Cara Buat Bullet Journal Buat Kamu yang Susah Manajemen Waktu dan Contohnya

Isi Artikel

Bullet journal- Jika kamu merasa kurang terorganisir atau kurang dalam manajemen waktu, membuat bullet journal adalah jalan keluar untuk mengatasi itu semua.  Dengan membuat bullet journal (BuJo) kamu tidak perlu lagi takut lupa jadwal atau to do list yang perlu kamu lakukan.

Tidak hanya sebagai jadwal atau to do list, di BuJo kamu juga bisa mencatat mood tracker, health tracker, movie recommendation, dan topik menarik lainnya. Yang pastinya, ini akan sangat membantu kamu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Membuat bullet journal juga tidak sulit, bahkan kamu juga bisa menuangkan ide-ide kreatif kamu dalam membuatnya. Penasaran ingin tahu tentang  bullet journal lebih jauh? Simak di artikel satu ini!

Apa Itu Bullet Journal?

Apa itu bullet journal

Bullet journal adalah metode yang dirancang untuk mengatur dan mendokumentasikan agenda dari kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan. Dengan menuliskan apa yang akan kamu lakukan di BuJo, kamu tidak perlu khawatir lagi lupa atau kurang terorganisir.

Metode pencatatan yang pertama kali dikenalkan pada 2013 ini bertujuan untuk membuat kamu lebih produktif, positif, dan kreatif. BuJo juga bisa menjadi tempat diary-mu untuk mengekspresikan diri sendiri.

Apa Fungsi Bullet Journal?

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa bullet journal berfungsi sebagai agenda dan diary. Tapi, selain itu juga ada beberapa fungsi lainnya dari bullet journal, berikut ini fungsi lainnya dari BuJo:

  • Tempat kamu menuangkan kreativitas baik itu untuk coret-coret atau berlatih menulis.
  • Mencatat semua kebiasaan, suasana hati, dan kemajuan diri
  • Menulis niat dan sasaran yang ini kamu tuju
  • Mengelompokkan sejumlah daftar di satu tempat
  • Tempat menampung inspirasi

Baca Juga: Trello Adalah Aplikasi yang Memudahkan Pengorganisasian Projek

Manfaat Bullet Journal untuk Meningkatkan Produktivitas

Manfaat membuat bullet journal

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan membuat bullet journal, terutama untuk membuat kamu lebih produktif., yaitu antara lain:

1. Membuat Lebih Terorganisir

Sering kali kita bingung apa yang harus dilakukan pada hari itu, sehingga hari jadi berlalu begitu saja, tanpa benar-benar melakukan hal yang berarti. Ini sering terjadi karena kita belum merencanakan apa yang perlu kita lakukan.

Nah, dengan menuliskan hal-hal yang perlu kita lakukan atau capai, ini akan membuat kita tahu apa yang harus kita lakukan dan bagaimana kita menjalani hari.

2. Jadi Lebih Tepat Waktu

Apakah kamu termasuk yang sering datang ngaret saat janjian? Wah, kalau iya kamu sangat harus membuat bullet journal, tidak mau dong bikin teman menunggu terus hingga kesal saat janjian denganmu?

Kejadian ngaret saat janjian bisa dikarenakan kamu tidak merencanakan pertemuan itu dengan baik, atau karena terlalu sibuk sampai tidak ingat. Dengan membuat bullet journal, kamu akan mencatat semua kegiatanmu sehingga akan mudah untuk mengingatnya.

3. Mengasah Kreativitas

Bullet journal itu sangat mungkin untuk kamu buat sesuai dengan ide-ide kreatifmu. Kamu bisa membuat bullet journal dalam berbagai bentuk dan tampilan sesukamu.  Hal ini tentu akan mengasa kreativitasmu. 

Kalau kamu tidak percaya, di media sosial banyak lho ditemukan komunitas bullet journal yang memamerkan kreativitasnya dalam membuat BuJo.

4. Membantumu dalam Mengingat Tujuan

Kamu pasti punya tujuan yang ingin diraih, di mana setiap harinya kamu berusaha agar semakin dekat dengan tujuan itu. Menulis bullet journal membantu kamu untuk mencatat pencapaian-pencapaian apa saja yang sudah kita raih setiap harinya untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Mengurangi Stres

Terlalu banyak kegiatan, terkadang membuat kita stress. Menulis semua hal yang kita lakukan akan sangat membantu dalam mengurangi stress.

Cara Membuat Bullet Journal

Untuk membuat bullet journal tidaklah susah, alat-alatnya sederhana dan bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat. Seperti apa itu? Coba intip di bawah ini!

1. Pilih Notebook dan Alat Tulis

Untuk membuat bullet journal, kamu harus mempersiapkan notebook dan alat tulis. Notebook memiliki berbagai ukuran, kamu bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Tapi, untuk bentuk notebook, kamu bisa pilih tipe grid atau dotted.

Kemudian untuk alat tulis, kamu bisa menggunakan pulpen dengan warna berbeda-beda agar semakin menarik. Kamu juga menambahkan ornamen lainnya agar bullet journal semakin menarik.

2. Membuat Bullet Journal Collection

Collection dalam BuJo ini bisa kamu isi apa saja, sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa isi dengan hal-hal terkait jadwal, minat, hobi, tujuan, dan banyak lagi. Beberapa contoh colletion yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Time table: Membantu dalam mengingat jadwal-jadwal dan kegiatan lainnya.
  • Goal tracker: Membantu untuk fokus mencapai goals.
  • Job tracker: Bagian ini membantu kamu untuk tidak lupa apa saja yang perlu dikerjakan dan diselesaikan

3. Buat Sekreatif Mungkin

Hal yang paling menyenangkan dari bullet journal adalah kamu bisa mengkreasikannya sesukamu.  Kamu bisa desain dengan warna-warna favoritmu atau warna-warna yang dapat meningkatkan mood.

Contoh Bullet Journal dan Ide Isiannya

Setelah tahu apa itu bullet journal dan manfaatnya, ini saatnya kamu bikin nih! Tapi, buat kamu yang kurang inspirasi, di bawah ini ada beberapa contoh bullet journal dan ide isiannya yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Contoh Bullet Journal Aktivitas

Contoh bullet journal aktivitas atau to do list

2. Contoh Bullet Journal Target

Contoh bullet journal target

3. Contoh Bullet Journal Jadwal Sekolah/Harian

Contoh bullet journal jadwal sekolah

4. Contoh Bullet Journal All-In-One

Contoh bullet journal all in one

5. Contoh Bullet Journal Materi Sekolah/Kuliah

Contoh bullet journal materi pelajaran

 

Sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir akan lupa jadwal karena sudah menggunakan bullet journal. 

Bullet journal juga bisa membantu kamu untuk lebih terorganisir. Ini akan sangat membantu kamu di dunia kerja. Kamu bisa lho menemukan pekerjaan hanya dari smartphone. yang kamu butuhkan hanya aplikasi KitaLulus.  Dengan KitaLulus melamar kerja lebih mudah, cepat, dan praktis. Yuk, download KitaLulus sekarang!

Close Pop up