12 Film Korea Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Sekali Seumur Hidup

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Tidak hanya drama saja lho yang terkenal dari Korea Selatan, tetapi juga film layar lebarnya. Bahkan beberapa film Korea terbaik tidak kalah menarik dari film-film yang diproduksi di Hollywood.

Bagi kamu penggemar Korea, harus tahu nih daftar film Korea terbaik yang wajib ditonton minimal sekali seumur hidup. Bahkan sejumlah film Korea terbaik dikemas dengan alur cerita yang menarik, karakter yang kuat, hingga skenografi yang tidak main-main.

Bingung mau pilih film Korea terbaik mana yang masuk ke daftar tonton kamu untuk akhir pekan ini? Nggak usah bingung lagi, kamu bisa lihat daftar film Korea terbaik mulai dari yang paling baru sampai yang tidak lekang oleh waktu di bawah ini.

Daftar Film Korea Terbaik

1. Parasite (2019)

Film Korea terbaik yang harus kamu tonton minimal sekali seumur hidup adalah Parasite. Film besutan sutradara Bong Joon Ho ini berhasil memboyong empat Piala Oscar dalam ajang Academy Awards 2020.

Hebatnya, salah satu film Korea terbaik yang dirilis tahun 2019 ini menjadi film Asia pertama yang memenangkan kategori Best Picture. Parasite mengisahkan tentang kehidupan keluarga miskin dan keluarga kaya yang kemudian membangun hubungan simbiosis mutualisme.

Cerita dimulai ketika karakter Kim Ki Woo menjadi guru bahasa Inggris untuk anak dari keluarga kaya. Kemudian ia mulai menggunakan cara licik agar semua keluarganya bisa pindah ke rumah tersebut. Lalu bagaimana akhir dari film Korea terbaik ini? Jangan lupa masukkan ke daftar nonton kamu, ya!

2. Train to Busan (2016)

Selanjutnya ada film Train to Busan yang dirilis pada tahun 2016. Film zombie dari negeri ginseng ini merupakan salah satu film Korea terbaik. Bahkan film besutan sutradara Yeon Sang Ho ini berhasil mendapatkan nominasi untuk sejumlah penghargaan film.

Salah satu film Korea terbaik ini mengisahkan tentang seorang ayah yang ingin mengantar anaknya ke Busan dengan menggunakan kereta. Sayangnya tanpa disadari ada wabah zombie yang menyerang Korea.

Wabah ini ternyata dipicu oleh kebocoran sebuah pabrik biokimia. Dan sepanjang perjalanan kereta ke Busan berubah menjadi sarang serangan zombie yang menginfeksi satu per satu penumpang melalui gigitan. Bagaimana akhir dari cerita film Korea terbaik ini? Apakah sang tokoh utama akan berubah menjadi zombie?

3. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Kalau kamu suka dengan film yang mengharukan dengan alur cerita yang sedih, film Korea terbaik Miracle in Cell No. 7 ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan film ini berhasil menyabet predikat film tersedih.

Film Korea terbaik ini mengisahkan tentang seorang ayah penyandang disabilitas mental yang dituduh melakukan penculikan, kekerasan seksual, hingga pembunuhan terhadap seorang anak kecil. Ia pun diancam dengan hukuman mati dan dipenjara seumur hidup.

Ia memiliki seorang putri cerdas berusia enam tahun yang sangat dirindukannya. Alhasil teman satu selnya berusaha untuk membantu pertemuan ayah dan anak ini. Meskipun film Korea terbaik ini bisa bikin kamu merasa sedih, sang sutradara juga menyelipkan komedi dan pelajaran hidup yang bisa kamu ambil.

4. My Sassy Girl (2001)

Film My Sassy Girl yang dirilis tahun 2001 ini sukses menyabet predikat film Korea terbaik dengan genre romantis. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menyuguhkan alur cerita yang seru, unik, dan menarik untuk ditonton.

Salah satu film Korea terbaik ini mengisahkan tentang seorang mahasiswa yang menjalani kehidupannya dengan normal. Sampai ia bertemu dengan seorang gadis mabuk di dalam kereta dan mengubah hidupnya 180 derajat.

