5 Cara Membuat Podcast dan Ide Terpopuler yang Bisa Kamu Tiru

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Cara membuat podcast– Buat kamu yang punya minat di dunia penyiaran atau content creating, menjadi podcaster adalah salah satu bidang karir layak digemari. Cara membuat podcast juga tidak sesulit dulu,  sekarang ini sudah banyak tersedia alat dan aplikasi yang mendukung pembuatan podcast. 

Seorang pemula sekalipun bisa membuat podcast dan mengunggahnya ke layanan streaming audio. Kalau kamu tertarik untuk memulai karier di dunia podcast, coba yuk intip cara membuat podcast dari A sampai Z di artikel ini!

5 Cara Membuat Podcast Untuk Pemula

Cara membuat podcast untuk pemula

Tahukah kamu, menurut data dari Brandastic.com ada 49% orang mendengarkan podcast saat di rumah, 22% saat mereka mengemudi, 11% sambil bekerja, 8% ketika olahraga. Melihat angka tersebut pasti sangat menjanjikan untuk kamu yang ingin memulai karier menjadi podcaster. 

Berikut ini cara membuat podcast untuk pemula.

1. Menentukan Topik dan Membuat Skrip

Akan seperti apa podcast mu? Apakah sekadar untuk berbagi cerita, atau ingin memberikan impact kepada pendengarmu? Dari sini, kamu bisa mempunyai gambaran ide podcast seperti apa yang harus kamu garap.

Misalnya, kamu ingin membuat podcast berkaitan dengan isu mental health, maka kamu harus mempelajari seperti apa mental health itu dan bagaimana isu yang berkembang di masyarakat tentang hal tersebut.

Dari tahap ini kamu juga jadi tahu, siapa target dari podcast mu, konten yang relevan untuk diangkat, frekuensi upload, dan sebagainya.

Setelah kamu menemukan ide konten, tuangkan dalam skrip. Ini sangat penting agar kamu tidak lupa apa yang harus dibicarakan, pembahasan tidak menjadi melebar dari topik, dan menjaga durasi podcast agar tidak terlalu panjang. Jika kamu takut skrip membuat kaku karena membaca, kamu bisa membuat kerangka pembahasan atau list hal-hal yang ingin dibahas. 

2. Alat yang Harus Disiapkan untuk Membuat Podcast

Persiapan membuat podcast

Cara membuat podcast berikutnya adalah mempersiapkan peralatan audio yang menunjang proses produksi podcast. Untuk awal-awal kamu tidak perlu menyiapkan alat yang kompleks, cukup pergunakan peralatan yang sederhana, seperti berikut ini:

a. Mikrofon

Alat ini adalah kunci utama dalam pembuatan podcast. Sedikit tips untuk kamu, jika ingin menghasilkan suara yang lebih jernih sebaiknya gunakan mikrofon analog. Namun, kamu memerlukan audio interface sebagai alat tambahan untuk mengkonversi audio dari analog ke digital. 

Tapi kamu bisa juga menggunakan mikrofon ponsel yang kualitasnya juga tidak kalah baik.

b. Laptop atau Ponsel

Laptop atau ponsel diperlukan untuk proses editing dan pengunggahan. Setelah berhasil merekam podcast, tentu kamu perlu memotong dan memberikan efek pada audio yang bisa kamu lakukan dengan software editor suara, seperti Adobe Audition atau Reaper. 

Tidak cuma menggunakan laptop, kamu juga bisa menggunakan ponsel untuk mengedit dan mengunggah podcast. Sekarang sudah banyak aplikasi gratis untuk mengedit suara di ponsel. Proses upload podcast juga bisa kamu lakukan di ponsel. 

3. Mulailah Merekam

Cara merekam podcast yang menarik

Skrip siap, alat siap sekarang saatnya kamu mulai merekam podcast-mu. Pastikan lokasi tempat kamu merekam podcast tidak terlalu berisik atau kedap suara agar kualitas podcast bagus dan tidak mengganggu kenyamanan pendengar.

Oh iya, saat kamu merekam podcast, tidak apa untuk melakukan improvisasi dari skrip yang sudah kamu siapkan agar hasil tidak terkesan kamu dan tetap nyaman didengarkan.

4. Edit Hasil Rekaman Suara

Sebelum mengunggah hasil rekaman podcast, ada baiknya kamu mengedit konten podcast terlebih dulu. Proses edit ini dilakukan agar konten terdengar lebih baik dan rapi.

