Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati dan Nyala

Zaviano YS
Zaviano YS

Cogito ergo sum.

Isi Artikel

Di era digital seperti sekarang, HP sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Alasannya, HP adalah alat komunikasi yang simple dan mudah untuk dibawa ke mana saja. Sayangnya, karena ukurannya ini pula, HP menjadi barang yang mudah hilang. Maka dari itu, cara melacak HP yang hilang penting untuk kamu pelajari.

Yup, ini bukanlah perkara sulit, kok! Ada beragam cara melacak handphone yang hilang baik dalam keadaan mati maupun menyala yang bisa kamu lakukan. Ini dia daftar lengkapnya.

Cara Mudah Melacak HP yang Hilang

Di zaman sekarang, melacak handphone bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Berkat perkembangan teknologi, kamu bahkan bisa mencari handphone yang hilang dengan perantara email saja. Berikut ini beberapa alternatif cara melacak HP yang bisa kamu lakukan:

1. Cara Melacak HP yang Hilang dengan Email Google

Cara melacak handphone yang hilang dengan email

Mesin pencarian yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini ternyata disuguhkan dengan fitur layanan menemukan HP hingga Smart Watch (Wear OS) yang hilang.

Google pun juga memiliki fitur akses untuk mengunci dan menghapus data-data di HP yang hilang bagi pengguna Android. Hanya dengan akses internet, kamu bisa melacak HP yang hilang melalui layanan Google. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Membuka situs web https://www.google.com/android/find dan setujui Google untuk melacak lokasi.
  • Login ke akun Google yang tercantum di HP.
  • Jika akun kamu tersangkut di lebih dari satu HP, tinggal pilih dan klik jenis HP yang hilang di pojok kiri atas halaman.
  • Jika HP memiliki lebih dari satu profil akun google, login dengan akun google yang menjadi profil utama di ponsel.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service.
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai lokasi HP Android berada di maps.

Namun perlu diketahui bahwa lokasi yang tertera bisa saja tidak akurat atau merupakan lokasi perkiraan. Jika HP tidak dapat ditemukan, kamu bisa melihat lokasi terakhir HP (jika layanan tersedia).

Setelah mengetahui informasi keberadaan HP, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Putar Suara (Play Sound): Fitur ini digunakan untuk membuat HP berdering selama 5 menit tanpa henti walaupun dalam keadaan mode getar atau silent.
  • Amankan Perangkat (Secure Device): Kamu bisa mengunci perangkat dengan PIN, pola atau password dan mengirimkan pesan seperti nomor HP ke layar kunci. Hal ini berguna agar mempermudah orang yang menemukan HP untuk menghubungi pemiliknya.
  • Hapus Perangkat (Eraser Device): Berfungsi untuk menghapus semua data yang ada di HP secara permanen. Namun, data-data yang ada di memori eksternal seperti kartu SD mungkin tidak akan ikut terhapus. Jika kamu menggunakan fitur ini, maka aplikasi Find My Device tidak bisa digunakan lagi.

2. Cara Mencari Handphone yang Hilang dengan Find My Device

Apakah kamu pengguna sistem Android? Jika ya, kamu bisa memanfaatkan ponselmu untuk mencari handphone yang hilang nih! Salah satu aplikasi paling mutakhir dari Android untuk melacak HP yang hilang adalah “Find My Device”, berikut cara pakainya:

  • Buka aplikasi “Find My Device” di perangkat Android yang kamu punya.
  • Selanjutnya, masuk ke dalam aplikasi.
  • Bila perangkat yang hilang adalah milik kamu sendiri, klik ‘Continue’ sebagai nama kamu.
  • Jika tujuannya adalah membantu teman, klik ‘Sign in as Guest’ dan biarkan temanmu masuk.
  • Selanjutnya, lakukan langkah yang seperti tercantum di atas.

3. Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas di tiap smartphone yang biasanya terdiri dari 15 sampai 16 digit. Nomor IMEI bisa ditemukan dalam bodi perangkat HP atau di dalam kotak HP.

Kita juga bisa mencarinya di halaman menu ‘About Device’ dalam pengaturan device HP atau bisa juga dengan ketik nomor *#06#. Setelah itu biasanya nomor IMEI akan muncul otomatis pada layar. Lantas bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan IMEI selanjutnya?

Jika sudah mengetahui nomor IMEI, langkah berikutnya adalah dengan menelpon call center operator seluler smartphone dan menyebutkan nomor IMEI dari ponselmu yang hilang. Setelah itu, tunggu hingga proses pencariannya selesai.

