5 Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas yang Bisa Dijual, Pasti Laris Manis!

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kerajinan dari bahan bekas- Apakah kamu sedang mencari ide bisnis untuk menambah penghasilan? Bagaimana dengan menjual kerajinan dari bahan bekas. Dengan memanfaatkan barang-barang sisa atau yang sudah tidak terpakai lagi, kamu bisa menghasilkan cuan yang tidak sedikit.

Apa lagi barang-barang kerajinan dari bahan bekas termasuk banyak peminatnya karena memiliki keunikan tersendiri. Nah, bila kamu sedang ingin mencoba membuat kerajinan tangan dari barang bekas, coba simak artikel di bawah ini, ya!

5 Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Jika kamu punya banyak bahan bekas di rumah, sebelum memutuskan untuk membuangnya. Kamu bisa mengolahnya menjadi barang yang punyai nilai seni. Hal ini akan mengasah kreativitas dan mengurangi sampah.

Selain itu, kerajinan dari bahan bekas juga bisa menjadi peluang bisnis dengan keuntungan yang besar. Apa lagi ada banyak bahan bekas yang bisa dibuat kerajinan tangan seperti botol minuman, kardus, sedotan, koran bekas, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini ide kerajinan bahan bekas yang bisa kamu buat di rumah.

1. Pot Bunga dari Botol Minuman

Contoh kerajinan tangan dari bahan bekas

Contoh kerajinan bahan bekas yang bisa kamu buat dengan mudah adalah pot bunga.  Untuk membuatnya kamu bisa memanfaatkan botol bekas air mineral yang sudah tidak terpakai. Jika kamu tertarik untuk membuatnya, coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sediakan botol bekas air mineral.
  • Potong botol tersebut menjadi dua bagian dan kita akan mengambil bagian bawah sebagai pot.
  • Lalu untuk bagian bawahnya kita gunakan untuk hiasan. Kamu bisa memotong bagian atas botol menjadi bentuk telinga kucing atau leher jerapah atau pola bebas lainnya.
  • Setelah sudah, agar lebih menarik kamu bisa mewarnai botol sesuai selera.
  • Tidak hanya menambahkan warna, kamu juga bisa menambahkan pernak-pernik lainnya seperti mata mainan atau semacamnya agar pot bunga semakin lucu dan menarik.
  • Setelah kamu selesai menghias, pot siap digunakan untuk menanam bunga.

2. Tempat Tisu dari Koran

Ide kerajinan dari bahan bekas

Selain digunakan sebagai bungkus gorengan, kertas koran juga bisa menjadi kerajinan barang bekas yang bisa dijual. Caranya adalah dengan membuatnya menjadi tempat tisu.

Ingin coba membuatnya? Coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan koran bekas, lem kertas, gunting, lakban hitam.
  • Jika semua barang sudah siap, gulung-gulungan koran bekas  sebanyak mungkin.
  • Kemudian, buatlah gulungan menjadi dua ukuran yang berbeda. Pertama, sedikit memanjang untuk bagian bawah dan bagian atas kotak tisu. Lalu ukuran kedua, lebih pendek untuk bagian samping kotak tisu.
  • Susunlah gulungan pertama berbentuk persegi panjang. Kamu dapat menggunakan lem agar tidak mudah lepas antara susunan gulungan
  • Buat dua susunan untuk atas dan bawah kotak.
  • Lalu, buat lubang pada bagian tengah atas untuk tempat mengambil tisunya.
  • Rekatkan dengan lakban di sisi lubang.
  • Cobalah susun gulungan kedua menjadi seperti bentuk persegi panjang dan persegi.
  • Rekatkan lagi dengan lem agar gulungannya tak mudah lepas. Kemudian, gabung bagian bawah dan bagian samping menggunakan lakban.
  • Terakhir, gabung bagian atas kotak menggunakan lakban.

Baca Juga: Contoh Undangan Pernikahan Unik dan Situs Gratis Buat Undangan

3. Celengan dari Botol Bekas

Kreasi kerajinan dari bahan bekas

Selain dibuat menjadi pot bunga, botol bekas juga bisa jadi ide kerajinan bahan bekas yang lain yaitu celengan. Membuat celengan dengan botol bekas sangat mudah, yang kamu butuhkan hanya botol bekas, cutter, cat, kuas, mata boneka, dan lem.

Cara membuat kerajinan dari bahan bekas satu ini adalah sebagai berikut:

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  • Potonglah botol bekas menjadi dua bagian, dan gabungkan kembali.
  • Beri lubang pada bagian badan botol bekas untuk memasukkan uang. Pastikan lubang yang kamu buat tidak terlalu kecil agar uang kertas bisa masuk.
  • Agar tampilannya menarik, coba cat botol plastik dengan warna kesukaanmu.
  • Lalu, beri hiasan agar bentuknya semakin lucu, kamu bisa menambahkan mata, telinga, dan kaki dari tutup-tutup botol plastik.
  • Selesai, kerajinan tangan celengan bisa kamu gunakan atau jual.

4. Lampu Hias dari Sendok Plastik

Cara membuat kerajinan dari bahan bekas

Di rumahmu ada banyak sendok plastik yang sudah tidak digunakan? Nah, kamu bisa membuat kerajinan tangan lampu hias dari sendok-sendok plastik tersebut. Cara membuat kerajinan dari bahan bekas sendok juga mudah, kamu hanya butuh galon plastik kecil, lem tembak, sendok plastik, cutter, dan pastinya lampu.

Untuk membuatnya mudah, kamu hanya perlu membelah bagian bawah dari botol galon, lalu penuhi badan botol tersebut dengan sendok-sendok plastik. Supaya merekat, kamu bisa tambahkan lem tembak. 

Jika semua bagian botol telah tertutup sendok, selanjutnya tambahkan lampu pada bagian atas.

5. Kotak Pensil dari Sedotan

Macam macam kerajinan dari bahan bekas

Kerajinan bahan bekas satu ini sangat unik dan pasti disukai oleh anak-anak. Bahan yang dibutuhkan juga simpel, yaitu hanya sedotan plastik, pita, lem tembak, lakban, karton.

Cara membuatnya mudah, kamu cukup susun sedotan menjadi beberapa bagian, lalu rekatkan dengan lem tembak. Agar permukaannya kuat, kamu bisa gunakan karton.

Nah, itulah beberapa kreasi bahan bekas yang bisa kamu jadikan kerajinan  yang bisa menghasilkan.

Jika kamu ingin mencari pekerjaan sampingan yang menghasilkan, kamu bisa temukan di aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan freelance yang bisa kamu lamar. Tidak cuma lowongan freelance tapi juga full-time. Lamaran kamu juga akan langsung masuk ke WhatsApp HRD.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan rasakan proses cari kerja dengan #LebihMudah!

Close Pop up