Mau Kerja di Singapura? Ini Dia Keuntungan, Cara, Syarat dan Loker yang Paling Dicari

Marati Husna
Marati adalah SEO Specialist dengan background Paid Ads. Passionate membuat engaging content yang mendatangkan traffic dan leads.
kerja di singapura
Mau Kerja di Singapura? Ini Dia Keuntungan, Cara, Syarat dan Loker yang Paling Dicari

Apabila kamu ingin bekerja di luar negeri dengan gaji di atas rata-rata dan lingkungan kerja baru, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari lowongan kerja di Singapura.

Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat? Apa saja yang harus disiapkan untuk bekerja di sana? Dan lowongan kerja di Singapura apa saja yang paling banyak di sana?

Yuk simak di bawah ini.

Keuntungan Bekerja di Singapura

1) Gaji di atas rata-rata

Perusahaan Singapura selalu mencari orang yang paling berbakat di bidangnya.

Mereka selalu mencari tenaga kerja berkualitas dari luar negeri untuk bergabung dengan perusahaan mereka.

Mereka juga tak ragu untuk memberikan gaji yang melebihi rata-rata kepada para bakat terbaik yang bersedia dipindahkan ke Singapura.

Menurut data dari Dollar and Sense, pada tahun 2020, rata-rata pendapatan seorang pekerja di Singapura per bulan mencapai 4.530 dolar Amerika Serikat (AS), atau sekitar Rp64,5 juta.

Menurut Y Axis, rata-rata gaji seorang desainer UX bahkan bisa mencapai 50.000 dolar Singapura per tahun, atau sekitar Rp380 juta.

2) Pajak yang rendah

Jika dibandingkan dengan tarif pajak di Indonesia, tarif pajak yang diterapkan di Singapura memang lebih tinggi.

Namun, jika kamu memilih untuk bekerja di Singapura, kamu tidak perlu khawatir tentang pajak penghasilan.

Apabila kamu bekerja tanpa izin tinggal (residence permit), pajak penghasilanmu hanya akan dipotong sebesar 15%.

Namun, bagi mereka yang memiliki izin tinggal, tarif pajaknya akan bervariasi, sebagai contoh:

Jika pendapatanmu kurang dari 22.000 dolar Singapura per tahun, atau sekitar Rp233 juta, tarif pajaknya adalah 0%.

Sedangkan jika pendapatanmu mencapai 320.000 dolar Singapura per tahun, atau sekitar Rp3,4 miliar, tarif pajaknya adalah 20%.

Selain itu, pajak ini hanya berlaku untuk pendapatan yang kamu peroleh di Singapura. Dengan kata lain, jika kamu memiliki pendapatan lain di luar Singapura, tentunya akan bebas dari pajak.

3) Tingkat kriminal dan korupsi yang rendah

Dalam data yang dirilis oleh Transparency pada tahun 2020, Singapura menempati peringkat ketiga dalam Indeks Korupsi, menunjukkan bahwa negara ini bersih dari korupsi.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir tentang praktik “jalur belakang” saat mencari pekerjaan di Singapura, karena mereka menilai kemampuanmu berdasarkan CV atau resume yang kamu ajukan.

Selain itu, kamu tidak perlu terlalu cemas jika terpaksa pulang larut malam setelah bekerja, karena tingkat kriminalitas di Singapura sangat rendah.

4) Peluang kerja yang menarik

Singapura memberikan banyak kesempatan kerja kepada para profesional berpengalaman di bidang teknologi informasi, perawatan kesehatan, layanan keuangan, dan sebagainya. Negara ini menawarkan peluang yang ideal bagi para profesional yang memiliki bakat dan keahlian di bidang tersebut.

keuntungan kerja di singapura

5) Proses mudah untuk izin kerja dan tinggal

Setelah mendapatkan tawaran pekerjaan, pengajuan izin kerja hanya membutuhkan beberapa klik di situs web pemerintah, dan dalam waktu satu hari kamu akan mengetahui hasilnya. Kemungkinan besar, kamu akan diberikan izin kerja untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, proses perpanjangannya pun cepat dan mudah. Izin tinggal biasanya diberikan untuk periode yang sama dengan izin kerja.

6) Proses residensi permanen yang mudah

Setiap pekerja asing dapat mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan kartu penduduk tetap jika telah tinggal dan bekerja di Singapura selama lebih dari setahun. Tanpa banyak kesulitan seluruh proses dapat diselesaikan secara online.

