11 Cara FYP di TikTok dengan Cepat & Jam Upload Terbaiknya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Bagi content creator, videonya bisa masuk FYP adalah sebuah harapan. Pasalnya, dengan masuk FYP kesempatan konten untuk viral semakin tinggi dan pengikut akan bertambah. Oleh karena itu, penting mengetahui cara FYP di Tiktok dengan cepat.

Untuk bisa tampil di FYP atau For You Page Tiktok sendiri bukanlah hal yang mudah, kamu harus membuat konten sedemikian rupa dan menguploadnya dengan trik-trik tertentu. Jika kamu ingin tahu, coba yuk ikuti caranya di bawah ini!

Apa Itu FYP Tiktok?

Apa itu FYP tiktok

Bagi kamu yang belum tahu, FYP Tiktok adalah singkatan dari 'For You Page', yaitu deretan video rekomendasi yang akan muncul pertama kali saat kita membuka aplikasi Tiktok. Video yang muncul di FYP adalah video rekomendasi, biasanya video-video yang berhasil muncul di FYP bisa menjadi viral.

Perlu kamu ketahui, halaman FYP berbeda dengan halaman Following. Maksudnya, pada halaman following, video yang muncul adalah video dari akun-akun yang memang kita ikuti.

Nah kalau FYP, video yang muncul berdasarkan tingkat kepopuleran dan algoritma Tiktok. Sehingga video yang muncul di FYP bisa apa saja yang sedang viral berdasarkan preferensi konten akunmu.

Baca juga: Main TikTok Bisa Dapat Uang? Begini 4 Cara Ceknya di Kalkulator TikTok

Cara Kerja Algoritma FYP Tiktok

Cara kerja algoritma fyp tiktok

Seperti yang sudah disinggung di atas, video FYP dipengaruhi oleh algoritma. Memang bagaimana sih cara kerja algoritma FYP Tiktok? Ok, jadi algoritma Tiktok  menggunakan sistem open social network.

Dalam sistem ini, kamu akan dapat berbagai rekomendasi video unggahan dari pengguna lainnya, selama akun tersebut tidak di-private.

Cara kerja algoritma Tiktok sendiri ada 3 tahap, yang membantu penggunanya untuk mengembangkan akunnya, yaitu:

1. Interaksi dengan User

Saat ini, algoritma Tiktok hampir sama dengan Instagram di mana Tiktok akan merekomendasikan video berdasarkan interaksi pengguna dengan konten. 

Cara kerja algoritma FYP Tiktok di level ini sebagai berikut: jika pengguna sering berinteraksi dengan akun atau konten tertentu, maka dia akan lebih sering melihat konten dari akun tersebut atau yang serupa.

Setelah video diunggah, algoritma akan membagikannya kepada pengguna dalam kelompok kecil. Pengguna-pengguna ini merupakan mereka yang dianggap Tiktok lebih mungkin untuk berinteraksi dengan konten berdasarkan behaviour saat menggunakan Tiktok.

Jika pengguna tersebut menyukainya, misalnya menonton video sampai habis atau membagikannya ke pengguna lain, algoritma Tiktok kemudian akan mendistribusikannya ke pengguna lain yang dianggap memiliki minat serupa dengan kelompok pengguna pertama.

Proses ini dilakukan secara berulang dan jika respons yang didapatkan bagus, maka video tersebut bisa masuk FYP dan viral. Agar lebih paham, kamu bisa tengok diagram yang sudah dibuat KitaLulus di bawah ini:

Cara kerja algoritma FYP Tiktok konten Kitalulus

2. Informasi Video

Cara algoritma FYP Tiktok juga dipengaruhi oleh informasi dalam video tersebut, mulai dari caption, hashtag, dan audio yang digunakan. Untuk caption, usahakan tidak terlalu panjang dan tambahkan juga hashtag yang relevan.

3. Pengaturan Akun

Apakah kamu ingat, saat pertama kali mendaftar, kamu diminta untuk memilih apa saja topik yang kamu sukai. Nah, berbekal dengan informasi itulah Tiktok membagikan video. Bila kamu merasa video tersebut tidak sesuai dengan yang kamu sukai, kamu bisa mengaturnya lagi di bagian profile.

Baca juga: 8 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah

Bagaimana Cara FYP di Tiktok?

Tips dan trik upload konten Tiktok biar masuk FYP

Setelah kamu memahami bagaimana cara kerja algoritma FYP Tiktok, sekarang mari kita cari tahu bersama bagaimana cara FYP dI Tiktok.

1. Upload Video pada Jam Ramai (Prime Time)

Cara FYP di Tiktok pertama adalah coba cari tahu jam berapa biasanya banyak orang mengakses Tiktok.  Dilansir dari Influencer Marketing Hub, jadwal upload Tiktok agar FYP adalah pada jam siang hari dan sore hari.

Untuk lebih jelasnya terkait kapan waktu terbaik upload video Tiktok yaitu sebagai berikut:

  • Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  • Rabu: 11.00 WIB, 19:00 WIB, 20.00 WIB, 
  • Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jum'at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

2. Buat Caption yang Memancing Interaksi

Caption harus dibuat dengan menaik yang benar-benar relevan dengan video yang kamu upload. Selain itu juga memancing interaksi atau komentar dari pengguna lainnya. Sebagai tips, kamu bisa membuat caption yang berisi pertanyaan. Ini bisa jadi cara FYP di Tiktok dengan cepat.

