banyak lagi.

Keberadaan bank digital menjadi alternatif yang menarik bagi masyarakat yang ingin mengakses layanan perbankan dengan lebih mudah dan efisien. 

Pengguna dapat mengakses rekening bank miliknya kapan saja dan di mana saja melalui perangkat elektronik seperti smartphone atau komputer. Bank digital juga menawarkan fitur-fitur modern seperti notifikasi transaksi, pengelolaan keuangan, dan layanan pelanggan yang responsif.

Baca Juga: 10 Aplikasi Investasi Terbaik di Indonesia yang Aman Terpercaya

Daftar Bank Digital Terbaik di Indonesia

Dengan aplikasi seluler yang mudah digunakan dan fitur-fitur inovatif, bank digital memberikan akses yang lebih fleksibel dan layanan perbankan yang lengkap. Berikut ini adalah daftar bank digital terbaik di Indonesia yang dapat kamu pertimbangkan.

1. Bank Jago

Sebelumnya dikenal sebagai Bank Artos, Bank Jago adalah sebuah aplikasi finansial yang berfokus pada kehidupan sehari-hari dengan fitur-fitur yang memudahkan pengaturan finansial. Setelah diakuisisi oleh Jerry Ng dan Gojek, bank ini mengubah namanya menjadi Bank Jago. 

Bank Jago adalah bank digital terbaik saat ini. Dengan aplikasi yang cepat, bunga tabungan tinggi, dan fitur lengkap, tidak ada aplikasi perbankan lain yang bisa menyamai kualitasnya.

Kelebihan utama Bank Jago adalah kecepatan dan responsivitas aplikasinya. Selain itu, Bank Jago tidak mengenakan biaya admin atau membatasi saldo minimum. Namun, kekurangannya adalah belum adanya fitur QRIS dan integrasi dengan marketplace populer.

2. M2U ID by Maybank

Kamu pasti mengenal Maybank, salah satu bank terbesar di wilayah ASEAN termasuk Indonesia. Agar tetap menjadi garda terdepan sektor keuangan di Indonesia bersama bank-bank besar lainnya, Maybank menghadirkan program layanan bank digital terbaik yang diberi nama dengan M2U ID.

M2U ID Web dilengkapi dengan sistem keamanan ganda yang bertujuan untuk melindungi dan memberikan keamanan transaksi yang tinggi bagi pelanggan. Selain itu, Maybank juga menyediakan layanan perbankan mobile berbasis aplikasi yang bernama M2U ID App.

Dengan aplikasi ini, kamu juga memastikan hanya kamu yang bisa mengontrol dan mengakses rekeningmu, serta memberikan otorisasi untuk melakukan transaksi. Dengan M2U ID, kamu dapat melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan banyak lagi. Platform ini dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam mengatur keuangan dengan cepat dan aman.

Kata siapa buka rekening itu harus ribet? Kamu bisa menjadi nasabah baru Maybank hanya melalui aplikasi M2U dan kamu bisa langsung dapat reward sebesar Rp30.000! Cek caranya di link berikut:

3. Jenius

Jenius dapat dikatakan sebagai pionir yang mengawali sejarah bank digital di Indonesia. Wajar jika awalnya bank ini memegang gelar sebagai bank digital terbaik di Indonesia selama beberapa tahun sebelum munculnya bank online lainnya. 

Meskipun masih baru, anak perusahaan BTPN ini berhasil memiliki jutaan nasabah dalam waktu singkat. Banyaknya nasabah yang bergabung dengan Jenius bukan tanpa alasan. Jenius menawarkan beragam fitur dan kebijakan biaya yang fleksibel.

Awalnya, Jenius tidak mengenakan biaya admin, tetapi mulai Januari 2021, biaya admin bulanan sebesar Rp10.000 diberlakukan, yang dikenal sebagai “feasible”. 

4. SeaBank

SeaBank adalah bank yang berafiliasi dengan Shopee, karena dikelola oleh perusahaan induk yang sama. Salah satu fitur menariknya adalah bunga tabungan yang tinggi, yaitu 4% per tahun. Selain itu, bunga deposito yang ditawarkan mencapai 6% per tahun.

Pembukaan rekening di SeaBank hanya membutuhkan waktu 3 menit, dan rekeningmu dapat langsung digunakan untuk bertransaksi. Kamu tidak perlu melakukan verifikasi fisik di kantor cabang.

Meskipun SeaBank kalah dalam fitur dibandingkan dengan Jenius dan Bank Jago, SeaBank tetap merupakan pilihan bank digital karena banyaknya promo yang ditawarkan. 

5. Blu by BCA Digital

Blu by BCA Digital adalah produk perbankan digital dari BCA Digital, yang merupakan bagian dari BCA Group. Bank digital ini diperkenalkan dengan konsep perbankan tanpa kantor cabang yang modern. Konsep ini diadopsi agar dapat bersaing dengan bank digital populer lainnya seperti Bank Jago dan Jenius.

