Gratis dan Tetap Keren, Ini 9 Aplikasi Buat Logo Terbaik di HP dan Laptop

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Aplikasi buat logo- Logo adalah wajah dari sebuah bisnis. Dengan logo, orang jadi mudah mengenali bisnis kita. Sekarang, membuat logo tidak harus mahal bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dengan bantuan berbagai aplikasi buat logo gratis.

Sekarang ini memang sudah banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membuat logo. Jika kamu sedang mencari aplikasi membuat logo, simak di dalam artikel ini, ya!

Ciri-ciri Logo yang Baik

Rekomendasi aplikasi untuk membuat logo online gratis

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa logo adalah bagian vital dari sebuah merek atau bisnis. Tanpa logo, kita jadi tidak memiliki perbedaan yang bisa dikenali dari kompetitor. Untuk itulah kita butuh logo. Namun, membuat logo juga tidak boleh asal, karena logo akan menjadi identitas brand di mata konsumennya.

Agar kamu tidak salah dalam membuat logo, kamu perlu tahu seperti apa ciri-ciri logo yang baik, berikut ini beberapa contohnya.

  • Simpel, tidak terlalu rumit baik dari segi bentuk, tekstur, atau kombinasi warna
  • Relevan, sesuai dengan visi, misi, dan tujuan brand
  • Unik, berbeda dari brand lainnya
  • Mudah diingat, mengandung unsur-unsur yang familiar di mata audiensnya
  • Tahan lama, tetap relevan dalam jangka panjang
  • Adaptable, dapat disesuaikan penggunaannya sesuai kebutuhan brand

Kombinasi Warna yang Cocok untuk Logo

Ide kombinasi warna yang bagus untuk logo

Rahasia desain bagus diawali dengan pemilihan warna. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kombinasi warna yang tepat. Mengapa? Ini karena kombinasi warna dapat berpengaruh pada psikologis warna dan jadi media komunikasi merek. 

Agar kamu tidak salah pilih warna, coba beberapa referensi warna berikut:

1. Biru dan Hijau

Warna biru berpadu dengan hijau ini cocok sekali untuk perusahaan bidang lingkungan, bisnis organik, atau organisasi non-profit.

2. Biru Laut

Jika bisnis Anda bergerak dibidang keuangan, warna biru laut adalah pilihan yang pas, banyak sekali perusahaan keuangan dunia menggunakan biru laut contohnya American Express, Visa, Bank of America, dan banyak lainnya. Tidak hanya sangat cocok untuk perusahaan keuangan, layanan teknologi juga cocok dengan warna ini.

3. Kuning dan Oranye

Kombinasi ini punya kesan menyenangkan. Warna logo ini akan sangat sempurna untuk brand mainan, desain logo retro ala 50-an, dan snack.

BACA JUGA: Cara Kompres File Foto Secara Online dan Gratis

Format Logo yang Cocok untuk Segala Kebutuhan

Dalam pembuatan logo kamu harus memerhatikan format gambar yang akan digunakan. Hal ini penting karena nantinya logo akan digunakan di berbagai media promosi.

Ada dua format logo yang paling umum digunakan yaitu JPEG dan PNG. Nah, lalu format mana yang harus dipilih? Jawabannya adalah kamu harus tahu perbedaan keduanya.

JPEG:

  • Ukuran gambar lebih kecil
  • Tidak dapat diskalakan
  • Gambar kemungkinan pecah saat diperbesar
  • Background tidak transparan sehingga butuh diedit lagi  

PNG:

  • Ukuran gambar lebih besar
  • Memiliki skalabilitas lebih baik dari JPEG, tapi tetap terbatas
  • Gambar tidak mudah pecah saat diperbesar
  • Background transparan sehingga mudah bila ingin digunakan di banyak media 

EPS:

  • Ukuran gambar tergantung kondisi aset saat dikompres
  • Memiliki skalabilitas lebih fleksibel
  • Gambar tidak akan pecah saat diperbesar, dan dapat dipisah-pisah menjadi komponen tertentu
  • Background bisa transparan atau tidak, tapi dapat dipisahkan dari komponen logo utama
  • Hanya bisa dibuka dengan aplikasi editing seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw

9 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Online Gratis di HP dan Laptop

Bagi kamu yang mungkin tidak punya kemahiran dalam desain atau mengoperasikan software desain. Tidak usah khawatir karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi pembuat logo terbaik. Dengan aplikasi pembuat logo, walau kamu tidak bisa desain kamu tetap bisa membuat logo yang bagus.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi buat logo yang bisa kamu gunakan.

1. Canva

Aplikasi buat logo online gratis gampang dipakai

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Yap, aplikasi ini memang menyediakan banyak kebutuhan untuk desain termasuk logo.  

Di Canva, banyak tersedia template logo yang bisa kamu pilih dan kemudian kamu edit sesuai dengan keinginanmu. Baik itu menambahkan tulisan, mengganti warna, menambahkan objek, dan masih banyak lagi.

Template tersebut tersedia gratis, tapi bila kamu ingin pilihan template yang lebih banyak kamu bisa upgrade ke paket Canva Pro. Kamu bisa mengunduh logo yang sudah kamu buat tadi dalam format PNG atau JPG.

Saat ini Canva bisa diakses di Android, iOS, maupun juga laptop. 

2. Zyro Logo Maker

Situs buat logo online gratis

Jika kamu sedang mencari tools pembuatan logo terbaik gratis, Zyro Logo Maker adalah jawabannya. Situs pembuat logo ini sangat mudah digunakan dan dapat membantu kamu membuat logo yang keren dan profesional.

