8 Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Saat Interview

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
alasan melamar pekerjaan
8 Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Saat Interview

Ada banyak hal yang ditanyakan HRD maupun user kepada para pelamar saat interview. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu saja diajukan sebagai bahan pertimbangan perusahaan kenapa harus menerima kandidat. Nah, salah satu pertanyaan wawancara yang diajukan adalah alasan melamar pekerjaan.

Jika kamu sekarang sedang mempersiapkan diri untuk interview atau kamu adalah fresh graduate yang baru pertama memiliki pengalaman dalam proses rekrutmen, artikel ini akan membantu kamu. KitaLulus memberikan tips cara menjawab alasan melamar pekerjaan di perusahaan. Jadi, yuk simak hingga akhir!

Kenapa HRD Bertanya Alasan Kamu Melamar Pekerjaan?

Kenapa HRD Bertanya Alasan Kamu Melamar Pekerjaan

Selalu ada alasan mengapa HRD maupun user menanyakan sesuatu saat interview. Bahkan ketika mereka bertanya apakah kamu masih single atau sudah memiliki pasangan pun ada alasan di baliknya.

Nah, adapun latar belakang HRD bertanya tentang, “Mengapa kamu melamar posisi ini?” saat wawancara kerja adalah:

  1. Mengetahui keseriusan kandidat dalam melamar posisi tersebut
  2. Memastikan kandidat mengetahui dengan baik dan mendalam tentang posisi yang dilamar
  3. Mengetahui apakah kandidat memahami perusahaan dengan baik
  4. Memahami pandangan karir kandidat di perusahaan tersebut
  5. Mengetahui kemauan kandidat tentang karir yang diinginkannya

Tips Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan

Kamu bisa menyimak tips berikut supaya tidak lagi bingung ketika ditanya alasan melamar pekerjaan di perusahaan yang kamu incar.

  1. Lakukan riset tentang posisi yang kamu lamar dan pelajari alasan mengapa posisi itu cocok untuk kamu.
  2. Lakukan riset tentang perusahaan, mulai dari budaya kerja hingga bidang bisnisnya, sehingga kamu memiliki pandangan secara luas tentang perusahaan tersebut.
  3. Lakukan riset tentang jobdesk di posisi yang kamu lamar secara universal lalu jelaskan apa yang bisa kamu berikan sebagai kontribusi diri ketika kamu diterima.
  4. Berikan jawaban yang tidak terlalu personal, tetapi juga jangan hanya jawaban diplomatis saja. Sampaikan secara profesional dengan susunan kalimat formal.
  5. Buktikan jika kamu adalah kandidat yang mereka cari dengan menjelaskan kualifikasi diri kamu yang sesuai dengan kebutuhan posisi yang dilamar.
  6. Pastikan tone suara kamu tidak terlalu lirih dan juga jangan terlalu keras supaya tetap terdengar sopan meskipun kamu sedang antusias menyampaikannya.
  7. Susunlah jawaban sebelum wawancara dan berlatihlah supaya terbiasa menyampaikan jawaban tersebut supaya tidak gugup saat wawancara.

Baca Juga: 11 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dan Contohnya

Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan saat Interview

Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan saat Interview

Setelah menyimak tips menjawabnya, sekarang KitaLulus akan berikan 8 contoh jawaban alasan melamar pekerjaan yang disesuaikan kondisi kamu. Masing-masing jawaban mengandung alasan tentang perusahaan, posisi, career path, hingga ketertarikan seorang kandidat terhadap suatu posisi. Berikut informasinya.

1. Ingin Mendalami Karir di Bidang Posisi yang Dilamar

Jangan pernah memberikan alasan jika kamu melamar suatu pekerjaan untuk belajar. Sebab, secara profesional, tempat kerja bukanlah tempat belajar seperti universitas. 

Maka dari itu, jika kamu memang ingin belajar lebih dalam tentang skill dari posisi yang kamu lamar, gunakan alasan yang lebih profesional, yaitu mendalami karir di bidang posisi tersebut. Berikut kalimat yang bisa kamu berikan sebagai jawaban alasan melamar pekerjaan untuk fresh graduate.