Pendaftaran untuk Blu by BCA Digital dapat dilakukan melalui video call, dan transaksi selanjutnya dapat dilakukan melalui aplikasi. Antarmuka pengguna (UI) aplikasi ini sangat ramah pengguna dan sesuai dengan gaya anak muda saat ini.

Dengan konsep tanpa kantor cabang, nasabah Blu by BCA Digital dapat melakukan berbagai transaksi tanpa harus mengantri di kantor cabang. Layanan dukungan pelanggan yang disediakan cukup lengkap, termasuk melalui layanan kontak, live chat, video call, dan lainnya.

Blu by BCA Digital memiliki empat fitur unggulan, yaitu Tabungan, Transaksi, Monitor, dan Ekstra. Untuk tabungan, terdapat empat jenis tabungan dengan suku bunga yang berbeda. BluAccount menawarkan suku bunga 0,5% per tahun, BluSaving/BluGether menawarkan suku bunga 3% per tahun, dan BluDeposit menawarkan suku bunga antara 3,5% hingga 4,75% per tahun tergantung dari besaran deposit.

Blu by BCA Digital adalah bank digital tanpa biaya admin, baik untuk pembukaan rekening, penutupan rekening, maupun biaya bulanan. Selain itu, transfer dan top up e-wallet juga bebas biaya dengan beberapa ketentuan.

Kelemahan Blu by BCA Digital adalah tidak adanya kartu virtual, yang membuat sulit untuk membayar tagihan seperti Netflix atau Google Play. Selain itu, kekurangan lainnya adalah tidak adanya kartu fisik. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Blu adalah dukungan dari BCA grup, salah satu bank terbesar yang cukup terpercaya di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dengan Bunga Rendah

6. TMRW

TMRW adalah anak perusahaan Bank UOB Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2020. Meskipun merupakan bank digital yang relatif baru, TMRW telah berhasil menarik banyak nasabah dalam waktu singkat.

Aplikasi perbankan digital TMRW menurut kami sangat modern dan menyenangkan. Antarmuka pengguna (UI) yang disajikan sangat ramah pengguna dan sesuai dengan gaya anak muda. TMRW dikhususkan untuk generasi milenial.

Pendaftaran akun TMRW dapat dilakukan melalui video call, dan proses verifikasi dapat dilakukan dengan mudah secara online. TMRW menawarkan solusi untuk semua masalah keuangan melalui aplikasinya yang mudah digunakan.

TMRW bekerja sama dengan beberapa e-commerce seperti Shopee, Blibli, dan Tiket.com. TMRW menawarkan hadiah saldo GoPay sebesar Rp100.000 untuk pembukaan rekening baru dengan top up saldo minimal Rp1.500.000.

TMRW menawarkan berbagai produk tabungan digital, termasuk rekening dengan kartu debit plus kartu kredit TMRW atau rekening dengan kartu debit saja. Kartu debit TMRW dapat digunakan di semua ATM.

Nasabah TMRW dapat mentransfer tabungan harian dari TMRW Everyday Account ke TMRW Saving Account untuk mendapatkan bunga sebesar 3,75% per tahun. Semua transaksi mudah dilakukan tanpa saldo minimum dan bebas biaya bulanan. Transfer dan pengisian e-wallet juga bebas biaya dengan beberapa ketentuan.

Kekurangan TMRW adalah tidak adanya fitur pembagian tabungan seperti yang ditawarkan oleh Bank Jago dan Jenius, yang membuat pengaturan anggaran menjadi lebih sulit. Selain itu, kartu debit TMRW menggunakan GPN, bukan Visa. Jadi, apabila kamu ingin melakukan transaksi penarikan uang di luar negri, hal tersebut tidaklah memungkinkan.

Jika fitur pembagian tabungan ditambahkan dan opsi kartu Visa disediakan, peluang TMRW untuk menjadi bank digital terbaik di Indonesia semakin besar.

Baca Juga: 16 Aplikasi Saham Terbaik yang Aman dan Mudah Digunakan

7. Neobank by Bank Neo Commerce

Sebagai pesaing baru di dunia perbankan digital, Neobank menawarkan strategi yang menarik untuk menarik pengguna dengan produknya. Neobank fokus pada memberikan bunga tabungan yang lebih tinggi dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Produk tabungan di Neobank memberikan bunga sebesar 3,5%, sementara produk deposito menawarkan bunga hingga 6%. Selain itu, Neobank tidak membebankan biaya administrasi atau denda saldo minimum.

Neobank juga melakukan promosi yang aktif untuk menarik nasabah. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan hadiah harian dan bonus jika berhasil mengajak teman untuk menggunakan aplikasi dari Bank Neo Commerce ini.

Meskipun masih baru, Neobank dapat menjadi pilihan bank digital yang menarik jika kamu mencari bunga tabungan yang tinggi dan tawaran bonus yang menggiurkan.