Caranya kamu cukup klik  Create Your Logo untuk memulai membuat logo dengan menggunakan banyak icon yang tersedia. 

Kamu bisa bebas menuangkan kreativitasmu melalui berbagai bentuk, ukuran, warna, maupun font. Setelah berhasil membuat logo yang diinginkan, kamu bisa langsung mengunduhnya dalam format PNG.

3. Visme

Aplikasi desain logo gratis

Ingin aplikasi pembuat logo online yang langsung menyediakan berbagai template siap pakai? Ada, kok! Kamu bisa menggunakan Visme. Di sini kamu bisa mengatur grafis, warna, font, dan lainnya. Yang asiknya lagi, Visme ada autosave dan daftar histori yang akan sangat membantu kamu saat membuat desain logo..

Logo yang kamu buat nantinya bisa kamu unduh dalam format JPEG, PNG, atau PDF.

4. Oberlo

Situs desain logo generator terbaik

Sebenarnya, Oberlo adalah perusahaan jasa dropshipping. Namun, mereka juga menyediakan beberapa tools marketing seperti pembuatan logo.

Untuk membuat logo di Oberlo, kamu cukup klik tombol Generate Logo, nantinya kamu akan masuk ke halaman pembuatan logo. Di halaman ini kamu bisa memilih berbagai macam desain untuk kamu pilih. 

Kamu juga bisa mengatur warna dan ukurannya. Setelah selesai mendesain, kamu bisa mengunduh logo dengan format PNG.

5. FreeLogoDesign

Aplikasi buat desain gratis

Aplikasi buat logo ini menyediakan lebih dari 1000 template. Untuk membuat logo di sini juga mudah, kamu tinggal klik Get Started untuk memulai, lalu memilih desain.

Selanjutnya kamu bisa mengedit sesuai dengan kreativitasmu. Setelah selesai, kamu dapat mengunduh file logo, nanti kamu akan langsung diarahkan ke halaman khusus untuk memilih resolusi.

Untuk paket gratis, resolusi yang disediakan adalah 200 x 200. Sementara, paket berbayar seharga 39 USD akan diberikan resolusi gambar hingga 5000 x 5000 piksel. Kamu juga bisa mendapatkan file berformat PNG, JPG, serta file SVG.

6. DesignEvo

Aplikasi pembuat logo online termudah

Dengan mengunjungi situs ini, kamu bisa membuat logo online gratis. Kamu juga tidak perlu susah payah membuat dari 0 karena sudah ada banyak template siap pakai. Yang kamu perlu kamu lakukan adalah klik salah satu template, lalu sesuaikan dengan keinginanmu. 

Setelah selesai kamu bisa mengunduh file dengan klik download. Kemudian akan muncul pilihan untuk mengunduh versi resolusi tinggi atau rendah. Namun, untuk resolusi tinggi kamu perlu membeli paket Basic seharga 24,99 USD.

7. Logo Maker

Aplikasi buat logo online di hp

Aplikasi pembuat logo di HP ini termasuk yang banyak digunakan karena memang sangat mudah dan menyediakan banyak pilihan template, warna, font, background, dan lainnya. Tidak hanya itu, ada juga beragam koleksi Art (sticker), Graphic Element, Shapes, Backgrounds & Textures yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo dengan singkat.

Tools yang tersedia di aplikasi ini juga banyak, mulai dari editing foto sampai editing teks seperti Flip, Rotate, 3D Rotate, Resize, Curve, dan banyak lagi.

8. Logo Maker Plus

Aplikasi pembuat desain logo di hp

Di aplikasi pembuat logo di HP ini ada ribuan elemen grafis dan opsi editing lainnya, seperti mengubah warna ikon, menambahkan tekstur, dan lainnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah menambahkan teks dan background.

Banyak orang yang senang menggunakan Logo Maker Plus karena dapat membantu mereka membuat logo. 

3. Logo Maker Shop: Creator

Aplikasi desain logo di hp android

Menawarkan 1000 template logo yang bisa kamu manfaatkan sebagai aplikasi pembuat logo untuk olshop. Ada juga berbagai fitur editing yang sangat membantu. Ada juga beberapa fitur seperti auto-save, undo/redo. 

Aplikasi ini juga mampu menghasilkan logo dengan resolusi tinggi. Namun, untuk pengguna gratis kamu hanya mengakses template.

Pertimbangan Hal Sebelum Memilih Tools Logo

Di atas kamu sudah lihat bawah ada banyak sekali aplikasi pembuatan logo. Pasti ada momen galau menentukan mana tools yang sebaiknya digunakan.

Nah, ada beberapa kriteria dalam menentukan logo perusahaan yang baik, seperti berikut ini:

  • UI yang intuitif: Antarmuka di tools mampu memandu kita membuat logo tanpa repot-repot harus belajar.
  • Fitur yang disediakan: Coba cari aplikasi yang cocok untuk pembuatan logo
  • Baca ulasan: Tidak ada salahnya membaca ulasan mengenai aplikasi sebelum kamu menggunakannya.
  • Value for money: Jika kamu tergiur untuk membeli fitur pro yang disediakan aplikasi. Kamu bisa pertimbangkan apa saja keuntungan tambahan dari uang yang kamu keluarkan untuk paket pro tersebut.

Itulah beberapa aplikasi pembuat logo dan apa saja hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat logo. 

Membuat logo juga kamu bisa masukkan ke dalam portofolio graphic designer lho, untuk digunakan melamar kerja di aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan desainer grafis yang menanti Anda dari berbagai industri. Melamar kerja di KitaLulus gratis dan kamu akan langsung terhubung ke WhatsApp HRD. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan gapai karir impianmu dengan #LebihMudah!

Close Pop up