16 Tips Hari Pertama Kerja Agar Berikan Impresi yang Baik

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
tips hari pertama kerja
16 Tips Hari Pertama Kerja Agar Berikan Impresi yang Baik

Hari pertama kerja seringkali jadi momen yang bisa membuat kita dag-dig-dug. Sebab, kesan pertama akan membentuk reputasi kita ke depan di perusahaan tersebut. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tips hari pertama kerja yang sebaiknya dilakukan maupun dihindari.

Dengan begini, kamu bisa tahu apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara memberikan impresi baik kepada rekan-rekan dan juga atasan.

Nah, KitaLulus akan spill ke kamu apa saja sih tips pertama kali masuk kerja. Disimak, ya!

Tips Hari Pertama Kerja

Bagi sebagian orang, membentuk impresi yang baik di hari pertama masuk kantor bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Rasa takut dan kurang percaya diri akhirnya membuat beberapa orang gagal melakukannya.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu, sebaiknya simak tips dari KitaLulus di bawah ini.

1. Pastikan Datang Tepat Waktu

karyawan baru hari pertama kerja

Di hari pertama masuk kerja, sangat penting untuk kamu datang tepat waktu. Hal ini akan menumbuhkan kesan bahwa kamu adalah orang yang disiplin dan semangat untuk memulai pekerjaan.

2. Tunjukkan Vibe Positif

Tunjukkan kepada sekitar bahwa kamu sangat senang bisa diterima dan mulai bekerja di perusahaan. Vibe positif yang kamu bawa akan menular ke orang-orang sekitar.

Selain itu, hal tersebut juga akan membuat orang-orang di sekitar merasa nyaman dan menerima kehadiranmu di dalam tim.

3. Gunakan Pakaian Formal dan Rapi

Walau beberapa kantor memberikan kebebasan gaya berpakaian kepada para karyawannya, namun di hari pertama kerja usahakan untuk tetap menggunakan pakaian formal dan rapi.

Hal ini karena di hari pertama kerja biasanya kamu akan mengikuti serangkaian acara onboarding, di mana biasanya kamu akan berkenalan dengan orang-orang penting seperti bos atau klien.

Dengan menggunakan pakaian formal dan rapi, kamu bisa meninggalkan impresi yang baik dan menunjukkan kesopanan.

4. Mengenalkan Diri pada Rekan Kerja

Hari pertama kerja juga merupakan kesempatan bagi kamu untuk memperkenalkan diri pada seluruh rekan kerja di kantor. Usahakan tetap percaya diri dan ramah, ya.

Baca Juga: 17 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat & Mudah

5. Inisiatif Bertanya

Tips hari pertama kerja berikutnya adalah pastikan kamu tidak pasif bila ada sesuatu terkait pekerjaan yang masih kurang kamu pahami. Cobalah bertanya pada supervisi atau rekan kerja yang lainnya.

Tidak perlu merasa sungkan atau mengganggu waktu kerja mereka, justru mereka akan sangat senang bila kamu punya inisiatif tinggi untuk bertanya, bukannya pasif dan akhirnya melakukan kesalahan yang bisa merugikan rekan kerja lainnya.

6. Mengingat Nama Rekan-rekan Kerja

Di hari pertama bekerja, kamu akan diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan karyawan lain, baik itu yang satu divisi atau juga lintas divisi. Nah, ada baiknya kamu mengingat nama-nama mereka.

Ini penting karena seterusnya kamu akan berhubungan dengan mereka dan ada kemungkinan kamu juga akan bertemu mereka di area sekitar kantor. Tentu dalam situasi seperti itu kamu harus menyapa mereka, bukan?

7. Catat Hal-Hal Penting

Karena ini adalah first day kamu bergabung di perusahaan, tentunya kamu perlu melakukan penyesuaian diri dengan hal-hal baru. Pastinya akan ada banyak hal yang perlu kamu hafal. Mulai dari alur kerja, nomor-nomor penting, sampai juga peraturan perusahaan.

Nah, agar lebih mudah, kamu bisa mencatat hal-hal penting tersebut. Dengan mencatat, kamu dapat dengan mudah mengingat serta menghindari pengulangan penjelasan.

Selain itu, ketika kamu menanyakan hal-hal kecil yang sudah dijelaskan, ini justru akan meninggalkan impresi yang kurang baik dan kamu akan dianggap kurang tanggap serta kurang disiplin.

8. Manfaatkan Jam Makan Siang untuk Berbaur

karyawan baru di hari pertama kerja

Tips berikutnya yang perlu dilakukan di hari pertama kerja adalah kamu bisa mulai berbaur dengan rekan kerja barumu untuk sekedar makan siang bersama.

Mungkin ini akan menjadi momen canggung, tapi sekaligus waktu terbaik untuk mengakrabkan diri. Saat waktu makan siang, kamu bisa bertukar cerita dan berkenalan lebih dalam dengan para rekan kerja.