“Posisi ini adalah landasan dari career path yang ingin saya raih. Maka dari itu, saya sangat senang ketika mendapati lowongan kerja posisi ini di PT A sehingga saya mendapatkan kesempatan untuk melamarnya. Saya memiliki pengalaman kurang lebih satu tahun sebagai intern di posisi ini yang bisa saya gunakan untuk mengerjakan berbagai job desk di posisi ini ketika diterima nanti. Dengan pandangan karir yang saya miliki ini, saya yakin saya akan terus meningkatkan kemampuan saya sehingga bisa berkontribusi lebih dalam untuk tim dan perusahaan.”

2. Ingin Berkarir di Perusahaan Tersebut

Kamu tentu memiliki impian untuk bekerja di suatu perusahaan, bukan? Ini sama sekali tidak salah, justru akan menjadi sisi positif sebagai pertimbangan diterimanya kamu nantinya. Kamu bisa menyampaikan alasan berikut jika ditanya alasan melamar pekerjaan saat interview.

“PT B adalah perusahaan impian saya. Saya selalu menggunakan produk-produk perusahaan ini karena kualitasnya yang sangat baik. Saya juga mempelajari berbagai hal dari perusahaan ini terkait posisi yang saya lamar selama satu tahun terakhir. Dari riset sederhana tersebut, saya menemukan beberapa hal yang menurut saya bisa ditingkatkan lebih baik lagi.”

Nah, di sini kamu juga bisa lho menampilkan presentasi tentang penerapan hal yang ingin kamu tingkatkan di perusahaan tersebut. Ini tentu saja akan menjadi nilai plus untuk kamu.

3. Kecocokan Skill dan Job Desk 

Kualifikasi kandidat adalah hal utama yang dipertimbangkan perusahaan untuk menerima kandidat. Maka, ketika kamu memberikan alasan melamar kerja karena kamu memiliki skill yang dibutuhkan untuk mengerjakan berbagai job desk di posisi yang kamu lamar, itu akan sangat baik.

“Saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang A sehingga saya mendalami bidang tersebut. Belajar bidang tersebut sebagai jurusan yang saya ambil selama berkuliah membuat saya semakin yakin akan cita-cita saya itu. Dan saat lulus, tujuan saya adalah memberikan kontribusi sesuai skill yang saya miliki di posisi yang berkaitan dengan kemampuan saya ini. Inilah mengapa saya melamar pekerjaan ini.”

Baca Juga: Pengertian Walk In Interview, Proses, dan Tips Mengikutinya

4. Keinginan Berkontribusi untuk Perusahaan

Mungkin kamu melihat suatu perusahaan rintisan memiliki masa depan yang bagus karena bidang bisnisnya memang sedang dibutuhkan masyarakat. Tidak masalah perusahaan masih belum settle, karena kamu merasa kamu bisa berkembang bersama perusahaan tersebut. Jika begitu, kamu bisa memberikan alasan berikut.

“Seperti yang Bapak jelaskan tadi, mungkin perusahaan ini belum sesukses perusahaan lain di bidang bisnis serupa. Namun, saya telah melakukan riset tentang bidang bisnis ini yang nantinya akan menjadi red ocean yang jauh lebih luas lagi. Saya ingin menjadi salah satu anggota tim yang berkontribusi untuk perusahaan supaya lebih bertumbuh dan sukses. Selain itu, saya juga ingin bekerja di perusahaan yang menghargai karyawannya. 

Beberapa hari sebelum interview, saya melakukan riset terhadap perusahaan ini dan hal positif saya dapatkan. Atasan dan para karyawan saling bekerja untuk membuat perusahaan bertumbuh. Perusahaan ini memang sedang dirintis, tetapi atasan menghargai kerja keras para karyawannya. Saya akan sangat bersyukur bisa bekerja di lingkungan positif seperti perusahaan ini.”

