Ini Dia Syarat Naik Kereta Api Terbaru untuk Mudik Lebaran 2023

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
syarat naik kereta api terbaru
Ini Dia Syarat Naik Kereta Api Terbaru untuk Mudik Lebaran 2023

Dari banyaknya moda transportasi yang ada, salah satu yang sering dijadikan pilihan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik adalah kereta api. Selain karena nyaman, naik kereta api juga bebas dari kemacetan lalu lintas.

Nah, bagi kamu yang berniat mudik lebaran nanti, ada baiknya menyimak syarat naik kereta api terbaru dan terupdate agar perjalanan lancar. Apa saja syarat tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pembelian dan Kuota Tiket KAI untuk Lebaran 2023

Pembelian dan Kuota Tiket KAI untuk Lebaran 2023
Sumber: Media Indonesia

Pada Idul Fitri 2023 ini, pihak KAI telah menyiapkan 6.936.532 tempat duduk. Jumah ini terbagi untuk kelas eksekutif sebanyak 987.380 kursi, 137.600 kursi untuk kelas bisnis, dan 5.811.522 kursi untuk kelas ekonomi.

Jumlah tempat duduk ini mengalami kenaikan hingga 36% dibandingkan penyediaan tempat duduk KAI pada lebaran tahun 2022.

Untuk pembelian tiket, KAI sudah membuka penjualan tiket sejak 26 Februari 2023 untuk keperluan arus mudik dan balik lebaran 2023. Penjualan tiket yang jauh lebih awal dibanding dengan sistem penjualan tiket KAI sebagaimana umumnya memang selalu dilakukan KAI untuk keperluan mudik lebaran di setiap tahunnya.

Pasalnya, meskipun jumlah tempat duduk yang disediakan lebih banyak dibanding tahun lalu, masyarakat kerap mengalami kehabisan tiket pada tanggal yang dimau.

Pembelian tiket kereta dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website KAI, hingga berbagai kanal pembelian tiket transportasi umum yang bekerja sama dengan KAI, seperti Tiket.com, Traveloka, Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

Baca Juga: 15 Tips Dapat Tiket Mudik Murah dengan Kereta, Bus, dan Pesawat

Syarat Naik Kereta Api 2023

Syarat Naik Kereta Api 2023
Sumber: Kompas

Sebenarnya, syarat naik kereta api mudik lebaran 2023 masih sama dengan syarat naik kereta api pada umumnya yang mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, aturan ini juga mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Berdasarkan regulasi di atas, syarat naik kereta api jarak jauh untuk mudik lebaran adalah sebagai berikut:

1. Sudah Vaksin

Untuk ketentuan tentang vaksinasi disesuaikan dengan umur penumpang. Bagi penumpang dengan usia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan vaksin minimal dosis ketiga atau booster. Namun, untuk penumpang berusia 6–17 tahun syarat vaksinasinya adalah minimal dosis kedua.

2. Pendampingan Orang Tua untuk Penumpang Usia 0–12 Tahun

Bagi penumpang dengan usia 0–6 tahun tidak diwajibkan melakukan vaksinasi. Begitu pula dengan penumpang yang berusia 6–12 tahun yang belum mendapatkan vaksin covid-19, tetapi harus disertai dengan keterangan bahwa penumpang memiliki alasan khusus sehingga belum mendapatkan vaksinasi.

Penumpang dengan usia tersebut juga wajib mendapatkan pendampingan orang tua atau orang dewasa yang telah melakukan vaksin booster.

3. Menyertakan Surat Keterangan Dokter

Sejak Desember 2022, pelampiran bukti rapid test dengan hasil negatif tidak lagi dijadikan syarat oleh KAI, meskipun penumpang tidak dapat/belum mendapatkan vaksinasi. Bagi penumpang yang memiliki suatu alasan khusus, seperti memiliki penyakit komorbid yang menyebabkan tidak diperbolehkan untuk vaksin covid-19, cukup menyertakan surat dokter yang menyatakan kondisi terkait.

4. Penumpang dalam Keadaan Sehat

Syarat naik kereta api untuk mudik lebaran selanjutnya adalah tentang kondisi kesehatan penumpang. Penumpang harus memastikan bahwa dirinya sehat dan tidak sedang flu, batuk, atau demam. Petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang dan tidak boleh melebihi 37,3 derajat Celcius.

5. WNA dan Penumpang dari Perjalanan Luar Negeri

Bagi warga negara asing dengan usia di atas 18 tahun wajib sudah mendapatkan vaksinasi minimal dosis kedua. Untuk penumpang dengan usia 6-17 tahun yang berasal dari perjalanan luar negeri dan belum mendapatkan vaksinasi tidak diwajibkan untuk vaksin.

