Social Media Specialist: Definisi, Skill, Tugas, dan Gaji

Shirley Candrawardhani
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
Social Media Specialist
Social Media Specialist: Definisi, Skill, Tugas, dan Gaji

Di era digital dan modern seperti saat ini, banyak jenis profesi baru yang bermunculan. Salah satunya adalah profesi Social Media Specialist. Sebagai generasi millennial, tentu kamu sudah tidak asing dengan profesi ini, bukan? Sebenarnya seperti apa sih pekerjaan dari profesi ini? Sampai-sampai profesi ini hype banget di anak muda.

Jika kamu perhatikan, saat ini semua bentuk promosi brand atau event pasti tidak luput dari unggahan media sosial. Tapi sadarkah kamu bahwa profesi social media specialist baru muncul ketika berbagai aplikasi sosial media bermunculan. Seperti Twitter, Instagram, Path, Facebook, dan lainnya.

Nah, karena perkembangan dunia digital kini sangat erat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, maka profesi sosmed specialist sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Lalu, seperti apa sih pekerjaan ini? Penasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Social Media Specialist?

Pekerjaan Social Media Specialist meliputi mengelola seluruh akun media sosial sebuah perusahaan. Hal ini bertujuan untuk melakukan branding dan membangun personal connection dengan audience atau followers.

Mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa pekerjaan sosmed specialist hanya mengunggah foto atau gambar, menulis caption, serta membalas komentar dan DM yang masuk. Padahal tidak semudah itu, lo!

Pekerjaan Social Media Specialist meliputi riset konten terlebih dahulu agar materi yang diunggah bisa sesuai dengan apa yang mejadi tren saat ini. Selain itu, konten yang dibuat pun tidak sembarang. Harus memiliki kaitan dengan citra perusahaan.

Lalu, dalam membuat caption pun harus memerhatikan tata cara penulisan yang benar. Menyesuaikan dengan target marketing-nya dan menggunakan gaya bahasa yang cocok. Bagaimana, apakah kamu masih beranggapan bahwa social media specialist adalah pekerjaan yang mudah?

Selain itu, social media specialist adalah sebuah profesi yang harus mengemban tanggung jawab dalam hal perencanaan, menciptakan, dan membuat strategi yang akan digunakan pada setiap aplikasi media sosial yang dimiliki perushaan.

Konten yang dibuat pun harus kreatif dan semenarik mungkin. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli. Maka dari itu, pekerjaan mereka harus terus berinovasi dan menjaga agar konten yang diunggah tetap menarik dan tidak membosankan. Lalu, mereka juga harus bisa menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan atau followers-nya.

Untuk kisaran gaji social media specialist adalah Rp4.000.000 sampai Rp7.000.000. Tapi angka ini bisa naik jika finansial perusahaan baik dan mencukupi.

Baca juga: SEO Specialist: Pengertian, Tugas, Skill, Prospek Kerja, Gaji

Skill yang Harus Dikuasai Social Media Specialist

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki minat di media sosial? Lalu ingin menjadi seorang social media specialist?

Cara menjadi Social Media Specialist adalah dengan memiliki skills yang dibutuhkan untuk memperkenalkan sebuah brand perusahaan dan menyesuaikannya dengan tren yang sedang berlaku. Tapi masih ada lagi nih skills yang harus kamu miliki, di antaranya:

1.  Copywriting

Copywriting menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh Sosmed Specialist. Hal ini dikarenakan pekerjaan kamu juga harus membuat konten yang menarik untuk dibaca dan ditonton. Baik dalam bentuk caption, poster, dan/atau video.

2.  Kemampuan Berpikir Kreatif

Cara menjadi Social Media Specialist selanjutnya adalah dengan memiliki kemampuan berpikir kreatif. Hal ini berlaku dalam membuat konten yang menarik dan beda dari yang lain. Tujuannya adalah untuk menaikkan angka engagement rate social media perusahaan.

3.  Kemampuan Analisis Data

Pekerjaan Social Media Specialist selanjutnya adalah menganalisis data. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren, mengembangkan rekomendasi, dan menyusun strategi untuk konten selanjutnya. Kemampuan analisis data ini dibutuhkan untuk menghasilkan strategi media sosial yang efektif.

4.  Kemampuan dalam Manajemen Waktu

Setiap bulan, Social Media Specialist bertugas membuat dan menyusun kalendar konten yang berisi jadwal publikasi yang sudah direncanakan dan disetujui. Konten pun harus diunggah sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Maka dari itu, kamu harus bisa memanejemen waktu.

5.  Paham Tools Social Media

Sangat penting bagi seorang Social Media Specialist untuk memahami tools social media. Seperti, Hootsuite, Sprout Social, Buzzsumo, Keyhole, Awario, Socialbakers dan lainnya.

6.  Social Media Savvy

Kamu juga harus memiliki minat dalam social media dan perkembangannya. Kamu wajib mengetahui berbagai macam media sosial yang lagi hype dan sering digunakan masyarakat. Selain itu, kamu juga harus update tren terkini dan topik-topik seru yang lagi diperbincangkan.

7.  Skill Design atau Komputer

Pekerjaan sosmed specialist mengharuskan kamu untuk memahami design dan pemahaman komputer. Seperti WordPress, Blog, dan berbagai aplikasi untuk mengunggah tulisan. Kamu juga harus menguasai Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan aplikasi pembuat design lainnya. Hanya saja kriteria ini berbeda-beda di tiap perusahaan.

8.  Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Bisa berkomunikasi dengan baik juga merupakan salah satu cara menjadi Social Media Specialist. Hal ini bertujuan untuk berkomunikasi dengan audience atau followers di media sosial. Selain itu, kamu juga pastinya akan bekerja sama dengan berbagai divisi untuk memutuskan konten yang akan diunggah.

Tugas Social Media Specialist

Nah, setelah kamu mengetahui skills yang wajib dimiliki oleh seorang Social Media Specialist, apakah kamu masih memiliki minat di profesi ini? Pada umumnya, job description Social Media Specialist di tiap perusahaan itu beda-beda. Kurang lebih seperti di bawah ini:

  • Merencanakan dan menciptakan konten yang memiliki value di media sosial
  • Membuat, menyunting, mengelola, dan mempublikasikan konten relevan kepada audience atau followers
  • Membuat jadwal untuk posting konten
  • Mengoptimasi media sosial untuk meningkatkan daya tarik audience
  • Berkomunikasi dengan para followers media sosial
  • Memahami dan menggunakan tools analytic seperti Google Analytics, Facebook Insight, Instagram Insight, Twitter Analytics, dan lainnya.
  • Membuat dan menyusun laporan media sosial per bulannya
  • Berkomunikasi dengan tim grafis atau tim design terkait konten yang akan diunggah
  • Riset dan memahami perkembangan tren diberbagai media sosial agar konten selalu up to date

Baca juga: SEO Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Jenisnya

Temukan Lowongan Social Media Specialist di KitaLulus

Sampai saat ini, kebutuhan akan Social Media Specialist semakin meningkat. Jika kamu memang tertarik, segera cek lowongannya sekarang melalui aplikasi KitaLulus! Kamu bisa download aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store. Gratis, lo! Penggunaannya pun mudah, cepat, dan aman. Dijamin kamu akan segera menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top