Anti Biasa! Begini Cara Bungkus Kado Unik untuk Acara Akhir Tahun Kantor

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Tukar kado menjadi salah satu kegiatan penutup akhir tahun di banyak perusahaan sebelum libur tahun baru. Biasanya acara tukar kado ini ada syarat-syarat khusus termasuk bungkus kado unik. 

Selain membuat kado jadi terasa lebih spesial, bungkus kado yang unik bisa juga menambah keseruan acara. Sudah beli kadonya tapi kamu masih bingung gimana cara bungkus kado unik untuk acara tukar kado kantor? Tenang kali ini KitaLulus berbagai kreasi bungkus kado yang bisa kamu ikuti,  yuk lihat di bawah ini!


Cara Bungkus Kado Unik

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, tapi sebenarnya membungkus kado juga membutuhkan kreativitas tingkat tinggi.  Supaya kado jadi lebih menarik, mari kita kreasikan bungkus kado. Berikut ini beberapa kreasi bungkus kado unik yang bisa kamu coba sendiri.


1. Bungkus Kado Bentuk Baju Kemeja

Bungkus kado unik pertama yang bisa kamu coba adalah berbentuk baju kemeja. Bentuk kado ini mungkin sudah pernah kamu lihat, ternyata membuatnya tidak sulit, lho! Buat kamu yang mungkin pernah main origami, pasti bisa melakukannya. Cara membungkus kado bentuk baju sangat cocok untuk kado berukuran kecil dan sedang.



Bahan yang kamu butuhkan dalam cara membuat kado bentuk baju adalah kertas kado, selotip, gunting, double tip, dan teknik melipat kertas saja. Berikut ini langkah melipat kado bentuk baju kemeja. 


1. Pertama, lipat kertas kado menjadi dua bagian. Kemudian, satukan kedua bagiannya menggunakan selotip.

2. Langkah membungkus kado bentuk baju kemeja selanjutnya adalah melipat ujung kanan dan kiring sebesar 5 cm. Agar tidak salah kamu bisa mengukurnya pakai penggaris.

3. Lalu lipat ujung kanan dan kiri dan ke dalam.

4. Jika sudah,  selanjutnya kita beralih ke bagian bawah dengan melipatnya sekitar 7 cm.

5.  Rapikan bagian bawah dengan double tip.

6. Jika sudah, gunting bagian atas dengan ketinggian sesuai selera. Lalu lipat sampai 4 cm.

7. Selanjutnya  gunting bagian kanan dan kiri masing-masing 5 cm.

8. Bagian atas yang menjadi sisa, lipat hingga membentuk disisa dilipat jadi membentuk kerah baju Bisa kamu tambahkan hiasan lain juga loh, misalnya dasi atau pita.


Agar lebih mudah, kamu bisa menonton video berikut ini:


2. Bungkus Kado Unik Bentuk Paper Bag

Bungkus kado unik yang bisa dicoba selanjutnya adalah paper bag. Cara yang satu ini simpel karena kamu tidak perlu kotak, cocok sekali untuk jenis hadiah berbagai bentuk baik boneka, pakaian, bola, tas, dan lainnya. 

Untuk membuatnya kamu membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

  • Gunting
  • Double tip
  • Selotip
  • Perforator (pembolong kertas)
  • Pita
  • Kertas kado


Berikut ini langkah-langkah membuat kado bentuk paper bag.


1. Langkah pertama, siapkan kertas kado, lalu lipat dan pertemukan ujung sisi kanan dan kiri ke bagian tengah. Lalu lipat dan direkatkan menggunakan doubletip di bagian tengah.


2. Selanjutnya lipat kertas kado pada bagian bawah kira-kira 4 cm, kemudian buka lipatan tadi dan tekan dari bagian paling ujung hingga membentuk lipatan segitiga, lakukan juga dengan bagian sebelahnya.