Kisah film Korea terbaik ini dimulai ketika keduanya menjadi lebih sering menghabiskan waktu bersama meskipun kehidupan mereka jauh berbeda. Tidak hanya disuguhi adegan romantis saja, tapi juga ada komedi yang dijamin bisa bikin kamu ikutan tertawa.

5. The Battleship Island (2017)


The Battleship Island yang dirilis tahun 2017 ini merupakan salah satu film Korea terbaik yang mengangkat kisah tentang perang dunia ke-2, di pulau kecil bernama Hashima.

Pulau yang terletak di pesisir Nagasaki ini menjadi tempat ditawannya 400 orang Korea yang juga dikerja paksakan. Dibintangi oleh aktor kenamaan Korea, Song Jong Ki dan So Ji Seob, film Korea terbaik ini memiliki karakter-karakter kuat yang mendominasi.

Cerita dimulai ketika para tawanan mengetahui rahasia kelam tentang pulau Hashima. Mereka pun merencanakan cara untuk meloloskan diri yang dramatis. Salah satu film Korea terbaik ini menceritakan tentang periode penjajahan jepang atas Korea Selatan.

6. Always (2011)

Jika kamu menyukai film genre romantis dan sekaligus sedih, maka film Korea terbaik Always bisa kamu masukkan ke dalam daftar tontonan akhir pekan kamu. Film yang dirilis tahun 2011 ini mengisahkan tentang seorang juru parkir yang dikenal sebagai seorang pria dengan masa lalu gelap dan misterius.

Dibintangi oleh So Ji Seob dan Han Hyo Joo, film Korea terbaik ini bercerita tentang Cheol Min, seorang juru parkir yang selalu didatangi oleh seorang wanita buta. Wanita ini selalu bertanya kepada Cheol Min mengenai banyak hal.

Sampai suatu ketika, Cheol Min menyadari bahwa wanita yang buta ini memiliki ikatan dengan masa lalunya yang gelap. Penasaran dengan ikatan apa yang dimaksud? Kalau iya, berarti film Korea terbaik ini wajib masuk watchlist kamu!

7. Memories of Murder (2003)

Satu lagi film Korea terbaik hasil garapan sutradara Bong Joon Ho. Selain film Parasite, Bong Joon Ho juga menghasilkan karya masterpiece lainnya yang berjudul Memories of Murder.

Film Korea terbaik yang dirilis tahun 2003 ini diangkat dari kisah nyata tentang serial pembunuh berantai yang meneror sebuah provinsi kecil di tahun 1986. Karya fenomenal ini juga merupakan kisah pembunuh berantai pertama di Korea Selatan.

Tapi ternyata, selama 20 tahun lebih kasus pembunuhan ini tidak terpecahkan. Namun pada tahun 2019, akhirnya pembunuh berantai yang sebenarnya mengakui tindakan keji yang diperbuatnya dan tercatat telah membunuh 15 orang. Pembunuh berantai pada film Korea terbaik ini juga disebut sebagai Korean Zodiac Killer.

8. Old Boy (2003)

Masih dari film Korea terbaik di tahun yang sama, film Old Boy yang disutradarai oleh Park Chan Wook ini merupakan film kedua dari Vengeance Trilogy. Kisah dalam film ini diangkat dari manga karangan Nobuaki Minegishi dengan judul yang sama.

Kisah dalam film Korea terbaik ini menceritakan tentang seorang pria yang dikurung selama kurang lebih 15 tahun lamanya tanpa pernah mengetahui siapa yang menculiknya dan apa tujuan dibalik penculikan tersebut.

Ketika dibebaskan, ia memiliki waktu lima hari untuk menemukan penculiknya dan membunuhnya. Kira-kira, akankah ia berhasil menemukan dan membunuh penculiknya? Salah satu film Korea terbaik dengan genre neo-noir ini akan membuat kamu merasa terguncang saat menontonnya.

