15 Cara Menghilangkan Gabut dengan Kegiatan Bermanfaat

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Terlalu lama rebahan sambil scrolling timeline media sosial bisa membuat kamu merasa bosan atau gabut. Lantas, kamu berpikiran bagaimana cara menghilangkan gabut agar hari-harimu lebih produktif.

Nah, tenang saja, KitaLulus punya beberapa tips menghilangkan gabut di rumah. Yuk langsung simak daftarnya berikut!

Apa Itu Gabut?

Sebelum kamu mencari kegiatan untuk menghilangkan gabut, kamu perlu memahami dulu apa arti gabut sesungguhnya. Gabut adalah singkatan dari gaji buta. Artinya, gabut adalah kondisi di mana seseorang tidak memiliki kegiatan tertentu. Orang yang merasa gabut akan bosan dan berujung pada badmood.

Nah, jika kamu sedang mengalaminya, tentu mencari kegiatan bermanfaat adalah solusi yang tepat. Contohnya kamu bisa melakukan hobi yang kamu punya. Namun, jika kamu bingung kegiatan apalagi yang harus dilakukan, kamu bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan gabut dari KitaLulus berikut.

Cara Menghilangkan Gabut

Terkadang, gabut adalah situasi yang membuat bingung. Pasalnya, di satu sisi kamu ingin berkegiatan, di sisi lain sudah terlanjur nyaman untuk tidak melakukan apa pun.

Namun, alangkah baiknya jika kamu tetap berkegiatan sehingga badan dan otak kembali bergerak. Tidak perlu bingung untuk mencari kegiatan menyenangkan untuk menghilangkan gabut, kamu dapat menyimak rekomendasinya di bawah ini.

1. Membaca Buku

Cara menghilangkan gabut yang pertama adalah membaca buku. Kegiatan ini mungkin terasa basic dan semua orang sepertinya akan dengan mudah melakukannya. Namun, jika kamu tidak fokus, kamu justru akan merasa mengantuk dan seluruh kalimat yang kamu baca tidak masuk sama sekali ke benak kamu, lho.

Jadi, pastikan kamu membaca buku yang ringan terlebih dahulu. Tandai bagian yang menarik. Kamu juga bisa mengulas buku yang sudah kamu baca, lalu kamu unggah di blog atau jadikanpostingan di Instagram untuk berbagi bahan bacaan ke teman lainnya.

2. Menonton Film atau Serial

Menonton Film atau Serial
Sumber: The Wrap

Sedang mencari cara menghilangkan gabut di malam hari? Kamu dapat menonton film atau serial. Jika ingin lebih seru, kamu juga bisa menonton bersama teman atau keluarga dengan membuat suasana ala-ala home theater.

Tidak perlu proyektor dan LCD, cukup putar film atau serial dari platform pemutaran film di televisi kamu, lalu matikan lampu supaya terasa seperti bioskop di rumah. Jika ada, hubungkan mini speaker supaya suaranya lebih keras.

Sama seperti membaca buku, usai menonton film atau serial, kamu juga bisa membuat ulasannya untuk dibagikan ke teman di media sosial, lho. Diskusi tentang film atau serial tersebut pasti akan seru.

3. Menulis

Menulis juga menjadi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan gabut. Kamu dapat menulis review buku, review film, bahkan menulis blog dengan menceritakan hal-hal random yang ada di sekitarmu atau pernah kamu lalui. Atau kamu juga bisa berbagi tips dan trik tentang apa pun.

Cara ini dijamin akan membuat kamu bertambah wawasan hingga memperluas pertemanan.

4. Bermain Game

Bermain game menjadi cara menghilangkan gabut di malam hari yang bisa kamu lakukan. Dengan bermain game, kamu bahkan bisa menambah pertemanan dengan bergabung di komunitas gamer.

Namun, pastikan kamu bisa menyeimbangkan dengan kegiatan lain, ya. Jangan sampai kegiatan yang tadinya bertujuan untuk menghilangkan gabut justru kebablasan dan malah mengusik kegiatan lain yang lebih penting.

5. Olahraga

Tidak tahu harus melakukan apa saat weekend? Kamu bisa mencari cara menghilangkan gabut di rumah dengan berolahraga ringan. Lari-lari di tempat, melakukan yoga sederhana, hingga workout simpel bisa kamu lakukan. Gabut hilang, tubuh jadi bugar!

Baca Juga: Mengenal Art Therapy, Teknik Mengusir Stres dengan Asyik dan Kreatif, Wajib Coba!

6. Merapikan Rumah

Beberapa orang memiliki hobi merapikan rumah sebagai cara menghilangkan gabut di hari libur. Untuk anak kos, kamu bisa merapikan atau menata ulang kamar sehingga kamu mendapatkan suasana baru. Ruangan yang rapi pasti akan membuat kamu lebih betah dan nyaman, bukan?

