10 Drakor Detektif Terbaik yang Bakal Bikin Kamu Penuh Emosi Pas Nontonnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Akhir pekan itu enaknya nonton film atau serial drama sambil lesehan dan ngemil. Nah, bagi kamu pecinta film atau drama dengan genre aksi, teka-teki, misteri, dan detektif, wajib nonton drakor detektif.

Kenapa? Karena ada banyak aksi menegangkan dan alur cerita yang seru. Tidak jarang drama Korea detektif ini diangkat dari kisah nyata di negeri ginseng tersebut. Meskipun tidak romantis dan manis, drakor detektif juga seru untuk dinikmati di akhir pekan.

Sudah, lupakan semua kesibukanmu. Beri tubuhmu istirahat dengan nonton drama Korea detektif terbaik rekomendasi dari KitaLulus. Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini.

Drama Korea Detektif Terbaik

1. Tunnel

Drakor detektif yang pertama adalah Tunnel. Drama yang rilis pada tahun 2017 ini mengangkat kisah nyata terkait kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Hwangseong pada tahun 1986. Mengisahkan seorang detektif bernama Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) yang rela melakukan apa saja untuk menegakkan hukum dan keadilan.

Cerita dimulai ketika Park Gwang Ho merasa bersalah karena tidak bisa melindungi gadis korban pembunuhan. Pada suatu malam, ia pergi ke terowongan dimana ada mayat seorang gadis. Di hadapan mayat tersebut berdiri seorang pria. Ketika ia mencoba mengejar pria itu, hal misterius terjadi padanya.

Tiba-tiba ia sudah berada di tahun 2017 dan Gwang Ho sama sekali tidak mengenali keadaan di sekitarnya. Berkali-kali ia mencoba kembali melewati terowongan dengan harapan bisa kembali ke tahun 1986. Namun setiap usaha yang dilakukannya selalu gagal. Meskipun menggunakan alur cerita maju mundur, kamu tidak akan bisa menebak plot twistnya. Drakor detektif Tunnel terdiri dari 16 episode yang bisa kamu nikmati.

2. Signal

Selanjutnya ada drama Korea detektif Signal yang dirilis tahun 2016 dan terdiri dari 16 episode. Kisah drakor detektif ini dimulai dengan menceritakan kisah Park Hae Young (Lee Je Hoon) menemukan sebuah suara yang berasa dari walkie-talkie. Dan ternyata suara tersebut berasal dari seorang detektif di masa lalu bernama Lee Jae Han (Cho Jin Woong).

Park Hae Young bersama dengan detektif Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo) berusaha memecahkan kasus-kasus kriminal yang belum terpecahkan di masa lalu dengan bantuan Lee Jae Han. Kisah yang diangkat di drakor detektif ini berasal dari kisah nyata, sebuah kasus penculikan di tahun 1997.

Tidak hanya itu, drama Korea detektif Signal juga mengangkat kasus nyata terkait pembunuhan berantai yang menggegerkan Korea Selatan di tahun 1986. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menonton drakor detektif Signal dalam waktu dekat ini? Menurut rumor, Signal Season 2 akan dirilis dalam waktu dekat ini. Apakah kamu penasaran?

3. Criminal Minds

Criminal Minds yang dirilis tahun 2017 ini memang merupakan adaptasi serial yang sama dari Amerika Serikat. Drakor detektif ini berkisah tentang sekelompok profiler yang bertugas menganalisa suatu kasus untuk mendapatkan gambaran pelaku kejahatannya.

Kisah di drama Korea detektif ini bermula ketika Kim Hyun Joon tidak bisa menyelamatkan temannya di tragedi bom rumah sakit. Hal ini membuat tim yang dipimpin oleh Kang Ki Hyung (Son Hyun Joo) cuti panjang. Setelah istirahat yang lama, Ki Hyung diminta untuk menangani suatu kasus pembunuhan berantai.

Dibantu dengan Ha Sun Woo (Moon Chae Won), Yoo Min Young (Lee Sun Bin), dan Nana Hwang (Yoo Sun), mereka membentuk sebuah tim yang bertugas untuk menangkap The Reaper. Tidak hanya harus menyelidiki kasus peledakan rumah sakit, tetapi mereka juga harus mengungkap kasus pembunuhan berantai. Bagaimana kelanjutannya? Drakor detektif Criminal Minds terdiri dari 20 episode yang bisa kamu nikmati.

