Apa Itu Cryptocurrency? Ini Pengertian, Karakteristik, Kegunaan, dan Jenisnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Cryptocurrency adalah- Bagi kamu yang sering mengikuti tren, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cryptocurrency. Yap, istilah satu ini memang sedang sering dibicarakan belakangan ini. Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital dengan sistem keamanan cryptography. 

Mungkin kamu lebih akrab mengenalnya dengan sebutan uang crypto. Sejak kemunculannya, uang crypto membuat banyak orang penasaran. Apakah kamu juga demikian? Jika iya, mari simak penjabarannya di bawah ini!

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah

Pasti kamu bertanya-tanya apa itu cryptocurrency sebenarnya. Cryptocurrency sendiri berasal dari dua kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang. Dengan kata lain, cryptocurrency adalah mata uang virtual yang dilindungi dengan kode rahasia.

Secara sederhana, uang kripto adalah mata uang yang memiliki sandi-sandi rahasia yang rumit yang berfungsi melindungi dan menjaga keamanan.

Sistem perlindungan cryptocurrency adalah dengan menggunakan kriptografi, yaitu metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode.

Konsep kriptografi sendiri bukanlah hal baru karena sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Di mana kala itu, Jerman menggunakan kriptografi untuk mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak diketahui oleh musuh. 

Cara Kerja Cryptocurrency

Ada tiga hal yang melekat pada cara kerja cryptocurrency, yaitu digital, terenkripsi, dan desentralisasi. Ini artinya tidak seperti mata uang konvensional yang dikontrol oleh otoritas sentral dari sisi nilai uang. Kontrol dari mata uang ini sepenuhnya dipegang oleh pengguna mata uang kripto sendiri melalui internet. 

Saat terjadi suatu transaksi dengan menggunakan cryptocurrency, maka untuk transaksi tersebut akan menghasilkan bukti kriptografi yang terverifikasi dan dicatat dalam blockchain.

Karakteristik Cryptocurrency

Karakteristik cryptocurrency

Mata uang kripto memiliki beberapa karakteristik. Salah satu ciri dari cryptocurrency adalah bentuknya yang digital dan tidak berwujud. Selain itu, ada beberapa karakteristik cryptocurrency lainnya, seperti berikut ini:

1. Digital

Jika uang konvensional berbentuk lembaran dan koin, bentuk cryptocurrency adalah digital sehingga tidak ada bentuk nyata yang bisa dipegang. Hal ini juga yang mempengaruhi proses pembelian dan penukaran cryptocurrency, di mana semuanya dilakukan secara digital.

2. Global

Cryptocurrency bersifat global Tidak seperti mata uang konvensional yang nilainya berbeda-beda sesuai dengan kurs yang sedang berlaku. Mata uang kripto bernilai sama di setiap negara. Sehingga, jika kamu melakukan transaksi menggunakan uang kripto di negara manapun nilainya tidak akan berubah.

3. Peer to Peer

Transaksi cryptocurrency bersifat peer to peer. Artinya transaksi yang dilakukan dari satu orang ke orang lainnya secara online, tanpa perlu melewati pihak ketiga.

4. Terenkripsi

Dalam mata uang kripto semua pengguna memiliki kode tersendiri untuk bertransaksi. Setiap melakukan transaksi, pengguna tidak bisa melihat transaksi tersebut dilakukan oleh siapa. Kamu tidak bisa tahu siapa nama asli dalam setiap transaksi. 

Selain itu, tidak ada aturan apapun tentang siapa yang bisa menggunakan cryptocurrency dan digunakan untuk apa.

5. Terdesentralisasi

Dalam dunia cryptocurrency, tidak ada bank atau pihak tersebut. Tanggung jawab tentang uang digital ini seutuhnya di depan oleh pemiliknya.

6. Truthless

Karakteristik cryptocurrency satu ini masih berkaitan dengan poin ketiga. Dalam menggunakan cryptocurrency, transaksi antar pengguna tidak perlu melewati pihak ketiga. Dengan demikian, kamu tidak perlu percaya oleh siapapun dalam sistem ini.

