Edit Video TikTok Ternyata Bisa Tanpa Aplikasi Lho! Yuk Intip Caranya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Edit video TikTok– Salah satu cara agar video kamu bisa masuk FYP di TikTok adalah video tersebut harus bagus dan menarik. Nah, untuk itu sebaiknya kamu edit video TikTok sebelum upload.

Sekarang, nggak susah kok buat ngedit video seperti editor andal, apalagi sekarang kamu bisa mengandalkan aplikasi gratis yang tersedia secara online. Penasaran bagaimana mengedit video TikTok supaya bisa masuk FYP? Simak di bawah ini, ya!

Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik

Aplikasi edit video tiktok terbaik

Jika kamu perhatikan, video-video yang berhasil masuk FYP adalah video yang punya menarik dan berkualitas. Oleh sebab itulah kamu perlu mengedit video TikTok dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini.

1. Vizmato

Aplikasi editing video TikTok  satu  ini punya keunggulan pada fitur filler dan themes.  Setidaknya ada 20 filter yang bisa kamu temukan di aplikasi ini. 

2. VideoShop

Aplikasi edit video TikTok ini cukup populer lho. Videoshop bisa memberikan Anda kemudahan dengan fitur sinkronisasi baik itu video dan suara.

3. InShot

Kamu bisa mengedit video TikTok tanpa watermark di InShot. FItur-fitur yang dihadirkan juga lengkap tidak kalah dengan aplikasi lainnya.

4. VN

Aplikasi editing video TikTok gratis satu ini banyak dipilih oleh para content creator. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit transisi, effects, slow, motion, dan banyak lainnya.

5. CapCut

Aplikasi edit video TikTok yang belakangan sering digunakan oleh para content creator TikTok. Hal ini tidak mengherankan karena aplikasi ini menyediakan  berbagai effect, mengatur kecepatan video dan begitulah. 

BACA JUGA: Cara Belanja Dana pakai E Wallet di TikTok Shop

Bagaimana Cara Edit Video TikTok Tanpa Aplikasi?

Cara edit video tiktok tanpa aplikasi

Jika kamu tidak ingin mendownload aplikasi editing video, tenang kamu masih bisa edit video TikTok tanpa aplikasi. Caranya kamu cukup memanfaatkan berbagai fitur editor yang tersedia di aplikasi TikTok.  Kamu bisa menambahkan efek, filter, menambahkan musik, dan berbagai hal lainnya.

Untuk tahu lebih jelasnya, coba intip tutorial editing video TikTok tanpa aplikasi di bawah ini!

1. Mengatur Kecepatan Video

Cara edit video TikTok pertama adalah kamu bisa mengatur kecepatan video. Setelah kamu memilih video yang ingin diupload, kamu bisa menyesuaikan kecepatan video. 

Untuk melakukannya, kamu cukup sentuh ikon jarum jam yang ada di pojok kanan bawah dan pilih kecepatan video mulai dari 0,5x, 1x, hingga 2x. Setelah selesai, kamu bisa lanjut mengedit dengan klik tombol "Next" atau berikutnya.

2. Menambahkan Teks

Selain mengatur kecepatan, kamu juga bisa menambahkan teks di video TikTok sehingga para penonton video bisa semakin paham dengan video tersebut.

Cara menambahkan teks di video TikTok yaitu dengan klik menu "Teks" dan kamu bisa menambahkan teks yang sesuai dengan video tersebut. Bukan cuma itu, kamu juga bisa menambahkan variasi teks dengan berbagai font dan warna yang menarik.

3. Memasukkan Musik

Video TikTok tidak pernah lepas dari musik. Nah, agar bisa masuk FYP kamu juga perlu menambahkan musik viral ke dalam video. Caranya adalah dengan klik menu "Sounds" yang ada di pojok kiri bawah dan pilih musik yang kamu inginkan. 

Kamu juga bisa memilih beberapa bagian dari musik tersebut dengan durasi 15-60 detik.

4. Menambahkan Suara

Jika kamu ingin dalam video tersebut ada suaramu, kamu  bisa kok menambahkannya dengan cara pilih menu "Voiceover" dengan ikon microphone yang ada di sebelah kanan. Kamu juga masih bisa lho mengedit suara dengan cara klik "voice effects".

5. Menggunakan Filter

Tidak cuma menambahkan teks dan musik, agar video semakin menarik kamu juga bisa menambahkan filter.

Cara menambahkan filter di video TikTok cukup dengan klik tombol Effects yang ada di samping kanan layar, lalu kamu hanya tinggal pilih filter sesuai keinginan. Filter yang bisa ditambahkan bukan hanya satu loh, tapi beberapa disetiap video.

6. Memasukkan Transisi Video

Untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu gerakan apik. Kamu bisa memasukkan video transisi, caranya cukup klik Effects dan dibagian bawah pilih "Transition". Ada banyak pilihan transisi kamu bisa pilih yang sesuai dengan keinginanmu. 

7. Memberi Stiker

Cara mengedit video TikTok berikutnya adalah dengan memasukkan stiker lucu dan unik. Kamu bisa klik "Stickers" untuk menambah stiker ini. Ada banyak tambahan stiker yang bisa kamu gunakan.

Itulah berbagai cara edit video TikTok yang bisa kamu pilih. Semoga setelah kamu mengedit berbagai konten. kamu bisa masuk FTP. 

Kemampuan kamu buat konten dan mengeditnya bisa jadi nilai tambah bagi kamu dalam melamar kerja. Kamu bisa memasukkan lamaran menjadi content creator ke KitaLulus.  Ada banyak lowongan yang menantimu, jadi yuk download aplikasinya sekarang!

Close Pop up