4. Voice (Season 1-4)

Drakor detektif Voice yang memiliki 16 episode ini, mengisahkan tentang seorang detektif bernama Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) yang kehidupannya berputar 180° setelah istrinya dibunuh oleh pembunuh berantai. Diliputi rasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan istrinya, diam-diam Jin Hyuk mencari pembunuh berantai tersebut.

Kemudian, Kang Kwon Joo (Lee He Na) seorang lulusan akademi kepolisian dengan nilai tertinggi, memulai pekerjaan barunya di pusat panggilan darurat 112. Saat sedang bekerja, Ayah Kwon Joo dibunuh oleh pembunuh berantai yang sama.

Oleh karena itu Jin Hyuk dan Kwon Joo bekerja sama untuk menangkap pelaku yang bertanggung jawab atas kematian anggota keluarga mereka. Drama Korea detektif yang dirilis pada tahun 2017 ini memiliki jumlah empat musim. Wah, siap-siap nonton maraton, nih!

 

5. Stranger

Selanjutnya ada drama Korea detektif Stranger yang merupakan drakor detektif fenomenal di tahun 2017. Mengisahkan tentang seorang jaksa bernama Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo) yang tidak bisa merasakan emosinya akibat operasi otak pada saat ia masih kecil.

Kisah drakor detektif ini bermula ketika Shi Mok bertemu dengan seorang detektif wanita Han Yeo Jin (Bae Do Na) yang merupakan kebalikan dari dirinya. Yeo Jin sangat ceria dan ekspresif. Meskipun berbeda karakter, mereka berdua bekerja sama untuk memecahkan kasus pembunuhan Park Mo Sung (Eom He Seop).

Tanpa diduga, kasus pembunuhan tersebut menuntun mereka ke kasus korupsi dan penyedia jasa wanita hiburan bagi pejabat tinggi Korea Selatan. Penasaran bagaimana kelanjutan drakor detektif Stranger ini? Kamu bisa menontonnya di salah satu layanan streaming berbayar.

6. You’re All Surrounded

Drama Korea detektif selanjutnya adalah You’re All Surrounded yang memiliki 20 episode menarik dan seru. Berkisah tentang empat detektif baru yang ditugaskan di kantor kepolisian Gangnam. Di sana, mereka berempat dipimpin oleh Kepala Investigasi Seo Pan Seok (Cha Seung Won).

Diceritakan, Kim Ji Young (Lee Seung Gi) adalah seorang pria cerdas dari Masan. Setelah melihat ibunya tewas dibunuh di depan matanya, ia bertekad untuk menjadi detektif dan menangkap pelaku pembunuhan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Ji Young merubah namanya menjadi Dae Gu agar mudah menangkap pelaku pembunuhan ibunya. Dan perlahan, kebenaran pun terungkap. Bersama dengan Eo Soo Sun (Go Ara), Park Tae Il (Ahn Jae Hyun), dan Ji Kook (Park Jung Min), mereka berempat bekerja sama mengungkap kasus kejahatan. Bagaimana kisah selanjutnya? Jangan lupa masukkan drakor detektif yang dirilis di tahun 2014 ini ke dalam daftar tonton kamu, ya!

7. Vagabond

Drama Korea detektif yang rilis di tahun 2019 ini diperankan oleh Lee Seung Gi dan Bae Suzy. Bercerita tentang Cha Dal Geun (Lee Seung Gi) seorang stuntman yang ingin mengungkap misteri kecelakaan pesawat yang ditumpangi keponakannya.

Dalam perjalanannya mencari kebenaran, Dal Geun bertemu dengan Go Hae Ri (Bae Suzy) yang merupakan agen rahasia NIS. Hae Ri juga kehilangan sosok Ayahnya saat bertugas. Alasan itulah yang menjadikannya sebagai agen rahasia yang bisa diandalkan.

Pertemuan keduanya membawa pada kerja sama tim untuk mengungkap kebenaran yang terjadi terkait kecelakaan pesawat tersebut. Bagaimana kelanjutan kisah Dal Geun dan Hae Ri yang penuh liku dan bahaya? Drakor detektif Vagabond terdiri dari 16 episode dan bisa ditonton di layanan streaming berbayar.

