20 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Hasilkan Cuan

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
situs freelance
20 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Hasilkan Cuan

Saat ini dunia kerja sudah masuk dalam gig economy, yaitu pasar tenaga kerja yang independen dan tidak terikat kontrak kerja. Salah satu buktinya adalah berkembangnya situs freelance dan para pekerja yang menggantungkan dirinya dengan pekerjaan sebagai freelancer.

Mengingat ada banyak website cari kerja freelance yang berkembang, berikut KitaLulus berikan rekomendasi situs freelance terbaik dan terpercaya yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan. Simak, yuk!

1. KitaLulus

kitalulus

KitaLulus adalah website cari kerja di Indonesia yang memudahkan para pengguna untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. KitaLulus menampung ribuan lowongan kerja dari berbagai perusahaan terpercaya di Indonesia.

Di sini, kamu tidak hanya bisa menemukan pekerjaan full time, akan tetapi juga banyak lowongan kerja part time, bahkan bersifat freelance.

Kamu bisa menggunakan filter untuk memudahkan pencarian loker berdasarkan nama perusahaan, lokasi, gaji yang diinginkan, jenjang pendidikan, dan lainnya.

Menariknya, di KitaLulus terdapat banyak fitur yang mendukung kemudahanmu dalam mencari kerja, seperti fitur buat CV online, fitur komunitas, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengunduh aplikasi KitaLulus melalui Play Store maupun App Store secara gratis.

2. Projects

Projects termasuk dalam website freelance Indonesia yang cukup populer. Projects mengakomodir pekerjaan yang beragam, beberapa di antaranya adalah pekerjaan seputar teknologi misalnya 3D modeling, animasi, data entry, marketing, media sosial, dan lain sebagainya.

3. Indeed

Tidak hanya untuk para pencari kerja profesional, Indeed juga menjadi salah satu website freelance untuk mahasiswa yang sedang mencari uang tambahan. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi pekerjaan di Indeed mulai dari full time hingga part time. Biasanya, pekerjaan yang diposting di Indeed adalah lowongan dari perusahaan yang kredibel.

4. Sribu

Situs ini adalah wajah baru dari Sribulancer. Sribu mencakup berbagai jenis pekerjaan yang bergerak di bidang digital, seperti desain grafis, jasa pengembang web, penulisan artikel, sampai pembuatan audio dan video.

5. Guru

Guru adalah situs freelance yang dapat membantu seseorang untuk menemukan pekerjaan. Meskipun namanya Guru, namun bidang pekerjaan yang biasanya ditawarkan di situs ini adalah pemasaran, pemrograman, dan administrasi. Kamu bisa mencoba situs ini untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah via online.

6. Upwork

Selanjutnya, website cari kerja freelance yang sangat populer di dunia adalah Upwork. Situs ini menyediakan pekerjaan seperti pemasaran, pemrograman, hingga desain website. Ada banyak perusahaan ternama yang mencari pekerja lewat situs ini. Jika kamu mendaftar di Upwork, kamu akan mendapatkan klien ternama dan bayaran tinggi.

7. Fiverr

Fiverr

Siapa yang tidak kenal Fiverr, yaitu salah satu website freelance paling populer di dunia. Fiverr mengakomodir berbagai jenis pekerjaan mulai dari digital marketing hingga media sosial. Di sini, freelancer juga akan mendapatkan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill di bidang yang sedang ia tekuni.

Baca Juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba!

8. Toptal

Toptal mengakomodir berbagai jenis pekerjaan seperti software development, konsultasi keuangan, hingga manajemen. Toptal memiliki keunggulan karena banyak sekali pemberi kerja profesional yang mencari pekerja di sini.

9. FlexJobs

Flexjobs adalah situs freelance yang memiliki segudang jenis pekerjaan di dalamnya. Mulai dari penulisan, pemasaran konten, hingga transkripsi. Jika kamu adalah freelancer yang butuh pekerjaan, tidak ada salahnya untuk mencoba situs FlexJobs.

