Pilihan Contoh Undangan Pernikahan Unik dan Situs Undangan Digital Gratis Wajib Coba!

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Dalam mempersiapkan pernikahan, undangan juga jadi salah satu elemen penting. Oleh karena itu, harus dipersiapkan dengan matang karena undangan akan disebar ke banyak orang. Jika kamu sampai saat ini masih bingung ingin desain undangan seperti apa. Tidak ada salahnya melihat-lihat contoh undangan pernikahan. 

Apalagi saat ini desain undangan semakin beragam dan unik. Baik itu dalam bentuk cetak maupun digital. Untuk membantu kamu keluar dari kebingungan, kami sudah siapkan berbagai referensi undangan pernikahan yang bisa kamu pilih. Simak, di bawah ini!


Cara Menulis Undangan Pernikahan

Sebelum membicarakan desain, kamu dan pasangan harus tahu lebih dulu. Hal terpenting dalam sebuah undangan adalah kelengkapan informasi tentang acara yang diadakan. Untuk membantu kamu membuat undangan yang baik, berikut ini beberapa urutan penulisan yang tepat dalam undangan pernikahan:


1. Tuan Rumah Acara

Pada bagian ini secara tradisional, orang tua dari calon pengantin merupakan tuan rumah acara pernikahan. Maka dari itu, nama orang tua selalu diletakkan sebelum nama anak-anaknya yang akan menikah. 

Lalu, bagaimana bila salah satu atau kedua orang tua sudah meninggal? Mana untuk penulisannya ditambahkan singkatan "Alm" atau lambang salib di sebelum nama.

Untuk orang tua pasangan yang telah cerai, kamu masih bisa menulis kedua namanya. Mungkin bisa menuliskan nama pada baris terpisah. 


2. Nama Pasangan

Tentunya nama kamu dan pasangan sebagai bintang utama tidak boleh terlewatkan dalam undangan pernikahan, dong. Penulisan nama biasanya akan diawali dengan nama pengantin wanita, kemudian nama pengantin pria. Nama yang tertulis lengkap dengan gelar dan nama belakang.


3. Tanggal dan Waktu Acara

Ada dua opsi penulisan. Pertama, kamu bisa menuliskan tanggal dan waktu acara dengan huruf. Atau kedua, penulisan dalam bentuk angka juga tidak masalah selama bisa mudah dipahami oleh para penerima undangan. 

Perlukan memasukan tahun? Ini opsional tergantung dari kedekatan acara pernikahan dengan waktu penyebaran undangan. 


4. Tempat Acara dan Resepsi

Jika kamu berharap tamu datang, tentunya kamu perlu mencantumkan tempat acara pernikahan dengan lengkap, mulai dari nama gedung, nama jalan, kelurahan, kecamatan, hingga kota. Apalagi jika kamu akan mengadakan resepsi pernikahan di tempat yang berbeda dengan tempat akad atau pemberkatan. 

Tuliskan alamat dan waktu acara dengan jelas pada baris yang berbeda. Dengan begitu, tamu akan lebih paham dengan informasi penyelenggaraan.


5. Permohonan Kehadiran

Ada berbagai macam cara untuk meminta orang-orang yang kamu undang untuk datang. Kamu bisa menyampaikan bagaimana kamu dan pasangan akan sangat merasa tersanjung dan berterima kasih bila tamu undangan berkenan hadir. 


6. Dress Code

Ini bersifat opsional, jika kamu ingin mewajibkan para tamu yang hadir menggunakan warna baju tertentu, kamu bisa meletakkannya di sudut kanan bawah undangan.


BACA JUGA: Siapa Bilang Nikah Mahal? Budget Nikah Sederhana Cuma 20 Juta


Contoh Undangan Pernikahan Cetak

Disadari atau tidak, saat ini desain undangan pernikahan semakin beragam. Jika dulu desain undangan hanya itu-itu saja, dengan gambar burung merpati di tengah-tengahnya dan bunga di sudut atas atau bawah. Kini ada begitu banyak contoh undangan pernikahan, dari yang simple, elegan, vintage, dan sebagainya. 


Jika kamu sedang mencari referensi undangan pernikahan yang beda daripada yang lain, coba lihat beberapa contoh undangan pernikahan di bawah ini.


1. Undangan dengan Sentuhan Tradisional


Contoh undangan pernikahan pertama, kamu bisa membuat undangan dengan tema adat dan tradisional, desain ini akan sangat sesuai apalagi bila konsep dari pernikahan kamu adalah tema adat. Kamu bisa menggunakan pola batik, kain adat, dan lainnya yang identik dengan suku kamu dan pasanganmu. 


2. Desain Pop Up

Desain pop up juga bisa jadi pilihan undangan cetak yang bagus dan juga berbeda dari yang lain. Para tamu undangan bisa terkesima ketika membuka undangan sekaligus penasaran dan tidak sabar ingin datang.  


3. Contoh Undangan Pernikahan Unik


Undangan tidak selalu harus kaku, jika kamu ingin sesuatu yang beda sampai para penerima undangan  terkagum-kagum. Kamu bisa membuat undangan unik memanfaatkan berbagai media mulai dari kipas, puzzle, atau gulungan, kamu bisa bebas berkreasi seunik mungkin.


4. Undangan dengan Bahan Akrilik


Saat ini juga sedang banyak diminati undangan pernikahan dengan menggunakan bahan akrilik. Undangan ini memberikan kesan premium karena undangan dicetak di atas bahan akrilik bening. Setelahnya, undangan bisa dimanfaatkan menjadi pajangan. 