Namun yang harus dicatat dan dipahami adalah cara satu ini bisa dilakukan jika HP kamu memiliki jaringan koneksi internet, GPS, dan HP dalam keadaan menyala disertai dengan kartu SIM yang masih tercantum di dalam device. Jika HP dalam keadaan mati dan nomor SIM telah diganti, maka HP sudah tidak akan bisa ditemukan. 

4. Cara Mencari Handphone yang Hilang dengan Find My iPhone

Sama seperti pengguna Android yang punya aplikasi “Find My Device”, user iPhone juga bisa menggunakan “Find My iPhone” untuk mencari ponselnya yang hilang.

Aplikasi “Find My iPhone” dapat menampilkan ponsel yang hilang pada peta untuk membantu menemukan dan mengelolanya. Tetapi ada satu persyaratannya, yaitu adalah kamu harus menggunakan ponsel, tablet atau komputer iOS lain yang memiliki “Find My iPhone”.

Mau tahu selengkapnya tentang cara melacak iPhone yang hilang? Ikuti panduan berikut:

  • Klik Settings > Nama Apple ID > Find My iPhone.
  • Ini akan membawa ke Find My iPhone, dimana kamu bisa menyalakan “Find My iPhone” jika dalam keadaan mati.
  • Setelah itu, aktifkan “Enable Offline Finding” dan “Send Last Location”. Fitur ini akan membantu mengirimkan lokasi terakhir iPhone dalam layanan internet jika iPhone mati.
  • Lalu kembali ke Settings, klik “Apple ID” dan scroll layar untuk melihat seluruh perangkat dalam daftar. Setelah itu klik perangkat yang hilang dan otomatis akan diarahkan ke laman Device Info untuk langsung mencarinya.
  • Klik “Find My iPhone” dan tekan “Show in Find My iPhone” dan akan terlihat peta lokasi tepatnya dan rute untuk ke lokasi tersebut.
  • Layanan ini juga memberikan pilihan agar iPhone dapat mengeluarkan suara, fungsinya untuk menandai,  jadi perangkat yang hilang akan mengirimkan pesan ke iPhone dalam mode hilang.
  • Selain itu terdapat juga opsi menghapus perangkat apabila jatuh ke tangan yang salah atau iPhone kamu dicuri.

iPhone dapat mempertahankan keamanan yang tinggi saat dirampok. Yakni dengan menggunakan Activation Lock serta mengaktifkannya secara default.

Fitur Activation Lock adalah fitur yang mengharuskan pengakses memasukkan Apple ID dan password jika ingin mematikan sistem pelacakan lokasi. Jadi, bahkan saat iPhone-mu dicuri, kamu akan bisa mengetahui di mana pun keberadaannya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Handphone 3 Jutaan Terbaik 2022, Spek, & Harganya

5. Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Terakhir, kita berada di situasi di mana kita mengetahui bahwa HP kita mati karena sudah tidak ada daya baterai. Cara-cara di atas hampir semuanya mengharuskan kondisi HP kita dalam keadaan hidup, masuk kedalam akun Google, fitur lokasi yang menyala, serta terhubung dalam koneksi internet.

Tapi, bagaimana jika HP dalam keadaan mati? Kamu bisa coba cara melacaknya dengan cara berikut.

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Lalu klik ikon segitiga kecil di pojok kanan halaman.
  • Setelah itu pilih "Tambah Akun".
  • Masukkan alamat email yang ada di HP yang sedang hilang.
  • Ketik kata sandi lalu klik "Saya Setuju".
  • Kemudian klik ikon segitiga kecil di kiri atas halaman dan pilih pilihan menu "linimasa".
  • Maka Google Maps akan mulai menunjukkan lokasi terakhir HP kamu yang hilang.

Itu dia 5 cara melacak HP yang hilang di Android maupun iPhone, mudah bukan? Semoga solusi di atas bisa membantu kamu dalam mencari HP yang hilang atau dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, ya!

Ingin beli handphone baru tapi tabungan tidak cukup karena belum dapat kerja? Tenang, mulai lamar kerja di KitaLulus, yuk! Di platform ini, kamu bisa melamar apapun pekerjaan impian kamu dengan mudah, lho.

Selain banyaknya pilihan profesi, KitaLulus juga punya fitur Whatsapp HRD yang membuatmu bisa follow up dan konsultasi langsung dengan HRD tempat kamu melamar. Tertarik untuk mencoba? Langsung aja install aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Close Pop up