10. Fastwork

Berikutnya ada Fastwork yang merupakan platform freelance online di skala Asia Tenggara. Fastwork masuk ke Indonesia pada tahun 2018 dan mengakomodir puluhan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis, penulisan, penerjemahan, dan sebagainya. Untuk meningkatkan peluang dipekerjakan, biasanya kamu harus menyiapkan portofolio terbaikmu.

11. Freelancer Indonesia

Selanjutnya, situs yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pekerjaan freelance via online adalah Freelancer Indonesia. Freelancer Indonesia menampung hampir semua jenis pekerjaan dan sudah menampung 32 juta pengguna. Popularitas Freelancer Indonesia dapat kamu manfaatkan untuk menjangkau klien dengan seluas-luasnya.

12. Writer Access

Situs kerja freelance yang tidak kalah populer adalah Writer Access. Situs ini menampung berbagai macam pekerjaan seperti penerjemahan, penulisan, hingga content strategist. Jika kamu memiliki skill menulis yang bagus, terutama dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya mencoba situs ini untuk menemukan klien yang membutuhkan jasamu.

13. LinkedIn

LinkedIn masuk dalam kategori media sosial yang bersifat profesional. Selain itu, LinkedIn juga menampung berbagai macam lowongan pekerjaan profesional. Kamu bisa mencari kerja di LinkedIn dengan berbagai kategori, mulai dari full time, freelance, hingga part time.

14. SimplyHired

SimplyHired

Situs ini menyediakan pekerjaan di bidang sumber daya manusia, keuangan, hingga data entry. SimplyHired memiliki keunggulan dapat mencari pekerjaan yang berada di sekitar kamu. Selain itu, di situs ini kamu juga bisa mencantumkan daftar top salaries terkait gaji yang akan kamu dapatkan.

Baca Juga: 10+ Pekerjaan Remote yg Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

15. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah situs freelance yang menyediakan lowongan pekerjaan seperti pemrograman, jurnalisme, dan branding. Kabar baiknya, situs ini tidak mengenakan biaya bagi para pekerjanya, sehingga kamu akan mendapatkan bayaran penuh tanpa harus membayar potongan dari aplikasi.

16. FlexJobs

FlexJobs adalah salah satu situs cari kerja online yang berfokus pada pekerjaan remote, WFH, dan freelance. Untuk mendapatkan akses penuh ke semua fitur mereka, seperti daftar pekerjaan tak terbatas, tes keterampilan, dan lainnya kamu harus membayar sejumlah uang. Namun tenang saja, karena mereka menawarkan jaminan uang kembali jika kamu tidak puas.

17. ProZ

Situs ini mengumpulkan jenis pekerjaan yang beragam, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan penerjemahan, penulisan, dan bahasa.  ProZ memiliki database yang sangat lengkap untuk pekerjaan yang berhubungan dengan sastra. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang ini, jangan ragu untuk daftar di ProZ.

18. Translators Cafe

Seperti namanya, situs freelance satu ini adalah situs yang memfasilitasi para pekerja yang ingin mendapatkan pekerjaan di bidang penerjemahan, linguistik, dan hal-hal yang terkait dengan bahasa. Kamu akan berpeluang mendapatkan kesempatan untuk menggarap proyek penerjemahan dari perusahaan ternama.

19. Dribbble

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang desain dan animasi, maka website Dribbble bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan. Website ini sudah sangat populer bagi pekerja animasi yang ingin bertemu dan berinteraksi satu sama lain. Terlebih jika kamu berlangganan premium, kamu akan mendapatkan akses pekerjaan yang sangat luas.

20. Behance

Behance

Terakhir, situs freelance yang bisa kamu coba adalah Behance. Website ini menyediakan pekerjaan yang berhubungan dengan ilustrasi, fotografi, hingga desain web. Behance sangat bermanfaat bagi para pekerja kreatif yang ingin mendapatkan uang secara online. Kamu bisa memilih kategori pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan kompetensi kamu.

Baca Juga: 15+ Aplikasi Penghasil Uang Tercepat dan Terpercaya

Itulah 20 situs freelance terbaik dan terpercaya yang bisa kamu coba untuk mendapat cuan. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top