7 Cara Screenshot di Laptop Windows & Mac OS, Mudah dan Cepat!

Zaviano YS
Zaviano YS

Cogito ergo sum.

Isi Artikel

Cara screenshot di laptop– Ingin mendokumentasikan rapat, presentasi, atau informasi-informasi penting yang muncul di layar laptop dalam format gambar? Jika ya, kamu perlu tahu bagaimana cara screenshot di laptop.

Akan tetapi, faktanya tiap operating system punya cara SS di laptop masing-masing. Oleh karena itu, artikel ini akan dibagi pembahasannya menjadi dua, yaitu cara menscreenshot di laptop Windows dan cara SS di laptop Mac.

Penasaran ingin mencoba? Scroll artikel ini ke bawah untuk tahu tutorial lengkapnya ya!

4 Cara Screenshot di Laptop Windows Termudah

Cara screenshot di laptop Windows

Fitur screenshot di laptop basis Windows 10 bisa digunakan dengan tombol Print Screen (PrtSc) yang ada pada keyboard. Tombol (PrtSc) terletak pada baris atas sebelah kanan.

Namun, untuk beberapa jenis laptop, biasanya memerlukan tombol function lainnya untuk melakukan tangkapan layar. kamu harus menggunakan tombol function lainnya bersamaan dengan tombol (PrtSc)  untuk melakukan screenshot. Selengkapnya tentang cara SS di laptop Windows adalah sebagai berikut.

1. Screenshot Dengan Tombol Print Screen Key (PrtSc)

Cara pertama adalah menggunakan tombol Print Screen (PrtSc) key yang terletak di keyboard kamu, namun pada beberapa keyboard kamu mungkin perlu memicu Print Screen menggunakan tombol Function, dengan kata lain tahan tombol function lalu PrtScn. Windows menampilkan beberapa variasi PrtScn:

  • Tekan PrtScn. Metode ini menyalin seluruh layar ke clipboard. Kamu dapat menempelkan screenshot ke program apa pun yang menampilkan gambar seperti Paint atau Microsoft Word.
  • Tekan Alt + PrtScn. Metode ini untuk menyalin jendela aktif ke clipboard yang dapat kamu tempelkan ke program lain.
  • Tekan tombol Windows Key + Shift + S. Layar akan meredup dan penunjuk mouse berubah. Kamu dapat menarik untuk memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya. Screenshot akan disalin ke clipboard, yang dapat kamu tempelkan ke program lain.
  • Tekan tombol Windows + PrtScn. Cara ini ditujukan untuk menyimpan seluruh layar sebagai file gambar. kamu dapat menemukannya di folder 'Picture' dalam subfolder yang disebut Screenshots.

 

2. Screenshot Dengan Cara Snipping Tool

Cara kedua SS di laptop adalah dengan Snipping Tool yang terdapat di perangkat laptop Windows kamu.

Meski demikian, perlu diketahui fitur Snipping Tool hanya ada mulai dari Windows OS 7 hingga Windows OS terbaru. Selengkapnya tentang langkah-langkah SS dengan Snipping Tool adalah sebagai berikut.

  • Jalankan Snipping Tool dari menu Start
  • Dalam menu Drop Down, pilih jenis bentuk screenshot yang kamu inginkan. kamu dapat memilih apa saja dari full screen, persegi panjang, hingga bentuk bebas.
  • Klik New dan layar kamu akan membeku. Setelah itu, kamu dapat menggunakan mouse untuk membuat screenshot. Tangkapan layar kemudian akan muncul di jendela Snipping Tool.
  • Jika kamu ingin menyertakan sesuatu seperti tooltip, yang hanya muncul setelah gerakan mouse, kamu dapat menentukan seberapa lama menunggu sebelum mengambil screenshot menggunakan menu Delay.
  • Jika mau, setelah kamu mengambil screenshot, kamu dapat menggunakan alat gambar untuk memberi keterangan pada screenshot.
  • 6. Setelah selesai, klik 'File', lalu Save As untuk menyimpan screenshot yang telah selesai ke komputer kamu.
  • Kamu juga dapat mengklik tombol Copy di Snipping Tool untuk menyalin gambar ke clipboard.

 

3. Screenshot Dengan Game Bar (Windows 10)

Cara merekam layar video laptop dengan Game Bar Windows G

Cara ketiga adalah dengan Game Bar, sebuah overlay yang dapat kamu gunakan di sebagian besar game Windows untuk mengambil screenshot dan merekam video. Berikut cara menggunakannya:

  • Mulai game dari Start menu di Xbox Console Companion program.
  • Saat bermain game, tekan tombol Windows + G. Game Bar overlay akan muncl di sini.
  • Klik ikon kamera untuk mengambil screenshot atau kamu dapat menggunakan shortcut keyboard seperti tombol Windows + Alt +PrtScn.
  • Screenshot akan secara otomatis disimpan ke folder Videos dalam subfolder yang disebut Captures. Jika kamu memainkan game di Steam, kamu juga dapat menekan F11 untuk mengambil tangkapan layar.