Dalam proses editing, kamu bisa melakukan cutting bagian-bagian yang kamu rasa tidak perlu atau ternyata banyak noise dari luar.

Kamu juga bisa menambahkan efek suara tertentu untuk mendukung topik pembicaraan, biar pendengar tidak cepat bosan, hehehe…

5. Upload Podcast ke Situs Terpilih

Cara membuat podcast terakhir adalah meng-uploadnya ke layanan audio streaming. Saat ini ada banyak layanan yang paling banyak digunakan orang untuk mendengarkan podcast, mulai dari Spotify sampai Anchor!

Cara Membuat Podcast di Berbagai Aplikasi

Cara membuat podcast di spotify

Setelah tahu bagaimana cara membuat podcast dari A sampai Z, sekarang saatnya kamu tahu cara publish atau mengunggahnya ke internet! Ada berbagai aplikasi podcast favorit yang bisa kamu jadikan media upload, berikut panduannya.

1. Cara Membuat Podcast di Spotify

  • Buka halaman Spotify for Podcaster, login dengan akun Spotify mu
  • Klik "Get Started" di halaman depan atau "Submit Your Podcast".
  • Baca "Term and Conditions", kemudian centang untuk setuju lalu klik "Continue".
  • Masukkan link RSS feed di kotak yang tersedia.
  • Agar lebih menarik, berikan judul dan cover podcastmu, lalu klik "Next".
  • Kamu bisa menambahkan kategori, nama negara, bahasa, atau penyedia layanan di bagian "Add Podcast Info".
  • Jika sudah selesai, klik "Next".
  • Sebelum finalisasi, coba cek kembali podcast yang ingin kamu unggah. Jika sudah yakin, klik "Submit".

2. Cara Membuat Podcast di JOOX

  • Masuk ke laman musicblast.id dan buat akun dengan "Sign Up" lalu buat akun dengan cara Pilih opsi "Single" bila podcastmu hanya terdiri satu episode. Tapi jika kamu punya beberapa episode podcast yang ingin diupload kamu pilih opsi "Album".
  • Selanjutnya isi data podcast seperti judul, bahasa, sampai deskripsi kemudian klik "Simpan".
  • Agar podcastmu lebih menarik, coba tambahkan image cover dengan resolusi 1440 x 1440 pixel. Setelah itu, pilih "Store" lalu pilih opsi publikasi aplikasi JOOX. Kemudian klik "Publish".
  • Cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar tadi untuk mendapatkan invoice pembayaran biaya publikasi. Biaya untuk publikasinya sendiri gratis, kamu hanya perlu konfirmasi email saja. 
  • Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, Musicblast akan mengirimkan email mengenai pembayaran dalam 2-3 hari.
  • Terakhir, jika proses publikasi berhasil kamu bisa langsung cek aplikasi JOOX.

3. Cara Membuat Podcast di Aplikasi Anchor.fm

Sekarang, kamu juga bisa langsung membuat podcast dan mempublikasi sekaligus ke beberapa aplikasi dengan aplikasi Anchor. Berikut ini langkah-langkah membuat podcast dengan aplikasi Anchor.

  • Unduh aplikasi Anchor di Play Store atau App Store. Atau kamu juga bisa buka website anchor.fm.
  • Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung klik login atau jika belum kamu bisa buat akun dengan pilih sign up.
  • Setelah berhasil masuk ke aplikasi Anchor, klik menu record untuk mulai mereka podcast. Atau kamu bisa pilih menu library untuk mengupload podcast yang ada di perangkatmu.
  • Jika kamu sudah selesai merekam, kamu bisa mengedit dengan menambahkan background musik. Lalu, klik tombol Save.
  • Klik publish bila kamu ingin langsung mempublikasi podcastmu. 
  • Tambahkan judul episode, deskripsi episode dan tambahkan juga cover podcast. Isi juga kolom season dan episode. Setelah itu klik publish now.
  • Beri nama dan cek link podcast-mu. Setelah itu akan ada pilihan untuk memilih cover art, font, warna font dan lainnya. Kamu bisa sesuaikan dengan seleramu.
  • Pilih kategori dan bahasa podcast. Terakhir pilih publish my podcast.
  • Podcast-mu akan terdistribusi ke beberapa platform streaming seperti Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan masih banyak lagi.