7) Kesempatan melanjutkan pendidikan

Jika kamu ingin memperoleh keterampilan khusus dan meraih promosi di berbagai tahap, kamu harus mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di salah satu dari enam universitas di Singapura.

National University of Singapore saat ini menduduki peringkat pertama di Asia dan peringkat ke-22 di dunia dalam bidang seni, hukum, kedokteran, ilmu komputer, dan kebijakan publik.

Setiap pekerja memiliki kesempatan untuk mengajukan hibah pemerintah atau beasiswa guna mengurangi biaya studi hingga 50%.

8) Menerima jaminan sosial

Para karyawan di Singapura memberikan kontribusi wajib ke sistem jaminan sosial yang disebut Central Provident Fund (CPF) setiap bulannya sebagai bagian dari gaji mereka. Skema ini telah ada sejak tahun 1955.

Kontribusi tersebut mencakup dana untuk jaminan sosial, perawatan kesehatan, dan pensiun. Sebagai pekerja asing, kamu dapat membayar ke dalam skema ini hingga menjadi Penduduk Permanen Singapura. Setiap pekerja diwajibkan untuk berkontribusi pada CPF setiap bulannya.

Baca Juga: Talentport: Kerja Remote di Perusahaan Luar Negeri dengan Gaji Tinggi

Cara Kerja di Singapura

1) Cek apakah kamu memenuhi syarat yang berlaku

Terdapat berbagai jenis izin kerja yang berlaku di Singapura, tergantung pada kualifikasi yang dimiliki, antara lain:

  • Izin Kerja Profesional
  • Izin Kerja untuk Tenaga Kerja Terampil dan Semi-Terampil
  • Izin Kerja untuk Trainee dan Mahasiswa (magang serta program liburan kerja)
  • Izin Kerja untuk Anggota Keluarga dari Warga Negara Singapura
  • Izin Khusus dengan Pertimbangan Khusus

Kamu dapat mengecek apakah memenuhi syarat dengan menggunakan alat penilaian diri yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Singapura atau Ministry of Manpower.

2) Pilih industri yang berkembang

Berdasarkan Wise, terdapat permintaan pekerjaan yang tinggi di sektor teknologi dan e-commerce.

Akibatnya, terdapat banyak lowongan untuk posisi UX dan UI designer. Selain itu, permintaan juga tinggi di sektor pariwisata, jasa, dan perhotelan.

3) Pahami dunia kerja Singapura

Untuk memahami dunia kerja di Singapura, kamu dapat mengecek praktik ketenagakerjaan yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Singapura.

Melalui sumber tersebut, kamu dapat memperoleh informasi tentang gaji, pelatihan keterampilan, cuti, hari libur, kontrak kerja, jam kerja, dan banyak lagi.

4) Mencari kerja di portal pekerjaan online

Situs pekerjaan seperti Talentport digunakan secara luas di Singapura. Kamu bisa melamar pekerjaan di sini dengan beragam jenjang pengalaman, mulai dari intern, part-time, full-time, dan freelance.

Di sana kamu dapat mendaftar sebagi talent di bidang yang kamu minati dan kuasai, lalu dihubungkan dengan perusahaan Singapura yang kredibel. Selain itu, kamu akan mendapat Coaching selama proses hiring sampai mendapat job offer. Mudah, bukan?

5) Mengajukan visa kerja

Sebelum kamu dapat bekerja di Singapura, kamu perlu mengajukan visa kerja terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan visa tersebut, kamu harus memiliki surat tawaran kerja dari perusahaan, membayar biaya pendaftaran, dan mengirimkan aplikasi visa.

Terkadang, perusahaan juga akan menanyakan apakah kamu sudah memiliki visa kerja untuk Singapura atau belum saat tahap wawancara.

Biasanya, jika kamu diterima tetapi belum memiliki visa, perusahaan akan mengurus proses pengajuan visa kerja untukmu

Syarat Kerja di Singapura untuk Pekerja Asing

Employment Pass

Employment Pass adalah jenis visa kerja yang paling umum digunakan oleh orang asing di Singapura. Visa ini ditujukan bagi “profesional asing, manajer, dan eksekutif”. Untuk memenuhi syarat mendapatkan visa kerja ini, kamu harus memiliki penghasilan minimal SGD 3.600 per bulan dan kualifikasi yang diterima.

Masa berlaku visa ini dapat mencapai 2 tahun untuk pemegang visa pertama kali, sementara perpanjangannya dapat berlaku hingga 3 tahun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Employment Pass, kamu dapat mengunjungi Kementerian Ketenagakerjaan (MOM) di Singapura.