8. Digibank

Digibank merupakan bank digital dari DBS Bank. Digibank menawarkan berbagai fitur dan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola keuangan mereka.

Digibank menawarkan kartu debit fisik dan virtual, yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi online dan offline. Fitur menarik lainnya adalah adanya fitur “My Money Manager”, yang membantu pengguna dalam mengatur keuangan mereka dengan fitur pemantauan pengeluaran dan pengaturan anggaran.

Digibank juga menyediakan fitur pembayaran tagihan dan transfer uang ke rekening lain dengan mudah. Aplikasi Digibank mudah digunakan dengan antarmuka yang intuitif dan sederhana.

Keuntungan menggunakan Digibank adalah adanya jaringan ATM DBS yang luas di Indonesia yang dapat digunakan untuk penarikan tunai. Selain itu, Digibank juga menawarkan layanan nasabah 24/7 melalui telepon, chat, dan email.

Namun, ada beberapa kelemahan dalam Digibank, seperti biaya admin bulanan sebesar Rp 25.000 jika saldo di rekening Digibank tidak mencapai Rp 500.000. Selain itu, beberapa pengguna melaporkan bahwa proses pembukaan rekening dan verifikasi dapat memakan waktu yang lama.

Perbedaan antara Bank Digital dan Bank Konvensional

Ada beberapa perbedaan antara bank digital dan bank konvensional. Perbedaan ini meliputi model bisnis, kemudahan akses, biaya dan tarif, serta inovasi produk dan layanan.

1. Model Bisnis

Pelayanan fisik vs. pelayanan digital: Bank konvensional mengandalkan pelayanan fisik melalui kantor cabang, sementara bank digital memberikan pelayanan melalui platform digital.

Keberadaan kantor cabang: Bank konvensional memiliki kantor cabang fisik yang tersebar luas, sementara bank digital tidak memiliki kantor cabang fisik.

2. Kemudahan Akses

Layanan 24/7: Bank digital menyediakan layanan perbankan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sedangkan bank konvensional memiliki waktu operasional terbatas.

Penggunaan teknologi dalam transaksi: Bank digital menggunakan teknologi seperti aplikasi seluler dan internet banking untuk memfasilitasi transaksi, sementara bank konvensional masih mengandalkan proses manual.

3. Biaya dan Tarif

Perbedaan biaya administrasi dan transaksi: Bank digital cenderung memiliki biaya administrasi dan transaksi yang lebih rendah dibandingkan bank konvensional.

Tarif layanan perbankan: Bank konvensional mungkin memiliki tarif layanan yang lebih tinggi dibandingkan bank digital.

4. Inovasi Produk dan Layanan

Fitur-fitur unggulan bank digital: Bank digital sering kali menawarkan fitur-fitur inovatif seperti pembayaran digital, investasi online, dan manajemen keuangan yang terintegrasi.

Keunggulan produk dan layanan bank konvensional: Bank konvensional tetap memiliki keunggulan dalam hal produk dan layanan khusus seperti konsultasi investasi secara langsung dengan ahli keuangan.

Baca Juga: 15 Cara Menabung dengan Cepat dan Efektif beserta Tipsnya

Kelebihan Bank Digital Dibanding Bank Konvensional

Bank digital memiliki kelebihan-kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Kemudahan akses 24/7 ke layanan perbankan
  • Biaya administrasi dan transaksi yang lebih rendah
  • Fitur-fitur inovatif yang mempermudah pengelolaan keuangan pribadi
  • Keamanan tinggi dalam transaksi dan perlindungan data pribadi
  • Kemudahan bertransaksi secara internasional

Bank digital telah mengubah cara orang berinteraksi dengan perbankan. Perbedaan dengan bank konvensional terlihat dalam model bisnis, kemudahan akses, biaya dan tarif, serta inovasi produk dan layanan. 

Meskipun bank digital menawarkan banyak kelebihan, bank konvensional masih memiliki keunggulan dalam beberapa aspek. Oleh karena itu, penting bagi individu untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum memilih bank yang tepat untuk mereka.

Secara keseluruhan, bank digital adalah inovasi yang signifikan dalam industri perbankan. Mereka memberikan kemudahan akses, biaya yang lebih rendah, dan fitur-fitur modern kepada nasabah. 

Namun, sebelum memilih bank digital, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu, membandingkan layanan yang ditawarkan, dan memastikan bahwa bank tersebut terpercaya dan diatur oleh otoritas yang berwenang.

Semoga artikel ini bisa membantumu memulai investasi yang sukses dan menguntungkan, ya. Jika kamu senang dengan artikel-artikel seputar finansial dan investasi seperti artikel ini, kamu bisa mendapatkan berbagai artikel lainnya hanya di KitaMapan, lho! Yuk, baca dan kunjungi halaman artikel menarik lainnya!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top