9. Tak Ada Salahnya untuk Pulang Kantor Sedikit Telat

Mungkin kamu berpikir untuk pulang “tenggo”. Tapi di hari pertama kerja, tak ada salahnya kamu pulang sedikit telat. Ini memang bukan aturan tertulis, tapi dengan pulang sedikit telat kamu bisa melihat dan menyesuaikan diri dengan budaya kerja di kantor barumu. 

10. Tahan Diri untuk Tidak Bergosip

Di hari pertama masuk kantor, kamu mungkin saja akan mendengar beberapa kabar burung mengenai lingkungan kerjamu.

Nah, walau kamu mendengar banyak berita-berita yang mungkin sebagian besar kurang mengenakkan, sebaiknya kamu tetap merahasiakannya atau melupakannya. Hindari bergosip dan ikut memberikan komentar.

Hal ini karena jika kamu ikut bergosip, kamu akan meninggalkan impresi sebagai orang yang penuh drama.

Baca Juga: Begini Cara Mengenali Toxic Employee, Salah Satunya Sering Bergosip!

11. Fokuslah pada Pekerjaan, Tunda Urusan Pribadi

Tips hari pertama kerja ini penting sekali diikuti. Pastikan fokusmu tercurah sepenuhnya pada pekerjaan barumu.

Bila kamu punya bisnis online atau pekerjaan freelance, hindari melakukannya di jam kerja. Sebab, bila sampai rekan kerja atau bos kamu mengetahuinya, bisa jadi kamu akan meninggalkan impresi jelek.

12. Ikut Acara Setelah Jam Pulang Kantor

Di beberapa perusahaan, setelah jam pulang kantor biasanya ada beberapa kegiatan kumpul-kumpul atau olahraga yang dilakukan oleh para karyawan.

Jika memungkinkan, cobalah ikut bergabung dan gunakan kesempatan tersebut untuk berbaur. Dari sini, kamu pun bisa lebih mengenal rekan kerja dari apa yang mereka sukai.

13. Jadilah Pendengar

Walau kamu merasa sudah mengetahui tentang bidang pekerjaanmu, tidak ada salahnya untuk mendengarkan penjelasan yang diberikan senior. Dengan mendengarkan artinya kamu menghormati mereka.

Hindari sok tahu, apalagi di depan karyawan senior. Hal ini akan membuat kamu dipandang negatif.

14. Carilah Mentor

karyawan baru dan mentornya

Tips satu ini akan sangat membantu kamu dalam beradaptasi di kantor. Cari senior di divisimu untuk kamu jadikan mentor dan tempat bertanya.

Kehadiran mentor akan sangat membantu kamu untuk lebih memahami lingkup pekerjaan, lingkungan kerja, atau juga budaya perusahaan.

Dari mereka, kamu bisa belajar untuk bekerja dengan baik dan memberikan impresi yang baik juga.

15. Pastikan Pekerjaanmu Terorganisir dengan Baik

Pastikan kamu mampu mengorganisir seluruh pekerjaan dengan baik. Hal ini akan membuat bos berpikir bahwa kamu adalah karyawan yang punya manajemen waktu yang baik, bertanggung jawab, disiplin dan bisa menentukan prioritas.

Untuk bisa mengorganisir seluruh tugas, kamu dapat menggunakan bantuan Google Sheet, kertas note, atau lainnya.

16. Laporkan Pekerjaanmu Kepada Atasan

Tips hari pertama kerja yang terakhir, apapun yang kamu kerjakan pastikan kamu melaporkannya kepada atasan untuk dicek. Hal ini penting guna memastikan apakah kamu sudah menyelesaikannya dengan benar atau belum.

Hindari memberikan laporan pekerjaan pada saat ditanya, pastikan memang kamu yang berinisiatif melaporkannya. Dengan begitu kamu akan dicap sebagai karyawan yang bisa diandalkan.

Baca Juga: 9 Cara Menciptakan First Impression yang Baik di Tempat Kerja

Nah, dengan mengikuti beberapa tips hari pertama kerja di atas, kamu akan memberikan first impression yang baik kepada atasan atau rekan kerjamu.

Diterima kerja memang menjadi momen yang paling membahagiakan, maka tidak heran bahwa semua orang memimpikan hal ini.

Kamu bisa memperbesar peluang untuk diterima kerja dengan melamar di aplikasi KitaLulus. Kamu bisa melamar pekerjaan secara online ke lebih dari ratusan perusahaan dengan mudah.

Selain itu, melamar di KitaLulus juga pasti aman, sebab seluruh lowongan yang terpasang telah melalui proses verifikasi ketat. Jadi, nggak ada deh yang namanya lowongan palsu atau lowongan penipuan. Tunggu apalagi, ayo install aplikasi KitaLulus sekarang, gratis!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top