EntrePass

Bagi orang asing yang ingin memulai bisnis di Singapura dan tinggal di negara tersebut, mereka dapat mengajukan permohonan untuk visa kerja yang dikenal sebagai EntrePass. Visa kerja ini tidak memiliki persyaratan gaji minimum dan berlaku selama 1 tahun untuk pemegang visa pertama kali. Untuk perpanjangan selanjutnya, visa ini berlaku selama 2 tahun.

Meskipun bisa terdengar mudah untuk tinggal di Singapura dengan menggunakan EntrePass, namun hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai visa kerja ini dan persyaratannya, silakan kunjungi situs web Kementerian Tenaga Kerja di sini.

S Pass

Terdapat perbedaan dalam penggunaan Employment Pass, EntrePass, dan S Pass. Employment Pass dan EntrePass digunakan untuk para profesional, sedangkan S Pass digunakan untuk pekerja terampil dan semi-terampil. Untuk mendapatkan S Pass, kamu perlu memiliki penghasilan minimal SGD 2.400 per bulan dan memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan.

Izin kerja S Pass memiliki durasi 2 tahun, dan perusahaan atau agen tenaga kerja harus mengajukan permohonan atas nama pelamar. Jika pekerja tersebut berganti pekerjaan, mereka tidak dapat menggunakan S Pass yang sama, melainkan harus mengajukan izin kerja baru. S Pass juga umum digunakan oleh para pekerja asing di Singapura.

Selain itu, terdapat juga izin kerja untuk peserta pelatihan dan siswa, seperti:

  • Training Employment Pass: Untuk profesional asing yang sedang menjalani pelatihan praktis. Kandidat harus memperoleh penghasilan minimal $3.000 per bulan.
  • Work Holiday Pass: Untuk pelajar dan lulusan berusia 18 hingga 25 tahun yang ingin bekerja dan berlibur di Singapura selama 6 bulan.
  • Work Holiday Pass: Untuk pelajar dan lulusan Australia berusia 18 hingga 30 tahun yang ingin bekerja dan berlibur di Singapura selama 1 tahun.
  • Izin Kerja Pelatihan: Untuk peserta pelatihan atau siswa asing semi-terampil yang menjalani pelatihan praktis di Singapura selama maksimal 6 bulan.

Menurut peraturan izin kerja, perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing di Singapura harus memberikan gaji sesuai dengan layanan yang diberikan, menyediakan jaminan keamanan, dan memberikan asuransi kesehatan bagi pekerja tersebut.

lowongan kerja di singapura paling banyak dicari

Lowongan Kerja di Singapura yang Paling Banyak Dicari

Berdasarkan laporan dari LinkedIn, berikut adalah 15 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat untuk tahun 2023.

  1. Sales development representative
  2. Cloud engineer
  3. Enterprise account executive
  4. Health-care assistant
  5. Cybersecurity engineer
  6. Site reliability engineer
  7. Back-end developer
  8. Cybersecurity consultant
  9. Technical account manager
  10. Customer success specialist
  11. Machine learning engineer
  12. Artificial intelligence engineer
  13. DevOps engineer
  14. Investment associate
  15. Product owner

Talentport: Situs Terpercaya untuk Mulai Kerja di Singapura

Talentport adalah situs kerja terpercaya yang bantu kamu terkoneksi dengan perusaanan kredibel di Singapura. Kamu dapat mengakses berbagai lowongan pekerjaan di bidang Software Engineering, Digital Marketing, Kreatif, dan Administratif.

Situs ini menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mendaftar. Talentport juga menawarkan informasi tentang proses seleksi dan tips wawancara yang berguna untuk membantu Anda berhasil dalam mencari pekerjaan di Singapura. Dengan reputasinya sebagai situs kerja yang terpercaya, Talentport menjadi pilihan ideal bagi mereka yang ingin membangun karir di Singapura.

Baca Juga: Kerja Remote: Arti, Jenis, Manfaat, dan Cara Mencarinya

Nah, itulah beneft, cara, syarat, dan lowongan kerja di Singapura. Sebelum mengajukan work permit, pastikan kamu sudah dapat offer letter di calon perusahaan kamu ya.

Buat yang belum punya, tenang aja. Yuk daftar sebagai talent di Talentport dan pilih pekerjaan sesuai minta dan skill kamu. Bisa full time, part time, intern, bahkan freelance juga.

Jangan lewatkan kesempat digaji dollar dan mulai kerja di Singapura sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top