Template CV Waiter

Berikut contoh CV waiter dan template-nya yang bisa kamu unduh secara gratis! Simak juga tips tentang cara membuat CV waiter yang outstanding!

CV Builder

Membuat CV online yang menonjol dan berkualitas jadi lebih mudah dengan fitur CV builder KitaLulus. Kamu tinggal lengkapi data diri, pengalaman, dan keahlian, pilih template CV yang kamu mau, lalu CV sudah siap digunakan untuk melamar kerja. Semuanya gratis!

  • Buat CV otomatis dari profil KitaLulus
  • Pilihan template ATS-friendly & sesuai standar HRD
  • Dapat di-download versi PDF

Cara Membuat CV Waiter

F&B adalah salah satu industri yang tidak ada matinya. Hotel, cafe, maupun restoran pasti membutuhkan tenaga kerja waiter atau waitress untuk membantu melayani pelanggan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi waiter/waitress, maka kamu perlu menyiapkan diri sebelum melamar pekerjaan. Mengingat persaingan di bidang profesi ini cukup tinggi, penting untuk kamu membuat CV yang menonjol.

Kali ini KitaLulus akan membantu kamu membuat CV lengkap dengan contoh CV waiter yang dapat kamu jadikan panduan.

1. Data Diri

Data diri berisi informasi pribadi yang umum. Sebaiknya kamu memilah data apa saja yang bisa dimasukkan dan tidak boleh dimasukkan dalam CV.

Informasi yang wajib ada:
– Nama
– Profesi
– Nomor telepon
– Alamat email
– Link portofolio atau akun LinkedIn (opsional)
– Domisili (opsional)

Informasi yang tidak boleh dimasukkan:
– Agama
– Status pernikahan
– Tinggi badan
– Berat badan
– Hobi
– Nomor KTP

2. Deskripsi Diri

Pada bagian deskripsi diri atau tentang saya, kamu bisa jelaskan secara singkat mengenai siapa diri kamu. Penjelasan ini dilakukan supaya mempermudah HRD melihat profilmu.

Maka dari itu, cobalah buat deskripsi diri waiter/waitress yang singkat, padat, jelas, dan menarik. Tambahkan juga informasi seperti pengalaman dan keahlianmu yang mendukung profesimu. Sebaiknya tulis deskripsi diri dalam 3-4 kalimat saja.

Contoh:

“Memiliki pengalaman sebagai waitress di restoran hotel bintang lima selama lebih dari 6 tahun. Mendapatkan penghargaan sebagai waitress teladan dalam penilaian akhir tahun selama 3 kali berturut-turut serta mendapatkan predikat sebagai waitress teramah oleh customer dalam penilaian terbuka pada 2020.”

Baca juga:

3. Pengalaman Kerja

Berikutnya, masukkan pengalaman kerjamu yang relevan secara singkat dan jelas, meliputi nama perusahaan, posisi, tugas, dan masa kerja. Tambahkan juga pencapaian-pencapaian yang berhasil kamu raih untuk membuat HRD tertarik.

Agar lebih gampang dibaca, buatlah dalam bentuk poin-poin dan urut dari pengalaman kerja yang terbaru.

Contoh:

Waitress – Restoran XYZ
(April 2021–Mei 2023)
– Melayani dan menerima pesanan tamu
– Memberikan rekomendasi menu andalan pada pelanggan
– Mengantar makanan dan minuman
– Memberikan tagihan/bill
– Membersihkan area yang kotor
– Menangani komplain customer dan memberikan alternatif solusi
– Berkontribusi dalam penjualan sehingga meningkatkan 110% dari target penjualan menu baru setiap bulannya

4. Latar Belakang Pendidikan

Menambahkan pendidikan formal pada CV bisa meningkatkan nilai jual kamu sebagai kandidat. Maka dari itu, tulis riwayat pendidikan terakhir secara lengkap, mulai dari nama sekolah, tahun masuk dan tahun lulus, hingga jurusan yang kamu ambil.

Selain itu, menambahkan prestasi yang berhubungan dengan pekerjaanmu juga akan menjadi nilai plus.

Contoh:

SMK Pariwisata Yogyakarta
Jurusan Perhotelan
(2015–2018)

5. Skill

Ketika menuliskan skill pada CV, kamu cukup mencantumkan skill yang memang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ini sebagai pertimbangan apakah kamu bisa menjalankan tugas sebagai waiter atau tidak.

Berikut contoh skill yang dapat dicantumkan pada CV waitress:
– Komunikasi
– Sales
Customer service
– Mengoperasikan komputer
– Kemampuan bahasa

Contoh CV Waiter

Berikut adalah contoh CV waiter dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan tujuan restoran atau hotel yang kamu lamar. Jika restoran atau hotel yang kamu lamar adalah bintang lima atau berkelas internasional, gunakan template berbahasa Inggris ya.

1. Contoh CV Waiter Berpengalaman

Contoh CV Waiter Berpengalaman

2. Contoh CV Waiter Tanpa Pengalaman

Contoh CV Waiter Tanpa Pengalaman
To top