9. My Annoying Brother (2016)

Bagi kamu penggemar film dengan genre komedi yang dibalut dengan kisah sedih, maka film Korea terbaik berikut ini cocok untuk kamu tonton di akhir pekan. My Annoying Brother yang dirilis tahun 2016 ini mengisahkan tentang kehidupan kakak beradik.

Layaknya kehidupan kakak beradik di dunia nyata, kehidupan mereka pun penuh dengan hal-hal yang menyebalkan. Tidak ada satu hari tanpa bertengkar. Sang kakak yang merupakan seorang narapidana meminta pembebasan bersyarat untuk mengurus adiknya yang buta.

Namun ternyata, setelah keluar dari penjara sang kakak malah mengabaikan adiknya. Meskipun setiap hari selalu bertengkar, diam-diam mereka saling menyayangi satu sama lain. Film Korea terbaik ini disutradarai oleh Kwon Soo Kyung yang pernah menggarap film Miracle in Cell No. 7.

10. Tidal Wave atau Haeundae (2009)


Kata siapa Korea Selatan tidak bisa membuat film dengan genre disaster. Buktinya ada Tidal Wave atau Haeundae yang menjadi salah satu film Korea terbaik wajib kamu tonton sekali seumur hidup.

Film Korea terbaik yang dirilis tahun 2009 ini mengisahkan tentang orang-orang yang terjebak dalam bencana alam tsunami yang terjadi di Haeundae. Bencana alam tsunami yang terjadi di pantai laut timur semenanjung Korea di Busan ini membuat orang-orang harus mengambil keputusan cepat antara hidup dan mati.

Selain itu, salah satu film Korea terbaik ini juga menceritakan bagaimana para karakter berjuang saling membantu satu sama lain agar bisa selamat. Sebab, jika mereka salah dalam mengambil keputusan, tidak akan ada waktu untuk menyelamatkan diri dari terjangan tsunami.

11. Assassination (2015)

Satu lagi dari film Korea terbaik yang mengisahkan tentang peristiwa pembunuhan di tahun 1930-an. Film Assassination mengambil latar waktu ketika Korea masih dijajah oleh Jepang.

Film Korea terbaik ini mengisahkan tentang seorang pemberontak Jepang yang sedang merencanakan pembunuhan kepada kelompok pro-Jepang. Singkat cerita, ia meminta bantuan dari seseorang yang jago dalam menembak.

Nantinya rencana ini akan dilancarkan kepada penguasa jepang yang sudah lama menjajah Korea dan sebagai tanda bahwa kemerdekaan Korea harus segera dilaksanakan. Kalau kamu penasaran dengan film Korea terbaik ini, jangan lupa untuk ditonton, ya!

12. Kim Ji Young: Born 1982 (2019)

Film Korea terbaik berikutnya mengangkat tentang isu perempuan yang masih menjadi hal tabu di negeri ginseng. Bahkan saat dirilis, film Kim Ji Young: Born 1982 ini mendapatkan banyak kontroversi.

Film besutan sutradara Kim Do Young ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film Korea terbaik ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Kim Ji Young yang terjebak dalam kehidupannya sebagai ibu rumah tangga.

Ditambah ia besar di keluarga yang kental dengan budaya patriarki. Bahkan Ji Young mengorbankan pekerjaannya demi mengurus buah hati. Di film Korea terbaik ini diceritakan bahwa Ji Young mulai bersikap aneh seolah kehilangan jati dirinya.

Demikian daftar film Korea terbaik yang wajib kamu tonton minimal sekali seumur hidup. Dari daftar film tersebut, ada yang sudah pernah kamu tonton? Tapi jangan lupa untuk terus mencari pekerjaan baru, ya!

Kaum rebahan pun butuh pekerjaan, lho. Kamu bisa mencarinya di aplikasi KitaLulus yang bisa kamu download di Play Store secara gratis. Hebatnya, pada saat kamu melamar pekerjaan, kamu langsung terhubung dengan HRD perusahaan.

Jadi tidak ada istilah dighosting sama HRD. Selain itu, KitaLulus juga sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa. Jadi makin banyak pilihan pekerjaan deh!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up