3. Ikuti Tren dan Challenge

Tiktok terkenal dengan video challenge dan tren menarik yang dibuat oleh pengguna. Nah, ketika sebuah tren atau challenge sedang viral, kamu bisa mencobanya dan menguploadnya. Dengan mengikuti tren dan challenge kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus followers, lho! Ini termasuk cara FYP di TikTok dengan cepat.

4. Coba Gunakan Audio yang Viral

Selain mengikuti tren, cara agar video Tiktok FYP adalah kamu perlu memilih audio yang tepat. Oleh sebab itu, sebelum kamu mengupload videomu ke Tiktok, pelajari lagi musik apa yang sedang viral namun tetap bisa sesuai dengan isi konten.

5. Gunakan Hashtag yang Tepat

Cara optimasi konten Tiktok agar FYP adalah gunakan hashtag yang banyak digunakan. Jangan hanya gunakan satu hashtag tapi cobalah 3-5 hashtag. Penggunaan hashtag ini akan membantu pengguna saat melakukan pencarian.

Kamu bisa menggunakan hashtag #foryou #FYP #foryoupage. Penggunaan hashtag tersebut dianggap mampu membuat video Tiktok semakin banyak penontonnya. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hashtag dari challenge atau tren yang sedang viral di Tiktok.‍

6. Kolaborasi dengan Akun Lainnya

Berikutnya cara FYP di Tiktok adalah, kamu bisa melakukan duet dengan akun lainnya. Hal ini karena video kolaborasi akan membantu exposure dari videomu. Ada beberapa ide menarik yang bisa kamu buat, misalnya duet menyanyi atau menari.

7. Jangan Berpatok pada Kuantitas Video

Cara FYP di TikTok lainnya adalah jangan berpatok pada kuantitas video, di mana video tersebut sebenarnya tak terlalu berkualitas. Pemikiran bahwa semakin banyak konten yang diunggah, maka peluang masuk FYP semakin besar, itu kurang tepat. Alih-alih spamming, lebih baik kamu membuat video yang benar-benar berkualitas.

8. Buat Konten yang Berkualitas

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu harus membuat konten yang berkualitas sebagai cara FYP di TikTok. Jangan mengunggah video yang kualitas gambarnya rendah dan buram. Akan lebih baik lagi jika kamu meningkatkan skill editing agar video kamu semakin menarik ditonton.

9. Buat Video dengan Durasi Pendek

Meski kini kamu bisa mengunggah video di Tiktok dengan durasi panjang, namun umumnya pengguna akan lebih suka menonton video yang berdurasi pendek, yaitu kurang dari 1 menit. Guna menyiasati agar orang mau menonton video kamu hingga selesai, tambahkan unsur menarik di bagian awal video.

10. Berinteraksi dengan Followers

Hal sederhana namun bisa menjadi salah satu cara agar video TikTok FYP adalah berinteraksi dengan followers. Yup, kamu bisa memberikan like, membalas comment mereka, sehingga engagement kamu meningkat.

11. Mengikuti Akun Centang Biru

Tahukah kamu, mengikuti akun centang biru juga menjadi cara FYP di TikTok dengan mudah, lho! Asalkan, kamu sudah mempunyai konten kreatif yang berkualitas sebelumnya. Mengapa?

Sebab dengan follow akun-akun centang biru, maka followers dari mereka kemungkinan juga akan melihat videomu sehingga akun Tiktok mu berkesempatan menjadi populer dan bisa masuk FYP.

Baca juga: Apa Itu Monetisasi? Cek Keuntungan dan Cara Melakukannya

Berkarir Menjadi Social Media Specialist, Apakah Menarik?

Mengetahui cara FYP di Tiktok bisa menjadi bekal kamu untuk berkarir menjadi social media specialist. Seperti yang kita tahu, saat ini media sosial tidak bisa dilepaskan dari kegiatan digital marketing. 

Oleh sebab itu perusahaan akan merekrut social media specialist . Di mana tugas seorang social media specialist antara lain merencanakan strategi konten, berinteraksi dengan audiens, melakukan optimasi media sosial, menganalisis bagaimana kinerja konten yang diupload. dan beberapa tugas lainnya. 

Selain semakin dibutuhkan, karir menjadi social media specialist juga bisa mendapatkan gaji tinggi, berkisar antara 7 sampai 8 juta.

Beruntungnya, sekarang untuk menemukan lowongan social media specialist tidaklah sulit. Kamu bisa mengandalkan aplikasi KitaLulus yang punya 92.000 loker lebih dari berbagai perusahaan dan industri. Kamu cukup download di PlayStore, kemudian bisa langsung melamar ke berbagai perusahaan.

Punya passion di dunia Tiktok, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya? Ayo, jangan ditunda-tunda cari kerjanya! Install KitaLulus sekarang dan gapai karir cita-citamu dengan #LebihMudah!

Itulah penjelasan tentang beragam cara FYP di TikTok dengan mudah. Yuk coba praktikkan sekarang!

Close Pop up