Jenis Cryptocurrency

Jenis cryptocurrency

Melansir dari NerdWallet, setidaknya ada lebih dari 2.200 jenis cryptocurrency yang diperjual belikan secara publik. Berikut ini beberapa jenis cryptocurrency yang populer diperdagangkan.

1. Bitcoin

Bitcoin merupakan jenis cryptocurrency pertama dan sangat populer hingga saat ini. Jenis mata uang kripto ini pertama kali muncul pada 2009 dan hingga 2019, setidaknya ada lebih dari 18 juta bitcoin diperjual belikan dengan total market value sekitar US$ 146 miliar. 

2. Litecoin

Litecoin menjadi jenis cryptocurrency yang hadir pada awal mata uang digital ini muncul yaitu pada 2011 sebagai mata uang digital peer to peer yang menghasilkan blockchain dengan kecepatan tinggi.

Dengan begitu, pengguna dapat melakukan transaksi lebih cepat tanpa memerlukan sistem komputasi yang luar biasa.

3. Dogecoin

Mata uang ini merupakan turunan dari Litecoin yang muncul pada 2013. Seperti namanya, cryptocurrency ini menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya. Jenis cryptocurrency ini dianggap paling bersahabat karena komunitasnya kerap melakukan donasi, amal, dan kegiatan positif lainnya. 

Namun, nilai dari Dogecoin lebih rendah dari Bitcoin. 

4. BitcoinCash

Diluncurkan pada Agustus 2017, dan saat ini menjadi lima cryptocurrency terbaik. Kelahiran BitcoinCash adalah karena adanya sekelompok pengguna Bitcoin yang tidak setuju dengan beberapa aturan yang berlaku. 

Mereka kemudian memisahkan diri dan membentuk mata uang sendiri yang dinamakan Bitcoin Cash.

5. Feathercoin

Jenis cryptocurrency ini bersifat open source. Feathercoin memiliki kemiripan dengan Litecoin dan berada di bawah lisensi MIT/X11.

BACA JUGA: Pialang Adalah: Tugas, Jenis, Cara Kerja & Cara Memilihnya

Kegunaan Cryptocurrency

Kegunaan cryptocurrency

Mata uang kripto tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi jual beli saja. Seiring perkembangannya, saat ini ada banyak sekali kegunaan cryptocurrency, antara lain:

1. Membeli Barang atau Jasa

Saat ini, sudah banyak sekali toko yang memberlakukan mata uang kripto sebagai alat pembayaran termasuk dua perusahaan terkenal seperti Overstock dan Newegg. Bahkan, sekarang kamu bisa menggunakan cryptocurrency di banyak restoran, hotel, penerbangan, dan aplikasi. Walaupun kebanyakan hanya menerima Bitcoin.

2. Investasi

Pada awal kemunculannya harga cryptocurrency terus mengalami kenaikan. Tidak heran banyak orang yang menjadikan mata uang digital ini sebagai investasi. Jika kamu ingin berinvestasi menggunakan cryptocurrency termasuk jenis investasi high risk. Hal ini karena nilainya bisa naik dan turun secara tiba-tiba.

3. Mining

Cryptocurrency mining atau pertambangan cryptocurrency adalah proses pemecahan teka-teki kriptografi yang berguna mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan. Proses ini sangat penting bila kamu ingin mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar. 

Teka-teki tersebut bisa dipecahkan dengan cara mining. Biasanya kerap muncul dalam transaksi Bitcoin. Semakin besar daya komputasi pengguna maka semakin besar peluang mereka untuk memecahkannya.

Itulah hal yang perlu kamu ketahui tentang cryptocurrency, jika kamu ingin menggunakan mata uang kripto pastikan kamu pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu.

Bila kamu ingin menemukan pekerjaan yang tepat, kamu tidak perlu banyak pertimbangan, cukup lamar melalui aplikasi KitaLulus. Di sana ada banyak lowongan yang bisa kamu lamar secara aman dan gratis. Ayo download aplikasi KitaLulus sekarang dan rasakan sensasi cari kerja dengan #LebihMudah!

Close Pop up