Belum Tahu Imlek 2022 Tanggal Berapa dan Cara Mengucapkannya? Cek Di Sini! 

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Imlek menjadi perayaan penting dan dinantikan oleh masyarakat Tionghoa. Tiap tahunnya, tanggal perayaan Imlek berubah-ubah sehingga kita perlu tahu Imlek 2022 jatuh pada tanggal berapa, jangan sampai karena terlalu sibuk kerja kita sampai melewatkan perayaan ini atau lupa mengucapkan kepala kolega dan rekan kerja kita. 

Selain perlu tahu Imlek 2022 tanggal berapa, shio juga jadi hal yang menarik untuk kamu ketahui untuk melihat bagaimana keberuntunganmu tahun ini. Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini. Lengkap dengan kata ucapan selamat Imlek bahasa Mandarin yang bisa kamu sampaikan kepada kolega atau rekan kerja. Simak, ya!


Kapan Perayaan Imlek 2022?

Imlek 2022 tanggal berapa sudah ditetapkan secara resmi oleh Kementerian Agama. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, dan Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Diketahui, Imlek 2022 jatuh pada 1 Februari 2022 bertepatan pada hari Selasa.  Pada tahun ini, Imlek masuk ke tahun 2573.  Tahun baru Imlek juga masuk pada hari libur nasional 2022

Sedikit informasi untuk kamu, perhitungan tanggal jatuhnya tahun baru Imlek, atau juga disebut tahun baru China ditentukan dari kalender lunar, sehingga  Imlek akan jatuh pada tanggal yang berbeda tiap tahunnya dari kalender pada umumnya. 

Tahun baru dihitung berdasarkan pada hari pertama bulan pertama di kalender Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal ke 15 (di waktu bulan purnama). 

BACA JUGA: Daftar Libur Nasional dan Rekomendasi Tanggal Cuti 2022


Apa Shio 2022 dan Bagaimana Ramalannya?

Selain pertanyaan imlek 2022 tanggal berapa, ternyata banyak juga yang penasaran shio 2022 apa. Biar kamu tidak makin penasaran, KitaLulus kasih tahu, ya! Menurut astrologi kuno Chinta, shio 2022 adalah Macan Air. Tahun Macan Air adalah shio ketiga dalam 12 zodiak China. 

Karakter orang yang memiliki shio Macan memiliki sifat yang berani, kompetitif, tidak dapat diprediksi, dan percaya diri. Dengan kepribadiannya yang keras kepala, mereka dapat bekerja dengan aktif dan mengekspresikan dirinya dengan berani.

Mereka juga banyak disukai orang lain dan sangat menawan. Namun, terkadang mereka cenderung terburu-buru, mudah marah, dan terlalu ingin bersenang-senang. 


Lantas, bagaimana keberuntungan shio Macan dan shio lainnya di tahun ini berdasarkan ramalan China?

Pada tahun ini menurut ramalan, pemilik  shio Macan hanya akan dipandang biasa dan hambar. Karenanya, mereka akan sulit untuk mengembangkan karier dan berinovasi. Tidak cuma itu, jika kamu memiliki shio Macan, ada baiknya kamu menjaga hubungan baik dengan atasan dan juga harus menjaga hubungan yang harmonis dengan rekan kerja di kantor.

Namun, bagi shio lain, menurut para ahli Feng Shui dan astrologi yang dikutip dari thechinesezodiac.org meramalkan tahun Macan Air akan membawa perubahan signifikan bagi banyak orang.  Beberapa shio yang diramalkan beruntung dalam tahun ini adalah shio Kuda, Kerbau, Tikus, Anjing, Kelinci, Babi, Ayam Jantan.

Bagi shio Kuda, di tahun ini mereka akan mengalami peningkatan karier yang pesat, sementara bagi shio Kerbau diramalkan akan mendapatkan promosi posisi yang lebih tinggi. 