Ngomong-ngomong, cara SS di laptop satu ini tidak terbatas untuk game saja. Kamu bisa SS kegiatan apapun dalam laptop menggunakan menu Game Bar, termasuk rapat Zoom, tutorial, dan sebagainya.

 

4. Screenshot Dengan PhotoScape

Cara keempat adalah menggunakan aplikasi bernama PhotoScape, berikut langkah-langkahnya:

  • Nyalakan laptop Windows 10 dan buka halaman yang akan di-screenshot. Lalu, buka aplikasi PhotoScape dan klik icon Screen Capture atau Menangkap Layar. 
  • Kemudian muncul kotak dialog yang menampilkan beberapa pilihan, seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Mengkap Area dan Mengulang Tangkapan Terakhir. 
  • Setelah menentukan pilihan, semisal Menangkap Utuh Satu Layar.
  • Hasil gambar yang ditangkap akan ditampilkan, lalu bisa diedit sesuka hati dan disimpan.

 

Cara Screenshot Dengan Mudah Untuk Mac OS

Cara screenshot di laptop Mac Apple

Tentunya, ada perbedaan antara cara screenshot di laptop dan di MacBook. Karena, laptop lain menggunakan Windows atau Linux. Sementara Macbook, menggunakan Mac OS. Lalu bagaimana cara screenshot di layar Mac OS? Berikut caranya.

 

1. Screenshot Tombol Shift + Command + 3

Cara pertama screenshot tanpa aplikasi di layar Macbook semudah dengan cara di Windows, hanya saja perintah tombolnya yang berbeda. Cara screenshot ini menghasilkan gambar tangkapan seluruh layar, ini langkah-langkahnya.

  • Buka halaman yang ingin di-screenshot
  • Tekan dan tahan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan
  • Setelah layar berkedip, kamu akan melihat gambar kecil di sudut layar bagian bawah yang merupakan hasil jepretan screenshot. Gambar tersebut akan otomatis tersimpan di desktop.

 

2. Screenshot Tombol Shift + Command + 4

Cara kedua untuk screenshot di Mac OS adalah dengan menekan tombol Shift+Command+4 pada keyboard. Teknik ini berfungsi untuk mengambil layar sesuai yang kamu inginkan saja, berikut caranya:

  • Buka halaman yang ingin di-screenshot
  • Tekan dan tahan tombol Shift+Command+4 secara bersamaan
  • Setelah kursor berubah menjadi ikon bidik, drag atau tarik pada area layar yang ingin di-screenshot.
  • Jika sudah, lepaskan cursor dan hasil tangkapan layar akan tersimpan otomatis di desktop.
  • Untuk membatalkan pengambilan jepretan layar, kamu bisa tekan tombol Esc (Escape).

 

3. Screenshot Tombol Shift + Command + 5

Dan di cara ketiga untuk screenshot di Mac OS adalah dengan menekan tombol Shift+Command+5 ini, kamu bisa menangkap otomatis bagian jendela yang dibuka saja.

  • Buka jendela atau menu yang ingin di-screenshot.
  • Tekan dan tahan tombol Shift+Command+5 secara bersamaan. Untuk membatalkan pengambilan jepretan layar, tekan tombol Esc (Escape).
  • Demikian cara screenshot di laptop berbasis Windows dan Mac OS tanpa aplikasi yang bisa dicoba. 

 

Jadi itulah beragam tutorial screenshot di laptop Windows dan Mac OS. Semoga cara-cara diatas dapat membantu kamu dalam bekerja, ya!

Setelah tahu cara SS di laptop di atas, pengetahuanmu nambah satu lagi nih! Meski tidak bisa dimasukkan ke CV, skill ini dapat sangat membantu saat kamu kerja nanti, lho. Jadi, ayo coba cari kerja dari sekarang!

Soal takut ditolak, nggak perlu khawatir. KitaLulus siap bantu kamu sampai dapat pekerjaan sesuai impian. Ada berbagai lowongan kerja keren yang bisa kamu lamar melalui aplikasi KitaLulus. Selain itu, kita juga punya berbagai fitur seru seperti Whatsapp HRD dan latihan psikotes yang bisa mempermudah kamu dapat kerja.

Tunggu apalagi? Ayo jelajahi KitaLulus sekarang dan rasakan sensasi cari kerja #LebihMudah!

Close Pop up