8. Hello Monster

Drakor detektif yang dirilis pada tahun 2015 ini mengisahkan tentang seorang detektif terkenal bernama Lee Hyun (Seo In Guk) yang memiliki kecerdasan luar biasa. Sebelumnya, Lee Hyun tinggal di luar negeri, dan kembali ke Korea Selatan karena sebuah email misterius terkait kematian Ayahnya.

Setelah kepulangannya, Lee Hyun bekerja sebagai seorang pengajar dan profiler untuk mengungkap beberapa kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh psikopat. Semua kasus yang diselesaikan ternyata membuka misteri tragedi masa kecilnya yang belum bisa dilupakan.

Dalam misinya mengungkap kebenaran, Lee Hyun bertemu dengan Cha Ji An (Jang Nara) seorang anggota kepolisian. Pertemuan itu membuat keduanya bekerja sama untuk mengungkap kematian Ayah Lee Hyun. Mampukah mereka berdua untuk mengungkap kebenaran di balik kematian Ayahnya? Drama Korea detektif Hello Monster terdiri dari 16 episode yang bisa kamu tonton.

9. The Girl Who Can See Smell

Drakor detektif The Girl Who Can See Smell rilis pada tahun 2015. Mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Choi Eun Seol (Shin Se Kyung) yang mendapatkan kedua orang tuanya terbunuh oleh pembunuh “Bar Code”. Ia akhirnya berlari menyelamatkan diri dari kejaran pembunuh sebelum akhirnya tertabrak mobil.

Disaat yang sama, Choi Moo Gak (Park Yo Chun) membawa adiknya yang mengalami kecelakan dengan nama yang sama Choi Eun Seol (Kim So Hyun). Mereka berdua dibawa ke rumah sakit yang sama. Sayangnya, pembunuh “Bar Code” juga berada disana untuk membunuh Choi Eun Seol (Shin Se Kyung). Namun, karena pembunuh tersebut hanya hafal nama dari seragam, ia salah membunuh Choi Eun Seol yang satunya.

Setelah beberapa tahun Choi Eun Seol (Shin Se Kyung) diadopsi oleh mantan polisi yang menangani kasus pembunuhan orang tuanya. Saat tersadar, Choi Eun Seol sudah bisa melihat bau, namun kehilangan ingatannya. Penasaran dengan drama Korea detektif yang memiliki 16 episode ini? Jangan lupa untuk nonton dalam waktu dekat ini, ya!

10. Law School

Mengambil latar belakang di Fakultas Hukum Universitas Hankuk, drakor detektif Law School bercerita tentang mahasiswa dan profesor yang terjebak dalam sebuah kasus pembunuhan. Kisah ini bermula ketika Profesor Seo Byung Ju (An Nae Sang) menjadi korban pembunuhan saat para mahasiswa sedang melakukan uji coba sidang.

Yang Jong Hoon (Kim Hyung Min) seorang profesor, bersama dengan Han Joon Hwi (Kim Bum), Kang Seol A (Ryu Hye Young), dan Kim Eun Sook (Lee Jung Eun) mencoba untuk mengungkap kasus pembunuhan Profesor Seo Byung Ju.

Tanpa disadari, kasus ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa lainnya di fakultas hukum. Drama Korea detektif Law School yang rilis pada tahun 2021, mengangkat berbagai jenis hukum yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan menggali berbagai aspek hukum secara detail. Buat kamu yang ingin belajar hukum, bisa nonton drakor detektif yang terdiri dari 16 episode.

Nah, itulah rekomendasi drakor detektif terbaik versi KitaLulus. Seru-seru, kan? Cocok banget untuk nemenin akhir pekan kamu. Pas banget dengan cuaca yang sering hujan, nonton drama Korea detektif sambil selimutan di kasur dan dengan kudapan lezat. Nyam!

Kamu ingin ke Korea Selatan, tapi nggak ada uang? Bisa lho, cek banyak lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus. Mulai dari freelance, part time, sampai full time. Siapa tahu, gajinya bisa buat nambahin ongkos ketemu oppa/eonni.

Yuk, download aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis. KitaLulus sekarang sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa. Makin banyak pilihan lowongan pekerjaan yang bisa kamu pilih!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up