6. Mengenakan Masker dengan Benar

Penumpang wajib mengenakan masker tiga lapis atau masker medis dengan benar, yaitu menutupi hidung hingga dagu. Jika perjalanan dengan kereta api membutuhkan waktu lebih dari 4 jam, penumpang harus mengganti masker setiap 4 jam sekali.

7.  Menjaga Kebersihan Diri

Pastikan telapak tangan selalu dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Penumpang juga dapat membersihkan telapak tangan secara berkala menggunakan hand sanitizer.

8. Mematuhi Protokol 6M

Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama. Keenam protokol kesehatan tersebut harus selalu dipatuhi oleh penumpang KAI.

Penumpang juga tidak diperbolehkan untuk berbicara dua arah dengan penumpang lain maupun satu arah melalui telepon.

9. Mengenakan Pakaian Lengan Panjang

Penumpang diharapkan mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket selama berada di dalam gerbong rangkaian KAI.

Jika seluruh syarat di atas sudah terpenuhi, jangan lupa untuk berangkat ke stasiun di awal waktu supaya tidak tertinggal jadwal kereta yang sudah ditentukan, ya.

Baca Juga: 11 Tips Mudik Aman dan Nyaman Lebaran Idul Fitri 2023

Jadwal Layanan Vaksin Booster Gratis KAI

Bagi penumpang berusia 18 tahun ke atas yang belum melakukan vaksin booster, kamu dapat melakukan vaksin di stasiun. Layanan vaksin booster ini gratis dari KAI dan setiap stasiun memiliki jadwal yang berbeda-beda.

Berikut jadwal pelayanan vaksin booster di setiap stasiun. Sebagai informasi, jika kamu ingin melakukan vaksin pada layanan KAI, harus dilakukan vaksinasi maksimal H-1 sebelum keberangkatan, ya.

  • Stasiun Gambir, buka setiap hari pukul 08.00-12.00
  • Stasiun Pasar Senen, buka setiap hari pukul 08.00-12.00
  • Stasiun Semarang Tawang, setiap hari mulai pukul 08.00 sampai stok habis.
  • Stasiun Purwokerto, buka setiap hari pukul 08.00-12.00
  • Stasiun Surabaya Pasarturi, buka setiap hari pukul 08.00-12.00
  • Stasiun Surabaya Gubeng, buka setiap hari pukul 08.00-12.00
  • Stasiun Malang, buka setiap hari pukul 08.00-12.00

KAI juga membuka layanan vaksinasi booster di Klinik Mediska, yaitu klinik yang awalnya hanya dipergunakan khusus untuk pengecekan kesehatan para awak KAI, tetapi kemudian dibuka untuk layanan umum. Berikut lokasi klinik dan jadwal vaksin booster.

  • Klinik Mediska Bandung, buka setiap hari pukul 08.00-15.00
  • Klinik Mediska Cirebon, buka Senin-Sabtu pukul 09.00-14.00
  • Klinik Mediska Yogyakarta, buka Senin-Sabtu pukul 08.00-11.00
  • Klinik Mediska Madiun, buka Senin-Sabtu pukul 08.00-12.00
  • Klinik Mediska Jember, buka Senin-Sabtu pukul 08.00-11.00
  • Klinik Mediska Ketapang, buka Senin-Sabtu pukul 08.00-11.00
  • Klinik Mediska Probolinggo, buka Senin-Sabtu pukul 08.00-11.00 

*Catatan: Lokasi vaksin di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya konfirmasi terlebih dulu ke penyedia vaksin sebelum mendatangi lokasi.

Baca Juga: 7 Tips Menyiapkan Dana Mudik Lebaran 2023 yang Efektif

Itulah informasi terkait syarat naik kereta api lebaran 2023 yang dapat kamu simak. Dengan mempersiapkan berbagai syarat di atas mulai dari sekarang, kamu tinggal berangkat ke stasiun dan melakukan pengecekan tiket dengan lancar saat hari H keberangkatan.

Ada banyak informasi lainnya seputar mudik yang dapat kamu simak di blog KitaLulus. Ada pula berbagai tips dunia karir, finansial, bisnis, hingga gaya hidup.

Jika ingin mencari pekerjaan, kamu bisa melihat ribuan info loker yang tersedia melalui aplikasi KitaLulus. Cukup instal aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store, kamu dapat melamar pekerjaan apa pun yang kamu inginkan. Mulai dari full time, part time, kontrak, hingga kerja jarak jauh dengan gaji yang kamu inginkan.

Tenang saja, semua perusahaan yang memasang loker di KitaLulus dijamin aman sehingga kamu akan terhindar dari penipuan. Yuk lamar kerja di KitaLulus sekarang!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top