4 Cara Menggunakan Kalkulator TikTok untuk Cek Penghasilan

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Jika kamu suka membuat video di TikTok, lanjutkan dan jangan berhenti. Karena bukan hanya ketenaran yang akan kamu dapatkan, tapi juga uang. Untuk mengecek berapa uang yang telah kamu hasilkan, kamu bisa menggunakan kalkulator TikTok.

Tidak hanya membantu kamu untuk mengetahui jumlah penghasilan, kalkulator TikTok juga bisa melihat statistik dari konten kita. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang kalkulator TikTok, mari simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Cara Mendapatkan Penghasilan di TikTok

Cara mendapat penghasilan dari kalkulator tiktok

Sebelum kita lebih dalam membahas tentang kalkulator TikTok, ada baiknya kita bahas lebih dulu tentang bagaimana cara menghasilkan uang di TikTok. 

Tidak seperti Youtube, dimana content creator bisa mendapatkan uang dari adsense, untuk mendapatkan uang di TikTok sama seperti Instagram yaitu melalui endorsement. Untuk mendapatkan endorsement, ada tiga faktor yang menentukan, yaitu pengikut, jumlah like, dan interaksi (engagement).

Selain melalui endorsement, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan TikTok dari Payout Coins atau Donasi. Fitur payout coins atau donasi adalah fitur yang akan muncul saat kamu melakukan live streaming di TikTok dan kamu bisa meminta donasi dari orang-orang yang menyaksikan siaranmu.

Apa Itu Kalkulator TikTok?

Kalkulator TikTok adalah sebuah aplikasi yang membantu kita untuk menganalisis dan mengetahui estimasi penghasilan yang kita dapatkan di TikTok. Keberadaan aplikasinya ini sangat membantu content creator dalam mengetahui berapa jumlah uang yang didapat dari video TikTok yang mereka upload.

Aplikasi ini, juga membantu pemilik bisnis untuk mengetahui seberapa layak akun TikTok tersebut memasarkan produk. 

Dari aplikasi ini, pemilik bisnis bisa mengetahui engagement, jumlah followers, jumlah konten, dan likes. Dengan begitu pemilik bisnis bisa dengan tepat memilih content creator mana yang mereka gunakan untuk mempromosikan produk.

Baca juga: 11 Cara FYP di TikTok dengan Cepat & Jam Upload Terbaiknya

Bagaimana Cara Kerja Kalkulator TikTok?

Cara kerja kalkulator TikTok cukup sederhana, kamu hanya perlu memasukan username di kalkulator TikTok maka dengar cepat sistem akan membaca semua aktivitas di profil, mengekstrak semua konten, dan memperkirakan keterlibatan rata-rata. Kemudian dalam hitungan detik, algoritma akan menilai setiap parameter secara terpisah.

Jumlah like, komentar, di TikTokmu akan dicocokkan dengan profil lain di niche untuk meminimalkan bias. Selanjutnya angka tersebut dibagi dengan jumlah keseluruhan penanyakan di semua video terbaru. Selanjutnya adalah mengalikan dengan 100 untuk memberikan perkiraan persentase.

Supaya kamu lebih paham cara kalkulator Tiktok bekerja, berikut ini contoh perhitungan kalkulator Tiktok dari salah satu influencer:

Contoh perhitungan penghasilan kalkulator tiktok

Cara Menggunakan Kalkulator TikTok

Untuk menggunakan kalkulator TikTok sebenarnya kamu bisa memilih salah satu dari banyak tools yang bisa kamu temukan di internet. Berikut ini cara menggunakan kalkulator TikTok dengan berbagai tools tersebut.

1. Exolyt

cara menghitung penghasilan Tiktok dengan Exolyt

Kalkulator uang tiktok Exolyt sangat banyak digunakan oleh content creator TikTok. Exolyt sendiri adalah alat analitik TikTok yang membantu influencer, pebisnis, dan content creator untuk dapat mengoptimalkan TikTok mereka. 

Ada banyak fitur kalkulator uang TikTok yang satu ini, mulai dari menampilkan data total like, jumlah pengikut, total konten yang diunggah, dan estimasi penghasilan dari setiap video yang dimiliki suatu akun.