3. Setelah itu, lipat bagian sisi bawah dan atas hingga saling bertemu. Rekatkan menggunakan double tip. Nantinya kamu akan mendapati bungkus ini terbungkus seperti bungkus yang digunakan sebagai wadah gorengan.


4. Selanjutnya, lipat ke dalam bagian kedua pinggirnya kira-kira 2 cm. Buka bagian atas dan rapikan, kemudian lipat ke dalam bagian pinggir sesuai pola yang sudah terbuat.


5. Kamu bisa memasukan hadiahmu dari bagian atas lalu untuk menutupnya, lipat sebanyak 2-3 kali kebagian bawah.  Kemudian lubangi kertas dengan perforator. Nantinya lubang ini akan menjadi beberapa bagian. Masukkan pita untuk menutup kado ini.


Masih bingung? Jangan khawatir. Kamu bisa melihat langkah-langkahnya dengan lebih jelas di video berikut:


BACA JUGA: Kartu Ucapan Natal Terbaik untuk Rekan Kerja dan Atasan


3. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Tas

Bungkus kado unik selanjutnya adalah bentuk tas. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • Kotak kado utama (bentuk persegi)
  • 1 buah pisau kater
  • 1 buah gunting
  • 1 buah double tip
  • 1 buah pulpen untuk membuat pola
  • Selotip
  • 1 lembar kertas manila berukuran 50×20 cm
  • Kertas kado
  • 1 buah aksesoris penghias


Jika bahan-bahan tersebut sudah siap, ikuti langkah-langkah bi bawah ini!


1. Langkah pertama, siapkan  kotak berbentuk persegi. Jika sudah, siapkan juga kertas bungkus kado. 


2. Selanjutnya, letakan kado yang sudah dibungkus dengan kotak pada bagian tengah kertas kado. Kemudian mulailah membungkus. Caranya lipat kebagian dalam ujung atas dan ujung bawahnya. Untuk merekatkan salah ujung gunakan selotip. 


Kamu bisa melipat bagian ujung kertas kado, agar bekas potongan nantinya tidak terlihat mencolok. Di bagian masing-masing ujung, lipat segitiga sedikit saja, jangan sampai membentuk bagian ujung yang runcing.



3. Sebelum sisi tengah ini direkatkan dengan selotip, rangkap bagian dalam dengan bentuk yang sama menggunakan kertas manila.

Supaya mendapatkan bentuk yang sama, rangkapkan kertas manila ke dalam lipatan segitiga. Kemudian tandai dengan pensil pulpen, kemudian barulah digunting.


4. Rekatkan pola dari kertas manila yang baru saja dibuat dengan bagian ujung segitiga menggunakan double tip. Sehingga  membentuk bola berlapis dengan kertas manila tadi. Lalu rekatkan ujung ini dengan ujung yang sebelumnya.


5. Jika sudah, sisihkan lebih dulu, selanjutnya kita buat untuk talinya. Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan sisa kertas kado tadi. Kamu hanya butuh melipat-lipatnya hingga membentuk seperti tali. Jika sudah, berikan perekat menggunakan double tip.  


6. Selanjutnya,  ambil bungkus kado. Rekatkan tali yang baru kita buat, langkah ini bisa kita lakukan bersamaan dengan merapikan bagian ujung kanan dan ujung kiri yang masih terbuka.  


Caranya lipat kebagian dalam dan rekatkan bersama dengan tali tas kado tadi menggunakan double tip. Kemudian tutup kedua ujungnya.



7. Supaya tampilan depannya lebih menarik, kamu bisa berikan hiasan atau aksesoris di bagian depan. Hiasan yang bisa kamu buat seperti bunga dari kain flanel maupun kreasi dari pita tali. Tempelkan aksesoris hiasan itu menggunakan double tip.