5. Menyukai Tantangan

Jawaban alasan melamar pekerjaan satu ini sangat cocok jika kamu melamar posisi yang memiliki target. Berikut contoh kalimatnya.

“Saya menyukai tantangan. Target penjualan sebagai sales mungkin bagi sebagian orang terdengar menakutkan karena jika tidak mencapainya, akan mendapat evaluasi kurang baik. Namun, bagi saya target pada sebuah pekerjaan adalah hal yang membuat sata excited. Saya harus kreatif dalam mencapai target tersebut sehingga perjalanan mencapainya tidak terlalu memberatkan. Manajemen waktu saya juga harus diatur dengan baik. Dan ketika sudah mencapai target, saya nantinya akan lebih tertantang untuk mencapai target baru.”

6. Kecocokan dengan Visi dan Misi Perusahaan

Inilah salah satu benefit kenapa kamu harus melakukan riset sebelum wawancara. Kamu bisa menemukan beberapa kesamaan kamu dengan perusahaan tersebut, misalnya terkait visi-misi perusahaan.

Hal ini dapat kamu jadikan jawaban jika ditanya HRD tentang mengapa kamu melamar di perusahaan itu.

“Membantu UMKM untuk bekembang adalah tujuan perusahaan ini ada. Saya sangat menyukai tujuan tersebut karena saya juga memiliki cita-cita serupa sejak lama, yaitu membantu pengusaha kecil untuk bertumbuh dan sukses. Kesamaan ini tentu saja menjadi pertanda baik untuk saya sehingga saya ingin berkontribusi langsung untuk perusahaan sehingga bisa membantu lebih banyak UMKM secara langsung.”

7. Ingin Berkontribusi untuk Masyarakat dan Lingkungan

Sustainability dan kontribusi untuk masyarakat luas menjadi hal yang banyak diungkit perusahaan pada akhir-akhir ini. Hal tersebut bisa kamu jadikan alasan jika ditanya HRD. Untuk tahu hal ini tentu saja kamu harus melakukan riset terhadap perusahaan terlebih dulu.

“Saya telah mempelajari jika perusahaan ini memiliki purpose ingin mensejahterakan dan membantu masyarakat serta lingkungan dari produk-produk yang dibuat. Saya sangat menyukai tujuan tersebut dan semakin membuat saya tertarik untuk bergabung di perusahaan ini. Dengan begitu, skill yang saya miliki tidak hanya saya gunakan untuk menyelesaikan tugas kerja yang diberikan kepada saya untuk mendapatkan gaji setiap bulan saja, tetapi lebih dari itu. Berguna untuk masyarakat menjadi hal yang sangat saya apresiasi dan saya sangat senang sekali jika dipercaya untuk menjadi salah satu bagian untuk mencapai tujuan tersebut.”

8. Ingin Mencapai Karir Lebih Tinggi

Jika kamu adalah pelamar dengan pengalaman dan sudah bekerja sebelumnya, alasan ini bisa kamu gunakan. Terlebih jika posisi yang kamu lamar lebih tinggi dibanding posisi sebelumnya. 

“Saya memiliki pengalaman di bidang C selama tiga tahun dengan berbagai pencapaian yang signifikan di perusahaan sebelumnya. Pengalaman dan pencapaian tersebut saya yakini bisa saya gunakan untuk mencapai hal yang lebih besar lagi di perusahaan ini. Posisi ini juga menjadi gerbang selanjutnya untuk saya menekuni karir impian saya.”

Baca Juga: Hindari Bohong Saat Interview Kerja Mengenai 5 Hal Ini

Itulah contoh jawaban alasan melamar pekerjaan yang bisa kamu jadikan referensi supaya proses interview kerja kamu lancar.

KitaLulus memiliki banyak tips interview lainnya yang bisa kamu pelajari. Akses artikel-artikel penting seputar kerja hanya di blog KitaLulus.

Kamu juga bisa menginstal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terupdate dari berbagai perusahaan di Indonesia. Tenang saja, seluruh loker yang ada di KitaLulus sudah pasti aman dan no tipu-tipu. Yuk lamar pekerjaan impianmu sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top