5. Contoh Undangan Pernikahan Islami

Bentuk undangan Islami biasanya tidak jauh berbeda dari undangan pada umumnya. Letak perbedaanya adalah pada kata-kata mutiara yang dipakai. Biasanya kata-kata mutiara yang dipakai di undangan Islami dibagi menjadi dua halaman.

Pada halaman pertama biasanya akan tertulis kutipan ayat atau juga hadist mengenai pernikahan. Lalu halaman dua kutipan doa.

 

6. Undangan Pernikahan dengan Ilustrasi

Ilustrasi bisa jadi alternatif kamu bila tidak ingin memajang foto dalam undangan. Penggunaan ilustrasi dapat memberikan kesan personal bagi penerimanya dan mendapatkan kesan tidak terlalu formal.

Kamu tinggal mencari jasa ilustrator yang gaya gambarnya sesuai dengan keinginan.


7. Tropical Foliage

Apakah pernikahanmu akan diadakan di outdoor? Jika iya, undangan dengan  tema tropical foliage bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan desain nuansa outdoor yang simple tapi juga tetap elegan. 


Contoh Undangan Pernikahan Digital

Belakangan ini, terutama sejak memasuki pandemi, banyak pasangan beralih dari undangan cetak jadi menggunakan undangan pernikahan digital. Dengan undangan digital, kamu bisa mengundang para tamu dengan cara yang lebih simpel, cukup membagikannya lewat link, ini juga akan menghemat budget cetak sekaligus transportasi membagikan undangan. 


Kamu juga bisa hemat waktu, dan bisa menyiapkan keperluan pernikahan yang lainnya. Selain itu, undangan digital juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti ucapan, lagu, foto prewedding, pemberian sumbangan atau kado, sampai konfirmasi kedatangan. Berikut beberapa contoh undangan digital bisa jadi referensi kamu.  


1. Undangan Digital Desain Simple


Undangan digital simple dengan gambar bunga bisa jadi pilihan. Kamu bisa mencantumkan nama panggilan atau nama akrab pada bagian awal. Tidak ketinggalan, tuliskan juga tanggal pelaksanaan pernikahan dan lokasi acara akad dan resepsi.


2. Foto Prewedding


Undangan digital memang memberikan kamu kebebasan dalam mendesainnya. Termasuk dengan menggunakan foto-foto prewedding kamu dan pasangan sebagai background dari undangan. Melihat desain seperti ini tentu para tamu yang hadir akan merasakan cinta yang dalam di antara kalian berdua. 



3. Konsep Siluet

Desain undangan digital siluet belakangan juga banyak dipilih oleh banyak pasangan. Biasanya selain menambahkan foto siluet, mereka juga menambahkan inisial dari masing-masing di bagian depan. Ini akan membuat tamu undangan penasaran dan scroll ke bawah untuk tahu lebih lanjut dan mengetahui calon pengantin.


Tidak lupa cantumkan penjelasan tanggal pelaksanaan acara. Tambahkan kutipan tentang cinta dan backsound suara instrumen agar undangan digital semakin menarik.


Situs Membuat Undangan Digital

Setelah kamu melihat contoh undangan digital, pasti kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya? Tenang, membuatnya tidak sulit karena sekarang sudah ada beberapa situs khusus untuk membuat undangan. Bahkan mereka juga sudah menyediakan pilihan desain, jadi kamu hanya tinggal memasukan nama, waktu, tanggal, serta tempat acara. Berikut ini pilihan beberapa situs membuat undangan digital.


1. Our Wedding

Situs membuat undangan digital pertama Our Wedding, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum membuat undangan. Pendaftarannya tidak sulit, cukup masukan alamat email, nama panggilan pria, wanita, dan password, lalu tekan tombol “buat sekarang”.

Our Wedding menawarkan sejumlah fitur undangan yang lengkap. Aksesnya juga mudah, cepat, dan ini gratis!


2. Web Nikah

Kedua, situs membuat undangan digital adalah Web Nikah. Di situs ini ada berbagai pilihan undangan yang memudahkan kamu untuk menyesuaikan model undangan dengan acara pernikahan. 


3. Menica

Ini adalah situs undangan digital karya anak bangsa, lho! Untuk menggunakan undangan dari situs ini tidak sepenuhnya gratis, kamu dikenakan harga paket mulai dari Rp49.000 hingga Rp249.000.


4. Akan Nikah

Akan Nikah adalah situs undangan digital gratis yang cepat, dan mudah. Selain itu situs ini juga menyediakan subdomain yang unik. Tidak kalah menarik dari situs ini adalah adanya fitur live chat. Jadi kamu bisa berkonsultasi dengan CS jika ada masalah. 


Sebelum dicetak, kamu harus mengisi beberapa informasi penting data pasangan (pria dan wanita), waktu dan tempat akad nikah maupun pernikahan, akun sosial media, dan seterusnya. Setelah itu, kamu dapat menyimpan undangan dan membagikannya kapan saja.

Terkadang, undangan dengan desain unik ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dari undangan biasa. Pastikan kamu sudah menyusun budget yang sesuai untuk membuat undangan. 

Untuk mengatasi kekurangan budget pernikahan, kamu bisa cari lowongan freelance atau pekerja remote di aplikasi KitaLulus. Di sana ada banyak lowongan dengan berbagai posisi dan industri yang bisa kamu lamar. Tidak perlu khawatir di-ghosting, karena lamaran akan langsung masuk ke WhatsApp HRD sehingga kamu bisa menanyakan bagaimana kelanjutan lamaran yang kamu ajukan. Canggih bukan? Yuk, download di Playstore sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up