8 Rekomendasi Aplikasi Produktivitas Gratis Terbaik, Biar Kerja Lebih Efektif!

Zaviano YS
Zaviano YS

Cogito ergo sum.

Isi Artikel

Aplikasi produktivitas– Ingin meningkatkan produktivitas tapi sering malas-malasan dan kurang disiplin? Sepertinya kamu butuh bantuan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas nih!

Untungnya saat ini, ada banyak aplikasi penunjang produktivitas yang bisa kamu gunakan. Terlebih lagi, sebagian besar aplikasi ini GRATIS, lho! Simak selengkapnya tentang rekomendasi aplikasi produktivitas terbaik berikut ini. 

8 Aplikasi Untuk Produktif Terbaik, Ampuh dan Efektif!

Arti kata produktif bukan selalu tentang soal menulis dan membaca. Jika passion kamu ada di berolahraga atau berkebun, itu juga termasuk produktif karena sama-sama mengisi waktu luang dengan bermanfaat. Penasaran apa saja aplikasi untuk produktif yang bisa kamu gunakan?

1. Microsoft Office Mobile

Aplikasi penunjang produktivitas terbaik

Aplikasi untuk produktif pertama yang bisa kamu gunakan adalah Microsoft Office!

Microsoft Office juga hadir dalam versi mobile, jadi kamu tetap bisa produktif meskipun jauh dari laptop maupun komputer. Dalam satu aplikasi, semua program Office bisa kamu gunakan. Seperti Excel, Word, hingga Powerpoint. 

Dibandingkan software Office di komputer, Office Apps dibekali dengan fitur-fitur tambahan. Ada fitur mengubah gambar jadi dokumen, membuat kamu tangan di file PDF, dan menyimpan ide-ide yang ingin dieksekusi di lain hari. 

 

2. Duolingo

Aplikasi untuk meningkatkan produktivitas

Mau belajar bahasa asing tapi bingung mulai dari mana? Pakai Duolingo aja, aplikasi produktivitas yang akan menjamin kamu rajin dan konsisten belajar. Bahkan untuk memastikan kalau kamu bener-bener harus paham, terdapat fitur ujian juga untuk menguji kemahiran kamu dalam berbahasa.

Duolingo menggunakan elemen video game di mana terdapat fitur untuk sistem hadiah jika kamu berhasil menguasai suatu pelajaran bahasa tertentu. Anda akan mendapatkan Lingots yang diibaratkan sebagai mata uang dalam game yang dapat digunakan untuk kustomisasi karakter atau tingkat bonus.

 

3. Evernote

Aplikasi penunjang produktivitas terbaik

Banyak pengguna yang mengatakan kalau Evernote membantu mereka jadi lebih produktif. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat catatan tentang apa saja yang harus dilakukan hari ini atau di hari-hari berikutnya. 

Selain catatan, Evernote juga menyediakan fitur audio, foto, dan video, dimana kamu bisa merekam ide-ide penting agar tidak lupa. Kalau melihat fungsi dan fitur yang ditawarkan, aplikasi ini masuk kategori notebook digital yang bisa dibawa kapan dan di mana saja. 

Sebagai aplikasi yang tersedia di Google Play, Evernote bisa jadi kamulan untuk tetap produktif dengan smartphone. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa maupun pekerja

 

4. Forest

Rekomendasi aplikasi untuk produktif dan gratis

Berbeda dari aplikasi produktivitas lainnya, Forest tidak memiliki fitur catatan maupun to do list. Aplikasi ini dibuat khusus sebagai reminder, namun dikemas dengan unik. Pada dasarnya Forest dibuat untuk orang-orang yang sulit lepas dari smartphone

Forest bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Nanti kamu akan dihadapkan dengan pepohonan, lalu kamu bisa mengatur kapan smartphone boleh digunakan (timer). 

Kalau kamu menggunakan smartphone sebelum waktu yang ditentukan, maka pohon-pohon akan mati. Agar pepohonan tersebut tetap tumbuh, maka kamu tidak boleh menyentuh smartphone sebelum timer berakhir. 

Intinya Forest menjadi pengingat bahwa masih banyak hal yang bisa kamu lakukan agar menjadi orang yang produktif, hidup bukan hanya soal smartphone dan media sosial.

 

5. Trello

Aplikasi penunjang produktivitas kerja

Trello juga merupakan satu dari banyaknya aplikasi untuk produktivitas Android yang bisa kamu coba. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola kegiatan agar berjalan efektif. Ada juga fitur pengingat yang berguna jika ada agenda yang harus diselesaikan. 

Trello bisa kamu hubungkan dengan rekan kerja untuk mengatur atau memantau pekerjaan yang sedang berlangsung. Dengan banyaknya manfaat yang didapat, Trello bisa kamu unduh secara gratis baik di Android maupun iOS. 

 

6. Sectograph

Aplikasi yang membantu meningkatkan produktivitas

Sectograph melengkapi daftar aplikasi untuk meningkatkan produktivitas pada artikel ini. Dibekali dengan tampilan yang sederhana, Sectograph sangat bisa kamu kamulkan untuk meningkatkan produktivitas. 

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Sectograph? Banyak! Anda bisa membuat daftar kegiatan, acara, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan hari ini.

Keunggulan Sectograph cukup menarik, daftar yang telah kamu buat akan terpajang di layar dengan tampilan melingkar sesuai dengan waktu acara. Dengan begitu, kamu tidak akan lupa apa yang harus dilakukan kedepannya. 

 

7. Todoist

Review aplikasi produktivitas Todoist

Todoist adalah aplikasi yang digunakan untuk jika kamu menginginkan cara yang tidak masuk akal untuk tetap mengerjakan tugas dan mengingat barang sehari-hari kamu.

Aplikasi ini memulai kamu setiap hari dengan ikhtisar tentang apa yang perlu kamu lakukan. Ini juga memungkinkan kamu untuk mengatur dan memprioritaskan tugas-tugas ini menggunakan Favorit, Bagian, dan Subtugas.

Plus, Todoist memungkinkan kamu berkolaborasi dengan orang lain, memungkinkan kamu mendelegasikan tugas atau berbagi pekerjaan yang telah kamu selesaikan.

 

8. Focus List

Rekomendasi aplikasi untuk produktif terbaik

Terkadang cara terbaik untuk mencapai produktivitas adalah dengan memastikan kamu memberikan semua tugas pribadi kamu sebanyak yang mereka butuhkan. Daftar Fokus dapat membantu kamu melakukan hal itu.

Aplikasi peningkat produktivitas ini menggunakan teknik Pomodoro yang dapat membantu kamu fokus pada tugas dengan mengatur waktu mereka. Teknik Pomodoro adalah teknik yang mendorong Anda bekerja selama 25 menit atau lebih dan kemudian istirahat selama lima menit, baik kamu punya energi untuk melanjutkan atau tidak.

 

Jadi, itu dia 8 aplikasi produktivitas yang dapat membantu kamu dalam kinerja kamu dalam bekerja dan melakukan aktivitas yang banyak dan ribet menjadi efisien dan tertata sehingga workflow kamu berjalan aman. Semoga aplikasi yang tertera di atas dapat membantu kamu kedepannya.

Setelah mengetahui aplikasi yang membantu produktivitas kamu, hal yang selanjutnya kamu adalah cari pekerjaan. Nah, kalau ngomongin soal cari pekerjaan KitaLulus adalah tempat yang tepat dan cocok untuk kamu mencari pekerjaan. Jadi tunggu apalagi? Ayo instal KitaLulus sekarang dan gapai karir idamanmu!

Close Pop up