7. Mengikuti Webinar atau Kursus

Selain melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, kamu juga dapat menghilangkan gabut dengan mengikuti webinar atau kursus online.

Ambil tema webinar atau materi kursus yang akan membuat kamu menambah skill yang sedang kamu jalani sekarang. Atau tentang skill baru juga tidak masalah. Hal itu justru akan membuat kamu semakin memperluas keahlian.

8. Merawat Tanaman

Merawat Tanaman
Sumber: Miracle-Gro

Tahun 2020 hingga 2021 adalah masa di mana banyak sekali orang merasa gabut. Pasalnya, pandemi membuat kita tidak bisa keluar rumah sehingga ada banyak waktu luang yang tercipta setelah selesai bekerja dan belajar secara online. Fenomena itu akhirnya menghasilkan habit baru, yaitu berkebun.

Banyak orang yang mendadak merawat tanaman bahkan menciptakan kebun kecil di pekarangan rumah. Ini tentu saja bisa menjadi cara menghilangkan gabut yang positif untuk kamu lakukan.

9. Memasak

Memasak adalah kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat sedang merasa gabut di rumah. Bukan memasak untuk makan pagi, siang, atau malam, tetapi kamu dapat mengulik resep baru. Kamu bisa menemukan resepnya dari Youtube. Ada ribuan resep yang bisa kamu coba.

Bahkan, jika kamu berhasil mengulik resep untuk jajanan ringan yang sedang banyak diminati oleh banyak orang, itu bisa menjadi ide jualan, lho. Kamu pun dapat menghasilkan uang deh dari kegiatan menghilangkan gabut tersebut.

10. Belajar Bermain Musik

Siapa sih yang tidak suka musik? Apabila kamu merasa gabut di rumah, kamu bisa lho mendengarkan musik kesukaanmu. Atau jika kamu tertarik, kamu dapat mencoba belajar memainkan alat musik melalui tutorial YouTube.

Tidak harus membeli gitar, piano, hingga alat set drum yang mahal, kok. Zaman sudah canggih dengan teknologi modernnya, ada banyak aplikasi alat musik yang bisa kamu ulik.

Baca Juga: Self Healing Artinya Menyembuhkan Luka Batin Sendiri, Bagaimana Cara Melakukannya?

11. Journaling

Menulis tidak sama dengan journaling, ya. Jika kamu ingin lebih mendalam tentang menulis dan mencurahkan perasaan, journaling bisa menjadi solusi. Journaling juga terbukti ampuh untuk menghilangkan stres. Jadi, selain gabut hilang, stres juga hilang.

12. Melakukan Perawatan Diri

Memanjakan diri sendiri tentu tidak ada salahnya ketika kamu sedang merasa bosan. Selain menghilangkan gabut, ini juga bisa menjadi bentuk self love yang menyenangkan, lho!

13. Mempelajari Bahasa Baru

Bagaimana cara menghilangkan gabut yang sekaligus bisa meningkatkan IQ? Tentu saja dengan mempelajari bahasa baru. Yup, mempelajari bahasa baru bisa meningkatkan IQ kamu, lho! Ini dikarenakan perbendaharaan kata kamu juga bertambah, sehingga IQ akan meningkat.

14. Update CV

Gabut karena baru saja resign dari perusahaan sebelumnya dan belum menemukan kantor baru? Sudah update CV belum? Jika belum, daripada gabut dan bingung harus melakukan apa, yuk segera perbarui CV dan portofolio kamu. Kedua hal ini bisa kamu gunakan sebagai senjata untuk mendapatkan kerja yang lebih baik dibanding pekerjaan sebelumnya.

15. Mencari Side Hustle

Sumber: Forbes

Cara menghilangkan gabut yang terakhir adalah mencari side hustle. Misalnya kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller untuk menambah penghasilan. Atau kamu juga dapat bekerja freelance dengan membuka kursus online jika memiliki keahlian khusus.

Itulah sejumlah cara menghilangkan gabut di rumah yang bisa kamu lakukan. Agar hari-harimu tetap produktif, jangan biarkan gabut terus terjadi, ya.

Daripada gabut, lebih baik kamu mencari pekerjaan sampingan yang bisa menambah cuan. Kamu dapat melamar kerja melalui KitaLulus yang aman dan terpercaya. Terlebih lagi, seluruh perusahaan yang tergabung dengan KitaLulus sudah diverifikasi dengan ketat oleh tim berpengalaman dan menggabungkan sistem berteknologi yang canggih.

Jadi, loker di aplikasi KitaLulus sudah pasti no hoax dan anti tipu-tipu. Tak perlu berlama-lama, yuk langsung install aplikasi KitaLulus di smartphone kamu sekarang!

Close Pop up