Cara Buat Tulisan Aesthetic di Medsos, Rekomendasi Font, dan Aplikasinya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Tulisan aesthetic- Sering penasaran kenapa banyak influencer di IG bisa dapat ribuan like hanya dengan tulisan aesthetic? Sebenarnya, sama seperti kamu mereka juga memulai karier dari 0 kok. Dalam bahasan ini KitaLulus akan memberitahumu bagaimana cara membuat tulisan aesthetic seperti influencer yang kamu kagumi.

Selain itu, kita juga akan membahas beberapa rekomendasi font aesthetic dan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat tulisan. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Cara Membuat Tulisan Estetik yang Benar dan Menarik

Cara membuat tulisan aesthetic yang benar

Agar tulisan yang kamu bisa mendapat banyak like sekaligus menyampaikan pesan penting ke pembaca, ada beberapa cara membuat tulisan estetik yang benar untuk kamu lakukan, diantaranya:

1. Tentukan Tema Tulisan

Cara membuat tulisan aesthetic yang pertama adalah dengan menentukan tema besarnya terlebih dulu.

Menurutmu, apa nih tema tulisan yang berpotensi menarik banyak engagement? Umumnya, tulisan yang mengundang engagement adalah tulisan dengan pesan yang mewakili banyak orang. Misalnya tema kehidupan, keluarga, hubungan, karier, dan semacamnya.

2. Masukkan Sisi Emosional ke Dalamnya

Setelah menemukan tema, coba rangkai pesan yang ingin kamu sampaikan dalam bentuk kata-kata. Jangan lupa, berangkatlah dari sisi emosional orang kebanyakan. Kemudian, baru kamu bisa menyisipkan pesan untuk mengobati atau memperbaiki keresahan tersebut.

Untuk bisa melakukan ini dengan baik, kamu perlu melatih kemampuan storytelling.

3. Jangan Langsung Mendesain Tulisan

Jika kamu masih dalam tahap merangkai kata-kata, sebaiknya buat coretan konsep di atas kertas lebih dulu ya. Setelah tulisan tersebut dirasa rampung, kamu bisa mulai mendesainnya dengan aplikasi dan font pilihan.

4. Pilih Font dan Aplikasi yang Tepat

Cara membuat tulisan aesthetic berikutnya adalah dengan memilih font dan aplikasi yang tepat. Untuk font, pastikan kamu memilih yang sesuai style-mu ya! Sementara itu, untuk aplikasinya jangan lupa memilih yang paling mudah digunakan.

5. Pahami Keseimbangan Unsur Desain

Ada dua hal yang harus kamu pahami untuk membuat tulisan estetik yang benar, yaitu:

  • Batasi 2 variasi font saja tiap konten, satu font boleh curvy atau melengkung, tapi font lainnya harus basic atau berbentuk seperti tulisan tangan biasa.
  • Perhatikan white space, yaitu bagian desain yang tidak berisi apapun. Pastikan porsinya seimbang dengan ukuran tulisan ya!

Aplikasi untuk Membuat Tulisan Aesthetic

Aplikasi pembuat tulisan aesthetic terbaik

Sekarang, sudah banyak aplikasi tulisan aesthetic yang membuat kamu leluasa dalam mengedit foto lebih menarik. Tidak hanya bisa menambahkan tulisan, ada juga beberapa fitur lain yang bisa juga digunakan untuk mengedit foto.

1. Youthhr Phonto

Aplikasi pertama mengedit tulisan estetik ini didukung dengan 200 font lebih dan fitur lengkap yang bisa untuk memodifikasi teks. Mulai dari merubah ukuran, warna, garis, dan menambahkan bayangan pada teks. Ada juga fitur rotasi yang bisa digeser 90 sampai 360 derajat.

2. Text On Photo

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan ada 100 pilihan font menarik yang bisa kamu gunakan plus kamu bisa menambahkan efek-efek tambahan yang ciamik.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah kamu bisa membuat tulisan melengkung, sehingga tulisanmu lebih aesthetic.