Lebih jelasnya, kamu bisa ikuti cara membuat bungkus kado unik bentuk tas di video ini:


4. Bungkus Kado Unik Bentuk Permen

 Bungkus kado yang satu ini tidak cuma unik tapi juga simpel dan mudah sekali dibuat. Untuk membungkus kado bentuk permen, siapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Kertas kado 
  • Tali pita
  • Gunting
  • Selotip 
  • Isi kado 


Bila bahan-bahan sudah siap semua, perhatikan langkah membuatnya berikut ini.

1. Siapkan kertas kado, kemudian gunting sesuai dengan besarnya isi kado yang diinginkan.

2. Bentuk isi kado memanjang dan tempatkan di atas kertas kado yang telah disesuaikan.

3. Gulung kertas kado dengan isi kado, lurus memanjang sesuai dengan bentuk isi kado yang telah dipersiapkan.

4. Rekatkan kado yang telah tergulung tersebut menggunakan selotip.

5. Setelah kado berbentuk memanjang, siapkan tali untuk mengikat bagian kedua ujungnya.

6. Gunakan selotip untuk mengikat bagian sisi sebelum ujung atau bagian akhir dari isi kado teraba.

7. Lakukan hal yang sama pada kedua sisi, setelah direkatkan keduanya, ikat menggunakan pita yang telah tersedia dan buat supaya terlihat cantik. 

Setelah selesai, kado bentuk permen ini siap diberikan. 


Kamu bisa saksikan video cara pembuatannya jika bingung. 


5. Cara Membungkus Kado Unik Bentuk Amplop

Bentuk amplop ini cocok kamu gunakan bila hadiah yang kamu berikan berbentuk voucher atau hadiah yang tidak terlalu tebal seperti buku. Bahan yang kamu butuhkan juga tidak banyak, cukup kertas kado, double tip, pita.

Berikut ini cara bungkus kado bentuk amplop.

1. Potong kertas menjadi persegi, tergantung pada ukuran objek, dan tempatkan pola menghadap ke bawah pada permukaan. Lipat kedua sisi vertikal kira-kira 1 cm /½ inci, pastikan kedua sisi lurus, sehingga lebar kertasnya sama.

2. Lipat di dua sudut atas untuk membuat titik tengah. Ini akan menjadi amplop.

3. Selanjutnya, lipat di tepi bawah untuk membentuk kantong amplop.

4. Lipat kembali kertas ke luar dan tambahkan selotip dua sisi ke lipatan dalam kedua sisi vertikal.

5. Lipat kembali tepi bawah ke dalam untuk membentuk bentuk kantung, dan tempelkan di tempatnya.

6. Letakkan hadiah di dalam saku, lalu segel titik tengah dari dua sudut atas dengan selotip dua sisi untuk membentuk flap.

7. Terakhir, tambahkan selotip dua sisi ke alas dan tempelkan ke bawah. Tambahkan pita dengan mengikatnya menjadi simpul sederhana.



6. Bungkus Kado Bentuk Segitiga

Tidak selalu harus kotak, kamu bisa membungkus kado berbentuk segitiga. Cara membungkus kado tanpa kotak ini tidak jauh berbeda dengan bentuk paper bag. 


Berikut bahan untuk membungkus kado berbentuk segitiga:

- Kertas kado

- Selotip

- Pita

- Gunting


Bila semua alat sudah tersedia, kamu langsung bisa mengikuti video tutorialnya berikut ini.


Pilihan bungkus kado unik di atas bisa kamu sesuaikan dengan hadiah yang kamu berikan. Supaya terasa lebih spesial, kamu juga bisa menyelipkan kartu ucapan.  

Itulah cara bungkus kado unik yang bisa kamu gunakan untuk acara akhir tahun kantor. Jika kamu berniat untuk mencari peluang kerja baru di tahun yang baru, kamu bisa temukan berbagai lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus! Lowongan di KitaLulus sudah terverifikasi jadi dijamin aman, selain itu, lamaran kamu juga bisa langsung masuk ke WhatsApp HRD sehingga kamu bisa follow up lebih mudah. Yuk, download aplikasinya sekarang di Play Store!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up