5 Ide Membuat Podcast yang Paling Digemari

Tips membuat podcast dengan banyak pendengar

Kamu sudah tahu cara membuat podcast tapi masih bingung dengan ide podcast apa yang paling banyak penggemarnya? Gak usah bingung lagi ya, coba intip beberapa ide podcast menarik berikut ini!

1. Horor atau Misteri

Walaupun bikin merinding, cerita berbau horor atau misteri sangat disenangi oleh orang-orang. Cerita bertema horor disenangi karena membuat pendengarnya merasakan ketegangan yang buat penasaran. 

So, kalau kamu ingin mengembangkan podcast horor, kamu bisa mulai dengan cerita-cerita horor urban legend yang ada di tengah masyarakat yang pastinya sudah tidak asing lagi.

BACA JUGA: Kumpulan Cerita Horor Urban Legend yang Bikin Merinding

2. Tips Karier

Belakangan ini, pembahasan seputar dunia pekerjaan juga digandrungi oleh banyak orang terutama jobseeker. Para jobseeker dan pekerja semakin sadar bahwa mereka perlu menambah pengetahuan seputar dunia kerja. 

Ada banyak topik yang bisa kamu bahas dalam podcast karier, mulai dari kiat-kiat membuat CV, bagaimana cara menghadapi interview, negosiasi gaji, dan lainnya. 

3. Cerita Inspiratif

Ide konten podcast satu ini juga sangat menarik dan digemari. Hal ini karena biasanya kisah inspiratif menyajikan cerita yang relate dan menyentuh dan bisa menambah motivasi.

Agar lebih menarik, kamu bisa menceritakan perjalanan hidup dari tokoh-tokoh terkenal.

4. Humor

Ide podcast yang satu ini banyak penggemarnya dan termasuk podcast yang populer. Umumnya, podcast humor mengangkat topik-topik kehidupan sehari-hari yang dibahas secara seru dengan guyonan.

5. Gaya Hidup

Topik gaya hidup juga sangat menarik untuk diangkat menjadi podcast. Ada beberapa topik seputar gaya hidup yang bisa kamu pilih mulai dari kesehatan, pola makan, beauty dan lainnya. 

4 Tips Supaya Podcast Banyak Pendengar, Dijamin Ampuh!

Tips membuat podcast yang viral

Konten unik, podcast yang unik, menarik serta bermanfaat tentu akan menarik perhatian para pendengar. Tapi selain itu ada beberapa tips supaya podcast kita banyak pendengarnya. Coba ikuti beberapa tipsnya berikut ini!

1. Pastikan Audio yang Berkualitas

Kualitas audio tidak boleh diabaikan supaya podcastmu banyak pendengarnya. Audio yang bagus mencerminkan kualitas kontenmu. Jadi jangan abaikan kualitas audio. Hindari merekam podcast menggunakan mikrofon bawaan laptop, karena hasilnya kurang terdengar jernih.

2. Tetap Konsisten dengan Tema yang Kamu Angkat

Tema yang kamu pilih akan menjadi ciri khas podcast-mu dibanding dengan lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk konsisten dengan tema yang sudah kamu pilih. Konsisten juga akan berdampak pada loyalitas pendengar.

3. Buatlah Topik Berseri

Topik berseri akan membuat pendengar menantikan tiap episode terbaru podcast yang kamu buat. Jadi, kamu bisa coba strategi topik berseri untuk meningkatkan popularitas dan engagement acara podcast-mu ya!

Agar tidak bingung, coba susun terlebih dulu konsep podcast series yang ingin kamu buat. Bila perlu, buat outline dan script naskah podcast untuk tiap episodenya.

4. Coba Undang Tokoh

Agar tidak monoton, cobalah ajak tokoh atau bintang tamu di podcast-mu. Dengan mengundang tokoh akan mengundang rasa ingin tahu pendengar semakin tinggi. Apalagi jika tokoh yang kamu undang adalah orang terkenal, pasti akan mendatangkan banyak pendengar!

Itulah cara membuat podcast dan bagaimana agar podcast banyak pendengar. Semoga dengan mengetahui hal ini kamu semakin semangat untuk memulai karier menjadi podcaster, ya!

Jika kamu ingin menemukan pekerjaan impian lebih mudah hanya dari rumah. Kamu bisa menemukannya di aplikasi KitaLulus.

Ada ribuan lowongan dari berbagai industri dan perusahaan yang menunggu lamaranmu. Lamaranmu akan langsung masuk  WhatsApp HRD sehingga kamu bisa followup langsung. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan gapai karir impianmu dengan #LebihMudah!

Close Pop up