3. Phonto

Aplikasi membuat tulisan aesthetic berikutnya yang recommended banget adalah Phonto. Saat menggunakan Phonto, kamu bisa bebas mengimpor font-font apapun sesuai keinginanmu lho! Cukup download font yang kamu mau di internet, setelah itu upload file berformat .ttf atau .otf ke aplikasi.

4. InShot

Suka membuat tulisan estetik dalam bentuk video? Selain untuk foto, InShot juga bisa kamu manfaatkan untuk bikin tulisan estetik berbentuk video lho!

Silakan pilih saja video footage di internet, upload ke InShot, dan masukkan tulisan di dalam video tersebut. Bahkan, dengan InShot kamu juga bisa menambahkan backsound ke dalam video estetikmu.

5. Volio-Text On Photo

Terakhir, untuk membuat tulisan aesthetic kamu bisa menggunakan aplikasi Volio-Text On Photo. Pada aplikasi ini dilengkapi dengan 100 lebih tipografi artistik. Lengkap juga dengan fitur dasar edit foto, seperti memotong dan rotasi.

Baca Juga: Pilihan Aplikasi Online untuk Desain Logo Keren

Rekomendasi Font Aesthetic untuk Postingan Medsos

Masih tidak tahu apa saja font aesthetic yang bisa kamu gunakan? Gak usah bingung-bingung, ya berikut ini ada beberapa rekomendasi font kekinian yang bisa kamu gunakan dalam desainmu.

1. Ailerons

Rekomendasi font estetik untuk postingan medsos

Font kekinian yang satu ini memiliki tampilan minimalis dan tegas. Adilson Gonzales de Olivera Junior, terinspirasi model pesawat terbang tahun 1940-an saat membuat font Ailerons. Font ini bisa kamu gunakan untuk desain poster atau iklan.

2. One Day

Font estetik untuk postingan instagram

Font kekinian satu ini memiliki bentuk yang bulat dan garis putus-putus yang akan menambah daya tarik visual pada desain mu. Font ini diciptakan oleh Nawras Moneer.

3. Aqua

Jenis font dari Laura Pol ini punya garis lurus yang kontras dengan bentuk bulat. Sudut yang kuat mendominasi pada font besar lalu untuk lingkaran halus mendominasi huruf kecil.

4. Modeka

Modeka ini salah satu font kekinian dengan tampilan ringan dan elegan yang menggabungkan sudut dengan detail yang membulat. Penggunaannya akan membuat tampilan desain makin ciamik.

5. Nordik

Font untuk membuat tulisan aesthetic di Instagram

Nordik adalah font eksperimental yang didesain oleh Yana Bereziner. Font ini sendiri terinspirasi oleh Norwegia Runes, yang merupakan font yang digunakan dalam berbagai bahasa Jerman sebelum adopsi alfabet.

6. Komoda

Font kekinian yang didesain oleh Asia Ang ini cocok sebagai jenis font untuk judul. Font ini selain menambahkan kesan aesthetic dan juga modern. 

7. Achi

Font ini dibuat oleh Shibu PG dengan gaya modern dan kontemporer serta garis ganda stem dan stroke.

8. Minimalust

Dibuat oleh Pratama Yudha, font ini terinspirasi dari tulisan tangan dan cetak vintage. Jenis font sans serif ini memiliki tepi yang halus dan sudut yang bulat.

9. Metria

Jenis font ini termasuk serbaguna yang memiliki sudut konsisten dan lingkaran yang tidak sempurna. Desain font ini terinspirasi dari bentuk geometris yang kamu dengan kurva organik untuk membuat kata-kata menjadi lebih hidup.

Itulah cara membuat tulisan estetik yang benar di medsos, berikut font dan aplikasi pembuat tulisan aesthetic yang bisa kamu gunakan.

Kemampuan desainmu bisa jadi peluang kamu menemukan pekerjaan impian dengan gaji tinggi lho. Caranya gampang kamu cukup lamar pekerjaan di KitaLulus saja.

Di aplikasi KitaLulus ada banyak lowongan desain grafis dan jutaan lowongan lainnya. Semua lowongan sudah terverifikasi sehingga aman dari penipuan. Yuk, download KitaLulus sekarang dan cari pekerjaan impianmu dengan #LebihMudah!

Close Pop up