Dengan Exolyt, kamu bisa mendapatkan laporan terkait engagement rate, tren terbaru, membandingkan kompetitor, analisis video, dan memantau marketing campaign secara otomatis.

Cara menggunakan kalkulator TikTok Exolyt adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs www.exolyt.com di browsermu.
  • Setelah berhasil dan kamu menemukan kolom penghitungan penghasilan TikTok, masukkan nama akun TikTokmu dan kemudian klik tombol “Calculate earnings/Hitung Penghasilan”.
  • Sistem akan melakukan kalkulasi, tunggulah beberapa saat hingga proses selesai dan menampilkan hasil rata-rata dari akun TikTokmu.

Kamu dapat mengakses Exolyt secara gratis tanpa perlu mendaftar.

Baca juga: 8 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah

2. Feed Pixel

cara hitung uang di Tiktok dengan Feed Pixel

Cari tahu penghasilan TikTok juga bisa kamu lakukan dengan mengunjungi situs Feed Pixel. Untuk menggunakannya, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Kunjungi situs feedpixel.com.
  • Masukkan nama pengguna TikTok yang ingin kamu analisis pada kolom "TikTok username", centang juga "I'm not a robot", dan klik "Calculate".
  • Tunggu sampai proses selesai kurang lebih 3-5 detik.
  • Setelah itu kamu akan melihat statistik akun tersebut.

3. Likigram

cara pakai Likigram untuk hitung penghasilan Tiktok

Kamu juga bisa menggunakan Likigram untuk kalkulator uang di TikTok. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka situs www.likigram.com dan pilih menu TikTok Money Calculator.
  • Lalu masukkan nama akun TikTok yang ingin kamu cek.
  • Tunggulah beberapa detik sampai proses selesai, selanjutnya kamu bisa mengetahui hasilnya.

4. Influencer Marketing Hub

Cara menghitung penghasilan Tiktok dengan Influencer Marketing Hub

Kalkulator TikTok lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Influencer Marketing Hub. Berikut ini caranya.

  • Kunjungi situs influencermarketinghub.com/tiktok-money-calculator.
  • Masukkan nama akun TikTok pada kolom "Entery your TikTok Username".
  • Klik enter dan sistem pun akan menarik data yang ada.
  • Setelah itu akan muncul hasil data statik dari akun yang kamu cari tadi.

Baca juga: Edit Video TikTok Ternyata Bisa Tanpa Aplikasi Lho! Yuk Intip Caranya

Cara Menarik Uang di Kalkulator TikTok

Setelah kamu mengetahui berapa penghasilan TikTok dari akunmu, lalu bagaimana cara mengambil uang kalkulator TikTok?  Jawabannya, walaupun bisa mengetahui estimasi pendapatan, kalkulator TikTok tidak  bisa mencairkan uang tersebut karena TikTok Money Calculator hanyalah mesin analitik.

Namun, untuk mengambil penghasilan TikTok, kamu bisa langsung membuka TikTok dan mencairkan koin ke rupiah, ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok di smartphone kamu
  • Login dengan akun kamu
  • Klik Profil Saya (Me)
  • Pilih ikon Rupiah (Rp)
  • Kemudian pilih Ya
  • Klik Tarik Saldo
  • Pilih nominal saldo yang ingin kamu tarik
  • Klik Tarik Saldo
  • Masukkan dompet digital seperti DANA atau OVO untuk menerima saldo TikTok
  • Selesai

Nah, itulah dia serba serbi kalkulator TikTok yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui hal ini, apakah kamu semakin tertarik untuk menjadi content creator TikTok?

Peluang karier menjadi content creator TikTok juga bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus. Di sana ada banyak perusahaan yang mencari anak muda kreatif sepertimu. Di KitaLulus, kamu bisa langsung masukkan lamaranmu ke WhatsApp HRD sehingga kamu tidak perlu takut di-ghosting. Semua lowongan juga sudah terverifikasi aman. Yuk, download KitaLulus sekarang dan dapatkan pekerjaan impianmu dengan #LebihMudah!

Close Pop up