Wajib Nonton! Ini 7 Drama Korea Terbaik tentang Serunya Dunia Kerja

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Selama ini, banyak orang berpikir drama Korea hanya membahas cinta-cintaan dan drama romantis saja. Kenyataannya, ada tema drama Korea lain dengan kisah motivatif dan bermakna, salah satunya adalah drama Korea tentang pekerjaan, mau coba nonton? Di bawah ini, ada 7 rekomendasi drama Korea terbaik tentang dunia kerja buat kamu.

7 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tentang Dunia Kerja

Salah satu poin plus drama Korea adalah konsep cerita, plot, dan setting yang tidak tanggung-tanggung. Bahkan demi mendalami peran, para aktor dan aktris Korea rela terjun langsung ke pekerjaan para karakternya. Apa saja drama Korea terbaik tentang dunia kerja yang wajib kamu tonton? 

1. Ad Genius Lee Tae Baek' (2013)

Ad Genius Lee Tae Baek - drama Korea tentang pekerjaan marketing

Bila kamu tertarik dengan dunia periklanan, drama Korea terbaik satu ini sepertinya akan cocok untukmu. d Genius Lee Tae Baek benar-benar mengajak kalian untuk mengenal lebih dalam tentang dunia periklanan. 

Lewat drakor ini kamu bisa melihat bagaimana proses membuat strategi pemasaran sebuah produk dan menggali ide untuk membuat iklan yang menarik. 

2. Hush (2020-2021)

Review Hush, drama Korea yang menceritakan profesi jurnalis

Drama Korea terbaik kedua tentang pekerjaan adalah Hush, yang merupakan adaptasi novel Silence Warning karya Jung Jin-young. Drama yang dibintangi oleh Yoona SNSD ini berkisah tentang dunia jurnalis dan bagaimana dinamika ruang redaksi dengan segala persoalannya. Lewat drama ini, kamu akan tahu sekeras apa pekerjaan menjadi jurnalis.

3. Radiant Office (2017)

Radiant Office, drama Korea terbaik tentang susahnya mencari kerja

Apakah kalian pernah kecewa gara-gara gagal saat interview? Eits, jangan sedih dulu! Di drama Korea terbaik satu ini, si Eu Howon (Go Ah Sung) selaku karakter utama bahkan ditolak perusahaan sampai 100 kali, lho!

Radiant Office adalah drama Korea tentang pekerjaan yang mendapatkan penghargaan sebagai Naskah Mini Seri Terbaik Tahun 2017. Di drama ini, kamu akan melihat betapa kejamnya realita dunia kerja, politik kantor, dan berbagai kisah seru lainnya. Jadi, buat kamu yang lagi down karena tak kunjung mendapat pekerjaan, coba tonton drama ini. Dijamin terhibur!

BACA JUGA: 12 Drama Korea Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Sekali Seumur Hidup

4. Misaeng (2014)

Belajar tentang kerasnya dunia kerja dari drama Korea Misaeng

Misaeng atau Incomplete Life adalah drama populer tahun 2014 yang diangkat dari Webtoon berjudul sama. Drama Korea ini dibintangi oleh Im Siwan, Kang So Ra, Lee Sung Min, Kang Ha Neul, Byun Yo Han, dan Kim Dae Myung.

Tidak seperti drama lain yang mungkin dibumbui scene emosional berlebihan, Misaeng murni menceritakan dunia pekerjaan dengan sangat realistis. Benar-benar cocok untuk kamu yang sedang siap-siap masuk dunia kerja!

Di Misaeng, kamu bisa menyaksikan perjuangan Geu Rae sang tokoh utama saat pertama kali magang di perusahaan besar. Meski sering gagal dan menghadapi ujian saat bekerja, Rae tetap terus berjuang memperbaiki diri agar bisa bertahan di tempatnya bekerja.

Karakter dan ceritanya yang realistis berhasil membuat nama Misaeng berjaya di Baeksang Art Awards dan Seoul Drama Awards di tahun 2015.

5. The Producers (2015)

The Producers, drama Korea tentang profesi penyiaran televisi

Drama Korea terbaik yang dibintangi IU dan Kim Soo Hyun ini mengisahkan tentang hiruk pikuk para pekerja di stasiun televisi. Kamu akan melihat bagaimana interaksi yang terbangun antara pekerja dan kisah cinta lokasi di antara mereka. Pokoknya sangat layak untuk ditonton.

6. Start-Up (2020)

Belajar suka duka mendirikan bisnis dari drama Korea terbaik Startup

Siapa yang tidak tahu drama Korea terbaik yang sampai-sampai memisahkan para penontonnya dalam dua kubu ini, tim Nam Do San dan tim  Han Ji-pyeong.

Start-Up berkisah tentang kehidupan seorang gadis bernama Seo Dalmi (Baek Suzy) yang memiliki mimpi besar untuk menjadi Steve Job-nya Korea Selatan. Takdir mempertemukannya programmer bernama Nam Dosan (Nam Joohyuk) dan Han Ji-pyeong, seorang manajer investasi khusus start-up.

Tidak hanya kisah cinta yang menarik, drama Korea ini juga memberikan wawasan kepada kita tentang dunia perusahaan rintisan, bagaimana terus berinovasi, dan juga belajar memahami kontrak kerja agar tidak menjadi pihak yang dirugikan. 

7. My Mister (2018)

My Mister, rekomendasi drakor tentang dunia kerja terbaik

Sudah bukan rahasia lagi, kalau dunia kerja penuh dengan sikut-sikutan kekuasaan. Nah, kisah inilah yang akan kamu temui di drakor My Mister. Tidak hanya akan melihat kerasnya persaingan membuktikan siapa yang terbaik, drama Korea yang dibintangi IU ini juga dibumbui dengan drama percintaan dan perselingkuhan. Pasti kamu akan dibuat penasaran hingga akhir episodenya.


Itulah 7 rekomendasi drama Korea terbaik tentang dunia kerja versi KitaLulus! Drama Korea tentang pekerjaan yang sudah disebut di atas dijamin seru dan bisa memberi kamu insight baru sebelum masuk dunia kerja. 

Kalau sudah puas nonton, jangan lupa lanjutkan perjuangan kamu mencari pekerjaan impian, ya! Kalau belum punya referensi lowongan, langsung cari di KitaLulus aja! Bukan hanya menyediakan lowongan kerja menarik, KitaLulus juga punya fitur konsultasi HRD, lho! Setelah lamaranmu terkirim, kamu bisa follow up dan bertanya ke HRD perusahaan tentang progres lamaranmu. Keren, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan lamaran terbaikmu sekarang juga dan apply di KitaLulus!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up