7 Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Kamu Pahami

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
perbedaan sales dan marketing
7 Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Kamu Pahami

Apakah kamu tahu perbedaan sales dan marketing? Jika kamu masih menganggap keduanya sama, maka kamu wajib membaca artikel ini. Sales dan marketing memang sering dianggap sama, namun sebetulnya keduanya memiliki perbedaan.

Kesalahpahaman ini tidak hanya terjadi pada pencari kerja, akan tetapi beberapa perusahaan juga masih cenderung menyamakan tugas keduanya.

Maka dari itu perbedaan sales dan marketing menjadi penting untuk diketahui. Hal ini bermanfaat agar ketika kamu ingin melamar kerja di bidang tersebut, kamu sudah memiliki bekal pengetahuan dan jobdesk yang akan kamu kerjakan.

Pengertian Sales

Pengertian Sales

Sales adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pekerjaan penjualan baik berupa barang maupun jasa.

Mereka juga bertugas memastikan produk atau jasa bisa terjual dengan harga yang sudah ditentukan perusahaan. Sales bekerja untuk meyakinkan konsumen bahwa harga yang mereka bayar adalah sebanding dengan kualitas barang atau jasa yang didapatkan.

Pengertian Marketing

Sementara itu, marketing adalah strategi bisnis yang mengacu pada kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk.

Beberapa hal yang mencakup kegiatan marketing adalah periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau mitra kerja. Marketing berguna untuk menghubungkan brand dengan calon konsumen.

Baca Juga: Sales Promotion Adalah: Tujuan, Contoh, Strategi Menyusun

Perbedaan Sales dan Marketing

diskon

Melansir dari berbagai sumber, KitaLulus merangkum informasi tentang perbedaan sales dan marketing yang perlu kamu ketahui beserta tugas-tugasnya. Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Interaksi dengan Konsumen

Perbedaan pertama adalah terkait proses kerja. Meskipun sama-sama di bidang pemasaran, orang yang bekerja sebagai sales akan terjun langsung dan bertemu dengan konsumen untuk menawarkan serta menjual produk.

Interaksi dengan konsumen itu bisa melalui telepon atau berjumpa langsung menjemput calon konsumen. Sales juga harus mengerti kelompok masyarakat mana yang cocok untuk didatangi sehingga ia bisa menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sementara itu, marketing adalah tim yang menyiapkan alat dan konsep yang dapat membuat konsumen mencari produk atau jasa yang mereka jual. Marketing akan selalu melakukan analisis terkait produk-produk yang berhasil dijual atau gagal ke konsumen.

2. Fungsi dan Prioritas

Perbedaan kedua adalah terkait prioritas dan fungsi pekerjaan. Prioritas seorang sales adalah mengakomodasi dan menargetkan calon konsumen dengan cara memberi informasi bahwa produk yang dijual dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Sementara itu, fungsi dan prioritas marketing adalah menjangkau konsumen dan membangun relasi yang baik dengan mereka. Tujuannya adalah agar konsumen yang sudah membeli dapat menjadi pelanggan tetap dan terus menerus melakukan pembelian.

3. Pekerjaan dan Target

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya berkaitan dengan aktivitas kerja dan goal yang dicapai.

Tim sales yang bertemu langsung dengan konsumen akan menawarkan produk dengan tujuan produk tersebut dapat terjual sebanyak-banyaknya. Mereka tidak perlu memikirkan kualitas produk dan engagement brand.

Sedangkan marketing berada di balik layar sebelum sales berjualan. Mereka bekerja memastikan agar produk yang dibawa oleh sales sudah terjamin kualitasnya. Selain itu, tim marketing juga bertanggung jawab agar brand dapat dikenal di berbagai kalangan.

Baca juga: Apa Itu Marketing Communication, Tugas, dan Contoh Strategi

4. Peralatan yang Dipakai

Dalam menjalankan pekerjaannya, marketing biasanya menggunakan berbagai media untuk mempromosikan produk. Mulai dari media cetak, media televisi, hingga yang paling banyak digunakan sekarang adalah media sosial.

Sales yang terjun langsung ke lapangan bisa langsung datang menemui konsumen secara door to door, datang ke event tertentu, atau menghubungi satu persatu lewat media sosial.

Meskipun sama-sama menggunakan media sosial sebagai alat, namun pekerjaan sales dan marketing tetap berbeda. Marketing fokus pada strategi dan data engagement, sementara sales fokus pada individu pengguna media sosial yang berpotensi berkenan membeli produk yang dijual.

5. Strategi

Perihal strategi kerja, marketing biasanya melakukan analisis dengan menggunakan metode SWOT, yaitu teknik yang dipakai untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman untuk sebuah bisnis.

Selain itu, marketing juga menggunakan strategi tujuan pemasaran yang jelas. Hal ini tentu berbeda dengan sales. Orang yang bekerja sebagai sales tidak melakukan strategi SWOT dalam menjalankan pekerjaannya.

Strategi yang mereka gunakan adalah berinteraksi langsung dengan konsumen dan membuat mereka tertarik sehingga membeli produk yang ditawarkan. Selain itu, strategi yang cukup jitu menarik konsumen dari sales adalah penawaran diskon.

6. Waktu Kerja

Marketing umumnya mempunyai waktu kerja lebih lama ketimbang sales. Hal itu karena mereka harus melakukan analisis yang rumit tentang strategi pemasaran yang efektif.

Selain itu, marketing bekerja lebih lama juga karena menganalisis perilaku calon konsumen mereka.

Beda halnya dengan sales yang memiliki waktu kerja relatif lebih singkat. Sales menjual produk langsung kepada pembeli. Ketika pembeli sudah mendapatkan produk dan membayar, tugas sales sudah selesai.

Namun, di waktu-waktu tertentu, terkadang sales juga memiliki jangka waktu kerja yang lebih lama ketimbang marketing.

Baca juga: Mengenal Sales Promotor, Tugas, Skill, dan Gajinya

7. Ruang Lingkup Pekerjaan

Terakhir, perbedaan sales dan marketing adalah pada ruang lingkup pekerjaan. Perbedaan ini hampir sama dengan durasi kerja namun memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.

Seorang yang bekerja sebagai sales biasanya bekerja dengan durasi waktu jangka pendek. Mereka dipekerjakan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab menjual produk dalam satu atau dua waktu.

Sedangkan marketing bekerja secara long term karena mereka harus menjaga hubungan baik dengan para partner bisnis.

Ruang lingkup pekerjaan marketing mencakup market research, public relations, dan customer satisfaction. Sementara sales lingkup pekerjaannya adalah meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual.

Demikian perbedaan antara sales dan marketing yang penting diketahui. Jika kamu tertarik bekerja di bidang ini, kamu bisa cari info lowongannya di aplikasi KitaLulus.

Terdapat ribuan loker dari berbagai perusahaan di Indonesia yang sedang menunggu kamu, lho! Segera unduh aplikasi KitaLulus di Play Store dan App Store sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top