Pemilik shio Tikus di tahun ini kariernya akan memiliki perkembangan yang menjanjikan. Shio Anjing akan memiliki keberuntungan yang beragam dalam dunia karier, khususnya bila terlibat dalam profesi yang berhubungan dengan negosiasi dan kefasihan.

Di tahun ini, shio Kelinci akan mendapatkan pengakuan atas kerja keras yang selama ini ia lakukan.  Bagi shio Babi, keberuntungan untuk dapat promosi kerja menantimu di tahun ini. Terakhir, shio Ayam Jantan akan mendapatkan perkembangan karier atau bisnis yang sangat baik di tahun ini. 

Karena ini sifatnya hanya ramalan, kamu jangan langsung mudah percaya. Jika yang disampaikan baik, jadikan itu sebagai motivasi, namun bila yang disampaikan kurang baik, jadikan itu sebagai hal yang membuat kamu lebih berhati-hati dalam bertindak.


Ucapan Selamat Imlek 2022 untuk Rekan Kerja

Tahun baru Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Tidak ada salahnya kita memberikan ucapan selamat Imlek untuk kolega atau rekan kerja Tionghoa untuk menjalin hubungan baik. Kita dapat menyampaikan harapan baik untuk mereka. Ucapan ini bisa kamu sampaikan baik melalui chat maupun lewat kartu ucapan. 

Berikut ini beberapa ucapan selamat tahun Imlek 2022 untuk rekan kerja.

1. Selamat tahun baru, semoga Imlek 2573 membawa rezeki yang berlimpah dan kesehatan untuk Anda dan keluarga.

2. Selamat tahun baru China! Saya berharap semua pekerjaan Anda di tahun 2022 berhasil.

3. Selamat tahun baru Imlek 2022! Semoga tahun ini penuh dengan peluang besar.

4. Semoga kesehatan, kekayaan, dan kebahagiaan menghampirimu di tahun baru 2573.

5. Selamat tahun baru! Semoga Anda memulai awal yang baru dengan energi dan kepercayaan diri di sepanjang tahun ini.


Kamu juga dapat memberikan ucapan selamat Imlek dalam bahasa Mandarin. Bila kamu mungkin sudah akrab bahwa ucapan selamat Imlek dalam bahasa Mandarin itu gong xi fa cai, cobalah untuk menggantinya. Karena gong xi fa cai bukan berarti selamat tahun baru Imlek. Arti gong xi fa cai secara harfiah adalah selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran. Berikut ini beberapa ucapan selamat Imlek dalam bahasa Mandarin


1. Xinnian kuaile atau Xin Nian Kuai Le: Selamat tahun baru.

2. Xin Xiang Shi Cheng: Semoga keinginan Anda menjadi kenyataan.

3. Da ji da li:  Semoga banyak keberuntungan dan keuntungan!

4. Shen ti jian kang:  Semoga anda sehat selalu

5. Wan shi ru yi: Semoga semuanya berjalan baik dengan Anda!

6. Shi ye you cheng: Semoga karir Anda sukses!

7. Hu hu sheng wei:  Semoga Anda mendapatkan kekuatan seperti harimau.

8.Long teng hu yue: Semoga Anda makmur dan terus berkembang di tahun baru

9. . He jia huan le: Semoga bahagia untuk seluruh keluarga Anda.

10. Gong zuo shun li: Semoga pekerjaan anda berjalan lancar


Agar lebih mengena lagi, kamu juga bisa sampaikan ucapan dengan memberikan hadiah khas Imlek, seperti kue keranjang. 


Libur Imlek bisa jadi kesempatan kamu untuk cari-cari peluang kerja baru. Aplikasi KitaLulus bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Dengan fitur baru “Hanya untuk Kamu”, aplikasi KitaLulus akan merekomendasikan lowongan yang sesuai dengan profil dan pengalaman kerja. Untuk fresh graduate juga bisa, karena lowongan di KitaLulus banyak! Yuk, download aplikasinya sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up